Artikel Lucu: Dampak Negatif Sepeda Motor

Haree gene kayaknya sudah langka banget manusia yang tidak memiliki sepeda motor. Bahkan banyak yang memiliki lebih dari satu. Maklum saja jaman sekarang untuk bisa memiliki sepeda motor bukanlah sesuatu yang sulit. Dengan modal setengah juta saja, kita sudah bisa membawa pulang sepeda motor baru dengan cara kredit.

Tidak usah dengan uang juta-jutaan kayak contoh di atas, cukup membawa 500.000 saja juga sudah bisa untuk uang muka kredit sepeda motor baru. Gampang! Wajar kalau semakin hari populasi kendaraan bermotor roda dua ini semakin banyak di mana-mana. Bahkan saking banyaknya, kadang-kadang ketika jum'atan sandal saya ketukar Kawasaki Ninja. Beugh!

Dampak Negatif Sepeda Motor

Sepeda motor memang berguna banget untuk berbagai keperluan. Menjemput pacar, mengantar emak ke pasar, dan beragam manfaat lainnya. Tapi dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, sepeda motor sebenarnya juga memiliki banyak sisi negatif yang merugikan.

Selain nambah macet dan polusi udara, masih ada hal-hal negatif lainnya seperti yang saya tulis berikut ini:

Membuat manusia males jalan

Padahal tahu sendiri kan, jalan kaki itu merupakan olah raga ringan namun baik banget untuk kesehatan. Tapi gara-gara ada motor, sekedar beli pulsa depan rumah aja naik motor. Ke mesjid naik motor. Mau isi bensin motor ke SPBU naik motor. Ke sekolah yang jaraknya cuma lima langkah naik motor.

Tidak usah ngomongin orang. Saya sendiri, kalau baru bangun, dari kamar tidur ke kamar mandi saja pake motor. Padahal ada mobil.

Mesin Pembunuh.

Udah nggak keitung orang-orang yang kebunuh di jalanan karena kecelakaan motor. Kematian akibat kecelakaan motor merupakan yang paling tinggi di antara alat transportasi lain.

Saya nggak pernah dengar ada berita tabrakan beruntun yang melibatkan beberapa pengendara elang, seorang pria tewas gara-gara kuda yang ditungganginya tiba-tiba kaki depannya kempes, atau orang naik onta terjun ke jurang gara-gara remnya blong.

Bikin Berisik.

Jaman dulu, setiap pagi telinga kita disuguhi merdunya kicauan burung-burung di pepohonan. Bandingkan sama sekarang, baru pagi-pagi yang terdengar sudah suara grang greng orang manasin motor!

Apalagi yang rumahnya di pinggir jalan, suara motor rasanya tidak berhenti-berhenti dari pagi sanpai malam. Paling gondok sama yang knalpotnya diblong trus sengaja digas-gas. Beugh... Kalau badannya kecil pasti sudah saya tantang duel.

Makanya, sebaiknya jika bikin rumah jangan di pinggir jalan, sekalian di tengah jalan! Haha.

Munculnya Curanmor.

Jujur sebenernya saya ngefans sama Curanmor. Mereka lucuk, group lawak dari tanah ngapak. Curahan Perasaan Dan Humor Samidi Cs. Hehee...

Okay fokus. Curanmor yang saya maksud di sini adalah pencurian sepeda motor. Kayak sekarang ini lagi marak begal motor. Padahal sudah banyak pelaku begal yang tertangkap warga kemudian dipanggang hidup-hidup, tapi entah kenapa pelaku-pelaku lainnya tidak mau mengambil pelajaran.

Tidak bisa dibantah lagi, salah satu sebab banyaknya begal motor karena adanya motor. Coba dulu tidak diciptakan motor, saya yakin tidak bakal ada orang yang berprofesi sebagai pencuri ataupun motor, mungkin mereka lebih memilih mencuri mobil.

Terbentuknya Genk-genk Motor.

Kenapa ada gang motor? Ya karena ada motor! Logikanya memang begitu. Seandainya di bumi ini tidak ada sepeda motor, dijamin tidak akan tumbuh yang namanya gang motor. Dan yang namanya gang motor, konotasinya sudah negatif. Meresahkan masyarakat dan mengganggu ketentraman.

Contohnya di kota saya, Pekanbaru. Beberapa tahun lalu ada genk motor yang dimotori oleh Klewang. Genk motor ini kelakuannya norak banget tidak ada baik-baiknya: seks bebas, minuman keras, memakai narkoba, ngisep lem kambing, nyopet, njambret, malak anak SD, ngerusak warnet, pokoknya sangar dan tak kenal takut.

Tapi sesangar-sangarnya gang motor, saya yakin banget mereka pasti mundur kalau ketemu gang buntu.

Ugal-ugalan dan Balapan Liar.

Dampak negatif motor selanjutnya adalah munculnya aksi kebut-kebutan, ngerem mendadak seenaknya, ngidupin sein kiri tapi belok ke atas, ugal-ugalan juga balap liar di jalanan. Jelas hal ini sangat mengganggu dan membahayakan pengendara motor lain. 

Coba gak ada motor, tentu aksi-aksi seperti itu tidak mungkin ada, dan para pengendara motor lain tidak akan cemas setiap melintasi jalan.

Spare part Motor Palsu.

Munculnya produk-produk spare part palsu juga tak lepas dari adanya sepeda motor. Andai saja tidak ada motor, spare part palsu yang mereka produksi pasti gak bakal laku!

Sebatas itu saja sih pengetahuan saya tentang dampak negatif sepeda motor. Bagaimana menurut pembaca sekalian? Kalau teman-teman mengetahui dampak negatif motor selain yang saya sebut di atas, silahkan saja tuangkan lewat komentar kolom komen yang telah disediakan. Terima kasih. ^^

ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)