Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Aplikasi BPJS TK Mobile

Dengan semakin lamanya uang JHT bisa dicairkan, sangat penting bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui Cara Menggunakan Aplikasi BPJSTK Mobile.

Aplikasi BPJS TK Mobile

Perubahan peraturan pencairan uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang berlaku sejak 1 Juli 2015, dari yang sebelumnya cuma 5 tahun kepesertaan menjadi 10 tahun, tentu membuat para peserta BPJS TK harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa mengambil uang JHT-nya.

Untuk itu, dengan menggunakan aplikasi BPJS TK Mobile, kita bisa mengontrol langsung perkembangan uang JHT kita. Kita bisa cek saldo JHT kita secara online kapan saja. Kita bisa mencari tahu alamat-alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah kita. Kita bisa mencari informasi program-program apa saja yang ada di BPJS TK, yang kepanjangannya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut. Dan berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga: (Cara Mencairkan JHT Secara Langsung di Kantor BPJS Ketenagakerjaan 2018)

Bagi peserta BPJS TK yang sehari-hari menggunakan Handphone Android ataupun iOs, baik peserta yang masih aktif bekerja, maupun yang sudah berhenti bekerja namun belum memenuhi syarat untuk mengambil uang JHT-nya, alangkah baiknya memanfaatkan aplikasi BPJSTK Mobile ini. Fungsi terutamanya adalah untuk cek saldo JHT setiap saat. Apalagi bagi peserta yang sudah tidak bekerja, ini penting sekali mengingat sudah tidak akan lagi mendapat slip laporan saldo JHT tahunan dari perusahaan. Ukuran aplikasinya juga tidak besar, cuma 4,68 MB saja, sehingga tidak akan membebani memori smartphone kita.

Tapi untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita wajib memiliki email. Jadi bagi yang belum punya email silahkan membuatnya terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan download aplikasinya di Play Store, AppStore atau bisa juga mengunduhnya langsung di website BPJS TK dengan alamat www.bpjsketenagakerjaan.go.id, setelah didownload langsung saja instal di gadget sobat. Aku rasa aku tidak perlu memberikan tutorial step by step cara mengunduh dan menginstal aplikasi BPJS TK Mobile. Karena ini sangat mudah. Sama kayak mendowload dan memasang aplikasi-aplikasi smartphone yang lainnya.

Kalau aplikasi BPJSTK Mobile sudah berhasil terpasang di HP, siapkan KTP dan kartu BPJS Ketenagakerjan/Jamsostek kita untuk persiapan pendaftaran. Berikut ini langkah-langkah cara daftar akun aplikasi BPJSTK Mobile.

1. Buka aplikasi BPJS TK Mobile yang telah terinstal tadi. Pada halaman awal akan ada tulisan BPJS Ketenagakerjaan Mobile 'Jembatan Menuju Kesejahteraan Pekerja'. Selang beberapa detik akan muncul halaman SYARAT & KETENTUAN. Silahkan dibaca-baca dan dipahami dulu. Jika sudah, beri tanda centang dengan cara menyentuh gambar kotak di sebelah kiri tulisan 'Saya setuju', kemudian klik TERIMA.

Cara Daftar Aplikasi BPJS TK Mobile

2. Kemudian pada halaman LOGIN, klik saja 'Daftar Baru'. Setelah itu akan muncul halaman AKTIVASI, masukan nama lengkap dan email kita di sana. Nama yang dimasukkan harus sesuai dengan nama yang ada di KTP dan kartu anggota BPJS TK. Setelah itu klik KIRIM.

Cara Daftar Aplikasi BPJS TK Mobile

3. Nanti pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan PIN ke email kita. Silahkan cek inbox emailnya. Kalau sudah, pada halaman KONFIRMASI, masukan PIN yang sudah kita terima lewat email, lalu klik KIRIM.

Baca Juga: (Pengalaman Julz Setiawan Mencairkan JHT di Kantor Jamsostek Tanggerang)

4. Selanjutnya akan muncul halaman GANTI PIN. Silahkan buat PIN baru dengan memasukan angka-angka yang mudah diingat. Kemudian klik KIRIM. Ini bertujuan untuk merubah PIN yang sebelumnya dikirim via email. PIN yang dikirim lewat email adalah dari pihak BPJS TK, sementara PIN baru adalah kita sendiri yang membuatnya dan hanya kita sendiri yang tahu.

5. Halaman berikutnya adalah LAYANAN UTAMA. Pada halaman ini silahkan klik 'Layanan JHT'. Kemudian akan tampil halaman REGISTRASI CEK JHT. Masukan data-data kependudukan kita. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor kartu Jamsostek/BPJS TK, No. KTP dan PIN yang sudah kita ubah tadi. Setelah itu klik KIRIM.

6. Pada halaman selanjutnya akan muncul perintah masukan nomor handphone. Masukan nomor HP kita yang aktif. Karena ke nomor itu nanti pihak BPJS Ketenagakerjan akan mengirim SMS berisi PIN untuk aktivasi. Setelah menerima SMS berisi PIN, pada halaman KONFIRMASI masukan PIN itu, terus klik KIRIM.

Dengan demikian segala proses pendaftaran telah selesai. Setelah itu kita bisa langsung memanfaatkan layanan aplikasi BPJS TK Mobile untuk memperoleh berbagai informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan dengan meng-klik fitur-fitur yang telah disediakan.

Fitur-fitur atau menu-menu pada aplikasi BPJSTK Mobile sudah cukup lengkap dan sangat berguna bagi peserta BPJS TK. Menu-menu tersebut antara lain Cek Saldo JHT, Layanan ESaldo JHT Tahunan, Simulasi Perhitungan Saldo JHT, Informasi Program JHT (Jaminan Hari Tua), Informasi Program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), Informasi Program JKM (Jaminan Kematian), Informasi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia, Contact Center dan Link Sosial Media aplikasi BPJS TK Mobile.

Dengan fitur-fitur yang sudah komplit seperti itu, peserta BPJS Ketenagakerjaan disarankan untuk memiliki aplikasi ini. Makanya segera saja download aplikasi BPJSTK Mobile dan pasang di gadget teman-teman.

Demikian saja Cara Menggunakan Aplikasi BPJS TK Mobile. Mohon maaf jika ada salah dan kekurangan. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini berguna bagi siapapun pembaca yang membutuhkannya. Terima kasih.


50 komentar untuk "Cara Menggunakan Aplikasi BPJS TK Mobile"

  1. jadi lebih mudah nih kalau mau daftar

    BalasHapus
  2. sangat manfaat sekali kang. makin di internetkan ya layanan di negeri ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeehhhh mang aduls juga ada di sini....kayaknya mau daftar bpjs ketenaga kerjaan ya kang? hehehee

      Hapus
    2. ada mbah, saya udah daftar mbah tapi aplikasinya ini yang belum

      Hapus
  3. wah ketinggalan nih saya infonya mengenai bpjs yang bisa di lihat melalui android. untung aja berkunjung di sini, jadi tau. saya pelajari dulu ya mas. terima kasih pencerahannya. salam sahabat blogger dari bengkel blogger.

    BalasHapus
  4. Nah, kalo ada yg versi mobile begini kan semakin mempermudah bagi yg ingin menggunakan Aplikasi BPJS ya Mas... :)

    BalasHapus
  5. semakin canggih aja nih mas sampe2 BPJS mempunyai aplikasi di hp.
    ini tentu akan mempermudah peserta BPJS

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk peserta muda memang mudah mas tapi kalau untuk peserta tua diatas umur 45 tahun apalagi yang tinggal di pedesaan yang gak bisa pake ponsel pasti gagok mas..

      Hapus
  6. jadi lama sekarang, klo pake aplikasi ini bisa memantau perkembangan BPJSTK kita..
    sangat membantu

    BalasHapus
  7. Sejumlah peserta antre untuk melakukan pendaftaran dan pembaruan data di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan KCU Matraman, Jaakarta, Kamis (30/7/2015). Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram pada BPJS terkait indikator bunga, dan mengusulkan untuk mengadakan BPJS kesehatan syariah pada pemerintah.

    BPJS Harus Sesuai Fatwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini BPJS Ketenagakerjaan, Mas. Beda lembaga. :)

      Hapus
    2. Lo salah satunya tod

      Hapus
  8. Ketepatan saya mau ngurus ni mas, terima kasih ya

    BalasHapus
  9. semoga bpjs dapat menyejahterakan pekerja,,,heu

    BalasHapus
  10. Susah lihat saldo jhtnya...daftar keyword salah.....bingung

    BalasHapus
  11. Aplikasi nya mungkin sangat berguna & membantu mempermudah monitoring saldo JHTnya bagi para peserta BPJS, namun proses pencairannya dana nya bisa mempermudah seperti aplikasi nya ???

    BalasHapus
  12. Saya coba cek saldo tidak bisa. Aplikasinya masih setengah mateng kali ye?

    BalasHapus
  13. Knp waktu mau cek saldonya blm terdaftar.. Hrs sms tp setelah sms juga keterangannya layanan tdk tersedia.. Kenapa ya

    BalasHapus
  14. ko pin nya belum masuk juga ke inbok email ane...lama bingitttt...huffff

    BalasHapus
  15. jika ingin merubah no teleponnya bagaimna caranya?terima kasih

    BalasHapus
  16. Gan kalau saya memcairkan melalui E-Klem butuh waktu berapa hari bisa cair dananya trs kalau dah cair kita bisa tahu dr mn dana itu cair ? Apa ada pemberitahuan ke kita? Trim infonya

    BalasHapus
  17. Yg bkin susah itu kata sandi nya gk dkrim2 ke email,,ngeselin..gn tuhhh????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Memang begitulah. Banyak yang mengalami hal itu. Sabar-sabarin aja.

      Hapus
  18. Saya sudah,daftar lewat bpjs mobile.. tapi nomer hp yg saya masuk kan salah.. apa ada cara mengganti? Mksh

    BalasHapus
  19. Saya sudah instal, tapi yg pertama saya cek justru saldo bpjs teman saya, dan skrg saya mau cek saldo saya tidak bisa, yg muncul nama pesrta nya nama teman saya terus bagaimana cara mengubahnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar ulang dengan menggunakan alamat email dan nomor telepon yang berbeda...

      Hapus
  20. nunggu pin masuk SMS lama banget.... =.="

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau hapus yg berhubungan dengan suami saya yg km gangu dan mau km hancurin rmh tangga kami tapi tdk berhasil ya

      Hapus
  22. Bang saya sudah masukan no hp kemudian registrasi pada saat saya kirim muncul tulisan nama atau tanggal lahir anda tidak sesuai.bagaimana itu

    BalasHapus
  23. Bang saya sudah masukan no hp kemudian registrasi pada saat saya kirim muncul tulisan nama atau tanggal lahir anda tidak sesuai.bagaimana itu

    BalasHapus
  24. Udah 2 hari nunggu pin tp blunder dikirim ke nmr sy..payah...

    BalasHapus
  25. klo skrg mau klaim bpjs lewatveklaim knp lngsung d arah kan suruh donlod aplikasi bpjstk y?sdngkn d aplikasi bpjstk tidak ada opsi untuk pencairan dana jht..

    BalasHapus
  26. Pin SMS nya dah berhari2 gk dikirim2. Payah nich blm Mateng dah disebar

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Kalau untuk ganti no kpj bagaimana caranya. ?

    BalasHapus
  29. Kalau untuk ganti no kpj bagaimana caranya. ?

    BalasHapus
  30. aplikasi error java gak bisa cek juga

    BalasHapus
  31. Udah nyoba daftar tapi pas udah klik KIRIM muncul tulisan "Data ID anda tidak sesuai KTP yg terdaftar, silahkan cek nama dan tanggal lahir anda" padahal udah sesuai KTP. Gimana ya?

    BalasHapus
  32. awalnya bisa sekarang mau cek lagi ga bisa suruh tunggu pin yang dikirim lewat sms tapi sampe sekarang ga ada smsnya pdahal nomor hp sudah bener,.,., satu lagi semenjak jamsostek ganti jadi bpjs nama saya jadi salah ditulisnya sudah kirim surat ke bpjs langsung masih belum diganti juga,.,.,

    BalasHapus
  33. kalau untuk ngecek kartu masih aktif atau tidak dimana ya

    BalasHapus
  34. Cara ngeluarin akun bpjs gimana om.. Soalnya ini ngecek bpjs temen.. Giliran gw mau ngecek bpjs saya gabisa om..

    BalasHapus
  35. Cara ngeluarin akun bpjs gimana om.. Soalnya ini ngecek bpjs temen.. Giliran gw mau ngecek bpjs saya gabisa om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan ada logout nya bos.. sampeanklik di garis 3 mndatar pojok kiri atas

      Hapus
  36. Mau tanya dong..
    Di BPJS mobile saya banyak yang numpang cek saldo..
    Cara menghapus data BPJS di BPJS mobile gmn ya

    BalasHapus
  37. Saat sy masuk ke aktifasi jawaban selalu timeout bgm itu

    BalasHapus
  38. Saya sudah mencairkan uang bpjs ketenagakerjaan, nah uang kan blm di transfer. Tapi kenapa tidak bisa di buka, muncul saldo tidak tersedia. Olong dong jawab

    BalasHapus