Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Kendala Dalam Pencairan Uang JHT BPJS TK/Jamsostek Beserta Solusinya

Sebenarnya, asalkan sudah memenuhi persyaratan serta memiliki berkas-berkas yang diperlukan, proses pencairan uang JHT itu cukup mudah dan tidak perlu waktu yang terlalu lama. 2 sampai 4 jam sudah beres.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri, beberapa peserta BPJS TK masih menemui berbagai kendala sehingga belum bisa mencairkan saldo JHT-nya. Tapi kendala-kendala yang ada itu bukan tidak ada jalan penyelesaiannya. Semua ada jalan keluarnya. Jangan menyerah, kemudian pasrah membiarkan tabungan yang kita setorkan sedikit demi sedikit selama bekerja mengendap dan tak terambil. Karena itu adalah uang kita. Hak kita.

Program JHT


Berikut ini beberapa kendala yang kerap terjadi dalam pencairan uang JHT, beserta solusi-solusinya.

Kartu Kepesertaan Hilang


Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau kalau yang keluaran baru sudah berubah menjadi Kartu BPJS Ketenagakerjaan, merupakan salah satu berkas yang wajib dibawa bagi seseorang yang ingin mengambil uang JHT-nya. Tanpa kartu peserta, pengajuan klaim JHT akan langsung ditolak.

Tapi bagaimana jika kartu Jamsostek-nya raib entah kemana?

Untuk kartu peserta hilang, solusinya adalah dengan membuat surat keterangan hilang dari kepolisian. Surat tersebut nantinya akan menggantikan kartu Jamsostek/BPJS TK yang hilang. Tapi jangan lupa cantumkan nomor KPJ dalam surat keterangan hilang tersebut. 

Paklaring Hilang

Paklaring/Surat Pengunduran Diri/Surat Pengalaman kerja/Surat Rekomendasi dari perusahaan, juga salah satu dokumen yang hukumnya wajib dimiliki jika ingin mencairkan saldo JHT. Tanpa membawa paklaring, pengajuan klaim dana JHT tidak akan disetujui.

Dan seandainya paklaring hilang, solusinya adalah meminta ulang dibuatkan paklaring atau surat keterangan telah berhenti bekerja dari perusahaan yang bersangkutan. Jika perusahaan sudah tutup, solusi lainnya bisa meminta surat keterangan tidak bekerja dari Disnaker setempat.

Tapi jika menilik status fanpage resmi BPJS Ketenagakerjan, untuk paklaring hilang bisa membuat surat keterangan dari pihak kepolisian, dengan mencantumkan nama perusahaan tempat bekerja dalam surat keterangan hilang tersebut. Tapi saya kurang tahu apakah aturan ini masih berlaku atau tidak.




Baca Juga: Begini Cara Mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Paklaring

Tidak Punya Buku Tabungan

Saat ini pencairan uang JHT sudah tidak bisa lagi dalam bentuk tunai. Saldo dalam nominal-nominal tertentu akan ditransfer ke rekening bank peserta BPJS TK yang bersangkutan. Tidak boleh ke rekening bank orang lain meskipun itu keluarga sendiri.

Bagi yang tidak memiliki tabungan, solusinya tentu saja segera membuat tabungan di bank. Toh membuka rekening bank juga tidak susah. Dan bank-nya pun boleh bank apa saja.

Tapi kalau di 2 kantor BPJS TK di Pekanbaru, mereka telah bekerja sama dengan bank-bank tertentu. Untuk kantor BPJS TK di Jalan Zainal Abidin berkerja sama dengan bank Mandiri. Sementara kantor yang di Panam berkerjasama dengan bank BUKOPIN. Sehingga peserta BPJS TK yang datang tanpa buku tabungan, akan dibuatkan rekening dan saldo JHT yang dicairkan akan ditransfer ke sana.

Tidak Punya Kartu Keluarga

Kartu Keluarga sangat diperlukan untuk validitas data-data kependudukan peserta BPJS TK yang mau mencairkan JHT. Tanpa membawa Kartu Keluarga, keinginan untuk mengambil uang JHT tak akan terkabulkan.

Jadi bagi yang tidak atau belum mempunyai Kartu Keluarga, solusinya segera buat Kartu Keluarga. Lagi pula Kartu Keluarga memang diperlukan dalam berbagai kepentingan administrasi lainnya.

Tidak Punya KTP

Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga berkas yang harus banget dibawa ketika mau mencairkan dana JHT. Tapi bagaimana jika tidak punya KTP?

Solusinya bagi yang tidak punya KTP adalah dengan boleh menggunakan SIM.

Akun Masih Aktif

Mulai 1 September 2015, semua peserta BPJS TK bisa mencairkan uang JHT-nya dengan syarat sudah berhenti kerja dan melewati masa tunggu selama satu bulan. Karena sudah berhenti bekerja, seharusnya dalam masa tunggu satu bulan tersebut akun BPJS TK sudah non aktif. Artinya sudah tidak ada setoran iuran lagi.

Masalahnya, entah karena apa, terkadang walaupun kita sudah berhenti kerja, akun BPJS TK tetap aktif. Setiap bulannya perusahaan masih melakukan pembayaran iuran.

Kejadian seperti ini ada untungnya sekaligus ada juga ruginya. Untungnya saldo uang JHT kita terus bertambah, padahal kita sudah berhenti bekerja, sebab perusahaan tanpa sadar masih masih membayarkan iuran.

Ruginya, kita jadi tidak bisa mencairkan uang JHT. Karena akun BPJS TK masih aktif, kita jadi dianggap belum berhenti berkerja. Selain itu kita juga terpaksa harus mengkoreksi ulang paklaring, karena gara-gara akun masih aktif itu juga, tanggal berhenti bekerja yang tertulis di paklaring tentu menjadi tidak valid.

Solusi untuk kasus peserta BPJS TK yang akunnya masih aktif padahal sudah berhenti bekerja, adalah dengan menghubungi pihak perusahaan tempat dulu berkerja. Katakan saja agar menghentikan setoran. Kemudian jangan lupa meminta mereka untuk mengoreksi tanggal berhenti berkerja pada paklaring. Berdasarkan pengalaman saya, biasanya pihak perusahaan cuma mencoret tanggal yang salah tadi dengan pena, lalu di bawahnya ditulis tanggal yang benar, terus diberi stempel perusahaan.

Data-data Kependudukan Tidak Cocok


Data-data kependudukan yang tidak sama antara berkas yang satu dengan berkas yang lainnya juga bisa menjadi kendala dalam pencairan uang JHT. Apalagi kalau perbedaannya cukup fatal, bisa-bisa pengajuan klaim JHT untuk sementara akan ditolak, sampai ada koreksi dari pihak-pihak terkait.

Misalnya tanggal bulan dan tahun lahir yang tercantum di KPJ berbeda dengan yang tercantum di KTP. Nama yang tertera di paklaring tidak sama dengan nama yang ada di kartu keluarga.

Solusi untuk masalah ini adalah melihat berkas mana yang data-datanya benar dan berkas mana yang data-datanya salah. Jika berkas yang data-datanya salah adalah berkas dari perusahaan, misalnya paklaring. Kita tinggal mendatangi perusahaan untuk mengkoreksinya. Jika berkas yang data-datanya salah adalah data kependudukan, misalnya KTP atau KK. Kita tinggal meminta surat keterangan dari kelurahan.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mempermudah Berbagai Urusan Kepesertaan 

Demikianlah beberapa kendala yang sering ditemukan dalam proses pencairan uang JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Tapi semua kendala-kendala itu tidak akan membuat kita tidak bisa mengambil uang JHT kita, semua bisa dicari solusi atau jalan keluarnya.

Pada dasarnya, pihak BPJS Ketenagakerjaan begitu meneliti kelengkapan dan kecocokkan berkas-berkas bukan untuk mempersulit peserta BPJS TK mengambil hak-nya, tapi untuk memastikan uang JHT benar-benar diterima oleh pihak yang benar. Begitu.

Terima kasih sudah membaca. Salam. ^^

239 komentar untuk "Beberapa Kendala Dalam Pencairan Uang JHT BPJS TK/Jamsostek Beserta Solusinya"

  1. hmm, jadi itu yaa kendala dalam mencairkan uang...
    sayangnya, saya belum punya kartu BPJS nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo'i. Segera diajukan saja permohonan kalau berminat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. :)

      Hapus
    2. Mba saya mau tanya kalo untuk daftar ke kantor bpjs ketenagakerjaannya bisa di wakilin gak sih? Saya mau daftarin punya pacar saya... Dia gabisa karena kerja.

      Hapus
    3. Mba saya mau tanya kalo untuk daftar ke kantor bpjs ketenagakerjaannya bisa di wakilin gak sih? Saya mau daftarin punya pacar saya... Dia gabisa karena kerja.

      Hapus
    4. halo kk/bg, . bagaimana jika surat keterangan berhenti bekerja nya hilang??

      Hapus
  2. ohh jadi itu yaa, enak dong kalau udah punya kartu BPJS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada enaknya. Ada juga enggaknya.. :)

      Hapus
    2. Mba saya ingin menanyakan kalo alamat y lengkap trus sebagian alamat y ada di kolom no hp .Kalo boleh tau itu jadi masalah apa gk.soal y tmn saya ngisi formulir y gk ngeliat kalo itu kolom no telpon

      Hapus
    3. mb mw tanya kan data antara ktp sma data di jam sostek kan gk sama trz kata pihak jamsostek suruh koreksi ke perusahaan.trz di surat keterangan berhenti kerja dr perusahaan dgnti jgk gak?

      Hapus
  3. Alhamdulillah.. ndak perlu menunggu tua..untuk mengambil hak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana kalau kartu keluarga tahunnya sudah tidak berlaku? boleh ga?

      Hapus
  4. Gan kalo tanggal lahir yang di ktp sama kartu jamsostek beda gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yang salah kartu Jamsosteknya, minta surat keterangan/koreksi dari perusahaan..

      Hapus
  5. Gan klo tempat lahir sama nik ktp beda pada waktu di awal pendaftaran gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya berbeda tempat lahir dan nik KTP dengan berkas apa, Gan?

      Bawa surat koreksi dari perusahaan kalau ada data-data yang berbeda..

      Hapus
    2. Misalnya tempat tanggal lahir waktu di daftarin contoh. Jakarta,desember 1988 nah sedangkan di ktp saya sekarang tempat tanggal lahirnya nama kecamatan bukan kota

      Hapus
    3. Nggak apa-apa kalau nama kecamatan itu masih dalam kota yang sama..

      Hapus
    4. Kalo data dibpjs sama ktp beda provinsi gimana min? Karna waktu daftar belum pake e-ktp, dan sekarang udah ada e-ktp tapi data bpjsnya masih data ktp yang lama. Dan berbeda nik, alamat, dan provinsinya?

      Hapus
  6. Mau nanya gan, kalo paklaring dan kartu jamsostek nya hilang gimana?
    Masih bisa dicairin apa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Dengan membuat surat keterangan hilang dari kepolisian. Jangan lupa cantumkan no KPJ dan nama perusahaan dalam surat keterangan hilang..

      Hapus
    2. Buat surat kehilangan nya di jadiin satu apa di pisah surat kehilangan kartu bpjs dan paklaring nya?

      Hapus
    3. Untuk surat keterangan kehilangan paklaring minta legalisir dari perusahaan..

      Hapus
  7. untuk paklaring yang digunakan apakah paklaring perusahaan terakhir atau paklaring semua perusahaan yang pernah kita kerja disana??

    karna 10 tahun ini saya sudah kerja di 5 perusahaan, dan paklaring perusahaan pertama dan ketiga sudah hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua perusahaan. Hanya kartu yang disertai paklaring yang bisa diklaim. Jadi yang hilang-hilang diurus dulu.

      Hapus
  8. mas sejak jamsostek berganti dengan BPJS saya sudah tidak aktif bekerja, sehingga yang saya pegang adalah kartu jamsostek, saya terdaftar dijamsostek sejak sekitar awal tahun 2011 apakah bisa dicairkan sekarang atau menunggu 5 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sekarang, Mbak. Jangan lupa berkas-berkasnya dipersiapkan.. :)

      Hapus
    2. hari senin mau coba deh. semoga lancar. makasih mas :)

      Hapus
  9. Mas, saya mau tanya, perusahaan mendaftarkan jamsostek dg data saya yg lama, sedangkan saya sudah pindah domisili dan mempunyai KTP baru dg KK tunggal atas nama saya, ketika saya cek onlune status&saldo saya menggunakan KTP saya yg baru datanya ga terdeteksi, pas saya coba pake data eKTP lama baru bisa kebuka, nah pertanyaan saya apakah pengajuan saya masih bisa di approve dengan data baru tsb? Karna untuk KK yg lama tentunya sudah diupdate dan tidak mencantumkan nama saya lagi, dan untuk KTP baru saya masih format lama dengan alasan proses eKTP nya masih lama, mohon pencerahannya, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mas. Kan syarat pencairan JHT harus membawa KTP yang masih berlaku. Saya punya pengalaman mengantarkan seorang Ibu muda klaim JHT, ternyata dia membawa KK orang tuanya, walaupun namanya masih tertera di situ, tapi akhirnya klaim JHT ditolak. Sebab dia sudah punya KK sendiri bersama suaminya. Jadi besoknya terpaksa balik lagi dengan membawa KK-nya sendiri.

      Hapus
  10. mas mau tanya,kalo d kartu jamsostek n ktp nama saya tdk ada marga sdgkn d surat referensi n kk ada marga kira2 gmn ya mas?
    oya kmrn teman jg udh urus,tp kendala krn kepesertaannya msh aktif sdgkn sdh berhenti 1 bln, kemungkina perusahaan blm melakukan non aktif,tetapi kan setoran sudah tdk transfer lg k bpjstknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tahu kalau masalah nama yang ada marga-nya, Gan. Entah jadi masalah entah tidak. Biar aman, buat saja surat keterangan koreksi data dari kelurahan.

      Berdasarkan pengalaman saya, saat keanggotaan masih aktif padahal sudah berhenti kerja, iuran masih tetap jalan. Dan saya tidak tahu kenapa bisa begitu..

      Hapus
  11. Mas mau tanya kalo di perusahaan yg tempat saya bekerja dulu tdk memberikan pakelaring...gimana saya ngurus nya ya mas, sedangkan perusahaannya sudah tutup..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika perusahaan sudah tutup, bisa diminta di Disnaker setempat, Mas.

      Hapus
  12. Selamat malam pak brow,mo nanya nich.
    Saya mau mencairkan dana jht.
    Tapi KTP sama KK belum jadi.
    Apakah bisa di ganti dengan surat keterangan domisili?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, Mas. Sabar dulu saja sampai KTP dan KK-nya jadi.. :)

      Hapus
  13. A... sya udh kerja di 3 perusahaan krtu bpjs.a 1.
    D prushaan prtma paklaring.a gak d ksih. Nah d perusahaan k 2 d ksih. Tp d prushaan yg k 3 gak d ksh jga soal.a bentaran doank kerja.a udh gtu trmasuk kabur dah kaya.a sya.. hhaa

    Bisa d ambil kagak ya klo pke paklaring dr prushaan yg k.2 doank.?
    Atw mnta ssurat kterangan ajh buat gantiin paklaring dr 2 prushaan it..

    Reply ya a...

    Eh stu lgi.
    Klo cairin bpjs bsa d wakilin gk??
    Kakak sya lgi hamil. Jd mw d ambil ama suaminya.

    Reply ya a..
    Makasih a... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing kartu harus memiliki paklaring. Jadi hanya kartu yang ada paklaringnya yang bisa diambil JHT-nya. Silahkan diurus dulu paklaringnya ke perusahaan yang bersangkutan, jika perusahaan tidak mau membuatkan pakalring/surat keterangan sudah berhenti kerja, laporkan saja ke Disnaker setempat.

      Pencairan JHT tidak bisa diwakilkan, Mas.

      Hapus
  14. mas, saya ke kantor bpjs untuk mengurus klaim JHT. tapi dari security bilang baru bisa di proses bulan Desember, apa iya selama itu? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja, Mas. Mengingat antrian yang sangat padat, bisa saja antrian untuk bulan September, Oktober dan Novermber sudah terisi.

      Coba ke kantor cabang BPJS TK yang lain, yang tidak terlalu padat antriannya. :)

      Hapus
    2. kalau di Jakarta bisa dicoba di BPJS yang di Mayapada tower, posisinya dekat starbucks.
      kalau bs dtg jam 6 spy ga kelamaan antri

      Hapus
  15. Klo tidak punya KK bisa pakai buku nikah ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mas. KK diperlukan untuk validitas data..

      Hapus
    2. Kalo fotokopi nya aja. Soalnya kk saya rusak dan ga layak

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  16. Mbak.... kalo semisal kita sudah bekerja 4tahun di perusahaan A dan memiliki surat pengalaman kerja, Kemudian bekerja di perusahaan B tapi tidak memiliki surat pengalaman kerja. Apakah jamsostek diperusahaan yg A bisa dicairkan?
    soalnya sepertinya jamsosteknya disambung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang pasti disambung, itu memerlukan paklaring/surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan B, Mbak. Karena saldonya sudah disatukan ke perusahaan B, jadi paklaring dari perusahaan B yang dibutuhkan.

      Tapi kalau seandainya tidak disambung, saldo dari perusahaan A bisa dicairkan..

      Hapus
    2. Pak...apabila perusqhaan tdk membayar iuran slma 1 bulan, apakah jamsostek kita masih akan berstatus atau sudah tidak aktif

      Hapus
    3. Pak...apabila perusqhaan tdk membayar iuran slma 1 bulan, apakah jamsostek kita masih akan berstatus atau sudah tidak aktif

      Hapus
  17. saya mau tanya,untuk pencairan jht yang menggunakan surat kehilangan kartu peserta,bisa langsung cair hari itu juga atau harus menunggu beberapa hari lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada bedanya dengan peserta lain. Karena saat-saat ini sedang ramai orang mengurus JHT, proses pengajuan satu hari, tapi lamanya uang terkirim bisa berhari-hari..

      Hapus
  18. Mas maaf mau tanya.. saya lahir di daerah kabupaten pemalang (jawa tengah) tepatnya desa kalimas. Kalo di KTP saya tertulis Pemalang dan di KK tertulis kalimas tapi untuk paklaring saya dan data di jamsosteknya tercatat pemalang.. itu akan jd kendala gak ya untuk pencairan? Sedangkan kalimas dan pemalang itu kan sama saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuma seperti itu tidak menjadi kendala, Mbak.

      Hapus
  19. Kalo pas daftar dijamsostek ktp lama misal ttl nya tangerang 27 agustus 1983 trus di ktp sekarang 14 februari 1985 itu bisa cair g

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Tapi dengan membawa surat koreksi data dari kelurahan...

      Hapus
  20. Min min klo saya bgni kasusnya. Paklaring sy sesuai dgn KK, tpi tidak dgn kjp nya.. Bedanya itu kjp hanya nama sy saja sedangkan di paklaring yg sesuai dgn KK tertera marga sy juga.. Tolong pencerahannya yaa min
    Tengkiu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... Saya kurang tahu kalau hanya tidak mencantumkan marga, Gan. Saya jawab 'bisa', kalau nanti ternyata tidak bisa saya malah berdosa. Tapi kayak-kayaknya sih bisa. Biar aman buat saja surat koreksi data, Gan.

      Hapus
  21. Gan mau tanya kartu jamsostek saya hilang sya puny kartu bpjs apa bisa untuk pencairan jht?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu BPJS itu dikeluarkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjan sebagai pengganti kartu Jamsostek yang hilang itu bukan? Kalau iya, itu bisa untuk pencairan JHT.

      Dan maaf, kartu BPJS-nya apa, Gan? Kalau BPJS Kesehatan tentu saja tidak bisa.

      Hapus
  22. Kalo saya PHK bulan agustus, tp akun bpjsnya dinonaktifkan bulan september.. Harus ada *Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) gag min? Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau non aktif akunnya bulan september, harus ada surat tersebut. Minta saja ke perusahaannya, Mas. Karena surat itu perusahaan yang mengurus..

      Hapus
  23. min untk peraturan terbaru ini masih nunggu 5tahun 1bulan tidak supaya bisa mencairkan saldo JHT nya. tx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak. Sekarang cukup menunggu satu bulan setelah berhenti kerja..

      Hapus
  24. min maslah data saya banyak yg berbeda, bulan lahir, no.KTP, nama ibu kandung tidak ada alisa tidak d isi, ini gimana min, syarat'y apa aja buat ngrubah data, saya mau ngambil jht, soalnya sy udh berhenti bekerja,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat surat keterangan koreksi beda data dari kelurahan, Mas. Buat data-data yang benar dalam satu surat..

      Hapus
  25. maaf ni mas mau nanya, pas saya mau cek saldo muncul konfirmasi nama/tgl lahir salah.. apa mungin itu data dari perusahaan salah input, trus kalo saya mau cek data saya yg ke input di jamsostek gimana ya mas.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba lagi secara berkala, Mas. Soalnya website BPJS Tk memang kadang suka lelet. Jika dicoba berkali-kali tetap tidak bisa, bisa jadi memang ada kesalahan data dulu waktu pendaftaran.

      Cara ngeceknya mendatangi kantor BPJS TK, Mas.

      Hapus
  26. kendala q paling sulit....kartu hilang paklaring juga g ada...terus gmana .mau minta paklaring perusahaanya di jakarta ...mau kesana g ada wktu .soalnya udah ada kerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paklaring/Surat Keterangan Berhenti Kerja itu salah satu berkas persyaratan utama. Kalau tidak ada itu pengajuan klaim JHT tidak akan disetujui. Minta lagi ke sana atau suruh seseorang yang dekat dengan perusahaan untuk menguruskannya..

      Hapus
  27. Saya mau tanya kalau nama JHT dan KTP beda bagaimana? Sedangkan yang salah kartu JHT nya.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat surat keterangan koreksi beda data, Mbak.

      Hapus
  28. Mint mau tanya .. saya kan masih activ kerja di perusahaan lain dan mempunyai jht yg baru... gimana solusinya mint yah biar bisa di cairkan jht saya yg lama ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada solusinya, Mas. Jika kita sudah terdaftar lagi menjadi peserta BPJS TK, JHT yang lama tidak bisa dicairkan...

      Hapus
  29. Min.. Saya jamsostek nya dr bln 8 2011... Saya berhenti kerja maret 2015... Apa itu sdh bisa sy cairkan min?

    BalasHapus
  30. Bang mau tanya nih di phk bulan agustus thn lalu dan baru sekarang ingin klaim jht,masa aktif kartu pemeliharaan kesehatan 07-2013 apa masih bisa untuk klaim jht bang ? Lalu untuk syarat kan memerlukan kk, jika kk yg saya pegang hanya copyan saja apa kah bisa bang untuk klaim, mohon bantuannya bang untuk infonya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa jika hanya fotokopi-nya saja. Wajib membawa KK yang asli.. :)

      Hapus
  31. Kalau syarat pake ktp sementara boleh tidak iiaa , soal nya kk ktp semua baru di perbaharui karena saya sudah pisah dari keluarga aliah suadah menikah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mas. Tunggu saja sampai KTP dan KK yang terbaru tersebut jadi. :)

      Hapus
  32. agan saya mau tanya kalau nama saya di ktp dan di kartu bpjs nya sama tapi saya cek di website bpjs nama saya beda..
    apakah bermasalah?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perbedaanya cukup fatal, biasanya akan dipermasalahkan, Gan. Biar aman buat saja keterangan koreksai beda data..

      Hapus
  33. gan ane daftar akun jamsostek tapi qo pas cek saldo tidak bisa di cek ya..kenapa itu ya?.. mohon bantuannya thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diulangi secara berkala, Gan. Mungkin situs Jamsostek error akibat banyaknya yang mengakses..

      Hapus
  34. Bang Zuki,
    Berkat tulisan abang jadi semangat aku cairkan jht.
    Makasi ya bang.

    Pas tgl 2 Oct 2015 itulah aku pigi ke bpjs tenaga kerja.
    Ditulis kakak counter itu "min. 5 hari".
    Sebenernya berapa lama waktu untuk transfer jht itu bang?
    Sampek sekarang belom cair bang.

    Mohon petunjuk bang Zuki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar aja, ntar pasti terkirim kok. Karena buanyaknya orang yang mengambil JHT, keterlambatan seperti itu sering terjadi..

      Hapus
  35. Min max non aktif kpj mpe brp bln?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat perusahaan melaporkan ke pihak BPJS TK bahwa kita resmi sudah berhenti kerja dan menghentikan iuran, maka kita sudah nonaktif..

      Hapus
  36. mas mau tanya kalo persyaratan kk nya foto copy dan mati, masi bisa tidak mas untuk di kan persyaratan pencairan jamsostek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mas. Buat KK lagi saja, Mas. Kan KK juga diperlukan untuk hal-hal lainnya...

      Hapus
  37. gan kalo saya kerja di bekasi tinggal d bogor... bisa d ambil d bogor ga yah? terus kemaren temen coba cairin kok disuruh bawa surat phi yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicairkan di mana saja, sistem BPJS TK sudah online.

      Buat yang di-PHK setelah 1 September 2015, memang harus membawa surat dari PHI.

      Hapus
  38. mau tanya gan,saya kendala mengenai pencairan dana JHT saya,KTP sekarang dan data yang terdaftar di BJS berbeda ....dan seumpama saya mau minta koreksi dari perusahaan saya dulu bekerja / bernaung karena saya sudah tutup karena saya dulu di outsoursching apa yang harus saya lakukan

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tidak masalah, Mas. Justru KTP yang digunakan untuk pencairan JHT itu adalah KTP yang terbaru dan harus yang masih berlaku.

      Hapus
  39. Mohon solusi jika KK hilang maka apa yg harus saya lakukan agar bisa mencairkan bpjs saya,sementara saat ini saya sudah pindah dari propinsi yg terdaftar di KK yg hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat KK lagi, Mas. Trus nanti sekalian minta surat koreksi beda data dari kelurahan, karena alamat KTP dan KK Mas tidak sama.

      Hapus
  40. Mas Mau tanya, kita kerja di perusahan A, kemudian di PHK, ada kartu jamsostek, ada surat keterangan dari perusahan A, kemudian kerja di perusahan B, dibuatkan kartu BPJS, dan masih aktif, waktu mau mengambil untuk kartu jamsostek katanya tidak bisa, karena masih aktif di perusahaan B, apa emang begitu ya

    BalasHapus

  41. Dengan ada nya surat ini saya ingin menanyakan tentang persyaratan pengambilan dana JHT JAMSOSTEK

    jika surat pengalam kerja/paklaring hanya photo copy saja, apakah dana JHT JAMSOSTEK bisa cair?
    dikarnakan surat pengalaman kerja yang asli hilang.
    tetapi saya mempunyai surat asli PERJANJIAN KERJA, dan surat asli KEPUTUSAN sebagai karyawan biasa/tetap.
    apakah masih ada pertimbangan agar dana JHT JAMSOSTEK bisa cair?

    dimohon informasi kepada Bapak/Ibu, besar harap saya ucapkan terimaksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat keterangan sudah berhenti kerja/Paklaring asli wajib ada, Gan. Tidak bisa jika hanya fotokopi-nya. Jika hilang, bisa meminta lagi ke perusahaan...

      Hapus
  42. Saya resign pertgl 31 Agustus 2015. Bpjs saya baru di non aktifkan 9 Sept 2015.
    Tgl 21 Oktober 2015 saya mengajukan klem Jht. Antri dari jam 1/2 7 pagi sampai jam1/2 5 sore saya baru di panggil, dan itu pun berkas saya di tolak.
    Alasan'a karena saya sdh termasuk resign di 1sept'15 karena bpjs sy di non aktifkan di sept, jd saya harus melampirkan surat pengunduran diri dr perusahaan yg di legalisir disnaker.

    Masalahnya sekarang, kantor tempat sy bekerja itu di Jakarta dan saya sudah pulang ke Palembang. Setau saya kantor tempat saya bekerja dl tidak pernah melaporkan karyawan'a k disnaker. Saya sdh hubungin kantor saya, tp blm dapet jawaban apakah surat tsb bisa diproses atau tidak.
    Jika kantor tempat saya bekerja dulu tidak mau proses surat tsb, saya harus bagaimana??? Saya tidak bisa klem uang saya selama 4,5 th saya kerja dong.
    Padahal saya sangat butuh sekali uangnya untuk modah usaha...

    Plis min, ada solusi gak untuk kasus seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika Mas Resign tanggal 31 Agustus 2015 memang belum wajib menyertakan surat tersebut, masalahnya Mas resmi non aktif baru pada 9 September 2015. Sebenarnya surat tersebut adalah tanggung jawab perusahaan. Jadi coba desak perusahaan untuk membuatkannya...

      Hapus
  43. Waktu daftar Jamsostek masih menggunakan KTP dan KK lama dengan format
    NIK yang berbeda dengan E-KTP dan KK yang sekarang berlaku. Dan itu menjadi kendala dalam registrasi online error "NIK tidak sesuai KPJ". Bagaimana solusinya. KK versi lama masih ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu jika kasusnya seperti itu, Bang. Hubungi saja call center BPJS Ketenagakerjaan. Saya masyarakat biasa, bukan petugas BPJS TK, tentu tidak semua hal tentang BPJS TK saya ketahui. :)

      Hapus
  44. Gan ada contoh surat koreksi dari perusahaan ga?? Cz tanggal lahir di jamsostek n KTP saya beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada, Gan. Minta saja ke kelurahan, katakan mau bikin surat koreksi data kependudukan, biasanya mereka sudah paham..

      Hapus
    2. Tpi Gan Saya Dulu nya tinggal do Jakarta .tpi Saya mau cairkan Dimedan . Kebetulan Tgl Lahir saya yg di Ktp Sama Di KPJ nya berbeda . Itu Gimana Cra Nya gan . Apa saya ngurusnya Harus di Kelurahan Jakarta gan

      Hapus
  45. Kalau pakai KK yang dilegalisir dari kelurahan, bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib membawa KK asli plus fotokopiannya selembar, Mas.

      Hapus
  46. Mw tanya gan, ane klaim via elektronik, proses nya ga ada kelanjutan dr pihak bpjs tk, tp status klaim sudah dibayar.
    Itu solusinya bagaimana ya...?
    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu untuk klaim secara online, Mas. Pengalaman saya hanyalah klaim secara langsung ke kantor BPJS TK.

      Hapus
  47. Gan tadi pagi ane klaim katanya harus pake surat keterangan berhenti yg ditunjukan ke disnaker dan d legalisir, paklaring ga cukup katanya, apa iya begitu aturannya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang berhenti kerja setelah 1 September 2015, memang begitu peraturannya. :)

      Hapus
  48. Sebenarnya brp lama sih transfer klaim bpjs?saya ngurus bpjs jht si banjarmasin tgl 22 oktober,an ya komplit ,pas wawancara katanya paling telat di transfer tgl.30 oktober 2015 hari jumat.ternyata saya tunggu sampai mlm pun ga ada masuk.senin saya tlp ke bpjs banjarmasin katanya tunggu sampai rabu..ini sudah rabu mlm dan blm ada saldo masuk.sebegitu lama kah prosesnya di banjarmasin?sedangkan teman saya yg satu kantor ngurus bersamaan di semarang bisa cair dlm 2 hari..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar saja, Mbak. Dengan padatnya peserta yang mencairkan JHT, keterlambatan bisa saja terjadi. Tapi yang pasti uang tidak akan hilang. :)

      Hapus
  49. Saya mau tanya ya.. kan per 1 september klu mau cairkan dana JHT klu kasus PHK harus ada Bukti penfdaftran Bersama yg dikelurkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial(PHI).. suratnya itu cara urusnya gmn ya.. dapatx gmn carax.. bibggung nie.. ada yg tau saya harus gmn cara dapatkannya..
    Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyakan pada perusahaan, Mas. Surat tersebut diurus bersama-sama perusahaan dan pekerja yang bersangkutan...

      Hapus
  50. Maaf mau tanya.kalo nama d kartu jamsostek beda sama yg d KTP gimana ya.cuma beda satu huruf.? kemungkinan salah input dr jamsosteknya. Trs KTP sy skrg KTP jawa ,sedangkan waktu pendaftaran pakai KTP tangerang. Pastinya kan beda untuk datanya. It bagaimana ya?? Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuma beda sehuruf biasanya masih dimaafkan, Mas. KTP manapun bisa digunakan, yang penting masih berlaku, dan alamat yang tertulis di KTP sama dengan alamat yang tertulis di Kartu Keluarga.

      Hapus
  51. Gan mau tanya apakah paklaringnya perlu ada stempel perusahaan, klo tdk ada apa masih bisa cair mohon pencerahan gan trimksih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Harus ada tanda tangan dari perusahaan dan diberi stempel.

      Hapus
  52. Maaf gan,,klo KK dan KTP udah ganti gimana ya bisa di cairin ga,soal y saya sekarang udah pindah alamat dan sudah mnikah jadi sudah punya KK sendiri,tolong pencerahanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, Mas. KTP dan KK memang harus yang terbaru dan masih berlaku...

      Hapus
  53. Mas,jika paklaringnya adanya cuma yang photo copy an gmana?
    Bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, Mas. Wajib membawa yang asli.

      Hapus
    2. Kalau kk'y yg potocoppyan gmana?
      saya perantauan,kk asli di kampung sama orang tua,masa ku harus pulang ambil kk doank..?

      Hapus
    3. Kalau kk'y yg potocoppyan gmana?
      saya perantauan,kk asli di kampung sama orang tua,masa ku harus pulang ambil kk doank..?

      Hapus
  54. Gan,saya kena phk tg 14 september 2015,hingga saat ini 26 november 2015 akun jamsostek saya masih aktif,,saya cek secara online..dan disitu tertulis iuran terakhir dibayar pada 1 oktober 2015,,,solusi nya untuk pengurusan pencairan gimana nih?oh ya apa perlu memakai surat dari disnaker seperti komentar sodara d mallzu di atas.

    BalasHapus
  55. Mas maaf klo paklaring dr prusahaan tdk d berikan krna alasan saya resign secara sepihak dn mendadak kira2 ad solusi tdk ya?

    BalasHapus
  56. Mau nanya dong mas klo nama di ktp sama nama di jamsostek beda gimana tuh mas di ktp (ahmad syaifullah) di kartu jamsostek (achmad syaifullah), tapi pas saya cek saldo bpjs lewat online nama yg tertera di jamsostek (ahmad syaipullah). Nah trus nama di KK saya (ahmad syaipullah) juga. Trus Nama di akte dan di ijazah (achmad syaifullah) mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus nya sama seperti saya,jd gimana solusinya ya

      Hapus
  57. Sorry mau tanya nih,
    Aku udah klaim jht lewat online tanggal 16 November 2015, dan sudah ada balasan by email
    tapi untuk pencairan dana nya , kita nunggu berapa lama ?
    Mohon infonya :) Tengkyu

    BalasHapus
  58. Maaf mau tanya...
    Saya sudah resign per 1 november 2015, nah pas pengurusan jamsostek..saya diminta legalisir parklaring yg terakhir.
    Ada yang tau kah legalisirnya dimana untuk kantor sy di daerah rasuna said (kuningan) Jakarta.

    BalasHapus
  59. mau tanya kalo kartu kk saya hilang ..adanya fotokopian doang saya bisa gak nyairin duit saya .trima kasih

    BalasHapus
  60. Min,, share info aja sekalian minta solusi, hr ini tgl 10 okt 2015 saya ngajuin klaim dikantor jamsostek di tangerang, sy sendiri orang jawa timur bekerja di jakarta udah 3th, nah pas saat ngajuin petugasnya minta surat domisili, sedangkan sy dpt info bahwa jht bisa di klaim dikantor terdekat, dan satu lg info dr petugas yg di depan untuk pencairan nanti akan di konfirmasikan melauli sms, naaah yg bikin sy bener2 kaget adalah utk pencairan paling cepet bulan februari. Naah ndmin ada masukan,,, persyaratan sy udah lengkap min.

    BalasHapus
  61. Gan, saya mendaftarkan via e-klaim. data saya sudah berhasil di rekam dan sedang dalam proses persetujuan. Dan di suruh menunggu hari kerja berikutnya. Ini sudah 4 hari saya belum terima email balasan. Apakah seperti itu e-klaim saya ketolak??
    Thaks Gan.

    BalasHapus
  62. Gan ada contho surat keterangan perubahaan data dari perusahaan soalny semua data saya di bpjs dan perusahaan berbeda

    BalasHapus
  63. Min..Saya Mau Tanya gimana kalo data pas pendaftaran beda dgn data e-ktp dulu bikin Bpjs pake ktp jawa Dan sekarang sy punya e-ktp tangerang.tahun lahir Dan tempat tinggal beda, nomor ktpnya pun beda gimana neh solusiy..thx

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. GAN mau tanya ni,punya saya nama di paklaring nya bda sma kka,perbedaanya hnya krna disingkat,nama saya di KK TAUFIK FAJAR DWI ANUGRAH,sedangkan di paklaring jdi TAUFIK FAJAR D A,itu gmn ya?trus biasanya brapa lama klo kita ingin mencairkan uangnya dengan proses datang lngsung ke kntor BPJS dan brapa lma jga klo kita melalui proses E-KLAIM?mhon pncerahanya gan?trimaksih

    BalasHapus
  66. Mbk saya mw cairin dana jht, tp kok saya di suruh minta legalisir ke disnaker padahal saya sudah bawa paklaring asli. Lokasi saya di jawa timur trus saya harus mengurus ke disnaker karawang jawa barat krn dlu saya kerja di karawang.solusi nya gmna ya mbk

    BalasHapus
  67. Mohon pencerahan nya " saya sudah bekerja di suatu perusahaan selama _/+ 6 tahun tetapi saat pengunduran diri secara tiba2 dan saya tidak mendapatkan surat paklaring nya mohon kiranya ad solusi lain tidak untuk mencairkan JHT nya terimakasih atas bantuan nya

    BalasHapus
  68. Bagaimana cara tarik saldo BPJS,perusahaan sudah ditutup tetapi masih aktif?
    Saya dulu sudah sempat ajuin ke BPJS sampai tiga kantor cabang tetapi semua tidak ada yang bisa,malah ada yang kasih saran untuk lapor keperusahaan tempat saya bekerja,gimana mau lapor perusahaannya aja sudah tutup, terus malah ada yang marah-marah katanya perusahaan tempat saya dulu bekerja sudah nunggak setoran , sudah dijelasin kalau perusahaan sudah tutup tetapi tetap tidak bisa menerima penjelasan saya , ada yang ngomong katanya " Ya sudah ikhlasin aja... ", waduh.... sampai sekarang pun masih belum bisa, mungkin kalau diantara agan-agan ada yang tahu caranya tolong dishare ya...thks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih kasus nya kaya saya...tolong yg bisa jawab mohon dibantu ;)

      Hapus
  69. bos kalau kita bisa menghubungi lewat sms g nomornya berapa ya bos ya mau nanya boooos

    BalasHapus
  70. Saya data lengkap kok masih di mintai surat keterangan tidak bekerja atau keluar kerja dari disnaker....sulit amat paklaring kan sudah cukup

    BalasHapus
  71. Mau nanya saya klw mau pencairan.
    maslah gak klw ktp waktu pendaftaran sudah berubah alamat.
    soalnya saya sudah pindah sementar wktu daftar pake alamat yg lama.. minta infonya.
    kirim ke email saya
    khenzoal17@gmail.cok

    BalasHapus
  72. Mau nanya saya klw mau pencairan.
    maslah gak klw ktp waktu pendaftaran sudah berubah alamat.
    soalnya saya sudah pindah sementar wktu daftar pake alamat yg lama.. minta infonya.
    kirim ke email saya
    khenzoal17@gmail.cok

    BalasHapus
  73. Mau tanya kalo cuma beda RUDIANTO sama RUDIYANTO... kira2 dipermasalahkan tidak

    BalasHapus
  74. Kartu Astek dan surat parklaring hilang...no kpj juga tak ingat...saya kwrja 2 tahun 1997/1998...apa masih bisa saya urus ya..? Trims

    BalasHapus
  75. Maaf mau nanya ?
    saya punya kartu jamsostek ketenagakerjaan, dan saya mulai bekerja tahun 2011 - 2013 Tetapi surat paklaring nya hilang karena jangka waktu yg cukup lama.

    bisa gak diambil tanpa persyaratan (paklaring)?
    atau ada solusi lainkah ?

    BalasHapus
  76. Nanya dong ,,, buat surat yang di tembusin ke depnaker kalo ane udah ga kerja itu perlu bangat ya,soalnya pas ane minta katanya pake paklaring ajh bisa,tapi di jamsosteknya mesti pake surat dari perusahaan lama ane ke depnaker kalo ane udah ga kerja,,mohon bantuannya

    BalasHapus
  77. Mau tanya , kalo sudah pencairan tapi belom ditransfer gmna ya ? Kenapa nomor telepon jamsostek selalu sibuk?
    Apa bisa bantu?

    BalasHapus
  78. Mas mw tanya klo mslkn belum msa tunggu 1 bulan dari masa pengunduran diri memang tidak bsa dicairkaan kah ?? Statusny krtu msh aktf tp sya tanya ke perusahaanny sudah tidak aktif... apa itu pengaruh dari masa tunggu atw gmn... mohon infonya

    BalasHapus
  79. Sorry min mau nanya sya tgl 21 pengajuan via transfer brp lama ya

    BalasHapus
  80. Kalau No KTP salah saat mendaftar bisa dirubah gak min ?
    Dan bagaimana caranya ?

    BalasHapus
  81. Mas mau tanya...nama dikartu BpJS sama dengan di KTP tpi di data online nya berbeda apa masi bisa klaim JHT nya?

    BalasHapus
  82. kalau yg salah input nama ibu kandung yg dilakukan oleh BPJS sendiri bagaimana solusinya ya . mohon saran. karena input dari kantor sudah sesuai

    BalasHapus
  83. Teman teman mau nanya nih. . klo via transfer, ditransfernya itu paling lama berapa hari y ?

    BalasHapus
  84. Gan mo tanya kalau perusahaan lama males untuk nutup bpjs / gak di non aktifkan gemana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laporin ke disnaker aja, Mas. Minta surat rujukan saja dari sana.

      Hapus
  85. selamat siang mau tanya ni mb admin klo saya mau mencairkan bpjs tk tp saya lg di perantoan hanya bawa foto copy kk kira" bsa gak yah di cairkan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma fotocopyannya saja tidak bisa, Mas. Wajib dan harus membawa berkas-berkas yang asli...

      Hapus
  86. Mbak skrg kok harus pakai surat dari disnaker ya ,, paklaring sy ada tp surat dr disnaker nya yg lama lg keluar nya gimana tu solusi nya tu mbak ,tlg sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangnya waktu berhenti kerja kemarin perusahaan tidak memberikan Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan? Itu pihak perusahaan yang mengururus...

      Hapus
    2. pihak perusahaan yg ngurus? tapi qo saya malah disuruh minta langsung ya ke disnaker setempat setelah dr hrd perusahaan?

      Hapus
  87. Permisi admin saya punya kartu bpjs ketenagakerjaan tapi saya lupa nama perusahaan yg dulu pernah sy bekerja mohon pencerahan nya SOLUSINYA gimana tolong di bls sebelumnya trimakasi admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa lupa sih, Mas? Kan nama perusahaan juga tertulis di Paklaring. Yang mana Paklaring itu adalah salah satu dokumen yang wajib ada jika mau mencairkan JHT.

      Hapus
  88. Hallo admin yg baik hati.
    Tanya nih, utk paklaring apa bisa di legalisir didepnaker yg ada dikampung halaman ??? Atau didepnaker daerah tempat perusahaan beroperasi ??? Karena jarak keduanya sangat jauh.
    Trims :)

    BalasHapus
  89. Pak..saya telah berhenti dimperusahaan A dan bekerja selama 4thn. Habis itu mendaftar keperusahaan B dan kartu bpjs nya tidak saya sambung.
    Nah, saya cek saldo online pak, no KPJ perusahaan A dan B sama pak... tapi kenapa saldo yang saya cek itu saldo yang perusahaan B saja ya pak? Lalu saldo yang perusahaan A bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saldo JHT dari perusahaan A tidak akan hilang, Pak. Silakan diamalgamasi saja dengan saldo di perusahaan yang sekarang...

      Hapus
  90. Pak.. saya sudah berhenti di perusahaan A dab masuk ke perusahaan B.
    Kenapa cek online saldo bpjs nya saldo yang muncul hanya yang perusahaan yg B ya pak? Lalu bagaimana dgn saldo perusahaan B?
    belum saya cairkan pak.
    trimakasih

    BalasHapus
  91. Mas,kalo klaim jht.y d wakilin
    Bisa gak?
    Bales.y!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa, Dek. Harus yang bersangkutan langsung. Yang bisa diwakilkan adalah peserta BPJS TK yang telah meninggal dunia atau cacat permanen.

      Hapus
  92. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (danieljohnhome@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam,
    Tim investasi Daniel john

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngiklan bayar woy! Buat teman-teman pembaca blog saya jangan percaya dan hati-hati aja bisa-bisa ini PENIPUAN!

      Hapus
  93. kalo beda tanggal lahir di KK sma di KTP boleh gk ?

    BalasHapus
  94. selamat siang
    mau bertanya bang..
    suami saya ingin mencairkan dana JHT nya..krn kartu jamsostek hilang akhirnya kami dtg ke BPJS di kebon sirih..setelah di cek nama suami saya dpakai orang lain..tetapi data NIK..Nama Ibu dan alamat semua sesuai dengan suami saya..dan data di manipulasi..dsitu tertera prnh bekerja di PT. Panca dan OJK..sedangkan suami sya sama sekali tdk pernah bekerja di PT itu..dan dari pihak pelayanannya data sudah ditimpa dan pernah mau di klaim..mohon solusinya..

    BalasHapus
  95. Saya udah coba klaim online...udah hampir seminggu lebih belum ada konfirmasi kalo proses saya di terima...
    Setiap d cek belum diproses terus...
    Sebaiknya saya harus gimana ya mas, apah memang prosedur.a harus nunggu lama?
    Mohon info untuk yg senasip dengan saya di kantor cabang cileungsi bogor

    BalasHapus
  96. Kalau nama nya tidak sesuai kk apa bisa di cAirkan?nm di kRtu bpjs adi tapi nama sebenarnya oji apa bisa di cairkan?mohon di bantu solusinya

    BalasHapus
  97. mau tanya klau pngajuan bpjs surat kluarganya pke foto copyan bisa ga si soalnya yang asli di kampung

    BalasHapus
  98. mau tanya klau pngajuan bpjs surat kluarganya pke foto copyan bisa ga si soalnya yang asli di kampung

    BalasHapus
  99. mau tanya mas, kalo misal kita udah ngajuin klaim jamsostek, tetapi ditolak oleh pihak jamsosteknya karna data base kartu jamsosteknya tidak sama dengan data aslinya ,,yaitu nama ibu kandung dan tanggal lahir,, setelah saya koreksi ke tempat perusahaan yg dulu kerja, ternyata dari pihak pt sengaja merubah data base kartu jamsostek agar tidak bisa diambil, kalo kyk gtu gimana tlong bantuanya..

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. ass. maaf mau konsultasi. kenapa yaa pin yang saya terima dari bpjs via sms pada saat saya mengisi klaim kok tidak valid yaa?

    BalasHapus
  102. bang untuk pakraling bila g ada ,apa bisa di ganti surat kehilangan
    saya minta ke disnaker ko ga di kasih y

    BalasHapus
  103. gan mau tanya kalau nama ibu kandang di kpj sama di kk beda apakah jadi kendala?

    BalasHapus
  104. Mau tnya ..udh hampir 3 minggu knpa ya uang jht bpjs aq qo lom cair juga ya..katanya mau di transfer emng waktu itu atm aq ada kendala di blokir tpi skrng dh aktif..mhon bantuannya

    BalasHapus
  105. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  106. Mas mau tanya ni ko data di propil bpjs saya beda ama yg di ktp yg di ktp kan heri aditama terus yg terdaptar di bpjs heri aja terus tanggal lahir juga terbalik aturan 10-03-1991 data di bpjs 03-10-1991.kalo gini harus gimana mas

    BalasHapus
  107. Mas mau tanya ni ko data di propil bpjs saya beda ama yg di ktp yg di ktp kan heri aditama terus yg terdaptar di bpjs heri aja terus tanggal lahir juga terbalik aturan 10-03-1991 data di bpjs 03-10-1991.kalo gini harus gimana mas

    BalasHapus
  108. mba kalo gada ktp asli cmn fotocopy gpp soalnya hilang buat baru prosesnya lama berbulan2,,apa boleh menggunakan sim saat mau claim pencairan kan harus ada ktp asli ??? apa boleh pakai sim atw fotocopy ktp

    BalasHapus
  109. Gan sya mau tanya,kalo status d bpjs masih peserta aktif(tapi saldo tdk bertambah,di keterangan bpjs saldo dan iuran terakhir maret 2015) smpk skrg tp sya udh berhenti kerja dr bulan juli 2016,,apakah bisa di cairkan??

    BalasHapus
  110. Gan mau tanya kalau nama di ktp di singkat apa bisa mencairkan jamsostek contoh nama lengkap muhamad fikri.
    Disingkat m.fikri.di surat paklearing nama lengkap sedangkan ktp dan kk nama singkatan.apa masih bisa mencairkan jamsostek mohon pencerahan nya.thx

    BalasHapus
  111. Saya resign agustus 2016 tp perusahaan nunggak iuran jamsostek dari bulan april 2016 kira2 bisa diambil ga ya JHT saya? Atau nunggu iuran dilunasi perusahaan dulu? Terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus