Sabtu, 15 Agustus 2015

Tips Meningkatkan Traffik Blog Dengan Menulis Cerita Bersambung

Mendatangkan pengujung ke sebuah blog bisa bermacam-macam caranya, salah satunya seperti yang akan aku bahas kali ini, yaitu Tips Meningkatkan Traffik Blog Dengan Menulis Cerita Bersambung.

Metode ini sepertinya masih jarang digunakan oleh para blogger. Tapi bagi teman-teman blogger yang blognya blog gado-gado dan hobi menulis, cara ini mungkin bisa dicoba. Aku sudah beberapa kali mencoba menulis cerita bersambung alias cerbung dalam blog ini, dan hasilnya cukup signifikan meningkatkan jumlah kunjungan ataupun menaikkan total pageviews.



Cerita Bersambung


Berikut ini beberapa alasan kenapa cerita bersambung bisa begitu efektif menaikkan traffik blog:

Pertama, cerita bersambung bisa membuat pembacanya penasaran untuk mengetahui seperti apa ending cerita yang ditulis. Sehingga mereka akan terus mengikuti dan akan membaca setiap episodenya. Dengan demikian, dapat dipastikan total pageviews blog akan terus bertambah. 

Kedua, postingan blog berupa Cerber atau cerita bersambung, juga akan membuat pembaca mau kembali lagi mengunjungi blog kita. Mereka akan sering-sering menengok blog kita, ingin tahu apakah kelanjutan ceritanya sudah diposting atau belum.

Ketiga, cerita bersambung bisa membuat blog kita banyak dibookmark oleh pembaca, sebab mereka tidak ingin ketinggalan satu episode pun. Dan konon kabarnya, semakin banyak orang yang mem-bookmark sebuah blog, semakin bagus pula posisi blog tersebut dalam rangking mesin pencari.

Keempat, selain dengan mem-bookmark, pembaca blog yang tidak ingin kelewatan satu episode dalam sebuah cerita bersambung, kemungkinan juga akan submit email ke blog kita. Sama seperti bookmark, semakin banyak orang yang berlangganan artikel blog dengan email, rangking blog akan semakin mantap dan ganteng.

Dan kelima, cerita bersambung juga bagus untuk SEO (Search Engine Optimization). Sebab cerita bersambung di dalamnya pasti memiliki lebih banyak kosa kata dibanding artikel biasa. Jadi sangat memungkinkan sesekali ditemukan oleh pengunjung lewat mesin pencari dengan mengetikan kata-kata tertentu.

Itulah beberapa alasan mengapa cerita bersambung bisa berperan besar dalam meningkatkan pengunjung blog. Dengan memposting cerita serial dari episode ke episode seperti cerber, juga bisa membuat kemampuan menulis kita semakin terasah dengan baik.

Dan siapa tahu, cerbung yang kita tulis di blog dibaca penerbit, trus dibukukan, trus bukunya difilmkan. Wah.. Bayangkan, kita bakal dapat keuntungan yang dahsyat hanya dari sebuah cerber. Hahai.

Baiklah, selanjutnya adalah tips menulis cerita bersambung.

Opening Yang Menarik

Dalam membuat cerita bersambung, hal paling penting ialah membuat awal cerita yang baik dan menarik. Kalau pada episode pertama saja jalan ceritanya sudah membosankan, siapa yang mau membaca kelanjutannya?

Oleh karena itu, paragraf-paragraf pada awal cerita perlu diberi penanganan khusus, supaya para pembaca tertarik untuk mengikuti dan bahkan tidak sabar menunggu episode-episode selanjutnya.

Jalan Cerita

Hal penting selanjutnya adalah alur ceritanya. Pastikan selalu nyambung dan memiliki benang merah antara episode satu dengan yang lainnya. Jangan ngelantur dan melebar kemana-mana, sehingga inti ceritanya malah menjadi tidak jelas.

Total Episode

Untuk soal ini menurutku terserah saja. Asalkan mampu menyajikan jalan cerita yang menarik, sehingga membuat pembaca tertarik mengikuti ceritanya hingga ending. Mau 3 episode, 5 episode, 43 episode terserah. Bebas! Semakin banyak episode tentu semakin melimpah jumlah masyarakat yang mengunjungi blog kita.

Tiap Episode-nya Jangan Terlalu Pendek

Jangan karena mengejar traffik, lalu membuat cerita-cerita yang terlalu pendek di setiap episode-nya. Cerita yang seharusnya cukup diposting sekali, dibagi menjadi 3 kali posting demi meraup jumlah pageviews.

Ini tidak bagus. Google tidak suka dengan blog-blog yang memposting artikel terlalu pendek. Jadi per episodenya silahkan tulis dengan minimal 1000 kata.

Jemput Pembaca

Cerita-cerita fiksi baik itu cerpen maupun cerbung, kebanyakan memang bukan tulisan populer yang banyak dicari di internet. Maka dari itu adalah tugas penulis untuk mencari pembaca, bisa dengan cara blogwalking ataupun membagi-bagikan URL ke sosial media.

Ending yang Baik

Jangan lupa berikan akhir cerita yang keren. Kalau perlu yang mengejutkan dan tak pernah disangka-sangka oleh pembaca. Kalau mereka sudah mengikuti ceritanya sejak awal, namun begitu sampai di ending ternyata ceritanya datar dan biasa-biasa saja. Bisa-bisa di cerber-cerber selanjutnya mereka kapok dan tidak mau membaca lagi.

Demikianlah Tips sederhana meningkatkan Traffik Blog Dengan Menulis Cerita Bersambung. Semoga berguna bagi nusa dan bangsa. ^^

******

22 komentar

emang si akangmah hebat berceritanya. seceperti nyata kalo bikin ceritanya. ringan tapi rame.
jadi tipsnya ini kalo mau seperti si akan ya harus di ikuti

biasanya yang sering bikin artikel bersambung itu situs berita ya mas, jadi mirip sinetron deh :D

sayang g bisa bikin cerita bersambung hahahaha

masuk akal juga nih mas penjelasannya.
saya sendiri belum pernah mencoba cara ini,habis nggak bisa bikin cerita sih apalagi yg bersambung bisa2 malah nggak jadi posting akhirnya :D

Saya mah salut sama Mas Arizuna, kalo sudah menulis cerita suka bikin penasaran yg membacanya... apalagi yg tulisannya tentang Malam Pertama Pengantin Salah Gaul hehehee... :D

Aku kurang jago menulis, sehingga tidak bisa atau belum bisa membuat cerita bersambung. Kosakataku masih minim. Memang betul itu, cerita bersambung bisa lebih menarik pembaca, pastinya dia akan mengunjungi artikel sebelumnya demi ingin tahu alur ceritanya.

caranya keren juga, boleh nih diterapkan soalnya saya selama ini selalu habis sekali bahas artikelnya

betul banget tuch.. kalau pun tidak dibuat bersambung asal satu topik akan semakin membuat artikel tambah unik..

Bagi yang ssuka menulis cerita memang enak banget sih, tapi kalu yang putus-putus seperti saya harus banyak belajar menulis terus...

sepertinya mesti buat dulu blog gado-gado, agar tidak keganggu kegiatan promosi :)
terimakasih tips nya mas, memang sih disadari atau tidak pengunjung pasti mengharapkan membaca artikel yang asik untuk dibaca.

mesti dicoba nih tips2nya :)

Betul juga gan, apalagi kalau ceritanya di buat semenarik mungkin jadi kaya nonton Sinetron di TV saja ya

udah lama pengen bikin cerbing diblog, tapi bingun mau angkat tema apa

baru kepikiran, kan kalau bersambung bisa bikin penasaran ya gan...sip deh...baru sadar sekarang. makasih atas pencerahannya. salam sahabat blogger

yang jelas kalau menarik pasti bikin penasaran yang baca, makanya kemungkinan besar akan balik lagi untuk membaca kelanjutannya...

Aih boleh juga nih..sip sip...tengiiu yak atas idenya

Nonton Film Online disini aja guys

nonton film online

Nonton drama Korea terbaru disini aja guys

drama korea terbaru

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

terimakasih informasinya untuk saya yang pemula ini, mampir juga ya ke blog saya..
kumpulan informasi dan cerita menarik http://goo.gl/a7ZSZA

Mantap gan...

Kunjungi blog saya juga:

https://lantingrusak.blogspot.co.id/

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon