Kegiatan Ngeblog Semakin Mudah dengan Aplikasi Blogger


Aplikasi BloggerMerebaknya pengguna smartphone belakangan ini, membuat banyak sekali bermunculan berbagai jenis aplikasi dengan beragam fungsi dan tujuan masing-masing. Tak terkecuali platform Blogger, platform blog milik Google ini juga telah menyediakan Aplikasi Blogger untuk mempermudah penggunanya saat ngeblog menggunakan smartphone.

Kebetulan sudah 5 bulan ini HP Android saya dilengkapi dengan Aplikasi Blogger ini. Dan Alhamdulillah, aplikasi tersebut cukup membantu saya dalam kegiatan ngeblog sehari-hari.

Berikut ini beberapa kemudahan yang saya rasakan ketika ngeblog dengan menggunakan Aplikasi Blogger.

Posting Artikel.

Sebagian artikel dalam blog ini saya terbitkan melalui Aplikasi Blogger, terutama saat bepergian dan harus berpisah jauh dengan komputer di rumah. Memiliki Aplikasi Blogger membuat saya bebas ngeblog di mana saja tanpa harus repot dan capek-capek menenteng-nenteng laptop kemana-mana, karena kebetulan saya juga memang tidak punya laptop.

Tapi karena belum terbiasa mengetik tulisan panjang menggunakan HP layar sentuh, untuk penulisan artikel saya memakai HP Nokia E63. Nanti setelah artikel selesai ditulis dan siap diterbitkan, saya akan transfer ke HP Android menggunakan bluetooth. Setelah itu barulah diposting ke blog melalui Aplikasi Blogger.

Dan memposting tulisan melalui Aplikasi Blogger juga hampir mirip dengan memposting melalui komputer. Bisa memasukkan foto, bisa memilih label atau kategori, dan juga bisa membuat tautan permanen.

Edit Artikel.

Semua blogger yang serius dan menyayangi blognya, pasti pernah mengedit artikel-artikel lama. Entah itu karena menyadari adanya salah ketik, menambah tulisan karena ada informasi terbaru yang berhubungan dengan artikel, atau sekedar perbaikan biar semakin enak dibaca. Nah, di Aplikasi Blogger juga dilengkapi dengan fitur untuk mengedit artikel.

Fitur inilah yang paling saya sukai dan yang paling sering saya gunakan. Dengan ini, saya bisa mengedit tulisan-tulisan saya sambil tiduran menunggu ngantuk, sambil nongkrong di kamar mandi, sambil menunggu pacar nyalon (kalau punya pacar? -red), saat naik mobil di perjalanan, dan lain sebagainya. Intinya di mana saja kapan saja ketika ada waktu luang, saya bisa memanfaatkan Aplikasi Blogger untuk memperbaiki tulisan-tulisan yang sudah diposting di blog.

Sosial Media Sharingnya Lengkap.

Ini juga yang menjadi salah satu titik keren dari Aplikasi Blogger. Kita bisa membagikan artikel yang baru kita terbitkan ke banyak sosial media. Tidak hanya ke Google Plus, Facebook dan Twitter, tapi ke semua aplikasi sosial media yang terdapat di smartphone kita. Bisa dishare ke seluruh teman-teman yang ada di Whatsapp, BBM, Line, Tango, Viber, SMS, Email, dan lain sebagainya. Kalau punya Fanpage Facebook juga bisa share ke sana.

Bukan hanya artikel yang baru diterbitkan, artikel-artikel lama juga bisa dishare ke berbagai sosial media tersebut. Dengan begitu, artikel blog kita bisa semakin cepat dibaca banyak orang. Dan kalau artikel sudah dibaca banyak orang, kesempatan bisa muncul di halaman pertama Google lebih terbuka lebar.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur-fitur lain dalam Aplikasi Blogger. Misalnya fitur kamera, dengan fitur ini kita bisa memotret sesuatu kemudian langsung diposting di blog. Tapi sampai sekarang saya belum pernah menggunakannya. Entah di kemudian hari, jika tiba-tiba di depan saya ada kejadian heboh, mungkin saya akan memanfaatkan fitur ini dengan memotretnya kemudian langsung dierbitkan di blog.

Itulah beberapa manfaat dan kemudahan yang saya peroleh dengan Aplikasi Blogger. Kalau teman-teman pengguna platform Blogger tertarik mencobanya, silahkan saja mengunduh aplikasinya di Google Playstore. Ukuran aplikasinya juga cuma 4,94 MB, sehingga tidak bikin boros memori smartphone.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Salam blogger. ^^


ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

13 comments:

  1. Aku prnah pnya nih app blogger for andro. Tp gatau kenapa di hp ku error mulu kalo mau publish postingan baru-__- Paling ribet lg kalo mau masukin foto. Gak enak deh:( Apa di hp aku doang kali ya errornya? Tp buat edit2 postingab sih bisa..

    Pdhal udh 2x donlot, eh bgtu jg. Akhirnya skrg udh aku uninstall deh._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sinyalnya, Sist. Dan mungkin ukuran fotonya juga kebesaran. Alhamdulillah saya lancar-lancar saja.. :)

      Delete
  2. saya juga pakai apps ini mas untuk keperluan ngeblog, terutama untuk membuat postingan dan buat cadangan artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Aplikasi Blogger juga sangat membantu untuk membuat draft artikel.

      Delete
  3. Ane punya sih tapi jarang tak pakai gan, gimana ya.. kurang maksimal sih menurut saya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terbiasa lewat PC memang agak susah, Gan. Hehe..

      Delete
  4. betul mbak, sampai saat ini saya masih setia dengan blogger saya ne, hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah jika demikian. Terus semangat ngeblog-nya. :)

      Delete
  5. Saya juga terkadang memakai aplikasi blogger android ini, hanya memang ada kendala saat kita akan setting link nya saja, saat ini sudah dimudahkan dengan teknologi tinggal kitanya yang menyesuaikan.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kita sabar dan telaten, ngeblog via Blogger Apps juga oke. Lumayan membantu jika tetap ingin ngeblog saat di perjalanan...

      Salam juga, Gan.

      Delete
  6. Muantappp artikelnya...
    Salam kenal mba bro..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)