Pengalaman Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan Pasca Peraturan Baru

Ini merupakan pengalaman saya kemarin mengambil uang JHT BPJS TK/Jamsostek pasca peraturan baru 1 September 2015. Bukan JHT punya saya sebenarnya, saya hanya diminta tetangga untuk mendampinginya mengurus pencairan saldo JHT miliknya.

Karena dianggap sudah berpengalaman atau entah karena apa, saya memang lumayan sering diminta tolong teman atau tetangga untuk menemani mengambil uang JHT. Selain itu, memang tidak banyak orang di kampung saya yang tahu letak kantor BPJS TK kota Pekanbaru.

Proses Pencairan JHT

Klien saya kali ini seorang mantan buruh panen buah kelapa sawit di PT. Sawit Asahan Indah, kabupaten Rokan Hulu, yang merupakan anak perusahaan dari PT. Astra Argo Lestari. Di sana ia bekerja dari tahun 2010 dan berhenti pada tahun 2014. Berarti hingga kemarin ia sudah menjadi peserta Jamsostek sekitar 5 tahun.

Ketika beberapa waktu lalu dia meminta saya untuk menemani mengurus klaim JHT-nya, saya langsung ingatkan dia untuk mempersiapkan segalanya. Fotocopy KPJ, KTP, KK, Surat referensi/Paklaring dan Buku tabungan. Saya tanyakan juga apakah data-data kependudukannya cocok antara berkas yang satu dengan berkas yang lainnya.

Hmm.. Setelah diperiksa baik-baik ternyata ada yang tidak beres. Alamat rumah yang tercantum di KTP ternyata tidak sama dengan alamat rumah yang tertera di KK, dan itu bisa berakibat pengajuan klaim JHT ditolak. Karena dia seorang perantau, jadi alamat yang tertulis di KTP masih alamat kampung halamannya. Sedangkan alamat yang ada di KK, sudah tertulis alamatnya yang sekarang. Biar nanti tidak menjadi masalah, saya suruh dia membuat Surat Koreksi Data dulu dari kelurahan.

Tidak hanya itu, masalah lainnya dia tidak memiliki tabungan. Sedangkan kantor cabang BPJS TK jalan Tengku Zainal Abidin, pencairan JHT di atas 1 juta wajib menggunakan Buku Tabungan. Hanya saldo JHT di bawah 1 juta yang bisa dibayarkan secara cash. Maka dari itu, saya juga suruh dia membuka rekening bank terlebih dahulu.

Biasanya dalam situasi normal, peserta yang tidak punya rekening bank akan dibuatkan langsung di dalam kantor BPJS TK. Tapi karena sekarang-sekarang ini setiap hari antriannya padat merayap, hanya peserta yang memiliki KTP kota Pekanbaru saja yang akan dibuatkan buku tabungan. Sementara untuk peserta dari luar kota, mau tidak mau harus datang dengan sudah membawa buku tabungan sendiri.

Kebetulan bank yang bekerja sama dengan BPJS TK Pekanbaru jalan Tengku Zainal Abidin adalah Bank Mandiri. Bagi peserta yang menggunakan buku tabungan Bank Mandiri, masuknya uang JHT ke rekening tidak terlalu lama, hanya sekitar 1 - 3 hari. Sementara bagi yang menggunakan rekening selain bank Mandiri, pengiriman uang bisa menelan waktu 3 hingga 7 hari.

Setelah surat koreksi data dan buku tabungan selesai diurus, pada pagi kamis tanggal 10 September 2015 kemarin, sambil berangkat kerja saya mampir ke kantor BPJS TK mengambil formulir untuk teman saya itu. Harus pagi-pagi banget datangnya. Saya tiba di sana jam setengah tujuh pagi saja sudah hampir tidak kebagian formulir. Formulir yang saya ambil itu sudah diberi cap 'Untuk Pencairan tanggal 11 September 2015'.

Baca : (Cara Mencairkan Uang JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Sebelum Peraturan Baru)

Sistem pencairan JHT di kantor BPJS TK Jalan Zainal Abidin memang seperti itu, mengambil formulir hari ini untuk proses pencairan besok. Jadi harus dua kali datang. Dan per hari, formulir yang dibagikan terbatas hanya 200 lembar. Jadi bagi yang tidak kebagian formulir hari ini, harus mencoba peruntungan di hari besoknya.

Sorenya sepulang kerja, saya mampir ke rumah teman saya itu untuk memberikan formulir tadi. Saya bilang padanya besok berangkat shubuh biar dapat nomor antrian rendah. Meskipun pada formulir sudah diberi cap untuk pencairan 11 September 2015, dan jam berapa pun datangnya sudah pasti diproses, tapi dengan datang lebih awal tentu prosesnya akan lebih cepat.

Dan besok paginya, seiring sang mentari mulai memperlihatkan semburat cahayanya di kaki langit bagian timur, dengan tanpa lupa mengucap Bismillah, kami berdua berangkat menuju kantor BPJS Ketenagakerjaan. Kebetulan jaraknya memang tidak terlalu jauh, ditambah lalu lintas kendaraan di pagi hari yang belum terlalu ramai, sehingga kami sampai di tujuan hanya dalam durasi 20 menit saja.

Sepagi-paginya kami berusaha tiba, ternyata ada yang lebih pagi lagi. Sudah ada puluhan orang di sana dengan tujuan masing-masing, ada yang mau mengambil formulir, ada juga yang tinggal menunggu proses pencairan seperti kami. Saya sempat curiga, jangan-jangan tadi malam mereka bikin kemah di depan kantor.

Sekitar jam 06.10 pintu kantor dibuka, kemudian dari dalamnya muncul dua orang petugas BPJS TK, yang satu membawa dropbox, sementara yang satunya membawa tumpukan formulir. Yang butuh formulir langsung mengerubuti petugas yang membawa formulir. Sedangkan saya buru-buru memasukan fotocopy berkas-berkas ke dalam dropbox, sedangkan berkas-berkas yang asli tetap dipegang teman saya.

Pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat, kantor dibuka dan peserta-peserta yang akan mengambil uang JHT dipersilahkan masuk. Tempat duduk di ruang tunggu langsung penuh.

Pukul 08.11 teman saya dipanggil, diminta berkas-berkas aslinya, dan kemudian diberi nomor antrian 006. Pukul 08.23 dia dipanggil lagi untuk verifikasi dokumen, wawancara, difoto, dan terakhir proses transfer uang JHT ke nomor rekening. Karena teman saya itu menggunakan tabungan Simpedes BRI, uang akan terkirim 4 hari sampai seminggu. Pukul 08.40 kami keluar kantor dan pulang karena proses sudah selesai.


Alhamdulillah proses pencairan JHT berlangsung tidak sampai satu jam. Itu karena kami datang pagi-pagi banget dan bergerak cepat mengumpulkan berkas-berkas fotocopy-nya, sehingga memperoleh tiket antrian nomor 006. Yang mendapat nomor antrian 100 ke atas, bisa saja menunggu hingga sore bahkan malam hari.

Dan sedikit informasi, di kantor BPJS TK Jalan Zainal Abidin ini, untuk mencairkan JHT ternyata sudah tidak perlu lagi mengisi surat pernyataan sedang tidak bekerja diperusahaan manapun yang ditandatangani di atas materai itu. KTP yang disodorkan juga boleh KTP biasa, tidak harus E-KTP alias KTP elektrik.

Demikianlah pengalaman saya mencairkan uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek di kantor cabang Pekanbaru. Di kantor-kantor cabang kota lain bisa saja tidak sama persis seperti ini. Mungkin lebih mudah dari ini, atau bahkan mungkin lebih ribet.

Terima kasih sudah membaca.


ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

77 comments:

  1. Prosedur pencairan JHT di daerah manapun sebenarnya hampir sama saja. Yang jadi masalah kalo saya adalah, antriannya itu lho mas... Saya waktu mencairkan. Antrian saya ambil hari ini, tapi baru bisa buat besok. Itupun baru kelar jam 4 sore. Ampuun

    Salam kenal dan happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi pengalaman...

      Salam kenal juga, Dita.

      Delete
  2. mohon maaf gan, yang di maksud Surat referensi/Paklaring, itu surat keterangan Resign ya? mohon di jawab gan... terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak beda, Gan. Kalau Surat resign itu surat keterengan pengunduran diri. Kalau paklaring itu surat pengalaman kerja. Tapi dua-duanya bisa digunakan untuk pencairan JHT.

      Delete
    2. terima kasih jawabanya gan,sangat membantu!

      Delete
    3. Atau bisa juga menggunakan surat keterangan bahwa anda pernah bekerja di perusahaan terakhir.

      Delete
  3. yang paling cepat datang dia yang mendapatkan nomor lebih awal :) :D

    ReplyDelete
  4. Gan, apakah dengan peraturan baru pencairan bpjs tetap 5 tahun plus 1 bulan masa tunggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang tidak lagi, sebulan setelah berhenti bekerja uang JHT bisa langsung diurus pencairannya.. :)

      Delete
  5. Saya baru senin kmrin menklaim dana jht dan hari ini uang sudah dtransfer tetapi anehnya tdak sesuai saldo sebelumnya.. Berkurang 300rbu.. Apakah agan2 juga seperti itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkurang 300 ribu itu dari total berapa, Mbak? Dan Mbak mencairkan semua atau 10%, kalau 10% memang dikenakan pajak progresif.

      Delete
  6. Mohon dibantu.. saya pernah bekerja di pabrik kurang lebih 3thn, dan saya sudah berhenti sejak thn 2011.. untuk pencairan, persyaratan apa saja yg dibutuhkan? Dan langkah apa yg harus dilakukan apabila kartu jamsostek saya hilang? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persyaratannya silahkan dibaca-baca saja di blog ini, Gan. Sudah buanyak saya bahas. Untuk kartu hilang, buat surat keterangan hilang dari kepolisian, dengan mencantumkan no KPJ di dalam surat keterangan hilang tersebut..

      Delete
  7. Thanks banget infonya yaa gan :))

    ReplyDelete
  8. Gan.. mw tnya istri ane punya kartu bpjs tk tapi sekrg sdh resign dr perusahaanya trus kmren istri ane sdh ngisi formulir untuk pencairan jht.dapet tgl 1 september..kl misalny ane daftarin bpjs kesehatan bisa ga ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. BPJS Kesehatan sudah beda lembaga. :)

      Delete
  9. pagi, mohon maaf mau tanya, apakah pencairan JHT harus dlm keadaan tdk bekerja? walaupun kartu jamsosteknya sdh tdk aktif lagi, karena saat ini saya sdg bekerja tp dr kntr yg berbeda. apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika di kantor yang sekarang juga terdaftar menjadi peserta BPJS TK, saldo di kartu yang lama belum bisa dicairkan..

      Delete
  10. apakah bpjs siap tnt pernyataan pmerintah pencairan jht?????????????????????????

    ReplyDelete
  11. sebenarnya bagus apa yg dikatakan menakertrans, semuaya bisa 100% bisa dicairkan. TAPI dari pihak bpjs sndiri belum siap khususnya SDM nya harus ditambah supaya tidak terlalu lama pencairannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah kantor cabangnya juga perlu diperbanyak..

      Delete
  12. Gan, saya mau tanya,
    1. Saya resign dari 3 perusahaan, setahun lalu, jadi satu kartu jamsostek untuk 3 perusahaan, tapi paklaring cuma 2 perusahaan karena 1 perusahaan ga ngasih paklaring karena saya bekerja cuma 3 bulan. Apa bisa cairkan JHT?
    2. Saya ga ngerti mengenai 'surat keterangan berhenti kerja yang dilaporkan perusahaan ke disnaker', apakah saya harus melampirkan surat itu?

    Demikian dan terima kasih banyak.

    DDN S

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika benar 1 kartu untuk 3 perusahaan berbeda, berarti itu saldonya sudah digabungkan, jadi cukup 1 paklaring dari perusahaan yang terakhir.

      2. Itu berlaku bagi peserta yang berhenti bekerja 1 September 2015. Dan itu perusahaan yang mengurus.

      Delete
  13. Nanya dunk gan....
    sy dulu masuk kerja thn 2010 di PT A, trus thn 2012 resign dari kerjaan. Skrg kerja di PT B tapi kantor ga ada jamsostek. 2 minggu kmrn sy rencana mau cairin jamsostek sy trus masukin berkas ke kantor cab jamsostek dkt rumah. Disuruh balik lagi hari ini (kamis/8 Oktober 2015)...., ternyata sy udah ngantri dari pagi sampai siang, petugasnya nanya sy, saat ini bekerja atau tidak, dan sy jawab iya sy bekerja. Trus katanya ngga bisa dicairin jamsosteknya kalau ternyata sy kerja (bukan pengangguran)....mohon sarannya gan...soalnya kantor sy skrg kan ga ada jamsostek...masa sy mau ambil duit saya sendiri ga boleh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelaskan saja kalau di tempat kerja yang sekarang Mas tidak ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tapi jika sudah dijelaskan tetap ditolak, berarti memang tidak bisa, Mas.

      Delete
  14. Maaf gan mw tanya...
    Saya bekerja sejak juni 2010, tp kepesertaan di kpj desember 2010.
    Agustus 2015 saya resign
    Pertanyaannya apa bisa dana jht di cairkan, sedangkan kepesertaan kurang dr 5 tahun.
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Gan. Sekarang ini untuk mencairkan JHT sudah tidak perlu lagi harus menjadi peserta selama 5 tahun...

      Delete
  15. pagi gan... saya mau nanya boleh ya? gan.. saya udah coba lengkapi berbagai persyaratan admistrasi buat pencairan JHT.. baik asli maupun fotocopy..mulai dari surat keterangan pemutusan hubungan kerja, KPJ, KTP, butab.. namun KK asli saya kebetulan tidak ada di sini.. saya hanya punya fotocopyannya.. apakah boleh gan? Terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Gan. Wajib menyertakan KK yang asli..

      Delete
  16. Di purwakarta ambil formulir antrean oktober 2015 dijadwalkan utk pencairan februari 2016 gan haha
    Untungnya sy lg hamil jd boleh antri lewat jalur khusus bisa hari itu juga. Tp transferan akan dilakukan 3minggu kmudian. Lumayanlah drpd nuggu taon depan xixixi
    Oia memang pasti ada potongan 5 persen tiap pencairan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah, Mbak, kalau begitu. Rezeki sang calon bayi. :)

      Delete
  17. assmualaikum, sya mau nanya td siang sya ke bpjs ngmbl formulir tp udh dksh cap pencairanya tgl 8 april 2016 ,apa bisa pencairanya lbh cpt dr tgl yg udh di tentukan misalnya pencairanya bsk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Itu sudah aturan di kantor BPJS TK tempat Mas berencana mencairkan JHT. Mungkin bisa mencoba ke kantor BPJS TK yang lain, yang antriannya tidak begitu padat...

      Delete
  18. Gan.sya kerja baru 2 tahun.bulan november ini saya keluar bisa diurus pencairannya sekarang bisa ng tu.gan.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. JHT bisa hanya bisa dicairkan minimal setelah sebulan berhenti kerja, Gan.

      Delete
  19. ktp biasa bisa ya gan...apa harus e-ktp

    ReplyDelete
  20. masih ada yang tidak dibahas disini tentang sarat pencairan jht,kemarin saya baru klaim jht saratnya adalah :
    1 kartu jamsostek asli
    2 kartu keluarga asli dan copy
    3 ktp asli dan copy
    4 keterangan bekerja dari perusahaan
    jika diphk akan diminta nanti surat keputusah dari pengadilan hubungan idustrial,dan jika hanya mengundurkan diri cukup bawa surat pengalaman kerja dari perusahaan saja,
    5 buku tabungan(ini hanya berlaku jika mengklaim dikantor cabang saja ,jika mengklaim dikantor induk biasanya nggak pake tabungan bisa cair,nanti disitu akan diberikan seperti slip penarikan dibank mandiri yang ditunjuk,bukan sembarang bank mandiri loh..hanya mandiri yang ditunjuk oleh bpjs saja dan biasanya bank mandiri induk dikota anda..
    6,ini yang terlupa tadi dibahas yaitu kita harus ke disnaker dulu minta surat pengantar dari disnaker untuk pencairan jht,jika tidak bawa surat ini saya jamin anda nanti akan ditolak pencairannya
    aturan ini berlaku untuk pekerja yang berhenti dibulan september 2015 up

    ReplyDelete
  21. Gan bisa ga sih jamsostek di cairkan di kantor cab bpjs?

    ReplyDelete
  22. sebenar nya berapa hari sih pencairan dana jht itu padahal berkas ku dah diterima....aku pernah tanya berapa hari klo via transfer setelah diterima...? jawabnya langsung dikirim apa bener itu gan. mohon pencerahan nya...

    ReplyDelete
  23. punya sya udh 2 minggu belum jga ada transfr sdngkn tmn sya hnya 1 minggu . itu gmana yah

    ReplyDelete
  24. punya sya udh 2 minggu belum jga ada transfr sdngkn tmn sya hnya 1 minggu . itu gmana yah

    ReplyDelete
  25. punya sya udh 2 minggu belum jga ada transfr sdngkn tmn sya hnya 1 minggu . itu gmana yah

    ReplyDelete
  26. Mas, saya berhenti bekerja pada tgl 30sept2015. Dari perusahaan lama hanya memberikan surat keterangan bekerja saja tp tidak ada surat keterangan dari disnakernya. Itu gimana ya mas? Apa harus ada surat keterangan dari disnaker juga? Kalau tidak ada apa yg harus saya lakukan mas? Mohon info nya mas. Trimakasih..

    ReplyDelete
  27. Saya kmrn senin m'klaim pcairan. Pake BCA. Petugas'a blng 3-4hr. Tp smp skrg blm dtrnsfr jg.. Trz pas di sana kog ga dsuruh foto jg yaa gan??

    Jgn" krn ga verifikasi foto jd ga cair" nih..hahaa

    ReplyDelete
  28. Kalo peserta PBJS Mandiri bisa dicairkan gak mas? kebetulan saya wiraswasta sudah pakai PBJS selama 5 tahunan. tapi mau pindah asuransi semacam prudensial. kira2 syaratnya apa aja ya?

    ReplyDelete
  29. Kira-kira berapa lama Yaa jarak uang di transfer melalui bank BRI

    ReplyDelete
  30. mau tanya dunk..klo mencairkan dana melalui atm atas nama kk saya bisa ga y?soalny belum punya atm BCA

    ReplyDelete
  31. LWT BRI ,,,SUDAH 2 MINGGU UANG BELUM MASUK ,,DI TELOPN SIBUK TERUS ,,,PELAYANAN YANG TIDAK MEMUASKAN ,,MOHON PENCERAHAN NYA

    ReplyDelete
  32. gan kalo kk asli tdk ada bgaimna,sdngkn skrg sy tinggl di tangerang..tp sy ada kk jawa tp foto copyannya aja,kiranya bsa tdk?
    karna sy tdk blh bwa kk asli oleh org tua?

    ReplyDelete
  33. Berapa lama pencairan dans bpjs ke via atm, saya udah lengkapi semua bekas, kata nya tunggu sebentar lg masih istirahat.

    ReplyDelete
  34. Kira.kira berapa lama di transper dari bpjs ke atm mandiri mas...

    ReplyDelete
  35. sekarang pencairan dana JHT / Jamsostek hanya akan dikirimkan melalui rek mandiri dan membutuhkan waktu paling cepat 7 hari kerja.

    ReplyDelete
  36. kalo pencairan dengan ktp yg baru alias sudah pindah bisa ga mas ? saya dlu ktp serang banten sekarang saya menggunakan ktp sumedang . trus pengajuannya apa harus d serang ato bisa di bpjs cabang sumedang

    ReplyDelete
  37. Agannn cara nge klaim y gmn klau 4 kartu

    ReplyDelete
  38. Bagi info y donk gan ...cara 4 kartu itu gmn yhh gan ....nge klaim y harus brapa x

    ReplyDelete
  39. Gan mau nnya nich emnk bnr klu kita ngajuin pencairan dana jamsostek,,dana'y baru cair 5bln kemudian,,yg bnr yang mna ya gan?cz ada yang blang cma 1mnggu trz ada yang bilang hri itu jga lngsung cair,,

    ReplyDelete
  40. Kmren saya baru melakukan klaim jht d kantor bpjs ketenagakerjaan cabang palembang tp kenapa di formulir tersebut saldo jht yg di tulis oleh petugas bpjs tk tidak sesuai dengan saldo jht saya? Berkurang nya lbh kurang 400rb, pada saat saya tanya dgn petugas ny, jawabannya nanti ada saldo yg di tambahkan oleh bank mandiri.. Mohon info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin perusahaan anda dulu tidak membayar iurannya (nunggak) seperti saya

      Delete
  41. saya kemarin kamis nyairin di kantor bpjs cabag ceger (jaktim) dan kata CS nya ditunggu sampai maksimal 25 juli dan itu sekitar 2 bulanan dong waduuhhh lama bener padahal saya pernah denger kalau di kantor bpjs hanya sekitar 7 hari kerja.
    tapi ini sudah seminggu sih belum masuk2 juga. apa karena makin banyak yg mau nyairin yaahhh :/

    itu juga bukan pertama kalinya saya kesana. entah sudah berapa kali saya bolak balik.
    yg pertama tdk bisa karna sttus saya masih aktif di kepesertaan jamsostek padahal saya sudah resign.
    yg kedua kehabisan nomer antrian karna saya dtg jam 6 dan kuota hanya 100/hari.
    ada yg bilang datang jam 2 pagi pun woooww.
    lalu diarahkan ke bank bjb (hanya jakarta) tapi paklaring saya bermasalah karna masa bekerja yg tertulis disitu hanya terakhir saya kontrak, tidak sesuai masakesertaan saya.
    lalu sebulan kemudian saya ke bank bjb dengan paklaring dari kantor saya yg lain tp ternyata ada masalah dan saya disuruh bank bjb taman mini yg saya datangi itu untk ke kantor bpjs yg dulu prnh saya datangi tapi tidak perlu mengantri lagi, langsung ke CS bagian khusus.
    dan akhirnya bisa. ternyata bermasalah sewaktu saya ke bank bjb tadi karna perusahaan terakhir saya bekerja tidak membayarkan iuran bpjs saya selama 2 bulan jadi saya harus membuat surat pernyataan bersedia dulu menerima sejumlah kurang 2 bulan.
    dan selesai,
    harus banyak cari info memang, saya aja salah mulu gimana orang tua bnyk yg sudah dtg disuruh balik lagi karna tidak tahu harus dtg pagi2.
    tapi sudah seminggu ga ditransfer2 juga huaaa

    ReplyDelete
  42. Saya mencairkan melalui rekening bca brapa lama ya udah 4 hari jog blm ditranfer

    ReplyDelete
  43. Bang kalo ngga punya e ktp emang bisa nyairin soalnya lama banget e ktpnya makasih gan

    ReplyDelete
  44. Pak saya mau tnya saya mau ngmbil jamsostek sya resign tgl 24 agustus 2015. Saya di ksih pklring v gk di ksih surat defnaker bisa gk klw gk pke defnaker.

    ReplyDelete
  45. Pak saya mau tnya saya mau ngmbil jamsostek sya resign tgl 24 agustus 2015. Saya di ksih pklring v gk di ksih surat defnaker bisa gk klw gk pke defnaker.

    ReplyDelete
  46. pak.saya mau tanya,saya pnh bekerja di 4 prusahaan,yang 2 perusahaan tidak ada krtu jamsostek ato pakelaringnya,tetapi no ktp saya terdaftar di 2 pt itu.apakah bisa saya mencairkan yang 2 perusahaan tsb

    ReplyDelete
  47. Saya menunggu transferan sudah 2minggu ko blum cair juga? Say lewat bank BTN bagaimna ini...

    ReplyDelete
  48. Saya menunggu transferan sudah 2minggu ko blum cair juga? Say lewat bank BTN bagaimna ini...

    ReplyDelete
  49. Iya saya lewat btn juga mba sampe 2minggu ? Lama juga ya lewat btn

    ReplyDelete
  50. Iya saya lewat btn juga mba sampe 2minggu ? Lama juga ya lewat btn

    ReplyDelete
  51. Mau tanya gan saya mau mencairkan jht pake rekening bca tp buku tabungannya hilang mau ngurus ke kantor bca jauh, cuma tau nomor kekeningnya aja apa bisa ya gan soalnya kan itu cuma buat transfer ajakan

    ReplyDelete
  52. Saya udh 7 hari blm cair jg lewat bank BCA.tp liat d saldo jamsostek saldonya udh 0.

    ReplyDelete
  53. gan mau tanya ni, kalo surat berhenti kerja sama surat pengunduran diri itu, sama atau beda sih??
    mohon penjelasan nya gan.

    ReplyDelete
  54. Mf saya mau tanya.dlu saya bekerja kontrak yayasan 2thn 9bln,mulai 2009,2012 saya diangkat karyawan ttp,2016 saya berhenti bkerja ,sya dpt faklaring dri pt saya,tpi jmsostek minta faklaring pas kontrk yayasan juga,saya punyany 1 faklaring,jmsstek bilng seharusnya ada 2 paklaringnya,padahal tmn saya yg cairin juga gk di minta faklaring dri yayasannya.ko beda2 gtu ya???

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)