Surat Pernyataan Tidak Bekerja Untuk Klaim Semua Saldo JHT


Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang hendak mencairkan 100% dana Jaminan Hari Tua (JHT), salah satu syarat utamanya ialah sudah tidak bekerja di perusahaan-perusahaan yang mendaftarkan karyawannya menjadi peserta asuransi BPJS TK.

Mengingat sekarang ini pemerintah sudah mewajibkan semua perusahaan supaya mendaftarkan para pekerjanya menjadi peserta BPJS TK, jadi bisa dikatakan untuk yang ingin mengambil 100% uang JHT syaratnya adalah sedang tidak bekerja di perusahaan manapun. Ingat, di perusahaan manapun! Jadi walau sudah berhenti di perusahaan sebelumnya, kalau sekarang sudah bekerja lagi di perusahaan yang baru, tabungan JHT pada perusahaan yang lama belum bisa dicairkan.

Tapi walaupun belum bisa diambil, antara saldo JHT di perusahaan lama dengan saldo JHT di perusahaan yang baru bisa digabungkan dalam satu kartu. Sehingga nantinya jika sudah berhenti kerja, ketika mau mengambil manfaat JHT tidak perlu membawa banyak kartu peserta lagi.

Baca Juga: (8 Langkah Pencairan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan)

Suasana Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Bukti bahwa sudah tidak bekerja di perusahaan manapun itu nantinya dinyatakan dalam sebuah Surat Pernyataan Tidak Bekerja. Surat tersebut wajib diisi dan ditandatangani di atas materai 6000 rupiah. Tanpa melakukan itu, permohan pembayaran penuh uang JHT akan ditolak. Kecuali bagi yang masih aktif bekerja dan sudah menjadi peserta BPJS TK selama 10 tahun, kemudian ingin mencairkan 10% saldo JHT untuk persiapan pensiun, atau 30% untuk biaya perumahan, maka ia tidak perlu mengisi Surat Pernyataan Tidak Bekerja.

Tidak seperti paklaring atau surat keterangan telah berhenti kerja, yang jika hilang kita harus sibuk mengurus lagi, Surat Pernyataan Tidak Bekerja sudah disediakan di setiap kantor BPJS TK yang melayani klaim JHT. Jadi kita cukup membawa materai seharga 6000 rupiah. Kemudian mengisi dan menandatanganinya.

Cara mengisi Surat Pernyataan Tidak Bekerja juga tidak rumit. Sangat mudah. Setelah paragraf pembuka berbunyi 'Saya yang bertanda tangan di bawah ini:' kita tinggal mengisi data-data diri kita. Data-data diri yang harus diisi biasanya adalah Nama, Tempat tanggal lahir, No KPJ, No KTP/SIM, Alamat rumah dan nomor telepon/Handphone.

Kemudian di bawahnya ada pernyataan yang berbunyi:

"Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak bekerja lagi dan saya tidak terdaftar pada Perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan, serta No. KPJ tersebut di atas adalah benar milik saya sendiri.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, apabila di kemudian hari terdapat data yang tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku."

Baca Juga: (Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Di Seluruh Indonesia)

Itulah isi Surat Pernyataan Tidak Bekerja, setelah itu tinggal mengisi tanggal, tulis nama lengkap, tempelkan materai kemudian tandatangani. Selesai!

Kalau memiliki kartu Jamsostek yang sudah tidak aktif dari perusahaan lama, tapi sekarang sudah punya kartu baru lagi di perusahaan lain dan masih aktif bekerja di sana, jangan membohongi pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan mengatakan sedang tidak bekerja. Iya mungkin kita akan lolos di pemeriksaan dokumen (ceklis kelengkapan berkas), tapi nanti di tahap verifikasi berkas, kita akan ketahuan kalau sebenarnya masih bekerja dan sudah memiliki kartu keanggotaan yang baru.

Jangankan yang masih bekerja, kartu yang masih aktif padahal sudah berhenti bekerja, biasanya juga akan terdeteksi pada tahab ini. Dan bagi yang bernasib tidak beruntung, kartunya masih aktif padahal sudah tidak bekerja, terpaksa harus repot lagi ke perusahaan mengurus penonaktifan kartu.

Alasan kenapa ketika mau mengambil semua saldo JHT kita wajib mengisi Surat Pernyataan Tidak Bekerja adalah karena sesuai fungsi JHT itu sendiri, yaitu sebagai uang jaminan untuk pekerja yang setelah berhenti kerja, yang tentu saja membuat terputusnya penghasilan.

Jika masih bekerja, berarti masih memiliki pemasukan, jadi belum diperbolehkan mengambil seluruh tabungan JHT. Cuma dibolehkan 10 atau 30% dari total saldo, itu pun setelah melewati 10 tahun masa kepesertaan.

Selain dari pada itu, Surat Pernyataan Tidak Bekerja juga diperlukan pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk menjaga supaya uang JHT tidak jatuh ke tangan orang yang tidak berhak. Dan untuk mengantisipasi tuntutan-tuntutan dan segala kemungkinan di kemudian hari.

Demikian saja artikel saya hari ini. Terima kasih sudah membaca.

ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

59 comments:

  1. kalo baru kerja 1 th dan end contract bisa gk dicairkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Berapapun lamanya bekerja, asal sudah berhenti kerja minimal sebulan, serta berkas-berkas lengkap, JHT bisa dicairkan.

      Delete
  2. pagi mas,saya udah klaim per tanggal 1 sptember.yang jadi masalh .estimasi waktu pencairan tidak ditentukan ,,,,,,hmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi juga. Iya maklum saja bulan-bulan ini yang klaim JHT buanyak banget. Tapi ada juga kok yang langsung cair. Kayak misalnya kantor BPJS TK di daerah saya, kebetulan salah satu kantor di daerah saya bekerja sama dengan Bank Bukopin, jadi bagi peserta yang memiliki rekening Bukopin, setelah ditransfer bisa langsung ditarik tunai di ATM. Tapi bagi rekening bank lain, bisa sampai 3 hari baru terkirim...

      Delete
  3. oh untuk mencairkannya harus benar-benar jadi pengangguran dulu yaa, baru bisa dicairkan :)

    ReplyDelete
  4. Pagi mas. Sy mw tanya kan sy udah berhenti bekerja selama 31jul15 dan kemarin mw cairkan jht tgl 3sep15. Dan ditolak karna msh aktif keanggotaannya. Sedangkan sy udah tlp hrd sy dia udah non aktifkan per 31jul15 bukti diterima sm jamsos difoto ke dia. Dan pihak jamsos minta sy urus kekantor pdhl bukti dr hrd udh sy ksh tw.. tetep aja ditolak. Jadi sy hrs gmn ya mas?? 😊 kata call center ke bpjs cabang pembuka aja kebutulan kemarin sy ke bpjs cabang terdekat dari rumah saya. Mohon pencerahannya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa ada kekeliruan dari pihak HRD perusahaan. Kalau pihak BPJS TK, jika keanggotaan seseorang sudah benar-benar tidak aktif, klaim JHT akan langsung diproses, tidak mungkin ditolak.

      Bukti fotonya seperti apa?

      Delete
  5. Kalo masa kerja 2thn..trus kepersertaan jamsostek sya sudah hampir 5thn..bisa di cairkan ga mas..tapi sya skrg sudah kerja di perusahaan lain dan pnya jht yg baru..yg saya tanyakan jht yg di tempat kerja sya yg dulu bisa dicairkan tdk dgn status kerja sya yg berbeda perusahaan.tolong pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika saat ini sudah bekerja lagi, dan punya kartu kepesertaan yang baru, saldo di kartu yang lama belum bisa dicairkan, Mas. Hanya peserta yang sudah tidak bekerja yang bisa klaim 100% uang JHT. Memang begitulah peraturannya. :)

      Atau peserta yang sudah berumur 56 tahun, walaupun masih bekerja, juga bisa klaim 100% uang JHT..

      Delete
  6. Mlam mas saya mau tanya soal jht saya sudah hampir 5 tahun dan saya mempunya 2 kartu jamsostek yg 1 sudah lama dan 1 baru 1 tahun aktif apa bisa di ambil yg lama itu mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika saat ini sudah bekerja lagi, dan punya kartu kepesertaan yang baru, saldo di kartu yang lama belum bisa dicairkan, Mas. Hanya peserta yang sudah tidak bekerja yang bisa klaim 100% uang JHT. Memang begitulah peraturannya. :)

      Delete
  7. Mau tanya mas kalo mau mencairkan jamsostek dimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kantor BPJS Ketenagakerjaan, Mas. Cari saja kantor cabang yang terdekat dari tempat tinggal sampeyan. Kantornya sudah tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia..

      Delete
  8. malam mas..saya sudah resign dari kantor saya yg lama.. dan saya kerja kontrak selama 3 bulan dikantor yg baru. apakah JHT saya yang lama bisa cair? karena dikantor yg baru saya hanya kerja kontrak 3 bulan. dan swmpat di daftarkan jht yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah berhenti kerja belum, Mas, di kantor yang baru tersebut? Jika masih bekerja, JHT di perusahaan lama belum bisa dicairkan.

      Delete
  9. Mas,kalo saya punya 2 kartu jamsostek. Bisa gak saldo yg lama dipindah ke kartu yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Malah sekarang diwajibkan penggabungan saldo/diamalgamasi untuk peserta yang masih aktif bekerja dan memiliki lebih dari satu kartu..

      Delete
  10. Mas,sy mw clearkan lagi ya mohon dikoreksi bila salah....peserta tdk bs mencairkan jht jika:
    1. msh aktif bekerja
    2. Diwakilkan mengingat ada sesi foto dn wawancara jg mengisi form pernyataan tdk bekerja diatas materai..
    Kondisi sy msh bekerja dn tdk bs urus sendiri krn lokasi tempat kerja yg jauh dr penduduk.tdnya mw diwakilkan istri dg surat kuasa..trm kasih atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, pencairan JHT tidak bisa diwakilkan, Mas. Hanya peserta yang sudah meninggal dunia dan mengalami cacat permanen yang bisa diwakilkan, itu pun harus membawa berkas-berkas pendukung.

      Delete
  11. Tnggl 5 novembr sy mu s.p.d apakah sy bisa lnsung mncairkn jamsostek yg dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus surat k.k saya bermasalah apakah bs d ganti sm apa gt..

      Delete
  12. apakah jika sudah dicairkan JHTnya bisa membuat lagi kartu jamsostek baru?
    jika nanti saatnya saya bekerja lagi?

    ReplyDelete
  13. Kalo belum sebulan trus mau nyairin...
    Bisa g mas??
    Misal hnya pemberkasanya dulu gitu cairnya pas udah sbulan gt.

    ReplyDelete
  14. Mas saya terdaftar d jamsostek tgl 9 september 2012 dan saya putus kontrak tgl 28 februari 2015 untuk pencairan jamsostek harus 5 tahun sedangkan saya belom 5tahun....smp skrang saya belum kerja... apa jht saya bisa di ambil mks......

    ReplyDelete
  15. mas saya mau tanya tdi saya daftar klaim online tpi ko ga bisa ya di situ ada keterangan no ektp saya valid padahal sudah saya isi sesuai ktp, mohon pencerahan nya?

    ReplyDelete
  16. Kepada Yth : Bapak/Ibu
    Ditempat,



    Dengan ada nya surat ini saya ingin menanyakan tentang persyaratan pengambilan dana JHT JAMSOSTEK

    jika surat pengalam kerja/paklaring hanya photo copy saja, apakah dana JHT JAMSOSTEK bisa cair?
    dikarnakan surat pengalaman kerja yang asli hilang.
    tetapi saya mempunyai surat asli PERJANJIAN KERJA, dan surat asli KEPUTUSAN sebagai karyawan biasa/tetap.
    apakah masih ada pertimbangan agar dana JHT JAMSOSTEK bisa cair?

    dimohon informasi kepada Bapak/Ibu, besar harap saya ucapkan terimaksih.

    ReplyDelete
  17. Klu bru bhenti 31 Augustus 2015 bisa lgsng ambil jhtnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada lyang angsung, Gan. Butuh proses, antrian, dan mengikuti prosedur-prosedur yang ditetapkan...

      Delete
  18. "Mengingat sekarang ini pemerintah sudah mewajibkan semua perusahaan supaya mendaftarkan para pekerjanya menjadi peserta BPJS TK, jadi bisa dikatakan untuk yang ingin mengambil 100% uang JHT syaratnya adalah sedang tidak bekerja di perusahaan manapun. Ingat, di perusahaan manapun!"

    Apakah jika melanggar / berbohong akan segera diketahui ? dan apa sanksinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan sistem komputerisasi BPJS Ketenagakerjaan yang sudah canggih, akan terdeteksi jika sebenarnya masih bekerja pada perusahaan-perusahaan yang mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS TK. Tidak ada sanksi setahu saya, hanya akan ditolak saja klaim JHT-nya.

      Delete
  19. Pagi mas saya pernah bekerja di 2 perusahaan yg 1 ada kartu peserta BPJS nya dan yg 1 lg ga ada kartu peserta BPJS nya tp kedua nya terdaftar di BPJS gmna caara mencairkan itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau dicairkan dua-duanya, buat dulu surat keterangan hilang dari kepolisian untuk KPJ yang tidak ada. Jika tidak, hanya JHT yang ada kartunya yang bisa dicairkan..

      Delete
  20. Paklaring d laminating boleh kan.soalny biar kga rusak :)

    ReplyDelete
  21. mau tanya, pada persyaratan surat keterangan tidak bekerja. dlm kasus ini sy sudah resign dr perusahaan sebelumnya (jamsostek off) tetaapi selang 2 bulan sy kerja diperusahaan baru yg tidak ada fasilitas jamsosteknya, kasus seperti ini apakah bisa dicairkan jamsostek sy yg sebelumnya? terima kasih...

    ReplyDelete
  22. pagi mas, saya pernah bekerja hampir 3 tahun di perusahaan lama saya tapi kartu jamsostek saya hilang,apa msh bsa dicairkan ya??? trus gmn caranya mas?

    ReplyDelete
  23. Kalo saya bekerja di tiga perusahaan berbeda tapi hanya memiliki paklaring dari perusahaan 1 dan terakhir apa masih bisa diproses?

    ReplyDelete
  24. Saya baru saja mau mencairkan saldo JHT saya setelag 4 tahun 10 bulan bekerja ketika saya mau mencairkan saldo saya klaim di tolak dengan alasan belum memenuhi persyaratan yaitu SURAT DARI PERUSAHAAN KE DISNAKER PERIHAL PEMBERHENTIAN KARYAWAN. pada form pencairan JHT tidak ada persyaratan tersebut. Bagaimana caranya agar saya bisa melakukan Klaim JHT saya karena status saya saat ini sudah mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja...

    ReplyDelete
  25. numpang tanya nh mas kloa mw klaim JHT (JAMINAN HARI TUA) data - data apa aja yng mw disiapkan???
    mohon dibalas

    ReplyDelete
  26. numpang tanya nh mas kloa mw klaim JHT (JAMINAN HARI TUA) data - data apa aja yng mw disiapkan???
    mohon dibalas

    ReplyDelete
  27. Kantor bpjs di medan kota jl. Patimura medan yg bekerja sama dengan beberapa bank untuk pencairan jht, pihak bpjs menyarankan transfer untuk besaran nominal 5juta keatas. Tetapi pelayanan untuk transfer dan buka tabungan langsung yg disediakan oleh pihak terkait sangat buruk pelayanannya yg memakan waktu seharian itu pun klau bank ny online.. Tolong fasilitas yg diberikan itu yg efesien dan tidak menyita waktu yg cukup lama.

    ReplyDelete
  28. Mas saya dah berhenti krja 2bulan lalu , mau cairkan jamsostek , tapi ada syarat krtrrangan dari disnaker klw sudah tidak krja , gmna cara nya minta surat krtrrangan dari disnaker , apa syarat nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan surat dari Disnaker, tapi dari perusahaan yang ditujukan untuk Disnaker

      Delete
  29. Mas, untuk surat pernyataan tidak bekerja lagi harus dengan pengesahan dinas ketehagakerjaan atau tidak...

    ReplyDelete
  30. terimakasih informasinya sangat membantu,..

    ReplyDelete
  31. Saya sudah tidqk bekerja di perusahaan A dan membuatJHt baru dengan nomer yg sama di perusahaan B tetapi saldo saat di perusahaan A gak bisa gabung.padahal nomer kartunya sama saat registrasi..gmana ya ??

    ReplyDelete
  32. Saya sudah tidqk bekerja di perusahaan A dan membuatJHt baru dengan nomer yg sama di perusahaan B tetapi saldo saat di perusahaan A gak bisa gabung.padahal nomer kartunya sama saat registrasi..gmana ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba berkonsultasi langsung ke akntor BPJS Ketenagakerjaan di daeran anda Mas Firman...

      Delete
  33. Kalo boleh tau,alasan apa yang menjadikan pengambilan dana Jamsostek itu sulit.misalnya seorang yg mempunyai 2 kartu jamsostek,1 aktif dan yg 1 nya lg tdk.knp yg tdk aktif,tidak boleh di ambil,karna itu kan hak kita jg,karna uang itu berasal Dr upah kerja kita,ketika seseorang membutuhkan uang ya knp ga,dr pada arahnya ke rentenir misalnya.mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena seperti itulah peraturannya. Pemerintah yang membuat. :)

      Delete
  34. Siang mas saya mau tanya saya bekerja 2thn diperusahan lama sudah resign 7thn an skrg jd ibu rumah tangga, apakah uang jht saya bs dicairkan? Apa saja yg hrs disiapkan? Trmksh sebelumnya :)

    ReplyDelete
  35. Sya sudah ke kantor bpjs paklaring ada tapi pada waktu mau klaim katnya harus ada surat keterangan kerja dari pt ke desnaker . . . Gmana solusinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, hubungi perusahaan lama anda dan minta surat keterangan tidak bekerja lagi yang dijukan ke disnaker

      Delete
  36. Siang mas,
    - klo tahun paklaring gk sesuai sama data di bpjs gmn solusi y?
    - saya gk punya paklaring, terus data y byk koreksi jg, tp perusahaan y tutup gmn mas?
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  37. Permisi mas sy mau tanya soal status bpjstk yg msh aktif, klo cuma menghubungi ke perusahaan tnp dtg lngs ke pt bs tdk ya buat menonaktifkan bpjs? Klo rek. Tnp di lampirkan informasi rek. 1 bln terakhir bs tdk ya?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)