Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tanya Jawab Seputar Pencairan JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

Pada kesempatan ini saya mau merangkum beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan, utamanya dalam hal pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT).

Semoga dengan rangkuman ini, bisa meminimalisir pertanyaan-pertanyaan yang sama. Karena sebenarnya jika pertanyaannya sama, jawabannya kurang lebih juga akan sama. Tapi jika tetap ingin bertanya karena ingin lebih meyakinkan, ya boleh-boleh saja.

Tanya Jawab Pencairan JHT














Dengan senang hati di setiap saya ada kesempatan membuka blog, Inshaa Allah saya akan tetap menjawab satu persatu, tentu saja sesuai kemampuan dan pengetahuan yang saya dapatkan dari pengalaman-pengalaman dan hasil mencari informasi langsung ke lapangan.

Baca Juga: (Sekarang Pekerja Mandiri Juga Bisa Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan)

Baiklah, izinkan saya menjadi orang gila sebentar, bertanya sendiri dijawab sendiri.

Saya baru bekerja 2 tahun, apakah bisa mencairkan uang JHT?

Bisa! Sangat bisa banget malah. Mulai 1 September 2015, klaim JHT 100% sudah tidak lagi mensyaratkan usia kepesertaan. Terserah baru bekerja 2 tahun, 3 tahun, baru kerja sebulan, berapapun lamanya kita bekerja, uang JHT bisa diambil penuh setelah sebulan berhenti kerja.

Saya memiliki 2 kartu Jamsostek. Apakah bisa dicairkan sekaligus?

Asalkan kedua kartu tersebut sudah tidak aktif, dan masing-masing kartu dilengkapi Paklaring/Surat keterangan sudah berhenti kerja, uang JHT bisa dicairkan sekaligus.

Terus bagaimana caranya mengetahui kartu Jamsostek kita masih aktif atau tidak?

Seharusnya dengan sudah berhenti bekerja, iuran akan terhenti dan kartu akan non aktif. Tapi memang terkadang ada kejadian, seseorang yang padahal sudah berhenti bekerja, tapi iuran tetap jalan sehingga kartu tetap aktif. Untuk mengecek kartu masih aktif atau tidak, silahkan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Bagaimana cara menonaktifkan kartu?

Datangi perusahaan tempat bekerja dulu, suruh mereka menutup akun kita dan menghentikan iuran.

Saya punya dua kartu Jamsostek. Yang 1 dari perusahaan lama dan sudah non aktif. Yang 1 lagi dari perusahaan baru yang sekarang menjadi tempat bekerja saya. Apakah kartu yang lama bisa diklaim?

Jika sekarang masih aktif bekerja di perusahaan baru, memiliki kartu kepesertaan yang baru, uang JHT dari perusahaan yang lama belum boleh dicairkan.

Kenapa tidak boleh? Kan kartu yang lama sudah non aktif? Parah lo!!!


Memang begitu peraturannya. Salah satu syarat pencairan JHT 100% adalah sedang tidak bekerja di perusahaan manapun. Jangan marah kepada saya, karena yang membuat aturan itu bukan saya. :(

Kartu Jamsostek/BPJS TK saya hilang, apakah masih bisa mencairkan JHT? Bagaimana caranya?


Bisa! Sebagai pengganti kartu peserta yang hilang, diwajibkan membawa surat keterangan hilang dari kepolisian. Dengan mencantumkan no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) di dalam surat keterangan hilang tersebut.

Bagaimana kalau lupa no KPJ-nya?

Nomor KPJ bisa dilihat di Slip Laporan Saldo JHT yang setiap tahun diberikan oleh perusahaan. Kalau slipnya sudah hilang, bisa ditanyakan ke perusahaan tempat bekerja dulu. Bisa juga ditanyakan langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Apakah bisa mencairkan JHT tanpa Paklaring?

Tidak bisa! Paklaring itu salah satu dokumen yang wajib dibawa ketika akan mencairan JHT. Tapi sebenarnya tidak harus Paklaring (Surat Pengalaman Kerja), bisa juga menggunakan Surat Keterangan Sudah Berhenti Bekerja, Surat Pemberhentian Kerja, Surat Pengunduran Diri. Intinya kita membawa surat yang membuktikan kita pernah bekerja dan sudah berhenti di perusahaan tersebut, dengan mencantumkan tanggal mulai dan tanggal berhenti kerja. Saya dulu waktu mencairkan JHT malah cuma membawa Surat Rekomendasi dari perusahaan untuk pencairan JHT.

Baca Juga: (Cara Mencairkan JHT Jamsostek Langsung di Kantor BPJS Ketenagakerjaan 2018)

Lalu bagaimana jika tidak punya Paklaring? Atau tadinya punya tapi sudah hilang?

Silahkan meminta lagi jika perusahaannya masih ada. Jika perusahaannya sudah tutup, bisa minta surat keterangan dari Disnaker setempat.

Saya dulu saat mendaftar Jamsostek menggunakan KTP lama, dan sekarang sudah mempunyai KTP baru, apakah bisa mencairkan JHT menggunakan KTP baru tersebut?

Sangat bisa! Karena untuk mencairkan JHT harus membawa KTP yang masih berlaku. Bayangkan jika ada pekerja yang sudah menjadi peserta selama 15 tahun, masa harus membawa KTP saat pendaftaran dulu? Tentu sudah tidak berlaku lagi.

Tapi saya sudah pindah alamat, di KTP lama saat mendaftar beralamat Sabang, sementara pada KTP baru alamatnya Merauke, apakah bisa untuk klaim JHT?

Bisa! Asalkan alamat yang ada di KTP baru tersebut, sesuai dengan alamat yang terdapat di KK. Dan tidak ada data-data lainnya yang salah antara KTP dan KK.

Bagaimana jika alamat yang ada di KTP berbeda dengan yang ada di KK? Apakah boleh mengambil uang JHT?

Boleh! Itu uang kita kenapa tidak boleh? Tapi jika ada perbedaan alamat antara KTP dan KK, wajib membuat Surat Pernyataan Koreksi Beda Data dari kelurahan.

Alamat yang ada di KTP dan KK sudah sama, tapi tidak sama dengan alamat yang tertulis di Paklaring? Gimana tuh?

Kalau itu tidak apa-apa. Kan tidak semua peserta BPJS TK langsung mengambil dana JHT-nya begitu keluar kerja. Ada yang sengaja membiarkannya bertahun-tahun untuk tabungan, nah dalam masa pembiaran itu bisa saja ia berkali-kali pindah alamat rumah.

Saya dulu bekerja di Gorontalo, dan sekarang sudah mudik ke Jakarta. Apakah bisa mencairkan JHT di Jakarta?

Tentu saja bisa. Pencairan JHT bisa dilakukan di kantor-kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat dari tempat tinggal.

Istri saya peserta BPJS TK dan sudah tidak bekerja lagi. Tapi dia sedang hamil tua, apakah saya bisa mewakilinya mengambil uang JHT?

Tidak bisa. Selama peserta yang bersangkutan masih hidup dan tidak sakit cacat permanen, pencairan JHT tidak bisa diwakilkan oleh siapapun. Untuk peserta yang mengalami cacat total tetap, pencairan JHT memang bisa diwakilkan, itupun harus membawa surat kuasa, membawa surat keterangan sakit permanen dari kedokteran, dan buku tabungan yang dibawa juga harus buku tabungan milik peserta yang bersangkutan.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan sahabat-sahabat peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Jika ada pertanyaan lain silahkan tulis di kotak komentar, jika saya tahu saya akan menjawabnya, jika saya tidak tahu saya akan berusaha mencari tahu jawabannya dari sumber-sumber terpercaya. 

Tapi sekali lagi mohon maaf jika terkadang saya telat merespon, karena berbagai hal saya memang tidak bisa selalu buka blog. Dan kalau ada teman-teman pembaca yang tahu jawabannya jika ada yang bertanya lewat komentar, saya sangat senang jika teman-teman mau berdiskusi membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Terima kasih sudah membaca. ^^

400 komentar untuk "Tanya Jawab Seputar Pencairan JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan"

  1. @BPJSTKinfo pak saya mau mencairkan uang jht sya namun oleh pihak bpjs di tolak di karnakan di paklaring sya tidak di legalisir/tidak ada stempel dari perusahaan. nah pas sya dateng ke kantor hrd perusahaan sya bekerja dia bilang klo perusahaan kita memang tidak memberikan stempel perusahaan di paklaring dn dia bilang kembali lagi ke kantor bpjs dn sru pihak bpjs menelepon ke nmr perusahaan yg tertera di paklaring dn nanti dr pihak perusahaan sya yg memberi penjelasaan ke pihak bpjs bawasanya memang perusahaan bekas sya bekerja memang tidak mengeluarkan setempel untuk paklaring trsebut. nh pertanyaan sya bagaimana pak apakah bisa sya mencairkan uang jht sya tanpa legalisir dipaklaring sya?

    BalasHapus
  2. BEDA PERIODE DI VERKLARING DGN DATA BPJS KET. HUBUNGI PERUSH UNTUK KOREKSI.
    maksudnya gmn?
    padahal saya ada surat paklaring dari perusahaan.
    kurang mengerti saya. mohon di jelaskan

    BalasHapus
  3. Maaf mba mau tanyaa ... saya kan punya kartu jamsostek nyaa 2 yg satu sudah tdk aktif d perusahaan yg lama dn yg satu nya lagi masih aktif d perusahaaan tmpt saya bekerja skrg ..
    apa saya bisa cairkan jamsostek syaa yg sudah tdk aktif d perusaahan yg lama ? Mohon saran nyaa yaa !! Trimakasih😊

    BalasHapus

  4. Saya punya dua kartu Jamsostek. Yang 1 dari perusahaan lama dan sudah non aktif. Yang 1 lagi dari perusahaan baru yang sekarang menjadi tempat bekerja saya. Apakah kartu yang lama bisa diklaim?

    Jika sekarang masih aktif bekerja di perusahaan baru, memiliki kartu kepesertaan yang baru, uang JHT dari perusahaan yang lama belum boleh dicairkan.

    Bukannya kalau di perusahaan lama sudah non aktif dan dibuat baru di perusahaan baru itu sudah bisa dicairkan yah, yang penting yang lama sudah non aktif dan dapat referensi berhenti dari perusahaan lama?

    BalasHapus
  5. mas mau tanya,saya punya satu kartu jamsostek. sudah lama gak dipakai,nah saya skrg kerja d tempat baru nih,nah saya pakai kartu lama itu untuk diperpanjang,.. kata HR saya sih gitu,nah yg sya tanyain kalo seumpama saya klaim kartu jamsostek lama itu bisa gak<terus apa efeknya buat kerjaan saya yg ini,..kali aja ntar pas udah d klaim timbul masalah baru hehe makasih mass....

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum gan saya mau tanya nama di KTP beda sama di kartu JHT...di KTP nama HERI dan di kartu JHT HERY...
    Kira kira bermasalah apa ga gan..
    Thks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam wr.wb
      untuk masalah ini, mas bisa minta kertas form koreksi di kantor bpjs ketenagakerjaan terdekat, nanti tinggal pilih dikolom tersebut, nanti di form tsb ada pilihan salah nama, nanti jangan lupa mendatangi perusahaan mas untuk meminta cap/stempel perusahaan mas, nanti saat datang ke bpjs bisa membawa ijazah asli/akta kelahiran asli, serta membawa form koreksi yang sudah diisi dan di stempel oleh perusahaan.. semoga bermanfaat :)

      Hapus
  7. Sore gan ane mau taunya. Utk di kartu kk dan ktp tahunya berbeda..di kk 1988 sedangkan di ktp 1989 apakah akan ada masalah nantinya pada saat pencairan, tapi utk data semua yg di mnta sama cuma tahunya saja yang berbeda..thnxpoo

    BalasHapus
  8. gan mau tanya kalo katanya harus ada surat keterangan kerja tembusan ke disnaker dan bpjs setempat , kalau cuma surat keterangan kerja saja bisa tidak atau harus legalisir ke disnaker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang berhenti kerja setelah 1 september 2015 wajib ada surat yang telah dilegalisir disnasker...

      Hapus
  9. Gan ni sbelume q mo crita q mo ambil jamsostek tpi gak isa cair gara" blom d non aktifkan ,tpi setelah dari perusahaan mengajukan penon aktif kan kok sampai beberapa blan blum non aktif ,ternyata pihak perusahaan masih ada tunggaan setoran hmpir 6 bulan yang saya pertanyakan knapa pihak jamsostek tdk menagih kpd prusahaan tersbut ,apa cma mo di diemke apa gmana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dana JHT itu sifatnya iuran, pihak BPJS TK tidak menagih ke perusahaan. Pihak perusahaan yang aktif menyetorkan iuran untuk para karyawannya yang masih aktif bekerja...

      Hapus
  10. berhenti kerja 2012 tp coba cek online kok masih aktif :(
    mana perusahaannya dah ngilang ato ganti wajah...puyeeeng...

    BalasHapus
  11. idem....cek ke jamsostek belum nemu solusi cepatnya

    BalasHapus
  12. kalau KTP asli hilang Dan gak punya sim gmn mas?

    BalasHapus
  13. Gan mau nanya nih. Kalo ada perbedaan nama di kartu kpj dan di ktp apa bisa d cairin. Tolong penjelasannya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan data termasuk nama bisa membuat klaim JHT ditangguhkan. Solusinya membuat surat keterangan koreksi beda data dari kelurahan..

      Hapus
  14. siank ...
    saya mau tanya...
    saya tadi cek jamsostek saya,saya registrasi untuk masuk akun jamsostek sesuai dengan kartu jamsostek dan ktp...tetapi pada saat saya cek saldo jamsostek...saya melihat nama yang terdaftar di akun jamsostek tidak sesuai dengan kartu jamsostek padahal saya meresgistrasikan nya sesuai dg kartu jamsostek.
    itu bagaimana ya...mohon konfirmasinya...

    nama di kartu jamsostek : verah oktaviani
    saya resgistrasi sesuai kartu dan ktp : verah oktaviani

    tetapi yang muncul di akun jamsostek : nia oktavinai

    mohon kejelasanya...

    BalasHapus
  15. siank ...
    saya mau tanya...
    saya tadi cek jamsostek saya,saya registrasi untuk masuk akun jamsostek sesuai dengan kartu jamsostek dan ktp...tetapi pada saat saya cek saldo jamsostek...saya melihat nama yang terdaftar di akun jamsostek tidak sesuai dengan kartu jamsostek padahal saya meresgistrasikan nya sesuai dg kartu jamsostek.
    itu bagaimana ya...mohon konfirmasinya...

    nama di kartu jamsostek : verah oktaviani
    saya resgistrasi sesuai kartu dan ktp : verah oktaviani

    tetapi yang muncul di akun jamsostek : nia oktavinai

    mohon kejelasanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kok bisa begitu? Saya tidak tahu kalau masalahnya seperti iyu, Mbak. Itu bagian tekhnis. Coba bertanya via Call Center..

      Hapus
  16. Langsung ja mas knpa pihak dri jamsostek cma diam menagih kekurangan dari perusahaan , sol aku dah berhenti kerj hampir 4 bln tpi kartu masih aktif ,dr pihak perush jga dah mengajukan penonaktifkan kartu saya , tpi trnyta msih da tunggaan sing blm d byar dr perusahaan , yang q sayangkan knpa pihak jamsostek cma diem gak da reaksi apa" pda perush tersbut apa emang d diemke biar uange gak bisa diambil pa gman , mhon solusinya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tahu kalau masalah itu, Mas. Kadang antara perusahaan satu dengan perusahaan lain bisa berbeda-beda. Saya juga heran dengan nasib pekerja-pekerja yang kartunya masih aktif padahal sudah tidak bekerja, entah salah di mananya. Tapi begitulah adanya...

      Hapus
  17. misi ni gan saya maunanya, soal bpjs, saya sudah di acc oleh pihak bpjs nya janjinya akan di teransefer 14 hari kerja tapi sudah 14 hari kerja belum di teransfer juga dan saya cek saldo tapi sudah kosong saldo nya saya harus gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangnya tidak diberikan nomor telepon, Mas. Kalau begitu datangi saja kembali kantornya, dan tanyakan baik-baik...

      Hapus
  18. Tanya dong, saya punya 2 kartu jamsostek dan sekarang saya sudah tidak bekerja, saya ingin mencairkan jht keduanya, tapiii....

    Kartu yang pertama tidak dilengkapi packlaring karena perusahaannya sudah gulung tikar dan sudah non aktif lebih dari 5 tahun.

    Kartu yang ke dua semua persyaratan sudah lengkap semua.

    Mohon pencerahan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bisa dicairkan hanya yang ada paklaringnya. Yang tidak ada paklaring karena perusahaan sudah gulung tikar, silakan berkonsultasi ke dinas Ketenagakerjaan terdekat..

      Hapus
  19. bagaimna cara ny saldo dari kartu perusahaan yang lama, diamalgamasi ke kartu yang baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya akan posting caranya, Mbak. Untuk sementara ini silakan bertanya ke HRD perusahaan yang baru, karena proses amalgamasi nantinya juga melibatkan perusahaan yang baru...

      Hapus
  20. mau tanya kalo kita sudh berhenti dperusahaan lama dan skrng kerja di perusahaan baru tp blm di bagikan bpjs ketenaga kerjaannya itu gmn ya ? apakah boleh cairiin jamsostek yang lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau benar-benar belum didaftarkan masih bisa, Mas. Kalau ditanya sudah bekerja atau belum, jawab saja belum. :D

      Hapus
  21. .maaf mau tanya..kalau saya prnh krja dprusahaan A & B dan jamsostek saya gabung,kebetulan dperusahaan A saya ada paklaring tp dperusahaan B saya resign tp tidak ada paklaring..itu uang.nya bs dcairin pke paklaring A doank apa gg yah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saldo sudah diamalgamasi (digabungkan), maka yang berlaku adalah paklaring dari perusahaan yang terakhir, Mas.

      Hapus
  22. nah ini dia pertanyaan yang mau saya tanyakan, surat keterangan beda data bisa kita dapatkan dari mana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa datang kekantor bpjs, bilang saja minta form koreksi karena ada beda data, nanti tinggal isi dan pilih saja yg mana yg salah sudah ada kolom nya, dan nanti form koreksi tersebut bisa meminta cap/stempel perusahaan dgn mendatangi perusahaan mas apabila sudah berhenti bekerja :)

      Hapus
  23. Permisi
    saya mau bertanya mengenai kartu bpjs saya, saya mengajukan e-klaim februari 2016 dan di acc untuk datang ke cabang yang dituju oleh pihak bpjs ketenagakerjaan, sayangnya pada saat saya kasih semua dokumen yang asli dan foto copy, ternyata saya masih aktif di perusahaan pt.MBN, dan di suruh menunggu sampai maret 2016, ketika saya up lagi, dengan sistem e-klaim yang sama ternyata saya di tolak, karna masih aktif. MOHON BANTUANNYA
    saya harus bagaimana supaya saya bisa mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya, sudah dari januari 2016 saya tidak bekerja ?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanyakan ke perusahaan, Mas. Kenapa status keanggotaan di Jamsostek masih aktif, apakah perusahaan belum melaporkan ke BPJS TK bahwa sampeyan sudah berhenti bekerja..

      Hapus
  24. saya sudah daftar bpjstk online & mau cek saldonya , saat hendak cek saldo , saya tidak bisa memverivikasi kode karna no hp yang didaftarkan dulu sudah tidak aktif, apakah perlu datang ke kantor bpjs atau ada cara lain , terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan , saya sudah mencoba untuk merubah no hp & tidak bisa. keteranganya . "Proses ganti no HP gagal, pastikan no HP lama masih terdaftar".

      Hapus
    2. Iya coba datangi kantor BPJS TK.

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. sore admin yang baik hati...saya mau cerita kronologi nya dlu sebelum bertanya..tahun 2015 akhir perusahaan saya mengalami pailit atau akan ditutup,pada 2016 januari proses penutupannya,dan pada februari 2016 seluruh karyawan dinyatakan di PHK..untuk kepesertaan BPJS TK nya pun sudah di non aktifkan dan dilaporkan perusahaan ke BPJS TK...dan perusahaan sudah tutup/bubar..saat ini Maret 2016 saya mau melakukan EKlaim,tapi keterangannya saya masin belum Non Aktif.
    pertanyaannya: Bagaimana saya bisa mencairkan dana BPJS saya?dalam kondisi perusahaan sudah bubar/tutup sudah tidak ada yang bisa dihubungi lagi pihak perusahaan..
    atas jawaban terbaiknya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru kalau non aktif itu yang bisa diklaim, Mbak. Kalau masih aktif JHT belum bisa dicairkan...

      Hapus
  27. saya masih aktif bekerja bisakah jamsostek jht diperbaharui,biar sama dengan data ktp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yang diperbarui, Mas? Tidak perlu diperbarui tidak akan menghilangkan hak kita kok.

      Hapus
  28. Saya memiliki 2 bpjs,masalahnya jika perusahaan yang lama tidak mau memberikan surat keterangan pernah bekerja,apa bisa saya mencairkan hanya satu bpjs yg ada surat keterangan kerjanya saja dan mengabaikan bpjs yg tidak memiliki surat keterangan kerja tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mas. Tapi sayang kalau yang satunya tidak urus sekalian...

      Hapus
  29. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (danieljohnhome@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam,
    Tim investasi Daniel john

    BalasHapus
  30. saya sudah punya lengkap persyaratan
    tetapi ada kesalahan tentang tanggal lahir saya
    seharusnya saya lahir di tanggal 28 januari 1992
    tetapi di data jamsostek tertulis saya lahir pada 07 Maret 1984
    bagaimana cara mengatasinya?
    jamsostek saya beralamatkan di kelapa gading
    sedangkan saya berada di semarang
    yang seharusnya bisa langsung mencairkan dana hari ini,jadi pending karena hal itu
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada data yang berbeda, solusinya membuat surat keterangan koreksi beda data dari kelurahan.

      Hapus
  31. gan mau tanya dong, saya mau cairin bpjs tapi ada nama ibu kandung kurang 1 huruf, itu solusinya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta surat keterangan koreksi beda data dari kelurahan, Mas.

      Hapus
  32. Selamat siang Mas, saya mau tanya.
    bbeberapa bulan yg lalu saya ke kantor cabang bpjs tk untuk melakukan pencairan JHT, tapi ternyata saya cuma dikasih formulir dan di formulir tersebut ditulis tgl 11 maret 2016. saya diminta untuk meninggalkan nmor tlp saja, pegawainya bilang nanti akan dihubungi kembali. sampai hari ini saya belum dihubungi oleh pihak kantor cabang bpjs tersebut. itu bagaimana ya? apa saya harus datang ke kantor cabangnya saja? apa semua kantor cabang bpjs tk seperti itu?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya datang lagi saja ke kantor BPJS TK, sebaiknya cari kantor yang antriannya tidak padat.

      Hapus
  33. Saya sudah berhenti bekerja dari tahun 2013 di kota sorong- papua barat sekarang saya berdomisili di kota manado, ktp sorong sudah habis masa berlakunya, saya hanya punya sim dengan alamat manado, kartu keluarga yang asli sewaktu masih di sorong sudah hilang, saya tinggal punya salinan fotocopy-nya saja, apakah saya bisa mencairkan dana saya jika saya telah berdomisili di luar kota sorong ?, dan apakah saya bisa mencairkan dana saya jika saya punya kendala seperti yang saya tulis diatas ?, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dana JHT bisa dicairkan di kantor cabang mana saja di seluruh Indonesia. Baca artikelnya baik-baik, semua sudah jelas beserta contoh-contoh kasusnya...

      Hapus
  34. @ridwan_siahaan bisa, bikin aja paklaring sendiri ha ha ha

    BalasHapus
  35. Mas mau tanya, kalo KPJ kita ilang, dan qt mau tanya no KPJ nya ke kantor bpjs terdekat, klo diwakilin orang lain dan memakai surat kuasa bisa atau tidak ya?

    BalasHapus
  36. Gan mw nanya klw kita cabut dari perusahaan klw mw nyairkn jamsostek gmn ya mas sbgai ganti pengalaman apa ya mas mohon pencerahannya

    BalasHapus
  37. KRG SRT PENGANTAR DARI PT ....... YG DITUJUKAN KE DISNAKER TEMBUSAN KE BPJSTK PERIHAL KARYAWAN KELUAR. JIKA SDH LNGKP DTG PAGI TDK DIWAKILKAN BAWA SEMUA BERKAS ASLI&COPY DAN PRINT EMAIL INI. DTG TGL 27-04-2016 ATAU AJUKAN KE CAB LAIN***
    Mksudnya apa ya?

    BalasHapus
  38. Mao tanya min, ini saya mao cairin jht tapi bpjs saya masih belum dinonaktifkan dari perusaahaan dlo saya bekerja, jadi saya hrs bagaimana ? sedangkan perusahaan itu udah tdk aktif lg.

    BalasHapus
  39. Mau tanya, ktp nya harus e-ktp ? saya masih pakai ktp lama.

    BalasHapus
  40. kalo mau cairkan JHT apa harus ke kantor bpjs ketenagakerjaan mas.. apa gak bisa ke kantor bpjs kesehatan..?

    BalasHapus
  41. Mas saya kan udah 2 taun ga krja diprusahaan x.. Tapi skrang saya udah kerja dan memiliki kartu JHT baru lagi.. Bisa ga cairin JHT dprusahaan lama/x syratya lengkap paklaring ada lengkap smua.

    BalasHapus
  42. Mas saya mw nanya,,kalau saya mw mengambil uang jht terus sementara nama saya serba aneh,,contoh di ktp muhamad mansyur di jamsostek dede muhamad mansur di Bpjs kesehatan muhamad mansyur,di buku tabungan muhamad mansyur dan d akte dede muhamad mansyur,,,bagaimana mas ini bermasalah atau tidak??

    Terimakasi mas..

    BalasHapus
  43. Mas saya mw tanya,,nama saya gak ada yg cocok,,contoh di e-ktp muhamad mas(y)ur,di jamsostek Dede muhamad mansur di kertas informasi saldo JHT dede muhamad mansur di buku tabungan muhamad mans(y)ur di kk muhamad mansyur,,ini bagai mana mas solusi'a apa nanti jadi masalah buat pengambilan uang jht'a??

    Terimakasi...

    BalasHapus
  44. Pagi gan
    Sya berhenti bekerja di tgl 7 april 2016,,apakah bisa mencairkan dana bpjs? Dan apakah bisa mencairkan di cabang/ kntor bpjs terdekat?

    BalasHapus
  45. saya terakhir kontrak kerja tgl 30 april 2016,
    barusan saya cek pembayaran jht terakhir tgl 13 april
    trs untuk bisa mencairkan dana tersebut apa hrs nunggu sampe tgl 13 mei apa bisa langsung awal bln mei ini

    makasih sebelumnya untuk infonya

    BalasHapus
  46. Gan mo tanya dunk saya kn mo mencairkan bpjs ketenagakerjaan melaluimelalui eklaim.......pesan direkam ch udah dpt cuma nunggu informasi eklaim selanjutnya pai sekarang yum dapt2....gmna tu

    BalasHapus
  47. Mas mo nanya donk aq kn punya jamsostek 2 trus aq mencaerkn y pakai eklaim....aq daftr eklaim kn yg satuma dpet link donwload formulir tp yg satu y ma yum. Dpt2 blsan dari pihak jamsostek y........gmna tu mas

    BalasHapus
  48. tanggal 5 mei 2016 kantor jamsostek libur atau tidak?

    BalasHapus
  49. Mas mau tanya dong.. saya kan punya 1 kartu tapi di gabung ada 3 perusahaan nah saya cuma ada dua pacelaring di perusahaan pertama dan kedua tpi perusahaan ke tiga ga ada pacelaring.. saya bisa ga cairin yg 2 saja yg ketiga ga usah.. thanks

    BalasHapus
  50. Mas mau tanya dong.. saya kan punya 1 kartu tapi di gabung ada 3 perusahaan nah saya cuma ada dua pacelaring di perusahaan pertama dan kedua tpi perusahaan ke tiga ga ada pacelaring.. saya bisa ga cairin yg 2 saja yg ketiga ga usah.. thanks

    BalasHapus
  51. selamat pagi min, saya mau tanya.. saya sudah bekerja di perusahaan baru.. tapi belum diikutsertakan bpjs ketenagakerjaan (belum diperpanjang).. apakah bpjs ditempat kerja lama bisa dicairkan?

    BalasHapus
  52. Selamat siang
    Saya mau bertanya.Kalau misalnya saya mau mencairkan bpjs saya tapi KK yang asli tidak ada hanya ada foto copynya saja.Karna aslinya ada dimedan sementara saya dibatam.Kalau dokumen yang lainnya lengkap.Apakah saya tetap bisa mencairkan bpjs tersebut???? terima kasih

    BalasHapus
  53. Selamat siang
    Kalau misalnya KK yang aslinya tidak ada yang ada hanya foto copi saja karna yang aslinya ada dimedan sementara saya ada dibatam.Tapi dokumen yang lain aslinya ada.Apakah saya tetap bisa mencairkan bpjs saya???? rterima kasih

    BalasHapus
  54. mau tanya klo nama ibu saat daftar dan yg ada di kk beda karena ibu ganti nama, bpjs tk nya masih bisa di klaim tidak ya?

    BalasHapus
  55. Siang mas, sya mau tanya.
    Sya b.henti bekerja per Februari 2016 d perusahaan d Jkt smentara sya skrg di kampung di jwa tengah,otomatis kn hrus minta surat kterangan dri disnaker itu kan ya.
    Lah prtanyaan sya disnakernya itu yg d Jkt apa yg d kampung mas?
    Mohon pencerahannya mas.makasih.

    BalasHapus
  56. Syarat2nya utk pengajuan apa sj gan?

    BalasHapus
  57. Broo? mau nanya nih, Surat plakering saya kan beda tanggal tuh sama tanggal terakhir perusahaan bayar iuran ke bpjs. Nah kira2 kalo pas saya ke perusahaan lama utk minta perbaiki tanggal di surat plakering, apakah sisa uang itu ditarik lagi oleh perusahaan?
    Misalnya saya mulai bekerja jan 2013 smpe jan 2014, tapi perusahaan msh bayar iuran bpjs smpe terakhir okt 2015. nah kira2 saldo yg dari feb 2014 smpe okt 2015 itu ditarik kembali gk sama perusahaan?
    Thx before, sorry klo kepanjangaan nanyanya, hehe...

    BalasHapus
  58. Broo? mau nanya nih, Surat plakering saya kan beda tanggal tuh sama tanggal terakhir perusahaan bayar iuran ke bpjs. Nah kira2 kalo pas saya ke perusahaan lama utk minta perbaiki tanggal di surat plakering, apakah sisa uang itu ditarik lagi oleh perusahaan?
    Misalnya saya mulai bekerja jan 2013 smpe jan 2014, tapi perusahaan msh bayar iuran bpjs smpe terakhir okt 2015. nah kira2 saldo yg dari feb 2014 smpe okt 2015 itu ditarik kembali gk sama perusahaan?
    Thx before, sorry klo kepanjangaan nanyanya, hehe...

    BalasHapus
  59. Mau tanya dong kalau gak ada paklaring tp adanya surat keterangan masa kerja kita bida gak ya buat cairin bpjs 100%nya?
    trmksh infonya

    BalasHapus
  60. Maaf mas mau tanya,saya masih kurang jelas nih mengenai pencairan BPJS tk yg bisa diambil dimana saja,saya alamat ktp dicimhi Bandung tp sekarang saya ikut suami yang kerja disukabumi, kalau saya mencairkan BPJS tk disukabumi bisa gak? Terus apa aja persyaratannya....
    Mohon infonya

    BalasHapus
  61. Maaf mas mau tanya,saya masih kurang jelas nih mengenai pencairan BPJS tk yg bisa diambil dimana saja,saya alamat ktp dicimhi Bandung tp sekarang saya ikut suami yang kerja disukabumi, kalau saya mencairkan BPJS tk disukabumi bisa gak? Terus apa aja persyaratannya....
    Mohon infonya

    BalasHapus
  62. Maaf mas mau tanya,saya masih kurang jelas nih mengenai pencairan BPJS tk yg bisa diambil dimana saja,saya alamat ktp dicimhi Bandung tp sekarang saya ikut suami yang kerja disukabumi, kalau saya mencairkan BPJS tk disukabumi bisa gak? Terus apa aja persyaratannya....
    Mohon infonya

    BalasHapus
  63. assalamualaikum min slmt pagi mau tanya ne saya bkrja d sbuah prusahaan mulai 2012 smp sekarang 2016 tapi pada waktu saya cek k kntor bpjstk kartu saya sudah tidak aktif dr mei 2013 padahal sya masih bekerja smp sekarang. bgaimana tu min apakah pihak perusahaan yg menutup akun saya atau apa

    BalasHapus
  64. Gan tanya dong, saya punya 2 kartu JHT saat ini saya sudah tidak aktif bekerja dan mau mencairkan JHT melalui EKlaim, saat saya sudah membuat akun BPJSTK, akan tetapi untuk no KPJ yang satu saya tidak bisa cek saldo JHT tapi kalo di JHT tahunan saya bisa lihat kedua KPJ tersebut, nah di Menu EKlaimpun cuma ada satu no KPJ yang tertera ( KPJ yang tidak bisa di Cek Saldo JHT tidak ada di menu KPJ EKlaim), pertanyaan saya apa yang harus dilakukan supaya kedua no KPJ saya ada di menu Cek Saldo JHT dan Menu EKlaim? tks gan sbelumnya....

    BalasHapus
  65. Gan tanya dong, saya punya 2 kartu JHT saat ini saya sudah tidak aktif bekerja dan mau mencairkan JHT melalui EKlaim, saat saya sudah membuat akun BPJSTK, akan tetapi untuk no KPJ yang satu saya tidak bisa cek saldo JHT tapi kalo di JHT tahunan saya bisa lihat kedua KPJ tersebut, nah di Menu EKlaimpun cuma ada satu no KPJ yang tertera ( KPJ yang tidak bisa di Cek Saldo JHT tidak ada di menu KPJ EKlaim), pertanyaan saya apa yang harus dilakukan supaya kedua no KPJ saya ada di menu Cek Saldo JHT dan Menu EKlaim? tks gan sbelumnya....

    BalasHapus
  66. Jika NIK di KTP berbeda dengan NIK di KK apakah butuh data tambahan? Jika ia apa saja gan? Trims sebelum nya

    BalasHapus
  67. kalau berhenti karna habis kontrak berkas lainnya apa ya ? mohon pencerahannya . terimakasih

    BalasHapus
  68. Apa bisa cuma dengan memberikan no.reknya saja?
    Dan no.reknya atas nama kita. Atm ada, buknya yg gak ada mas

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Saya mau nanya, kemarin saya mau nyairin bpjs ketenagakerjaan begitu sudah ditahap pengecekan syarat2 katanya saya harus minta surat pernyataan dianaker dari perusahaan dikarenakan saya resign dibulan februari sedangkan pengklaiman bpjs'nya dibulan mei kemarin. Dan setelah nanya2 sama orang yg sudah berpengalaman dlm pengklaiman bpjs katanya dia gk dimintain surat pernyataan sperti saya , padahal masa abis kontraknya dibulan desember dan waktu pengklaiman dibulan april. mohon infonya lebih lanjut yaa

    BalasHapus
  71. Saya mau nanya, kemarin saya mau nyairin JHT , begitu sudah ditahap pengecekan persyaratan katanya saya harus minta surat pernyataan disnaker dari perusahaan dikarenakan saya resign dibulan februari sedangkan pengklaiman bpjs'nya dibulan mei kemarin. Dan setelah nanya2 sama orang yg sudah pernah nyairin JHT, katanya dia gk dimintain surat pernyataan sperti saya , padahal masa abis kontraknya dibulan desember dan waktu pengklaiman dibulan april. Itu gmn ya ? mohon infonya lebih lanjut . Thanks

    BalasHapus
  72. Mau tanya mas ..
    Klo jamsostek sudah di cairkan apakah kartunya masih berlaku & bisa di pakai lagi .. ???

    #terima kasih.. 😊

    BalasHapus
  73. mas, mau tanya saya berhenti kerja karena kontrak kerja habis, yang diberi oleh perusahaan surat pengalaman kerja, lalu apa yang harus saya lakukan sebagai tahap awal mas?karena saya bingung kok harus minta surat kedisnaker segala mas, terimakasih

    BalasHapus
  74. Mas..(semoga d jawab)
    Saya bkrja udh 3thn. Tp prtmany saya outsrcing stlh 2th pndah kontrak lgsg PT.
    Apkh itu d akumulasikan ato yg trhitung hny saat kntrak PT.?

    BalasHapus
  75. Nomor e-KTP Anda tidak terdaftar, pastikan nomor sesuai yg tertera pd Kartu Tanda Penduduk. kata2 ini yg slalu munjul apabila sy ingin melakukan e-klaim, pdhl dari dinas kependudukan dalam negri sudah terdaftar, tolong min penjelasan'a.

    BalasHapus
  76. admin, saya mau tanya donk. minggu kemarin saya mau cairkan JHT, Namun paklaring saya tidak ada 1, karena dulu saya kabur dari Salah satu Perusaahan tersebut Dokumen yang lain nya sudah lengkap, minta solusi admin apa yang harus saya lakukan ea?, sudah berulang kali saya kasih sama staff yg ada Di kantor BJS itu namun selalu mengatakan harus ada Paklaring dari perusahaan itu. tolong bantuan nya ea admin. thanks

    BalasHapus
  77. Tanya donk, saya kan ada kartu Jamsostek kantor lama dengan stasus PESERTA NON AKTIV dan resign di bulan APril 2015.
    Saat ini saya masuk di perusahaan baru, dan dapet kartu dengan no KPJ yang berbeda dan sudah BPJS Ketenagakerjaan.
    E-KTP & KK sudah pindah ke bogor .

    Apakah Jamsostek saya yang sudah NON AKTIV bisa di cairkan walaupun saya statusnya masih bekerja?

    BalasHapus
  78. Min, saya kan mau nyairin jamsostek tapi Atm yg sesuai dg norek yg bersangkutan sa jamsostek udh mati. Gmana ya? Harus pake rek yg bersangkutan kan? Tolong bales yaa min, makasih

    BalasHapus
  79. mas saya ingin bertanya,wktu sya bikin biodata jht itu nama ibu kandung saya,tpi skrng saya tinggal sama ibu tiri saya dan msuk kk ibu tiri saya,apakah bisa tetap bisa dicairkan??trima kasih

    BalasHapus
  80. mas saya ingin bertanya,wktu sya bikin biodata jht itu nama ibu kandung saya,tpi skrng saya tinggal sama ibu tiri saya dan msuk kk ibu tiri saya,apakah bisa tetap bisa dicairkan??trima kasih

    BalasHapus
  81. mas saya ingin bertanya,wktu sya bikin biodata jht itu nama ibu kandung saya,tpi skrng saya tinggal sama ibu tiri saya dan msuk kk ibu tiri saya,apakah bisa tetap bisa dicairkan??trima kasih

    BalasHapus
  82. Mas mau tanya, saya sudah klaim sudah berhasil tinggal menunggu uang cair, tapi saya mau ganti rek karna rek yang saya cantumkan pada saat saya klaim bermasalah apa masih bisa di ganti? Kalo bisa mohon info cara ganti nya bagaimana? Tks

    BalasHapus
  83. Mas mau tanya, saya kan dlu kerja di prusahaan A, kemudian pindah ke perusahaan B, namun Kartu JHT saya ketika pindah ke perusahaan B tidak mendaftar baru lgi, tapi melanjutkan iuran yg dulu jadi nya punya satu kartu (menggunakan satu ID yg sama ketika di perusahaan A), tapi ketika saya cek di web, saldo saya yg dulu tidak tergabung dengan yg baru, apakah kalau saya mencairkan dana nya saldo yg dulu akan ikut tercairkan atau gimana? saya mau cairin tapi takut saldo yg dulu malah entah kemana,, hehe

    BalasHapus
  84. Mau tanya mas,apa tanggal resign sama tanggal penonaktifan kartu harus sama agar bisa mencairkan jht?

    BalasHapus
  85. Mau tanya mas,apa tanggal resign sama tanggal penonaktifan kartu harus sama agar bisa mencairkan jht?

    BalasHapus
  86. Mau nanya mas.. Waktu saya ngecek saldo jht saya lewat aplikasi bpjs tk.. Katanya tgl lahir anda beda.. Berarti tgl lahir di ktp dan di kartu kpj beda mas..
    Pertanyaan nya apakah itu bermasalah saat pencairan klaim bpjs nya? Thanks

    BalasHapus
  87. Mas saya mau tanya..
    Saya punya 2 kartu jamsostek di satu perusahaan yang sama.
    Yg pertama sewaktu saya mash outsourcing dan satu lagi wakyu karyawan. It keduanya bisa di

    BalasHapus
  88. slmt malm bpk. saya mau tanya kalo ktp yg dulu waktu daftar jht tapi kartu kknya yg baru apakah bisa di cairkan? soalnya saya sama istri yg pertama sudah cerai tapu kali data" yg di jamsostek masih istri yg dulu cuma saya tambah 1peserta aja anak dari istri yg sekarang. trmks

    BalasHapus
  89. Mau nanya gan.
    Saya sudah eklaim jamsostek karena mengundurkan diri.
    Saya dapt email proses disetujui dan harus membawa berkas syarat ke kantor cabang.
    Salah satu syaratnya fc keterangan PERMANENT resident.
    Itu saya kurang mengerti surat apa?
    Dan minta ke siapa?
    Karena ketika saya resign saya hanya dikasih surat parklaring aja.
    Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  90. Mau nanya gan.
    Saya sudah eklaim jamsostek karena mengundurkan diri.
    Saya dapt email proses disetujui dan harus membawa berkas syarat ke kantor cabang.
    Salah satu syaratnya fc keterangan PERMANENT resident.
    Itu saya kurang mengerti surat apa?
    Dan minta ke siapa?
    Karena ketika saya resign saya hanya dikasih surat parklaring aja.
    Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  91. Min numpang tanya nih ane tiap eklaim slalu gagal di paklaring pdahal paklaring ane ada tapi ane pnya 2 paklaring dri perusahaan trs eklaim gagal dikarena kan tgl di paklaring dan di bpjs berbeda hal itu menyebabkan tiap via eklaim gagal gmn solusinya nih min thx

    BalasHapus
  92. selamat pagi saya mau tanya,,,,apakah bisa bpjs ( jht ) di cairkan di kantor bpjs yang berbeda kota misalnya ( saya dari pontianak kebetulan sekarang lg di jakarta,,,apakah bisa saya cairkan dibpjs cabang jakarta,,,,? terima kasih

    BalasHapus
  93. siang mas,, saya mau tanya.. kalau misalkan saya tidak aktif bekerja pada perusahaan bulan agustus 2016, tertera di paklaring. tetapi saya sudah di non-aktifkan dari kepesertaan BPJS TK sejak Mei 2016. apakah saya tetap bisa mencaikan dana tanpa ada nya masalah?
    terima kasih..

    BalasHapus
  94. Mau nanya...saya pindah dari padang ke jakarata..ada surat pindah dari kel n camat dsana. Pengurusan ktp d jkt sangat lama sekali. Bisakah saya mencair kan bpjs menggunakan surat pindah tersebut dan ktp lama yg saya punya? Tq

    BalasHapus
  95. Saya mau tanya, sayakan dulu kerja di cikarang terus bpjs jht saya otomatiskan sudah nonaktif. Dan sekarang sayang masuk di pt lain lagi dan kemarin saya kan baru cek saldo bpjs yang di pt dulu tapi ko nama pt nya pt yang sekarang itu gmna ceritanya????
    Terus saldo yang saya kemarin itu kira kira ketimpa engga???

    BalasHapus
  96. met pagi mas mau tanya waktu saya bekerja diperusahaan yg lama saya mendaftar jamsostek nya dengan ktp lama dan sekarang saya mau cairkan tapi nama pada ktp yg sekarang ada perubahan pada nama saya. apakah bisa dicairkan dengan nama saya yg ada perubahanya di ktp. tks

    BalasHapus
  97. met pagi mas mau tanya waktu saya bekerja diperusahaan yg lama saya mendaftar jamsostek nya dengan ktp lama dan sekarang saya mau cairkan tapi nama pada ktp yg sekarang ada perubahan pada nama saya. apakah bisa dicairkan dengan nama saya yg ada perubahanya di ktp. tks

    BalasHapus
  98. Pak di kartu bpjs saya namanya ADI tp ktp saya namanya NURADIMAN gmn pak?
    Perbaiki data boleh di cabang mana saja pak terima kasih

    BalasHapus
  99. Pak di kartu bpjs saya namanya ADI tp ktp saya namanya NURADIMAN gmn pak?
    Perbaiki data boleh di cabang mana saja pak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbaikinya bisa melalui kantor kelurahan, Pak. Cukup minta dibikin surat keterangan beda data yang ditanda tangani pak lurah..

      Hapus
  100. halo, mau tanya. saya punya 2 kartu bpjs dari kantor lama. sekarang saya sudah bekerja di kantor baru, tapi belum terdaftar bpjs di kantor yg baru, yang akan didaftarkan 2 bulan mendatang. apakah kepersertaan saya di 2 perusahaan sblmnya bisa saya cairkan sekarang? thanks

    BalasHapus
  101. saya mau tanya, saya sdh berhenti bekerja 2 bulan yg lalu, dan sekarang saya cek di bpjs, status masih aktif dan iuran terakhir tgl 10 september, apakah pada tgl 10 oktober status saya bisa non aktif? dan seandainya non aktif, apa langsung bisa di cairkan? mohon bantuannya, tks.

    BalasHapus
  102. Permisi mau tanya , kk saya tercantum saya udah jd kepala keluarga ni ya mbak , sedangkan status ktp saya masih aktif dan status saya belom kawin , sedangkan saya mau mencairkan dana BPJS TK apakah ini berkendala atau tidak , kalau berkendala tolong solusinya bagaimana , trimakasih ☺

    BalasHapus
  103. saya mau tanya
    saya mau mencairkan JHT
    Tapi di saya ada pemekaran RT sama RW
    jadi di KTP sama KK RT RW nya beda,
    bisa apa gga yah ?

    BalasHapus
  104. saya mau tanya, saya baru berhenti bekerja tgl 31 Agustus 2016 kemarin, apakah harus melampirkan surat legalisir dari disnaker mengenai pengunduran diri saya pada saat proses claim

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk peraturan yang baru, bagi pekerja yang resign per september 2015 memang harus disertai dengan surat pengunduran diri dari perusahaan ke disnaker dengan tembusan ke bpjs ketenagakerjaan.
      jadi, silahkan datang ke HRD perusahaan anda, lalu minta dgn baik baik agar dibuatkan surat pengunduran diri dari perusahaan yang ditujukan ke disnaker dengan tembusan ke bpjs ketenagakerjaan, jika perusahaan sudah membuatkan surat pengunduran diri ke disnaker, tidak perlu legalisir ke disnaker, cukup surat pengunduran diri dari perusahaan ke disnaker dengan tembusan bpjs ketenagakerjaan.. terima kasih.. :)

      Hapus
  105. say baru berhenti kerja tgl 31 Agustus 2016 kemarin, dalam proses submit dokumen untuk claim apakah harus melampirkan surat legalisir dr disnaker?

    BalasHapus
  106. Sore..sy mo tny.skrg kondisi sy sudah tidak bekerja sjk awal thn ni.sy mo cek saldo JHT.sy sudah pny akun BPJS ketenagakerjaan online.tp tiap sy cb cek ga prnh brhsl.pdhl data" yg sy masukkan sudah bnr smua.tetapi slalu ada keterangan 'nama dan tanggal lahir yang anda masukkan salah.silakan bla bla bla bla'.....pdhl sy sudah tulis yg bnr n slalu sy cek ulang.sy jg uda cb pk sms 2757,blsn sms blg 'layanan tidak tersedia'.ke no 08111xxxxx jg no respon.ya Tuhaaaaaan

    BalasHapus
  107. Sore..sy mo tny.skrg kondisi sy sudah tidak bekerja sjk awal thn ni.sy mo cek saldo JHT.sy sudah pny akun BPJS ketenagakerjaan online.tp tiap sy cb cek ga prnh brhsl.pdhl data" yg sy masukkan sudah bnr smua.tetapi slalu ada keterangan 'nama dan tanggal lahir yang anda masukkan salah.silakan bla bla bla bla'.....pdhl sy sudah tulis yg bnr n slalu sy cek ulang.sy jg uda cb pk sms 2757,blsn sms blg 'layanan tidak tersedia'.ke no 08111xxxxx jg no respon.ya Tuhaaaaaan

    BalasHapus
  108. Mas saya mau nanya..
    Bisa ga mencairkan jht jika pakelaring terakhir saja dilampirkan. Karna pakelaring tempat pertama ga mau menerbitkan buat saya karena dlu saya punya masalah. Kartu jamsostek saya satu untuk 2 perusahaan karna saya teruskan saja..

    BalasHapus
  109. Saya punya 2 kartu bpjs tenaga kerja yg kartu lama kenapa di bisa cair kan padahal suda di aktif lf skrg pinda kerja suda dapet kartu baru padahal itu hak saya

    BalasHapus
  110. Saya mau tanya, saya mau mencairkan jamsostek dengan cara eklaim tetapi tidak bisa yaa ??

    BalasHapus
  111. Saya punya 2 kartu bpjs yg 1 suda engga aktif di perusahan yg lama kenapa engga bisa di cair padahal status kartu nya engga aktif disitu uang pemiliknkartu suda tidak setor iyuran nya mohon di revisi kembali kartu yg suda tidak aktif di ijin kan bisa cair sama masah kita keluar kerja dulu baru bisa di cair kan lain hal kartu saya masih dan masih bayar oleh perusahaan wajar klo tidak bisa di cair kan tolong

    BalasHapus
  112. masih bisa mbak.
    saya waktu pencairan juga nama di paklaring beda dgn jamsostek dan ktp, kelebihan 1 huruf, tapi tidak masalah dan saya bisa mencairkan JHT saya, semoga bermanfaat.. :)

    BalasHapus
  113. masih bisa mbak.
    saya jg waktu itu nama di paklaring kelebihan 1 huruf, seharusnya ansori tapi di paklaring ditulisnya anshori, silahkan dicoba dulu mbak datang ke bpjs untuk klaim..

    BalasHapus
  114. mohon ijin admin mau coba membantu menjawab.. hehe :)
    kalau pengalaman teman saya dimana kasusnya sm seperti mas, nanti mas bisa minta form koreksi dikantor bpjs, lalu pilih dikolom form koreksi tersebut salah nama, nanti mas silahkan datang ke perusahaan mas bekerja untuk meminta cap/stempel dari perusahaan mas, lalu saat datang untuk klaim ke kantor bpjs bawa ijazah asli/akta kelahiran asli untuk dicocokan, dan jangan lupa membawa form koreksi dari bpjs ketenagakerjaan yang sudah di cap/stempel perusaahan...:)
    maap admin kalau saya lancang, mohon maap dan ridho nya ya :)

    BalasHapus
  115. bisa mas, karena sekarang kalau sudah e-ktp, walaupun ktp sudah habis tetap dihitung masih aktif karena sekarang e-ktp sudah seumur hidup masa berlakunya, jd walaupun tidak diperpanjang tetap dihitung masih aktif, silahkan mencoba.. semoga membantu :)

    BalasHapus
  116. sepertinya tidak masalah mbak dan masih bisa dicairkan, karena sudah disetujui oleh pihak bpjs, kalau itu jadi masalah tentu klaim mbak akan ditolak oleh pihak bpjs.
    soalnya temen sy alamatnya di jakarta, lalu setelah download F5 alamt tinggal tertulis di tangerang, tapi dia tidak ada masalah, dan bisa mencairkan dana nya.. semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  117. kalau untuk e-klaim memang sudah harus e-ktp karena data e-ktp sudah nasional dan sudah terhubung dengan data server yang ada di mendagri.
    datang langsung bisa datang ke kantor bpjs terdekat saat ini, denga membawa persyaratan yang diperlukan, jika tidak ada masalah dan disetujui oleh bpjs, bisa dicairkan.. disarankan karena manual, datang ke kantor bpjs pada pagi hari sebelum jam operasional untuk mengmbil no antrian, karena dibeberapa tempat dibatasi untuk pencairan manual.. mohon maap kalau ada salah :)

    BalasHapus
  118. Assalamualaikum, Maaf mau tanya :) kalau mau mengurus data yang salah harus ke ke bpjsnya langsung apa ke HRD perusahaan? misalkan harus ke kantor BPJS nya langsung apakah bisa dicabang mana saja apa harus di cabang pembuat? Terimakasih :)

    BalasHapus
  119. Kalau KTP hilang apa bsia diganti dengan identitas lain seperti SIM atau passport?

    BalasHapus
  120. saya baru berhenti kerja sudah lebih dua bulan, sebelumnya saya tidak ada informasi tentang surat non aktif kerja yang di tujukan ke disnaker, saya cuma dikasih perusahaan parklaring, tanpa surat non aktif kerja dari disnaker bisa tidak mencairkan dana saya ???

    BalasHapus
  121. Mbak mas.. Saya punya bpjs berhenti kerja tgl 20 september 2016.. Tapi saya sekarang uda bekkerja d perusahaan lain.. Tapi tdak ada bpjsnya.. Trus sampai sekarang saya blom mencairkan uang tersebut.. Apakah berpegaruh apabila saya mencairkan uang tersebut 3 tahun mendatang.. Apa kah akan hangus..?? Atau apakah saya harus setor tiap bulan..??tolong kasih jawabannga trimakasih

    BalasHapus
  122. Sy sdh tdk bkerja lgi di pt,tetapi sy melanjutkn bpjs kesehatan dr prusahaan yg sdh di tutup oleh pt trsbt.pertanyaan sy apkah jht bisa sy ambil tetapi jaminan kesehatan tetap sy lanjutkan?

    BalasHapus
  123. Bisakah jht diambil tpi kesehatan tetap aktif klo sdh g kerja di pt lagi ,sy melnjutkan kesehatan mandiri...mksih..

    BalasHapus
  124. Selamat malam sebelumnya saya mau menanyakan soal pencairan BPJS saya bekerja dijakarta sedangkan saya tinggal di tangerang apakah saya bisa mencairkanya dana BPJS tersebut di tangeranf pak mohon info nya terina kasih

    BalasHapus
  125. Pagi mbak, saya mau nanya EKTP saya belum jadi karena pecah KK, tapi dari pihak dispenduk saya dapat surat pernyataan bahwa Ektp masih dalam proses apa bisa digunakan...

    BalasHapus
  126. Mas saya mau nanya gara2 kartu atm sya yg limit habis uang nya terlanjur kekirim ke atm itu gmn solusinya trs kemaren udah q urus katanya bisa di retur tp dlm waktu 3 hari katanya trs skrang udah 3 hari kenapa masih belum cair ?

    BalasHapus
  127. Slamat malam , saya minta masukan.y
    E-ktp + email saya sudah terdaftar di bpjs online tp kenapa no kpj nya bukan milik saya ?

    BalasHapus
  128. bagaimana nama ibu kandung di dalam kartu KK berbeda dengan waktu pendaftaran online pada saat regrestasi di aplikasi BPJSTK MOBILE apakah bisa mencairkan dana tersebut?
    trimakasih

    BalasHapus
  129. apa kalau mau tau nomer peserta tenaga kerja yg hilang harus ke jamsostek tempat kepesertaan terdaftar atau bisa di semua kantor cabang bpjs/jamsostek?

    BalasHapus
  130. Mas mau tanya nih, sya kan mau klaim jht yg 100 persen, tp KTP sya belum jadi di tempat saya yg baru krna sya pindahan ,lalu di suruh bikin surat keterangan dinas kependudukan dan pencatatan sipil itu untuk pengganti el-ktp slma 6bln, krna KTP jadinya masih lama.. sdgkan ktp yg lama sudak di tarik pemkot lalu dikasih surat pindah. Mhon info

    BalasHapus
  131. saldo jamsostek saya hilang saat di perpnjang di prusahaan laen, itu gmna ya hilang atau bkan itu?

    BalasHapus
  132. Saya mau tanya, saya mau ngambil jamsostek dulu yang sudah tidak aktif tapi sekarang saya sudah bekrja lagi di prusahaan lain dan sudh mempunyai kartu bpjs yang baru apa kah bisa

    BalasHapus
  133. malam juragan, mau tanya nih. dlu istri saya tahun 2014 keluar dr perusahaan A, dan masuk di perusahaan B membuat jamsostek baru, tidak meneruskan jamsostek lama dari perusahaan A.
    tahun 2015 saat menikah dengan saya, istri saya mengundurkan diri dari perusahaan B. otomatis iuran jamsostek dr perusahaan A dan B kan berhenti nih dan sudah tidak aktif lagi.
    yang ingin saya tanyakan, sekarang di tahun 2017 ini bisa kah jamsostek istri saya dari perusahaan A dan B tempat bekerja dulu dicairkan semua keduanya? posisi sekarang istri saya tidak lagi bekerja, hanya di rumah menjadi ibu rumah tangga.
    mohon penjelasan juragan, terima kasih gan. malam

    BalasHapus
  134. saya sudah mengajukan klaim jht lewat online tapi dari saya mendapat balasan email seperti ini

    "
    Belum memenuhi persyaratan, karena MASA KERJA DENGAN MASA AKTIF KEPESERTAAN DI BPJS BERBEDA

    Surat elektronik ini dikirimkan secara otomatis dan tidak untuk dibalas.
    "
    Bagaimana penyelesaiannya...mohon di jawab mas,,terimakasih

    BalasHapus
  135. Saya pernah bekerja di 2 perusahaan. 1 bpjs sdh tidak aktif, yg 1nya masih aktif. Saya sudah tidak bekerja di perusaan manapun, apakah keduanya bisa di cairkan?

    BalasHapus
  136. mas mau tanya,, sy sudah pindah domisili dan sudah dapat kk yang baru sedang e-ktp yg baru saya belum dapat.tetap e-ktp yg lama saya masih pegang,,sedangkan data kepesertaan jamsostek sy masih menggunakan domisili yg lama,,kalo saya serah kn kk baru dan e-ktp saya yang lama pasti berbeda alamat itu bs diproses gk ya mas?

    BalasHapus
  137. Mas mau tanya saya punya 1 kartu yg pernah dipakai 3 perusahaan karna saya ga bikin baru lagi. pas daftar e klaim paklaring yg diupload yg mana yaa?

    BalasHapus
  138. Nama d paklaring saya g da spasi.y "Huyanarama" sedang d ktp n kartu bpjs saya "Huyana Rama" menurut temen2 d sini yg udah ngalamin masalah seperti ini bisa gak ya di cairan dana bpjs.y gara2 kesalahan tersebut? Mohon bantuannya,terimakasih

    BalasHapus
  139. Maaf mas saya mau tanya saya wktu dlu kerja d perusahaan lain tp udh berhenti trusss saya kerja d perusahaan lain yang baru apa bisa saldo jht d perusahaan yanq lama.bisa d ambil

    BalasHapus
  140. Misi numpang nanya, saya kerja pindah2 pt dengan kartu jamsostek yg sama, terakhir kerja 2015 , tapi baru tahun ini saya cek online ternyata saldo saya yg terisi dari perusahaan tmpt saya bekerja pada 2014, padahal di setiap tmpt saya bekerja ada slip gaji yg disetorkan ke saya dan tertulis iuran jamsostek, apa itu bisa jd bukti ke kantor jamsostek buat saldo saya ? Atau perusahaan nya yg tidak tertib membayarkan jamsostek saya? Trims

    BalasHapus
  141. Mau tanya, perusahaan tempat saya bekerja pengalihan ke perusahaan yang baru, apakah jht saya yang di perusahaan yang lama bisa di cairkan?. Terimakasih.

    BalasHapus
  142. Siang..sy mo nanya..brapa lamanya masa yg sy tungg bat mencairkan jamsostek/bpjs tk..setelah saya berhenti kerja..apa kah begitu sy berhenti kerja bisa dicairkan pakan ad masa tunggunya dulu beberapa bulan baru bisa ngajukan claim nya..makasih..mohon infonya nya ya

    BalasHapus
  143. Mba kalau saya bekerja lebih dari 1 perusahaan dengan 1 kartu jamsostek, apakah harus melampirkan semua surat pengalaman kerja dari masing2 PT/ yang terakhir kita bekerja. Thanks

    BalasHapus
  144. Mba kalau saya bekerja lebih dari 1 perusahaan dengan 1 kartu jamsostek, apakah harus melampirkan semua surat pengalaman kerja dari masing2 PT/ yang terakhir kita bekerja. Thanks

    BalasHapus
  145. Saya mau tanya. Kalo mencairkan bpjs tp ktp asli tdk ada( hnya ada fotocopi).
    Tp di foto copi ktp tsb sdh berlaku seumur hidup. Bisakah?

    BalasHapus
  146. Saya mau tanya. Kalo mencairkan bpjs tp ktp asli tdk ada( hnya ada fotocopi).
    Tp di foto copi ktp tsb sdh berlaku seumur hidup. Bisakah?

    BalasHapus
  147. Saya mau tanya. Kalo mencairkan bpjs tp ktp asli tdk ada( hnya ada fotocopi).
    Tp di foto copi ktp tsb sdh berlaku seumur hidup. Bisakah?

    BalasHapus
  148. Saya mau tanya. Kalo mencairkan bpjs tp ktp asli tdk ada( hnya ada fotocopi).
    Tp di foto copi ktp tsb sdh berlaku seumur hidup. Bisakah?

    BalasHapus
  149. Saya mau tanya. Kalo mencairkan bpjs tp ktp asli tdk ada( hnya ada fotocopi).
    Tp di foto copi ktp tsb sdh berlaku seumur hidup. Bisakah?

    BalasHapus
  150. Saya mau naya kalau cairin bpjs pakek rekening istri pa suami bisa gk ya

    BalasHapus
  151. Saya mau naya kalau cairin bpjs pakek rekening istri pa suami bisa gk ya

    BalasHapus
  152. Saya mau tanya kalau cairin bpjs pakek rekening istri pa suami bisa gk ya

    BalasHapus
  153. kalau buku tabungan istri, apakah bisa?

    BalasHapus
  154. Siang aku mau tanya untuk meng claim jamsostek dgn masalah status di kk sudah menikah dan di ktp masih blm menikah apa bisa di claim yaa?

    BalasHapus
  155. Pa saya mau tanya kalo pas masih bekerja di ktp dan kk nya status masih lajang atau belum menikah
    Kalo sekarang mau mencairkan bpjs tk ktp dan kk nya baru status nya sudah menikah apa masih bisa ?

    BalasHapus
  156. Saya waktu dafyar bpjs kk nya masih ikut orang tua, tapi sekarang saya sudah nikah kk nya atas nama saya sendiri apa masih bisa buat syarat mencairkan bpjs?

    BalasHapus
  157. Dulu waktu saya daftar bpjs kk nya masih atas nama bapak saya, tapi sekarang saya sudah nikah kk nya atas nama saya sendiri. Apakah masih bisa buat syarat mencairkan bpjs? Tolong reply yah

    BalasHapus
  158. Dulu waktu saya daftar bpjs kk nya masih atas nama bapak saya, tapi sekarang saya sudah nikah kk nya atas nama saya sendiri. Apa masih bisa buat syarat pencairan bpjs nya? Tolong reply ya

    BalasHapus
  159. Saya punya kartu JHT sudah tidak aktif terus saya mau klaim kartu JHT..!!!
    Tp saya baru saja bekerja di tempat baru...!!!
    Apakah saya bisa mengklaim kartu JHT saya yg sudah tidak aktif itu

    BalasHapus
  160. terima kasih sebelumnya....
    saya mau tanya contoh nya nama saya muhamad sesuai dengan kk dan ktp begitu juga di profil bpjs.tetapi di kartu bpjs nama nya mohamad apakah bermasalah untuk melakukan pencairan JHT nya?

    BalasHapus
  161. terima kasih sebelumnya....
    saya mau tanya contoh nya nama saya muhamad sesuai dengan kk dan ktp begitu juga di profil bpjs.tetapi di kartu bpjs nama nya mohamad apakah bermasalah untuk melakukan pencairan JHT nya?

    BalasHapus
  162. maaf terima kasih sebelumnya...
    saya mau tanya masalah data,contoh nama muhamad sesuai dengan ktp,kk dan rofil di bpjs tetapi di kartu bpjs nama nya mohamad apakah bermaslah untuk encairan jht saya?saya sudah revisi sdh lama.

    BalasHapus
  163. Saya mau tanya kartu bpjs tk saya hilang ktp kk paklaring hilang dtas semuanya..kl misalkan bawa surat kehilangan apa bisa dcairkan ? Sy cuman ada copy kk sama ktp saja ..

    BalasHapus
  164. Min kalo bpjs tk .ktp.kk hilang apa bisa dcairkan bpjs tk kita ? Saya cuman pegang copy kk sama copy ktp ?

    BalasHapus
  165. Mas mau tanya donk seandainya kita sudah mencairkan jamsostek tahun 2013. Apakah bisa kita minta print out terakhir kita cairkan di kantor jamsostek lagi. Karena di perusahaan saya yg sekarang minta kapan terakhir saya cairkan jamsostek. Makasih

    BalasHapus
  166. Bila sudah di klaim apakah kartu bpjskt kita di kembalikan atau di ambil oleh pihak bpjs

    BalasHapus
  167. Kalo tanpa ijazah dan akta kelahiran bisa diambil ga?

    BalasHapus
  168. Mba ..klo ga pkai cover buku tabungan bisa ga? Soalnya buku tabungan saya hilang.. Tapi saya hafal nomor rekening saya

    BalasHapus
  169. Mas mau tanya kalau e-KTP saya sudah habis masa berlakunya apakah bisa untuk mengurus pencairan JHT?. Karena di e-KTP saya msh tercantum masa berlaku kartu bukan yg keluaran terbaru yg masa berlakunya sudah seumur hidup.

    BalasHapus
  170. saya sudah mncoba mncairkanny , sya sdah melewati tahap pengantrian dn bahkan sya udh thap pengecekan k aslian smua persyarattanny , vi packlaring sya beda dngan tgl aktif non aktifny d kartu pesertany , apakah sya harus ikut antri lgi atau sya lngsng masuk lg dn lgsg cek k aslianny , mhon bantuan jwbanny , makasih

    BalasHapus
  171. Saya arya kartawan swasta. Kartu jamsostek saya di jaminkan untuk pinjaman mandiri. Dan sekarang saya sudah tidak lagi bekerja. Apakah saya bisa mencairkan jamsostek saya

    BalasHapus
  172. Mas,kalau secara data alamat ktp dan kk sya sama tp saya blm ganti ktp saya mnjadi nikah dan alamat sesuai kk, itu masalah ga ya,

    BalasHapus
  173. Saya mau tanya ni, saya menggunakan aplikasi BPJSTKU. sebelum saya mengajukan pencairan SALDO BPJS KETENAGAKERJAAN ke kantor BPJS terdekat, saya masih bisa mengecek saldo saya di aplikasi BPJSTKU. Tpi setelah saya mengajukan pencairan saldo, 1 hari setelah itu, saya masih dapat mengecek saldo di aplikasi, tpi hari ke 2 saya cek di aplikasi tampilan yang keluar hanya tulisan Not Found dan Tulisan saldo JHT tidak tersedia karena hanya mengikuti program JKK dan JKM. Ini maksudnya apa ya?

    BalasHapus