Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Mitos Aneh di Masa Kecil

Beberapa Mitos Aneh di Masa Kecil


1. Makan harus dihabisin.

Kalau tidak dihabisin nanti ayamnya mati. Pernah diginiin tidak waktu kecil? Saya sering banget! Dan sampai hari ini saya masih gagal paham apa kaitannya antara tidak ngabisin makan dengan kematian ayam. Apakah antara ayam dan anak-anak punya ikatan batin yang sangat kuat, sehingga saat si anak tidak bisa menghabiskan nasi di piring, sang ayam merasa sedih luar biasa lalu mati. Entahlah, silahkan bertanya pada rumput tetangga yang lebih hijau.

2. Tidak boleh makan brutu ayam.

Iya 'brutu' kalau dalam bahasa Ostrali, entah dalam bahasa Indonesia apa namanya. Yang jelas dulu kalau di rumah ada tragedi pembantaian ayam, yang mana itu terjadi paling-paling setahun cuma beberapa kali: pas ada kenduri atau lebaran. Maklum aja jaman purbakala orang melihara ayam lebih banyak untuk dijual di pasar, ketimbang untuk perbaikan gizi anak-anaknya. Sekalinya nyembelih, ayam yang sakit atau ayam sekarat abis ketabrak mobil lewat.

Nah, saat kebetulan ada moment nyembelih ayam seperti itu, saya tidak boleh makan brutu sama orang tua-tua di rumah. "Juki kowe bocah cilik jangan makan brutu, nanti pikunan! Kamu bagian ceker aja, biar besok kalo gede pinter ngais rejeki.."
Saya nurut. Makan ceker yang 95% isinya cuma tulang belulang. Brutu yang pasti lembut, gurih, lezat dan nikmat itu saya abaikan, takut nanti saya jadi pikunan alias pelupa.

Dan kayaknya sikap saya yang tidak pernah makan brutu waktu kecil itu cukup terbukti, saya tumbuh menjadi manusia ganteng yang tidak pelupa, bahkan untuk ngelupain mantan saja susah! Wekawekaweka.

Baca Juga: (Yang Dilakuan Pecandu Rokok Ketika Kehabisan Rokok)

3. Ngantongin batu untuk nahan boker.

Nah ini yang saya lebih ga ngerti gimana ngejelasinnya secara ilmiah, saya bukan ahli bokeromia. Tapi beneran dulu waktu masih esde saya pernah beberapa kali praktek. Saat sibuk, trus keinginan BAB tiba-tiba mendesak, trus males ngakus, saya masukin aja kerikil ke saku celana. Ajaib! Hasrat boker pelan-pelan sirna. Kok bisa yah?

4. Nyapu harus bersih.

Ini untuk anak kecil perempuan. Nyapu harus bersih, berani tidak bersih konsekuensinya kelak pas merit dapat suami brewokan. Anak-anak dulu percaya aja. Kalo nyapu hasilnya selalu bersih berkilau kayak habis di super pel. Biar ntar dapat suami berwajah mulus tanpa bulu. Tidak peduli walo akhirnya pabrik Gillete Goal bangkrut!

Tapi di jaman internet sekarang ini, pemahaman itu udah tidak ngefek. Tidak usah jauh-jauh, keponakan saya yang kelas satu esempe, dibilangin gitu sama neneknya, dengan santainya jawab: "Ciyus Mbah bisa dapet suami brewok?! Wah kalo gitu saya nyapunya ga usah bersih-bersih aja, biar nanti dapet suami brewokan kayak Fachri Albar atau Ridho Roma. Pria brewokan itu idaman gue banget tau ga sih Mbah?! Untuk geli-gelian, hahaha.."

Dasar! Keponakan salah gaul!

Gimana? Pernah ngalamin? Sebenarnya masih banyak sih yang lain tapi ntar aja di lain kesempatan dibahas again.

Bagi saya, semua itu cuma mitos masa kecil, tapi saya percaya mitos-mitos tersebut sengaja dipopulerkan demi kebaikan.

Artikel Seru Lainnya: (Artikel Lucu: Dampak Negatif Sepeda Motor)

4 komentar untuk "Beberapa Mitos Aneh di Masa Kecil"

  1. hehe betul tuh...dulu waktu kecil kalau makanan tidak habis ditakut2i ayamnya bakalan mati...padahal sy g punya ayam...wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Kalo gak habis di kasih ayam sampe ayamnya mati kekenyangan..

    Kalo gak boleh makan brutu mah soalnya orang tua juga sukanya brutu :p

    Gitu dulu percaya aja, heran hahaha

    BalasHapus
  3. bener tuh kalo mw boker harus ngantongin batu pasti g keluar deh... batunya

    BalasHapus
  4. Nyapu harus bersih, gunting kuku g bole malem-malem, mr gepeng. Wah banyak deh! Hahaha.

    Ni ada tambahan juga :D
    https://shopsmart.co.id/shopping-guide/mitos-zaman-sd-yang-viral-tanpa-perlu-internet/

    BalasHapus