Minggu, 06 Desember 2015

Something To Share

Something To Share

Ada seorang gadis menyewa rumah di pinggiran kota. Di sebelahnya, ada rumah sepasang suami istri dengan seorang anak perempuan berumur sekitar 5 tahun. Di mata gadis itu, keluarga tersebut kehidupannya begitu miskin, terlihat dari pakaian yang mereka kenakan sudah usang termakan waktu.

Malam pertama si gadis menempati rumah itu, lampu tiba-tiba mati. Dengan bantuan cahaya handphone ia ke dapur mau mencari lilin. Tiba-tiba ada yang mengetuk pintu, ternyata anak miskin sebelah rumah.

Dari balik pintu, anak itu bertanya dengan risau, "Kakak ada lilin tidak?"

Gadis itu berpikir, baru aja datang udah mau diminta-minta. Jangan dikasih, nanti jadi kebiasaan! Maka si gadis berteriak, "Tidak ada, Dek! Maaf."

Ketika itulah si anak miskin berkata riang, "Kakak baru pindah sih. Saya sudah menduga Kakak tidak punya lilin. Ini ada dua lilin saya bawakan untuk Kakak. Kami kuatir karena kakak tinggal sendirian dan tidak ada lilin."

Seketika, si gadis merasa begitu bersalah. Dalam linangan airmata, dia membuka pintu lalu memeluk anak kecil itu erat-erat.


Pesan Moral: Janganlah mudah berprasangka dengan penampilan luar seseorang.

Not he who has much is rich, but he who gives much. Orang kaya yang sebenarnya bukanlah mereka yang kaya atau memiliki banyak harta benda. Orang yang kaya yang sejati adalah mereka yang bisa memberi banyak ke sekitarnya. - Erich Fromm

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon