Cara Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek 2016

Cara Mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek 2016
Sebenarnya tidak ada cara terbaru mencairkan saldo JHT (Jaminan Hari Tua) di tahun 2016 ini. Caranya masih sama dengan tahun kemarin sejak dikeluarkannya Peraturan Pemerintah no 46 yang resmi berlaku mulai 1 September 2015 dulu.

Terima Kasih BPJS Ketenagakerjaan

Setidaknya hingga saya menulis artikel ini, tidak ada juga peraturan terbaru tentang tata cara klaim JHT di tahun 2016. Peraturan 1 September 2015 kemarin sudah final dan sepertinya tidak akan ada lagi perubahan atau revisi peraturan lagi dalam waktu dekat ini.


Syarat-syarat mengambil uang JHT pada tahun 2016 juga tidak ada perubahan. Bagi yang ingin mencairkan seluruh saldo JHT, syaratnya harus sudah resign atau berhenti bekerja minimal 1 bulan. Bagi karyawan yang masih aktif bekerja juga boleh klaim JHT, syaratnya harus sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan paling tidak 10 tahun, tapi saldo JHT yang bisa diambil hanya 10% jika untuk persiapan pensiun, atau boleh 30% jika untuk biaya perumahan.

Untuk suasana antriannya, dari informasi yang peroleh dari teman saya yang bekerja di kantor BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru, juga masih sama padatnya dengan tahun 2015 kemarin. Walaupun sudah seramai dulu pasca baru saja diumumkannya peraturan baru 1 September 2015.

Berkas-berkas yang harus dibawa juga masih sama. Untuk peserta BPJS TK yang sudah tidak bekerja minimal sebulan, berkas-berkasnya adalah seperti berikut ini:

1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Asli.
2. Surat pengunduran diri (Paklaring) Asli dan Fotokopi.
3. KTP atau SIM yang masih berlaku, Asli dan Fotokopi.
4. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi.
5. Buku Tabungan Asli dan Fotokopi.

Untuk peserta yang berhenti bekerja setelah 1 September 2015, selain 5 dokumen di atas, wajib membawa tambahan dokumen lagi. Yaitu:

1. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah:

Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

2. Sementara jika berhenti kerja karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dokumen tambahannya adalah:

Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)


Demikian artikel singkat saya hari ini. Semoga membantu. Lebih kurang saya minta maaf. ^^

ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

249 comments:

  1. Jht,bpjs apakah bisa di ambil di daerah yang berbeda,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Kak Nelly. Sistemnya sudah online seluruh Indonesia. :)

      Delete
    2. Untuk syarat PHI tersebut resign seblum tgl 1 september 2015 ya?
      Sya resign bln juni 2015, surat keterangan juga mengatakan masa kerja sampai bulan juni 2015 tetapi tanda tangan pejabat HRD pusat pada tanggal 10 oktober 2015 tertera pada surat keterangan kerja,sperti itu apakah harus pake PHI mas?
      Trims

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. apakah bpjs JHT bisa di ambil dari daerah yang berbeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Alvian. JHT bisa diklaim di kantor terdekat dengan daerah domisili...

      Delete
    2. Mas mau tanya apa cairin bpjs seakarang harus pakai elektrik ktp? Mohon di jawab mas

      Delete
    3. Mas mau tanya apa cairin bpjs seakarang harus pakai elektrik ktp? Mohon di jawab mas

      Delete
    4. Mas mau tanya apa cairin bpjs seakarang harus pakai elektrik ktp? Mohon di jawab mas

      Delete
  3. Mas mau tanya, kalo saya dulu bekerja di jakarta barat kemudian mau ambil JHT di bekasi bisa apa tidak ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Gan. Asal persyaratan lengkap dan terpenuhi, JHT bisa diambil di mana saja di kantor terdekat..

      Delete
  4. Replies
    1. Diambil saja, Mas. Sayang kan. Lumayan buat nambah-nambah isi dompet...

      Delete
  5. gimana kalo copy an surat pengunduran dirinya udah ga ada mas?? apa pakai surat referensi kerja bisa? kalo ga bisa rugi donk saya wlpn gak banyak duitnya. hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta lagi saja, Mas. Emang gitu syaratnya, wajib menyertakan yang asli...

      Delete
  6. bagaimana kalau karyawan outsourcing yang habis kontraknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja. Bisa diklaim setelah sebulan habis kontrak kerja..

      Delete
    2. Apa perlu dokumen tambahan PHI juga untuk karyawan outsourcing yg hbs kontrak ? Trims

      Delete
  7. mas bisa ga daftar online untuk pengajuan pencairan saldo jht

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa, Mas. Masuk saja ke website BPJS Ketenagakerjaan...

      Delete
  8. syarat ya dh lengkap cma apa perlu qta ke dinas ketenaga kerja nta surat pengunduran dri ... pnya istri saya dh 5TAHUN JMSOSTEK tp dah risent tolong di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resignnya kapan, Mas. Kalau sebelum 1 September 2015, tidak perlu ke dinas ketegakerjaan.

      Delete
    2. Saya Resign 2013, berarti ga perlu ke dinas ketenagakerjaan ya?
      syaratnya tetep ini kan?
      1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Asli.
      2. Surat pengunduran diri (Paklaring) Asli dan Fotokopi.
      3. KTP atau SIM yang masih berlaku, Asli dan Fotokopi.
      4. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi.
      5. Buku Tabungan Asli dan Fotokopi.

      Delete
  9. Apakah masa kepesertaan jamsostek di bawah 5thn, bisa dicairkan juga klo kena phk sebelum 1 sept 2015?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, Mas. Sudah saya tulis banyak di artikel-artikel lain. Silakan dibaca-baca saja...

      Delete
    2. berdasarkan pengalaman saya di tahun 2014, waktu itu saya dah jd peserta jamsostek selama 4tahun 7bulan, dah resign dr tmpt kerja. waktu mau ngambil JHT ternyata gak bisa, kata pihak BPJS nya hrs nunggu 5 thn 1 bulan dulu baru bisa diambil. lokasi BPJS bandung jl.suci. tp entahlah kalau beda tmpt & di thn 2016 ini mungkin bisa diambil

      Delete
  10. maaf mau tanya? kemaren saya mau mencairkan jamsostek katanya harus nunggu sampai bulan mei.apakah benar itu.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, Mas. Tergantung antrian di kantor BPJS TK tempat Mas mau mencairkan JHT. Mungkin antrian sampai bulan April sudah terisi. Coba cari kantor cabang yang lain...

      Delete
  11. Mas mau minta solusi. Kok saya coba cek saldo BPJS Ketenagakerjaan gk pernah bisa dan nelpon Kantor BPJSnya jg tidak pernah diangkat. Saya berhenti kerja karena habis kontrak th 2013 dan sekarang saya Mahasiswa semester 6. Bagaimana cara mencairkannya? Sedangkan untuk paklaring atau sejenisnya saya sudah lupa. KK pun ada dirumah sedangkan saya kuliah di daerah lain. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat-syarat berikut ini harus ada:

      1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Asli.
      2. Surat pengunduran diri (Paklaring) Asli dan Fotokopi.
      3. KTP atau SIM yang masih berlaku, Asli dan Fotokopi.
      4. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi.

      Kurang salah satu saja pengajuan klaim akan ditolak, jadi dilengkapi dulu, Mas. Urus kembali ke perusahaan yang bersangkutan...

      Delete
    2. Pake domisili tidak min kalo ktp daerah?

      Delete
    3. Pake domisili tidak min kalo ktp daerah?

      Delete
  12. Kalo baru kerja 1thn bisa d ambil g yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting segala persyaratan lengkap, walau cuma setahun bekerja, JHT bisa diambil, Mas.

      Delete
  13. Sy Udah Bkrja 3th diperusahaan,tp karena ada mslh dgn hrd.sy berhenti/kluar pas masa hbis kontrak sndiri.tp tanpa mmberikan surat pengunduran diri.jd inti pertanyaan saya mas/mba:bs ga sya klaim tnpa paklaring?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JHT tidak bisa diklaim tanpa Paklaring, Mas. Jadi solusinya adalah memintanya kepada perusahaan. Ada masalah apapun, perusahaan wajib memberikan surat keterangan berhenti bekerja, guna pengurusan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

      Delete
  14. Mau tanya kalo saya tidak ada surat pengunduran diri dari perusahaan yg telah dilaporkan kedinas ketenagakerjaan setempat tp punya paklaring yg foto copynya sudah dilegalisir oleh depnaker bisa ga ambil jht...apa itu semua berlaku juga kantor jamsostek pusat gatot subroto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau resign kerjanya setelah 1 September 2015 memang wajib menyertakan Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Dan itu berlaku di semua kantor BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia.

      Delete
  15. Maaf ni mas mau tanya,istri sya kan dah di off blan februari kmren,nah pas dia mau ngambil jht.a malah di suruh plang lagi padahal istri sya dah bawa persyaratannya dgan komplit,nah gmna cara mencairkan dana tsb melalui online,soalnya blum ngerti2 banget???
    Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melalui online ribet mas. Pas proses upload dan simpan data nya. Eror trus ga ada respon. Sama gagal menyimpan data trus

      Delete
    2. Alasan disuruh pulang itu apa, Mas?

      Delete
  16. Kalo yang habis kontral paklaring nya harus d legalisir ke disnaker ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Harus membawa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

      Delete
  17. Slmt siang mas arizuna zukirama sy mau tanya untuk pncairan jamsostek tk sy sudah lngkap prsyaratan nya , sy risaint bln maret 2016 :
    1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Asli.
    2. Surat pengunduran diri (Paklaring) Asli dan Fotokopi.
    3. KTP atau SIM yang masih berlaku, Asli dan Fotokopi.
    4. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi.
    apakah hrs ke kntor depnaker jg mas.
    dan apa aja yg hrs dilegalisir disana atau apa aja prsyaratanya yg dibawa?
    trma kasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah hampir lengkap itu, Mas. Tinggal kurang Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Coba tanyakan ke perusahaan mengenai itu...

      Delete
    2. contoh Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan

      Delete
  18. selamet siang mas, saya mau tanya tentang pencairan jamsostek, saya kluar dri perusaan tgl 15 oktober, lalu sya mengajuin k bpjs tg 16 oktober sudh kasih folmulir di kasih cp untuk pencairan tgl 1 april 2016 , sya mau tanya apakah bener harus ada surat dari depnaker? mohon jawaban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah:

      Jika berhenti bekerja setelah 1 september 2015, wajib membawa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Ingat bukan surat dari depnaker, tapi dari perusahaan yang dilaporkan ke depnaker. Fotocopynya saja...

      Delete
  19. Saya udah ke kantor bpjs, saya udah di foto pihak bpjs.lalu tunggu sampai jm 5 sore paling cepat di tranper ke rek.mandiri saya.kenapa blum juga masuk ke rekening saya. Mohon di di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi kantor BPJS TK tempat Mas Azis mengurus klaim JHT kemarin. Biasanya uang berhasil tertransfer paling telat 10 hari. :)

      Delete
  20. Kenapa blum di transper juga yah ke rekening saya yah. Padahal saya sudah di foto.berkas sudah ok. Mohon di jelas kn mba.

    ReplyDelete
  21. mas tolomg donk contoh Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.
    terima kasih

    ReplyDelete
  22. Mau nanya saya keluar dari perusahaan tahu 2013
    Apa masih berlaku kartu nya untuk di pakai ke perusahaan lain?soalnya saya baru dapat kerja tahun 2016.
    Mohon informasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berlaku dalam hal apa maksudnya? Yang pasti saldo di kartu lama tersebut tidak akan hilang, Mas. Justru makin bertambah dari pengembangan bunganya. Nanti jika syarat-syarat sudah terpenuhi saldonya bisa dicairkan...

      Delete
  23. sy ada contoh srt dr persh ke depnaker tembusan bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, bisa minta tolong kirimin contoh surat nya ke email aria.pransetiyo5@gmail.com.,
      atau minta link contoh suratnya klo ada.
      terima kasih

      Delete
    2. mas bisa minta contoh surat nya, minta d kirim ke email : davinfirdaus@ymail.com. mksih mas sebelum nya :)

      Delete
    3. Mas boleh minta contoh suratnya juga ga? Kalo boleh Email ke @rcnunk4tomorrow@gmail.com

      Delete
    4. mas boleh minta contoh suratnya juga ga? Kalo boleh email ke mbethikarsava@gmail.com...terimakasih

      Delete
    5. Maaf mas bisa dikirim contoh suratnya ke email saya sitiuma403@yahoo.co.id trimakasih sebelumnya

      Delete
  24. Mau tanya mas,kemaren saya udah habis kontrak dan udah punya plakaring,dan udah minta ligalisir di disnaker,tpi saya blum di kasih kartu bpjs dari pt..tpi saya dikasih formulir belum punya kartu bpjs..apa bisa diambil tanpa kartu bpjs?

    ReplyDelete
  25. Mas, saya abis kontrak bulan maret kemaren. Apakah itu termasuk phk?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  26. maaf mas mau nanya ini untuk peryraratan upload data vie e-klaim yg di maksud buku tabungan itu apa yah?buku tabungan biasa apa apa taaungan saldo jamsostek

    ReplyDelete
  27. mas mav saya mau nanya kalau paklaring ajj bisa gak tanpa surat tembusan dari disnaker .....
    soalnya saya cuma dapat paklaring ajj dari perusahan saya

    ReplyDelete
  28. MW tyk,klo kartunya hilang gmn mas?

    ReplyDelete
  29. Mas mau tanya, kolom upah terahir itu di isi gaji terahir setelah resign ya ?

    ReplyDelete
  30. Mas, kalo ktp & kk Gɑ̤̈ ada yg asli gmana? Karna sya pindah ke daerah lain & bln jadi ktpnya . Bisa Gɑ̤̈ pake ktp fotokopi yg lama ?

    ReplyDelete
  31. Siang mas saya mau tanya saya baru kerja selama 2 th setengah rencana besok mau risign apa bisa saya mencairkan dana jamsostek yg baru berumur 2 th setengah,makasih

    ReplyDelete
  32. Mas mau tanya saya udah 2 bulan tidak bekerja karna habis kontrak, dan saya pun blm bekerja lg tp kartu bpjs tenaga kerja masih aktip sampai sekarang apa saya bisa tetep mencairkan bpjs saya yg masih aktip
    Sebelum nya Makasih mas

    ReplyDelete
  33. klau yang abis kontrak gimna gan ?
    info di atas kan yang mengundurkan diri sama kena phk

    ReplyDelete
  34. Saya juga mau mencairkan tetapi KK yg asli udh di robak saya cuma punya foto copy KK yg lama bisa gak om klo pake Foto copy kknya.

    ReplyDelete
  35. Mas kalau minta koreksi data itu harus ke perusahaan atau ke kantor bpjs nya ?

    ReplyDelete
  36. Maaf yg ada contoh surat pengunduran diri dari perusahaan ke dinas ketenagakerjaan bisa tolong di email ke faridmohamad706@gmail.com

    ReplyDelete
  37. Mas, paklaring memang harus di stempel disnaker?

    ReplyDelete
  38. Mas,

    Untuk ktpnya apakah harus e-ktp atau ktp biasa bisa?

    Thanks

    ReplyDelete
  39. pertanyaan pertama : kl perusahaan yg sudah terdaftar di jamsostek...lalu masuk ke bpjs ketenagakerjaan perusahaan...apakah pembayaran harus double ? bayar jamsostek iya bayar bpjs juga iya..., sedangakan anak perusahaan yg satu lagi,kok bpjsnya sudah mengcover JHT,JKK,dan JKM ( sblmnya blm terdaftar di jamsostek )?
    fungsi dari keduanya ( jamsostek dan bpjs ) itu sama apa tidak ?
    pertanyaan yg kedua : kl jamsostek yg mencakup JHT,JKK, JKM di nonaktifkan bisa gak ? jd bayar yg bpjsnya saja gtu...?
    mohon solusinya ya yg punya info.
    Trims

    ReplyDelete
  40. Mas mau namya kemarin akhir april urus klaim dan berhasil tapi blum cair ... apa gara2 akhir bulan ya closing .. soalnya yg pertama urus hari selasa senin depannya cair...

    ReplyDelete
  41. Mas mau tanya jika saya berhenti kerjanya sebelum 1 september 2015 apa perlu menggunakan. Surat dari depnaker. Trima kasih

    ReplyDelete
  42. Mas mau tanya jika saya berhenti kerjanya sebelum 1 september 2015 apa perlu menggunakan. Surat dari depnaker. Trima kasih

    ReplyDelete
  43. Mas mau tanya jika saya berhenti kerjanya sebelum 1 september 2015 apa perlu menggunakan. Surat dari depnaker. Trima kasih

    ReplyDelete
  44. Mas mau tanya jika saya berhenti kerjanya sebelum 1 september 2015 apa perlu menggunakan. Surat dari depnaker. Trima kasih

    ReplyDelete
  45. Mau tanya donk saya mau mencairkan jht..tp katannya mesti pke e ktp..bisa tidak di ganti pke sim..soalnya ktp saya masih biasa bukan e ktp

    ReplyDelete
  46. Mas, info dong. Saya tinggal di Jakarta ikut KK Saudara. Setelah resign, saya akan segera balik ke daerah saya. Sedangkan saya belum ada satu bulan setelah resign. Apakah ini bisa dicairkan di daerah saya dengan menggunakan photo copy KK? Karena saya tidak mungkin membawa KK asli saudara saya. Kebetulan mas daerah saya lumayan jauh di pulau seberang,..
    Mohon info yaa..

    ReplyDelete
  47. gan tadi saya baru aja dari bpjs ketenga kerjaan , saya bukan kena phk , mengundurkan diri , tapi habis kontrak
    tapi kenapa harus pake surat laporan ke disnaker , dari info yang saya baca dari tulisan agan tidak perlu ?
    mohon penjelasanya gan

    ReplyDelete
  48. pertanyaan sy cuma 1: sebenarnya siapa yg harus minta ttd dan stempel disnaker setempat? hrd perusahaan atw kita sendiri?

    karna saya dengar pengumuman dari petugas BPJS bahwa pihak perusahaan yg minta ttd dan stempel disnaker bukan kita sendiri
    tapi kata hrd perusahaan harus saya sendiri yg datang ke disnaker dan minta ttd dan stempelnya.

    mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg br resign,,bener mas kita sendiri yg minta ttd dan stempelny,bukan hrd tau perusahan...semoga membatu comment saya..

      Delete
  49. MAS MAU TANYA DI ATAS INFORMASINYA UNTUK ( PESERTA YG BERHENTI BEKERJA SETELAH 1 SEPTEMBER 2015 WAJIB MEMBAWA TAMBAHAN DOKUMEN SEPERTI DI ATAS. BERARTI UNTUK PESERTA YG BERHENTI BEKERJA DI ATAS TAHUN 2014 DOKUMEN TAMBAHAN TERSEBUT TIDAK PERLU DONG YA?PLEASE SHARE INFO .THX

    ReplyDelete
  50. pencairan nya bisa di wakilkan gk ya ?

    ReplyDelete
  51. untuk karyawan yang habis kontrak alasan klaimnya apa ya.. pengunduran diri atau PHK?
    mohon penjelasannya ya mas..
    trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengunduran diri sis ,sakit syaraf kepit sudah 3 bln jadi tidak bisa jalan .. bisa kah alasan itu untuk diwakil kan

      Delete
  52. Saya juga mau resign, dan berencana mencairkan BPJS JHT, tapi bagaimana kita bisa kasih surat resign yang asli, kan yang asli dikasih ke user?

    ReplyDelete
  53. Memasukkan syarat 2 lengkap tersebut bisa diwakilkan? Pencairan dananya itu tunai atau ditransfer ke rekening? Kalau tunai, apakah bisa diwakilkan? Mohon pencerahannya?
    Terima kasih :-)

    ReplyDelete
  54. Ass mas sya pny kartu jamsostek 3.
    2 krtu udh ga aktif
    1 kartu msih aktif
    Sy mau nanya yg 2 kartu jamaostek yg udh ga aktif bisa di cairkan ga?mohon solusiny

    ReplyDelete
  55. Ass mas sya pny kartu jamsostek 3.
    2 krtu udh ga aktif
    1 kartu msih aktif
    Sy mau nanya yg 2 kartu jamaostek yg udh ga aktif bisa di cairkan ga?mohon solusiny

    ReplyDelete
  56. Akhir april saya di PHK sepihak oleh perusahaan tanpa izin dari PHI, dan saat ini masih proses mediasi di disnaker, apakah surat PHK dari perushaan tsb bisa di gunakan untuk klaim JHT? mohon info nya

    ReplyDelete
  57. Akhir april saya di PHK sepihak oleh perusahaan tanpa izin dari PHI, dan saat ini masih proses mediasi di disnaker, apakah surat PHK dari perushaan tsb bisa di gunakan untuk klaim JHT? mohon info nya

    ReplyDelete
  58. Permisi saya mau tanya kalo misalnya saya sekarang masih terikat kerja namun karna suatu alasan saya berhenti secara tidak resmi. Apakah bpjs saya selama 3 tahun belakang bisa di ambil?? Terima kasih

    ReplyDelete
  59. kalau BPJS JKN apa mas? .masih bingung saya

    ReplyDelete
  60. Mas saya mau tanya ne, kalau kita mencairkan jamsostek tapi syarat pengunduran diri ny ngk ada, bisa ngk mas, soal ny orng tua saya udh la tidak berkerja di PT tersebut, kira" 8thun.
    Dan rencana ny saya sebagai anak ny yg mau mencairkan, bsa kan mas??

    ReplyDelete
  61. mas kalo punya jmsostek 2 bgmn ya,?sy cek saldo pke aplksi bpjs jht duaduanya ada saldoya..trus kl mw d ambil duaduanxa apa bisa??jamsostek ada 2 krtu pd perusahaan yg sama,,

    ReplyDelete
  62. kalau masalah saya begini,sampai saat ini saya belum berhasil mencairkan uang JHT. saya sudah berhenti bekerja februari 2015,dan sekarang usaha sendiri. terakhir Perusahaan baru membayar di bulan januari 2015, dan sampai saat ini nunggak hingga juni 2016. semua karyawan lain juga belum dibayarkan.Dan Tidak ada tanda tanda perusahaan akan menyelesaikan kewajiban nya, karena perusahaan juga sedang jatuh. jadi solusi permasalahan ini bagaimana. saya sudah mengadu ke disnaker dan bpjs ketenagakerjaan tapi belum ada tindkan tegas.

    ReplyDelete
  63. Setelah berjibaku di kantor bpjs sampainya diakhir ada peraturan baru yg bikin gelitik.ada pembayaran sebesar 50.400 dengan alasan itu untuk perlindungan diri selama 3 bln kalaupun kita sudah bekerja lagi.hla yg jd pertanyaan itu iuran wajib atau tidak.kalaupun kita dlm wkt blm 3bln sudah bekerja lg dan tempat kerja kita sudah ada fasilitas bpjs tenagakerja kemana larinya uang itu.

    ReplyDelete
  64. mencairkan bpjs ketenagakerjaan dimana mas?? lokasi saya di jakarta timur, tq admin.

    ReplyDelete
  65. Pagi bro, punya contoh surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan ke Dinas Ketenagakerjaan tembusan BPJS Ketenagakerjaan.?
    Perusahaan saya baru jadi tidak tahu formatnya seperti apa
    Tks

    ReplyDelete
  66. halo, saya berhenti karena resign, tapi saya tidak ada dokumen surat pengunduran diri yg dilaporkan ke dinas ketenagakerjaan setempat ne.. apakah hal itu akan menghambat ya? tapi hanya dokumen paklaring nya saya punya.. terima kasih..

    ReplyDelete
  67. halo, saya berhenti karena resign, tapi saya tidak ada dokumen surat pengunduran diri yg dilaporkan ke dinas ketenagakerjaan setempat ne.. apakah hal itu akan menghambat ya? tapi hanya dokumen paklaring nya saya punya.. terima kasih..

    ReplyDelete
  68. Wah infonya sangat bermanfaat gan , makasih ya :)

    kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, bisa hub kami di 082150065758 atau pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  69. Kan saya dah keluar kerja ni bos seandai kk gak ada gimana boss kk saya ada di kampung

    ReplyDelete
  70. Saya akhir februari 2016 diphk perusahaan krn efisiensi, apakah butuh surat dr PHI mengingat sy menerima dgn baik proses PHK tersebut?

    ReplyDelete
  71. Berhenti keja sblm aturan ini ada apakah bisa dicairkan sekalipun saat ini sy msh bekerja diperusahaan lain, kr sy merasa dirugikan dana yg ada tdk ada pengembangan...tks

    ReplyDelete
  72. Tanya donk, saya kan ada kartu Jamsostek kantor lama dengan stasus PESERTA NON AKTIV dan resign di bulan APril 2015.
    Saat ini saya masuk di perusahaan baru, dan dapet kartu dengan no KPJ yang berbeda dan sudah BPJS Ketenagakerjaan.
    E-KTP & KK sudah pindah ke bogor .

    Apakah Jamsostek saya yang sudah NON AKTIV bisa di cairkan walaupun saya statusnya masih bekerja?


    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya....ga ada yang jawab :(

      Delete
    2. Tidak bisa, Mas. Justru saldo di kartu yang lama harus digabung ke yang baru...

      Delete
  73. Tanya donk..udh hampir 3 minggu uang jht bpjs aq qo lum cair ya katanya mau di transfer..waktu itu aq emang ada kendala atm aq di blokir..mhon solusinya

    ReplyDelete
  74. Tanya donk..udh hampir 3 minggu uang jht bpjs aq qo lum cair ya katanya mau di transfer..waktu itu aq emang ada kendala atm aq di blokir..mhon solusinya

    ReplyDelete
  75. Kira2 surat keterangan ke dinas tenaga kerja yg diminta asli ato copynya yaa?

    ReplyDelete
  76. Halo,
    Aku coba share ya pengalaman mencairkan 2 kartu bpjs via e-klaim. Jadi aku punya 2 kartu dimana kartu pertama itu resign 2007 Dan kartu kedua itu 2016 ini.

    Aku pakai HP android Dan aplikasi cam scanner ( klo pake kamera ponsel, sizenya besar bgt).

    Caranya:
    1. Siapkan dulu utk di foto by aplikasi cam scanner (yang asli ya):
    KTP, kartu bpjs, kartu keluarga, halaman pertama buku tabungan, surat pengalaman kerja \ Surat keterangan kerja.
    2. Habis itu registrasi di webnya terus ikutin aja langkah2nya. Dan pilihlah e-klaim.

    Note:
    1. Cabang yg kupilih itu "jakarta sudirman (mayapada tower), rumah aku di Bekasi (serius jgn pilih cabang Bekasi Kota ya)
    2. Ktp aku itu yg biasa juga bisa, gak harus e-ktp.
    3. Antara nama kalian, nomor KTP, nama IBU kandung, alamat, nomor bpjs DLL antara dokumen2 diatas harus sama ya
    4. Jika kalian resign sebelum peraturan 1 Sep 2015 itu, kalian bisa ko hanya melampirkan Surat pengalaman kerja aja seperti kartu bpjs pertama aku yang resign per 2007.
    5. Jika kalian resign setelah 1 Sep 2015, ada baiknya minta Surat Keterangan Kerja (yg ditujukan ke Disnaker dgn tembusan Bpjs cabang) dan Surat Pengalaman Kerja=Surat Referensi Kerja.
    Waktu saya mencairkan kartu pertama, iseng2 saya Tanya mba csonya yg cantik ttg bener ga sih kita harus legalisir ke disnaker. Menurut mba CSO, sebenernya Surat Keterangan Kerja itu gak usah di legalisir, Karena itu adalah tanggung jawab laporan perush kpd disnaker.

    So berbekal itu akhirnya saya coba cairkan kartu kedua bpjs saya.
    Sebenernya kartu kedua adlh kartu
    Yg pertama Kali saya cairkan by e-klaim ke cabang Bekasi Kota (sebelah rsud) cuma sampe sebulan e-klaim saya gak diterima. Katanya sih klo kita udh klaim, gak boleh klaim yg kedua Kali. Iseng lagi, saya klaim kartu kedua utk kedua kalinya (tetep di cabang jkt sudirman) Dan DITOLAK (konfrms email). Karena attachment di bagian Surat keterangan Kerja ya cuma itu yg saya foto, ternyata ketika saya telp, mereka bilang foto antara Surat Keterangan Kerja + Surat Pengalaman Kerja itu jadi satu frame. Dan saya coba lagi utk e-klaim, akhirnya bisa.

    Lama pencairan Dana itu sih rata2 2 minggu.


    Okeh sekian sharing saya, maaf ya klo kepanjangangan.
    Kalau mau Tanya aku silahkan. Hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori Lupa nambahin, disnaker yg dimaksud adlh disnaker daerah perush kalian bukan disnaker daerah rumah.
      Jadi kalau Kantor kalian du JakTim dan rumah di Bekasi, maka harus ke Disnaker JakTim ya.
      Pengalaman krn di Surat Keterangan Kerja aku ditulis sama pihak Kantor adlh disnaker Bekasi, pas aku ke Disnaker Bekasi ternyata hrs ke Disnaker daerah perush.

      Delete
  77. Pake buku tabungan terserah ya gan?

    ReplyDelete
  78. Mau tanya nih suhu.. Untuk KTP bisa atau tidak di gantikan dengan Surat Kuasa dari kecamatan yg menerangkan bahwa KTP yg baru sedang dalam proses, dan di perkuat oleh Keterangan Domisili dengan No. NIK sesuai dengan Kartu Keluarga yg asli.. Please pencerahannya..

    ReplyDelete
  79. Mau tanya nih suhu.. Untuk KTP bisa atau tidak di gantikan dengan Surat Kuasa dari kecamatan yg menerangkan bahwa KTP yg baru sedang dalam proses, dan di perkuat oleh Keterangan Domisili dengan No. NIK sesuai dengan Kartu Keluarga yg asli.. Please pencerahannya..

    ReplyDelete
  80. mau nanya ni mas
    bpjs tk saya sudah mencapai 5th lebih 1bln,dari perusahaan sebelumny.tp sekarang saya sudah bekerja di perusahaan yang lain. apakah saya bisa mencairkan dana bpjstk saya yg sebelumny sampai 100%? trims...

    ReplyDelete
  81. Mas masih aktif gak?
    Mau nanya cara pengajuan ke dinas ketenagakerjaan untuk mengklaim bpjs ini bagaimana?
    Apa ada syarat2 atau prosedur2nya juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo aku coba bantu jawab ya. Utk legalisir disnaker cukup fotokopi 2 lembar surat Keterangan Kerjanya. Klo bisa sih bawa ftkpnya 5 (bwt cadangan) terus klo bisa juga nih Surat Keterangan Kerjanya bahasa Indonesia (aku pernah baca di blog orang lain, ada yg pake bhs inggris eh disurug ganti).
      Utk disnakernya itu daerah tempat perush ya bukan disnaker daerah tempat tinggal.

      Delete
  82. Mas, kl ga ad surat dari disnaker gmn?
    Kl balik lg mnt tlg ke perusahaan yg lama udh males deh.
    Tlg pencerahannya..

    ReplyDelete
  83. Mas mohon ijin bertanya..brp minggu/bln ya setelah regsin JHT bs saya claim.?
    Lalu Pada saat mendaftar bpjs diawal KTP saya sdh berubah nmrnya dgn yg skrg dan beda alamat .?
    Lalu mas saya daftar kemarin pakai KTP saya dan surat nikah aja gk pakai kk,dan saya sdh cerai sm istri mas..lalu apakah pencairannya nti bisa dgn KTP saya pribadi dan kk saya pribadi ya..mhn sudikiranya diberi arahan mas..semoga allah bls kebaikan mas.terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
  84. Saya sudah resign dari mei februari 2014 apakah masih bisa claik, terima kasih

    ReplyDelete
  85. Kalo surat pengundiri yg di sudah di laporkan perusahaan kita ke depnaker tidak di kasih perusahaan tuk di tembuskan ke bpjs ketenagakerjaan.. Bisa kita memintanya ke depnaker buktinya ato berupa memo???

    ReplyDelete
  86. mas sya dri bekasi skrng kokg bs y pke e-klaim hrus dftar dlu ...solusiny donk mas ke fb j inbok nh nmor fb sya 085776862964 tlo9ng y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya.

      Sekedar saran saya jgn eklaim ke cbg Bekasi Kota (sblh rsud). Punyaku sebulan gak di approve akhirnya Aku Coba ke cbg jkt sudirman (gedung mayapada tower).

      Klo mau eklaim, memang hrs register dulu di webnya.
      Cuma isi data diri, nmr bpjs, nama ibu kandung DLL.

      Klo mau Tanya lbh lanjut bisa ke email blueebell333@gmail.com

      Delete
  87. mf mas saya kn udh hbs kontrk di pt sbelumnya sejak akhir septmbr 2015 dan saya sudh bkerja lg di lain pt ..apa bisa saya mencairkn jht dr pt yg sebelumnya sedangkn saya msh bekerja.. ?? tp kartu bpjsnya jg beda lagi dr pt skrg.. trims

    ReplyDelete
  88. saya mau mencairkan JHT saya setelah habis kontrak Desember 2015 kmr. tapi yang diberikan oleh perusahaan hanya paklaring saja. saya tetap harus mintakan surat berhenti kerja tembusan ke disnaker ya? apakah perlu legalisir dari disnaker juga kah?

    ReplyDelete
  89. habis kontrak ya paklaring, cuma yg saya bingung e klaimnya kategori apa ? phk bukan habis kontrak gak ada...

    ReplyDelete
  90. Mas kalo yang habis kontrak, perlu ke disnaker dulu ga laporan ?? Apa langsung ke kantor bpjs dg membawa persyaratan.

    ReplyDelete
  91. Mas ane kan punya kartu jamsostek 2 yg pertama sudah keluar 3 tahun yg lalu dan yg kedua ane sekarang sudah tidak bekerja lagi karna habis kontrak 2 hari yg lalu 30juli2016
    Lah yg mau saya tanyakan apakah bisa saya ambil jamsostek saya yg pertama tadi itu mas?
    Apa saya harus tunggu 1 Bulan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Harus nunggu satu bulan dulu, nanti dua-duanya bisa dicairkan...

      Delete
  92. saya mau nanya kalo KK asli nya ga ada hanya ada fotocopy aja gimana tuh, karena saya numpang dikeluarga. dan keluarga saya pindah ke luar kota.
    mohon info selanjutnya.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KK yang asli harus ada, Gan. Tanpa itu klaim JHT akan ditolak...

      Delete
  93. Apakah bisa klaim bpjs,udah 5th.tp masih kerja.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang masih bekerja, klaim JHT bisa dilakukan jika sudah menjadi peserta BPJS TK paling tidak 10 tahun...

      Delete
  94. Kok sekarang ga bisa masuk link nya ya,malah yg keluar iklan bpjs mobile
    Padahal udah punya
    Gimana ya,mau cairin nii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kayaknya sudah bisa, Mbak. Silakan dicoba lagi...

      Delete
  95. Saya mau tanya mas...untuk pencairan jamsostek sekarang apa masih bisa di terima dengan cash atau system transfer....? Terima kasih

    ReplyDelete
  96. Saya mau tanya mas...untuk pencairan jamsostek sekarang apa masih bisa di terima dengan cash atau system transfer....? Terima kasih

    ReplyDelete
  97. Mas saya mau tanya kemaren saya sudah daftar e-klaim dan sudah ada balasan seperti ini "belum memenuhi persyaratan, karena KPJ BELUM DIPEROLEH KONFIRM KE PIHAK PT KOORDINASI DGN CAB KEPESERTAANNYA DI KELAPA GADING UNTUK MENDAPAT KARTU."
    Nah itu bagaimana ya mas apa saya harus nunggu? Atau saya datang langsung ke kantor cabang bpjsnya? , soalnya dari awal kerja saya tidak di berikan kartu jamsosteknya, dan kemaren resign cuma di kasih surat yg menerangkan kalau saya belum pernah menerima kartu, sama paklaring aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti saja pesan yang disampaikan itu, Mbak. Tanyakan ke perusahaan, lalu berkoordinasi dengan kantor cabang BPJS TK Kelapa Gading...

      Delete
  98. Numpang tanya min, tertera diatas klo slh satunya data yg hrs dilampirkan itu ktp, gmna klo ktp sya msi blm ktp setempat ? Apa perlu minta surat domisili dr pak rt tmpt tinggal sy skrg ?? Ato perlu lengkapi surat apa? Mohon penjelasannya, trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus KTP setempat. Yang penting biodata di KTP sama dengan biodata di Kartu Keluarga, JHT bisa dicairkan di kantor cabang BPJS TK mana saja. Kalau datanya ada yang tidak sama, misalnya: alamat tempat tinggal, silakan meminta surat keterangan surat keterangan beda data dari kelurahan..

      Delete
  99. mau tanya misalkan saya di phk dan saya belum menerima surat phk begitu juga kartu bpjs ketenagakerajaan ya. tetapi saya hanya di kasih selembaran kertas saldonya saja lalu bagaimana saya harus mencairkannya uang tersebut ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datangi perusahan, silakan minta KPJ milik anda sekaligus minta dibuatkan paklaring...

      Delete
  100. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  101. Mau nny saya kerja 1 tahun, d phk 1 bln lalu ap bs d cairkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak. Asalkan semua persyaratn dan administrasi lengkap...

      Delete
  102. mau tanya klw misal kartu bpjs yg asli hilang tapi pake kartu rincian saldo yg tiap tahun saya dapet itu bisa ga.....thankz infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Silakan membuat surat keterangan hilang dari kepolisian...

      Delete
  103. mas...itu saldo nya bertambah gk sih.. klo kita dah non aktif kerja, ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertambah dari pengembangan saldo yang sudah ada, tapi pertambahannya kecil..

      Delete
  104. Gan, ane mau nanya..case nya spti ini:
    Saya sudah bekerja 1,5 thn di perusahaan A (outsource) (Juli 2015 - Januari 2014) dan ada surat referensi dr perusahaan ybs namun kartu jamsosteknya hilang. And then, jeda sebulan saya kerja di perusahaan B selama 2,5 thn (Maret 2014 - Juli 2016) dan ada surat referensi namun kartunya hilang juga.
    Apa yang harus saya lakukan agar JHT saya cair?
    Apakah bisa menggunakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian untuk 2 kartu JHT yang hilang tsb sebagai pengganti persyaratan kartu JHT yg asli maupun copy-an nya?
    Fyi, saya masih punya nomor polis atau nomor keanggotaan JHT di 2 perusahaan tsb. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas. Harus buat surat keterangan hilang dari kepolisian...

      Delete
  105. Bisa g kalau g ada paklaring mencairkan jamsostek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Paklaring adalah salah satu syarat mutlak...

      Delete
  106. Ktp expired g bisa klaim jht padahal sdh bawa suket dari kecamatan bahwa telah melakukan rekam data.gimana nih jamsostek.mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu sampai KTP yang baru jadi, Mbak. Atau coba gunakan kartu identitas lain, misalnya SIM. Begitu...

      Delete
  107. mau tanya mas , kalo pengambilan uangnya sama rekening di bank bisa
    mohon bantunannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, gan. Memang sekarang ini pembayarannya akan ditransfer ke rekening bank..

      Delete
  108. Kalo cairin bpjs harus pake e-ktp ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saya, KTP biasa bisa, Mas. Bisa juga menggunakan SIM.

      Delete
  109. Mau tanya gan bisa gak ya saya cairkan jamsostek di tempat kerja dulu sementara saya sudah bekerja di tempat baru dan terdaftar bpjs ketenagakerjaan yang baru juga gimana itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah bekerja lagi, dana JHT belum bisa dicairkan, Mas. Kecuali sudah menjadi peserta bpjs tk/jamsostek minimal 10 tahun, jht bisa dicairkan 10%..

      Delete
  110. Mbak,kata pejabat bank bukopin di kantor bpjs ketenagakerjaan uangnya ditransfer paling lama 15 hari dan bila sudah ditransfer maka saya akan diberitahukan/dihubungi via telepon dan saya sudah menunggu 12 hari tapi belum ditelpon.ada cara untuk mengetahui apakah uang itu sudah ditransfer atau belum?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu sampai batas akhir, Mas. Artinya 3 hari lagi. Cara mengeceknya bisa melalui ATM atau ke bank bukkopin langsung...

      Delete
  111. Salam hormat,
    Saya ingin menanyakan tentang surat pengalaman kerja. Saya sudah pindah kerja beberapa perusahaan dan kebetulan untuk kartu jamsostek tetap menggunakan kartu lama saya tahun 2000. Yang ingin saya tanyakan untuk pencairan JHT apakah saya wajib melampirkan semua surat pengalaman kerja di beberapa perusahaan yg pernah saya masuki atau cukup surat pengalaman kerja yang terakhir saja.
    Mohon pencerahannya...
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KaLau kartunya tidak berganti, cukup surat pengalaman kerja dari perusahaan yang paling terakhir, Mas.

      Delete
  112. Gini pak... Saya mau ngambil uang bpjs... Saya sudah bekerja di kalimantan selama 3tahun... Tapi saya tidak mendapatkan kartunya... Yg ada cuma buku saldo bpjs,kk,ktp,dan surat pengunduran diri...
    Mohon pencerahannya....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat surat keterangan hilang dari kepolisian, Pak. Demikian...

      Delete
  113. Selamat Siang.
    mau tanya, kalau domisili ktp alamatnya di sukabumi, dan kerja di cibitung sekarang sudah resign sudah 1 bulan saya mau cairin di bekasi bisa ga yah? data semua lengkap. tolong infonya ya . terima kasih

    ReplyDelete
  114. Min mau tanya.. .apa ada solusi? Saya resign tahun 2007 ...tp saya gak di kasih SK waktu itu... Dan meminta lagi ke PT susahnya minta ampun.. Dgn alasan ini itu apalah, akhirnya saya gak bisa mencairkan di jamsostek karena gak punya SK...thn 2007 dulu saja saldo sudah lumayan, sampai skrg pun gak bisa ambil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba berkonsultasi ke dinas ketenagakerjaan di daerah sampeyan, Mas.

      Delete
  115. Selamat siang,

    Saya mau nanya tentang persyaratan klaim ini.. Apakah poto kopi paklaring harus legalisir atau hanya potokopi saja ya..?? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotokopi tidak perlu dilegalisir, Mas. Aslinya harus dibawa lho ya jangan lupa..

      Delete
  116. Saya tadi datang ke kantor depnaker katanya ada surat edaran di BPJS sekarang sudah tidak usah pake di stempel dulu,bisa langsung proses. Ane di daerah tangerang.

    ReplyDelete
  117. Kalau kita Uda kerja d tempat lain,terus kita mau cairkan yg lama,bisa g di ambil....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Gan. Pencairan JHT hanya bisa dilakukan ketika yang bersangkutan sudah tidak bekerja di perusahaan manapun..

      Delete
  118. Selamat siang mas, saya kan sudah berhenti kerja sejak Juli 2016, alasan berhenti karena habis kontrak apakah saya juga harus minta surat ke dinas ketenagakerjaan mas , sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang kembali bung Arief. Iya harus, Mas. Seharusnya kemarin pihak perusahaan yang mengurus pembuatannya...

      Delete
  119. Mau nanya mas.?? Abang saya punya bpjs tk dan meninggal karena sakit/ bukan kecelakaan kerja, terus kaka ipar saya sebagai ahliwaris mempercayakan pencairannya kepada perusahaan dan dan menandatangani surat kuasa, tapi sampai sekarang blom cair-cair sudah 5 bulan lebih, gimana solusinya mas...makasih

    ReplyDelete
  120. Mau nanya mas.?? Abang saya punya bpjs tk dan meninggal karena sakit/ bukan kecelakaan kerja, terus kaka ipar saya sebagai ahliwaris mempercayakan pencairannya kepada perusahaan dan dan menandatangani surat kuasa, tapi sampai sekarang blom cair-cair sudah 5 bulan lebih, gimana solusinya mas...makasih

    ReplyDelete
  121. Mas mau nanya gimana kalo surat KK nya gak ada ada yang asli nya. apakah masih bisa mengurus Jamsostek jika menggunakan KK fotocopy?

    ReplyDelete
  122. Siang minggu, Mau tanya untuk pencairan dana jth jamsostek saya.
    Saya habis kontrak sejak 2012 sekarang saya baru Mau cairin dananya. Tp surat putus kontrak yg asli hilang. Sudah tlv ke kantor katanya drsana Cuma bisa kasih copynya aja. Bisa gk yaa..

    ReplyDelete
  123. Maaf numpang tanya, kalo pencairan pke KTP lama bisa ngga???? Soalnya eKTP lg diproses...

    ReplyDelete
  124. apakah SKK itu sama aja dengan Paklaring....

    ReplyDelete
  125. mas mau tanya donk, saya mau cairin jht, saya kerja di cikarang, parklaring blm di legalisir disnaker, kalau saya cairin di bdg legalisir nya bisa di disnaker bdg ngk ya? terima kasih

    ReplyDelete
  126. mau tanya dong sy punya kartu jamsostek & tidak di perpanjang pada tahun 2013 ada paklarinya apakah bisa di cairkan di tahun 2016.sedangkan sy sudah di daftarkan jamsotek di tempat baru tetapi nomor ktp & tanggal lahir salah & nama orang tua tidak ada apakah bisa sy cairkan yg kartu jamsotek sy yg di tahun 2013 itu & apakah harus ke depnaker tidak mohon jawabanya dong

    ReplyDelete
  127. maaf mb numpang berbagi pengalaman

    Untuk yang akan mencairkan via online e-klaim jamsostek Upload dokumen saya sarankan format PDF. soalnya klo format JPG terlalu besar ukuran file ny.

    mudah2n bermanfaat

    ReplyDelete
  128. Mau tanya dong min, kalo di paklaring nya tidak di cantumkan tmt(tgl mulai kerja) nya cm ada tgl resignnya,bisa ga? Soalnya Hrd nya udah di minta tp ga bisa bikin lagi.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)