Beberapa Kategori Pembaca Blog


Baiklah, pada kesempatan yang baik ini saya akan coba menulis tentang macam-macam jenis pembaca blog. Yang namanya blogger, kalau blognya nggak ada pembacanya pasti rasanya kurang mengenakan dan kadangkala bisa membuat semangat mengendor. Setiap blog pasti butuh pembaca. Dan pembaca blog itu ternyata terkotak-kotak ke dalam beberapa kategori, seperti berikut ini:



1. Pembaca Serius

Jenis ini menggunakan search engine untuk menemukan blog yang akan dibacanya. Mereka mungkin sedang mencari sebuah informasi sangat ia butuhkan, atau bacaan untuk hiburan. Jadi saat mereka membaca, mereka pasti serius dan teliti. Dan yang paling penting, informasi yang ditulis di blog tersebut memuaskannya atau tidak, sanggup membantunya menyelesaikan masalah atau tidak. Jika info yang diberikan tidak memuaskan, mereka akan beralih mencari informasi yang sama di blog-blog yang lain.

2. Penikmat Gambar.

Ini adalah jenis pembaca yang santai. Mereka melayari internet dengan tujuan utama untuk menghilangkan bosan dengan cara mencari gambar-gambar yang menarik dan lucu. Kadang juga gambar-gambar b0k3p. Biasanya yang paling laris dikunjungi pembaca blog tipe ini adalah blog poto b*9il, blog traveller yang menyajikan foto-foto pemandangan, blog fotografi, dp bbm, gambar lucu, meme comic dan blog-blog lain yang lebih mengedepankan kekuatan visual.

3. Pembaca Iseng

Ini adalah tipe pembaca yang sebenarnya tidak niat membaca dan sedang tidak membutuhkan informasi apapun. Mereka membaca hanya daripada tidak ngapa-ngapain, atau tidak sengaja kepencet, atau berkunjung ke sebuah blog semata-mata karena penasaran setelah melihat share tautan oleh teman-temannya di sosial media.

4. Pembaca Setia

Bagi saya jenis pembaca kategori ini yang paling keren. Mereka adalah penggemar sebuah blog. Mungkin karena apa yang ditulis oleh blogger tersebut lain daripada yang lain dan tidak ada di blog lain. Menginspirasi dan menghibur. Bisa juga karena materi blognya sesuai dengan kehidupan, pekerjaan dan hobinya sehari-hari. Pembaca tipe ini rela membaca ulang tulisan-tulisan di blog tersebut di waktu-waktu yang lain. Beruntunglah jika seorang blogger bisa sampai ke tahap ini. Karena blognya telah mendapat kepercayaan dan keyakinan dari pembaca setianya.

Satu lagi pembaca yang saya tidak tahu harus dimasukkan ke kategori pembaca blog yang mana. Kayaknya saya lebih suka menyebutnya sebagai pengunjung blog. Yaitu pembaca dari kalangan sesama blogger yang sedang menjalankan blogwalking. Mungkin ada yang membaca artikel sampai habis, tapi ada juga yang masuk sekadar untuk berikan komen, ngiklan obat kuat dan meninggalkan jejak tanpa membaca artikelnya secara keseluruhan bahkan tak dibaca sama sekali.


Itu saja 4 kategori pembaca blog versi Arizuna Zukirama. Mungkin teman-teman ada lagi penambahan kategori atau jenis pembaca blog lainnya, silakan sampaikan di ruangan komen.
ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

10 comments:

  1. Kalo saya sih sob pembaca iseng sob
    Ya iseng j baca blog
    Trus juga iseng aja bikin blog
    Wah enak tuh y sob kalo punya pembaca setia
    Ngomong2 soal setia sob
    Sekarang si carli masih jadi vokalisnya setia band g sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih informasinya. Penggemar esteh dua gelas nih pasti..

      Delete
  2. menikmati gambar paling menarik.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi gambar-gambar yang menegangkan.. :)

      Delete
  3. Agaknya, daku masuk nomer empat nih :p tanda tangan, foto sama biografi lengkap! Ok bang juk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu mulu ditagih. Mending kita ketemu langsung aja ntar aku ceritain biografi lengkapku. Biologi sama Geografi kalau kamu minat ntar juga aku ceritain..

      Delete
  4. Hallo Mas...
    Kalau pembaca yang mencari referensi itu termasuk kategori Pembaca Serius ya... :D
    Salam,

    ReplyDelete
  5. Pembaca Jenis Jailangkung, datang juga gak jelas pergi juga gak jelas, tapi bukan iseng atau tak sengaja... kategori mana ya hahahahah

    ReplyDelete
  6. Pembaca Jenis Jailangkung, datang juga gak jelas pergi juga gak jelas, tapi bukan iseng atau tak sengaja... kategori mana ya hahahahah

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)