Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Kendala Dalam Pencairan Uang JHT BPJS TK/Jamsostek Beserta Solusinya

Sebenarnya, asalkan sudah memenuhi persyaratan serta memiliki berkas-berkas yang diperlukan, proses pencairan uang JHT itu cukup mudah dan tidak perlu waktu yang terlalu lama. 2 sampai 4 jam sudah beres.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri, beberapa peserta BPJS TK masih menemui berbagai kendala sehingga belum bisa mencairkan saldo JHT-nya. Tapi kendala-kendala yang ada itu bukan tidak ada jalan penyelesaiannya. Semua ada jalan keluarnya. Jangan menyerah, kemudian pasrah membiarkan tabungan yang kita setorkan sedikit demi sedikit selama bekerja mengendap dan tak terambil. Karena itu adalah uang kita. Hak kita.

Program JHT


Berikut ini beberapa kendala yang kerap terjadi dalam pencairan uang JHT, beserta solusi-solusinya.

Kartu Kepesertaan Hilang


Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau kalau yang keluaran baru sudah berubah menjadi Kartu BPJS Ketenagakerjaan, merupakan salah satu berkas yang wajib dibawa bagi seseorang yang ingin mengambil uang JHT-nya. Tanpa kartu peserta, pengajuan klaim JHT akan langsung ditolak.

Tapi bagaimana jika kartu Jamsostek-nya raib entah kemana?

Untuk kartu peserta hilang, solusinya adalah dengan membuat surat keterangan hilang dari kepolisian. Surat tersebut nantinya akan menggantikan kartu Jamsostek/BPJS TK yang hilang. Tapi jangan lupa cantumkan nomor KPJ dalam surat keterangan hilang tersebut. 

Paklaring Hilang

Paklaring/Surat Pengunduran Diri/Surat Pengalaman kerja/Surat Rekomendasi dari perusahaan, juga salah satu dokumen yang hukumnya wajib dimiliki jika ingin mencairkan saldo JHT. Tanpa membawa paklaring, pengajuan klaim dana JHT tidak akan disetujui.

Dan seandainya paklaring hilang, solusinya adalah meminta ulang dibuatkan paklaring atau surat keterangan telah berhenti bekerja dari perusahaan yang bersangkutan. Jika perusahaan sudah tutup, solusi lainnya bisa meminta surat keterangan tidak bekerja dari Disnaker setempat.

Tapi jika menilik status fanpage resmi BPJS Ketenagakerjan, untuk paklaring hilang bisa membuat surat keterangan dari pihak kepolisian, dengan mencantumkan nama perusahaan tempat bekerja dalam surat keterangan hilang tersebut. Tapi saya kurang tahu apakah aturan ini masih berlaku atau tidak.




Baca Juga: Begini Cara Mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Paklaring

Tidak Punya Buku Tabungan

Saat ini pencairan uang JHT sudah tidak bisa lagi dalam bentuk tunai. Saldo dalam nominal-nominal tertentu akan ditransfer ke rekening bank peserta BPJS TK yang bersangkutan. Tidak boleh ke rekening bank orang lain meskipun itu keluarga sendiri.

Bagi yang tidak memiliki tabungan, solusinya tentu saja segera membuat tabungan di bank. Toh membuka rekening bank juga tidak susah. Dan bank-nya pun boleh bank apa saja.

Tapi kalau di 2 kantor BPJS TK di Pekanbaru, mereka telah bekerja sama dengan bank-bank tertentu. Untuk kantor BPJS TK di Jalan Zainal Abidin berkerja sama dengan bank Mandiri. Sementara kantor yang di Panam berkerjasama dengan bank BUKOPIN. Sehingga peserta BPJS TK yang datang tanpa buku tabungan, akan dibuatkan rekening dan saldo JHT yang dicairkan akan ditransfer ke sana.

Tidak Punya Kartu Keluarga

Kartu Keluarga sangat diperlukan untuk validitas data-data kependudukan peserta BPJS TK yang mau mencairkan JHT. Tanpa membawa Kartu Keluarga, keinginan untuk mengambil uang JHT tak akan terkabulkan.

Jadi bagi yang tidak atau belum mempunyai Kartu Keluarga, solusinya segera buat Kartu Keluarga. Lagi pula Kartu Keluarga memang diperlukan dalam berbagai kepentingan administrasi lainnya.

Tidak Punya KTP

Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga berkas yang harus banget dibawa ketika mau mencairkan dana JHT. Tapi bagaimana jika tidak punya KTP?

Solusinya bagi yang tidak punya KTP adalah dengan boleh menggunakan SIM.

Akun Masih Aktif

Mulai 1 September 2015, semua peserta BPJS TK bisa mencairkan uang JHT-nya dengan syarat sudah berhenti kerja dan melewati masa tunggu selama satu bulan. Karena sudah berhenti bekerja, seharusnya dalam masa tunggu satu bulan tersebut akun BPJS TK sudah non aktif. Artinya sudah tidak ada setoran iuran lagi.

Masalahnya, entah karena apa, terkadang walaupun kita sudah berhenti kerja, akun BPJS TK tetap aktif. Setiap bulannya perusahaan masih melakukan pembayaran iuran.

Kejadian seperti ini ada untungnya sekaligus ada juga ruginya. Untungnya saldo uang JHT kita terus bertambah, padahal kita sudah berhenti bekerja, sebab perusahaan tanpa sadar masih masih membayarkan iuran.

Ruginya, kita jadi tidak bisa mencairkan uang JHT. Karena akun BPJS TK masih aktif, kita jadi dianggap belum berhenti berkerja. Selain itu kita juga terpaksa harus mengkoreksi ulang paklaring, karena gara-gara akun masih aktif itu juga, tanggal berhenti bekerja yang tertulis di paklaring tentu menjadi tidak valid.

Solusi untuk kasus peserta BPJS TK yang akunnya masih aktif padahal sudah berhenti bekerja, adalah dengan menghubungi pihak perusahaan tempat dulu berkerja. Katakan saja agar menghentikan setoran. Kemudian jangan lupa meminta mereka untuk mengoreksi tanggal berhenti berkerja pada paklaring. Berdasarkan pengalaman saya, biasanya pihak perusahaan cuma mencoret tanggal yang salah tadi dengan pena, lalu di bawahnya ditulis tanggal yang benar, terus diberi stempel perusahaan.

Data-data Kependudukan Tidak Cocok


Data-data kependudukan yang tidak sama antara berkas yang satu dengan berkas yang lainnya juga bisa menjadi kendala dalam pencairan uang JHT. Apalagi kalau perbedaannya cukup fatal, bisa-bisa pengajuan klaim JHT untuk sementara akan ditolak, sampai ada koreksi dari pihak-pihak terkait.

Misalnya tanggal bulan dan tahun lahir yang tercantum di KPJ berbeda dengan yang tercantum di KTP. Nama yang tertera di paklaring tidak sama dengan nama yang ada di kartu keluarga.

Solusi untuk masalah ini adalah melihat berkas mana yang data-datanya benar dan berkas mana yang data-datanya salah. Jika berkas yang data-datanya salah adalah berkas dari perusahaan, misalnya paklaring. Kita tinggal mendatangi perusahaan untuk mengkoreksinya. Jika berkas yang data-datanya salah adalah data kependudukan, misalnya KTP atau KK. Kita tinggal meminta surat keterangan dari kelurahan.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mempermudah Berbagai Urusan Kepesertaan 

Demikianlah beberapa kendala yang sering ditemukan dalam proses pencairan uang JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Tapi semua kendala-kendala itu tidak akan membuat kita tidak bisa mengambil uang JHT kita, semua bisa dicari solusi atau jalan keluarnya.

Pada dasarnya, pihak BPJS Ketenagakerjaan begitu meneliti kelengkapan dan kecocokkan berkas-berkas bukan untuk mempersulit peserta BPJS TK mengambil hak-nya, tapi untuk memastikan uang JHT benar-benar diterima oleh pihak yang benar. Begitu.

Terima kasih sudah membaca. Salam. ^^

239 komentar untuk "Beberapa Kendala Dalam Pencairan Uang JHT BPJS TK/Jamsostek Beserta Solusinya"

  1. kalau ktp hilang pakai surat kehilangan dari kepolisian tidak bu,terimakasih

    BalasHapus
  2. Klo mau ngambil uang jamsostek..klo pake ktp sementara bsa gak..soalnya ktp saya lg di roses..

    BalasHapus
  3. tp kko data data yang lainya lengkp tetp jg ga bsa?

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya. Di KTP saya beda NIK dan tahun lahir pada saat perusahaan daftarkan. Apa yg harus dilalukan utk mencairkan nantinya. Thanks

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya ne Gan, saya sudah berhenti bekerja bulan maret 2014 dan kartunya masih jamsostek ketenagakerjaan, apakah saya bisa mengajukan pencairan dana jamsostek tenagakerja nya Gan.dan jika bisa apakah saldo nya utuh saya terima atau gimana Gan?
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  6. Saya bingung sama bpjs...keanggotaan saya sejak 1996 kenapa jumlah saldonya sama dengan yg baru daftar 2003 ,dan saya ingin mencairkan 10% bpjs saya dan di tolak ,dengan alasan saya masih aktif bekerja.saya mengajuka itu karena saya mendapat brosur dari bpjs.yg pepersyaratannya dalah satunya "surat keterangan masih aktif bekerja bagi tenaga kerja aktif atau surat keterangan berhenti bekerja untuk tenaga kerja non aktif..
    Tolong penjelasanya.kenapa saldo saya sama dengan yg daftar th 2003.dan kenapa saya di tolak.terima kasih

    BalasHapus
  7. Sis mau tanya nih ,jd waktu ane single nama ane di ktp mer** firma***** .nah stelah ane meried nama ane jd mer** di e-ktp .karna memang bgtu di ijasah & akte ane ,nah yg jd PR ane dpt krtu bpjstk nama nya malah sama dg ktp dulu ,pdhal wktu ane isi data di pt tmpt krja skrg pke data/nama mer** ,jd bingung takut ga bisa cair kalo ane resign .tolong solusinya sis ..thx

    BalasHapus
  8. Mas mau nanya dong,DKI saya daftar paket KK yg tertera ibu kandung,terus kan mie saya udh punya KK sendri TPI di KK sendri ini tertera ya ibu tiri.maaf kalau begitu bermasalah kah?.Mohon infonya terima kasih

    BalasHapus
  9. Mas sy mw tanya mas, nm KTP SM KK sy berbeda 1 huruf mas, apa kah bisa di cairkan mas ,dan juga KK yg asli ada di kampung , apa kah bisa di cairkan mas,

    BalasHapus
  10. Min mau tanya
    Mau cairin bpjs
    Tapi saya selama berkerja 2thun
    Belum bikin kartu bpjs nya
    apa kah bisa di cairin
    Terimakasih

    BalasHapus
  11. Min mau tanya, yakin min bisa ganti ktp dengan sim? Saya tlp langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan katanya gak bisa

    BalasHapus
  12. saya mau tanya,, saya pindah domisili dan sudah dapat kk yg baru sedangkan untuk e-ktp yg baru saya belum dapat, tapi untuk e-ktp yg lama sy msih pegang,, sedang kn di data kepesertaan sy masih memakai data domisili yg lama,, apakah bs di proses kn untuk pencairan jht ny,, mohon solusi ny min, terima kasih

    BalasHapus
  13. saya mau tanya,, saya pindah domisili dan sudah dapat kk yg baru sedangkan untuk e-ktp yg baru saya belum dapat, tapi untuk e-ktp yg lama sy msih pegang,, sedang kn di data kepesertaan sy masih memakai data domisili yg lama,, apakah bs di proses kn untuk pencairan jht ny,, mohon solusi ny min, terima kasih

    BalasHapus
  14. Saya mau tanya. Pesyrat an mencair kan bpjs tanpa foto copy buku rekening bang bisa tidak, cukup dengan nomor rekening nya saja yg saya krtehui. Sebab buku rekening saya tertinggal di kampung halaman. Trimakasih.
    ???

    BalasHapus
  15. Saya mau tanya persyaratan untuk mencairkan bpjs tanpa foto copy buku rekening bang bisa tidak,? Saya cuma cantumkan nomor rekening nya saja. Sebab buku saya tertinggal dikampung. Trimaksih.

    BalasHapus
  16. Mb mw tanya. Jika saya mencairkan bpjs tapi bawa ktp sementara bisa nggk?
    Dan buku tabungan saya kan hilang itu gimana ia caranya tapi rekening masih ada

    BalasHapus
  17. Mb mw tanya. Jika saya mencairkan bpjs tapi bawa ktp sementara bisa nggk?
    Dan buku tabungan saya kan hilang itu gimana ia caranya tapi rekening masih ada

    BalasHapus
  18. D ektp saya masih single Dan alamat rmh ortu , TP d kk saya sudah menikah Dan alamat rmh nya sudah tdk sama ortu, sedangkan Nik d KTP n kk sama , kalo gitu gmn ? Apakah database ektp nya update sesuai kk baru ? JD bisa pncairan g ?

    BalasHapus
  19. Kto saya hilang apa bisa pakai SIM.

    BalasHapus
  20. Mau tanya min. Klo alamat di vaakelaring berbeda dgn di ktp n kk apa tdk bermasalah? Soalnya saya udh mnikah pndah alamt n pny kk sendiri .

    BalasHapus
  21. mas sy mau tanya saya sudah risent dr perusahaan per bulan 28 febuari 2017...dan iuran untuk bulan febuari saya sdh terbayar oleh perusahaan,,tp kenapa kartu peserta saya masih aktif ya..saya

    BalasHapus
  22. Gan sayakan dulu kknya ikut orang tua sekarang sayah sudah berumah tangga terus kk yg digunakan yg mana

    BalasHapus
  23. Jika karyawan resign maka kartu seharusnya dinonaktifkan karena jika tidak perusahaan akan terus terbebani dengan tagihan iuran bulanan untuk karyawan resign tersebut.

    Jika setelah resign kartu masih belum nonaktif kemungkinannya perusahaan masih memiliki tunggakan yang belum dilunasi, silahkan adukan keluahan di situs lapor.go.id, semoga bisa cepat terselesaikan

    BalasHapus
  24. Yang punya kewajiban mendaftarkan BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan adalah pihak tempat kita bekerja atau perusahaan (vide pasal 15 ayat 1 UU bpjs?), jd kita gk perlu repot-repot mengurus BPJS
    Sanksi bagi elanggran diatas dpt brupa sanksi administratif (vide, pasal 17 UU BPJS)
    Semoga dpt menjawab pertanyaannya

    BalasHapus
  25. Saya mau nanya..KTP waktu mendaftar BPJS .pakai KTP yg sudah domisili di rantau.
    Tapi saya punya KTP juga dari kampung ..tp kedua KTP tersebut beda nik .pas cek saldo BPJS ternyata nik yg cocok pakai KTP kampung..partanyaanya .nanti pas mau ngambil tu bermasalah ya...trimakasih

    BalasHapus
  26. Saya mau nanya..KTP waktu mendaftar BPJS .pakai KTP yg sudah domisili di rantau.
    Tapi saya punya KTP juga dari kampung ..tp kedua KTP tersebut beda nik .pas cek saldo BPJS ternyata nik yg cocok pakai KTP kampung..partanyaanya .nanti pas mau ngambil tu bermasalah ya...trimakasih

    BalasHapus
  27. Mba mau nanya teman saya kerja di perusahaan yg sama selama 5 thn dan BPJS-nya di sambung terus ..pas cek saldo yg keluar cuman sado 2 thn.karna bingung kami mendatangi kantor BPJS ..dan org tu bilang selama krja 5 thn itu kartunya BPJS nya ada 3 kartu...tapi pihak perusahaan tidak ada mengkonfirmasikan hal tersebut..dan 2 kartu lagi tidak di kasih perusahaan..jadi solusinya gmn ya?

    BalasHapus
  28. Halo bos...maaf mau tanya kl kk hilang tapi ada photo copyannya doang gmn,bisa ga mencairkan jamsostek

    BalasHapus
  29. Kalau kk hilang trs bikin surat kehilangan dari kepolisian bisa ga bos?

    BalasHapus
  30. Min kalau nama pemilik BPJS sama nama rekening bank beda, bisa claim gk ya?

    BalasHapus
  31. Kalo kk hanya fotocopy saja
    Karna yg asli di kumpulin sma RT dan sampai hari ini belum selesai karna kata beliau masih di proses apakah bisa mencairkan ?
    Sementara persyaratan lain lengkap
    Apa perlu membawa berkas lain seperti sim untuk lebih meyakinkan kebenaran data

    BalasHapus
  32. Mas kalau buku rekening.nya hilang, tapi,kartu atm.nya ada!
    Itu bisa gak ?

    BalasHapus
  33. Pencairan bpjs tanpa ada rekening bisa tidak di terima/ di urus oleh bpjs

    BalasHapus
  34. Bapak/ibu
    Jika kk asli hilang cuma ada ftocopy kk bisa gk cairin jamsostek ?

    BalasHapus
  35. Mas di perusahan A saya dapat paklring,trus pindah perusahan b tdk dpat paklring,karna brhnti mendadak,tp kartu nya jamsostek ny gabung 2 perusahan itu,yg saya tnyakan bisa tdk cairin yg perusahan A saja krna ada paklaring nya,oya mas ada jg nama di kpj beda 1 huruf dgn ktp,contoh novi dan novy,itu jd kendala tdk?.terimaksh

    BalasHapus
  36. Apakah bisa mencairkan BPJS TK tanpa KK asli, fotocopynya ada. Mhn infonya. Terima kasih

    BalasHapus
  37. Kalo misalkan di data alamat sama tp cuma ktp aja yg blm diperbaharui status dan alamatnya krna blm diganti itu gmn ya

    BalasHapus
  38. Mas kalo berkas yang saya bawa namanya julianto tapi data yang ada di kantor bpjs itu juliyanto apakah masih di persulit mas

    BalasHapus
  39. Bisakah saya mencairkan Jamsostek .dulu saya pake Kk orang tua setelah saya me nikah ikut suami apakah bisa?

    BalasHapus