Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mulai 1 September 2015, Bagi yang Sudah Berhenti Kerja Uang JHT Bisa Cair 100%

Info terbaru bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang sudah berhenti kerja atau ter-PHK dari perusahaan minimal satu bulan, mulai 1 September 2015 nanti uang JHT (Jaminan Hari Tua) bisa diambil penuh alias seluruhnya. Setelah sebelumnya untuk bisa mencairkan 100% harus menunggu sampai 56 tahun, atau ketika mengalami cacat total tetap, atau ketika sudah meninggal dunia.

Revisi ini jelas merupakan kabar gembira nan bahagia bagi peserta BPJS TK, baik yang sudah tidak bekerja maupun yang masih aktif bekerja. Buat yang sudah berhenti bekerja, tentu mulai awal September nanti sudah bisa mengambil uang JHT-nya. Sedangkan bagi yang masih bekerja ini juga kabar yang melegakan, karena jika sewaktu-sewaktu berhenti kerja, tidak perlu berlama-lama cukup satu bulan menunggu sudah bisa mengklaim dana JHT-nya. Iya, akhirnya pemerintah mau merubah lagi Peraturan Pemerintah no 46 tahun 2015 tentang persyaratan pengambilan uang JHT.

Dalam revisi terbaru ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah berhenti bekerja plus masa tunggu satu bulan, uang JHT sudah bisa langsung dicairkan. Tidak perlu menunggu-nunggu lagi sampai masa kepesertaan mencapai 10 tahun, atau ketika sudah berumur 56 tahun, seperti yang sempat dirilis dalam peraturan 1 Juli 2015 beberapa waktu lalu.

Baca Juga: (Cara Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek 2016)

BPJS Ketenagakerjaan Jamsostek
Pict by BPJS Ketenagakerjaan Facebook Page

Prosedur pencairan uang JHT yang dibatasi hanya 10% untuk persiapan pensiun, 30% untuk biaya perumahan, dan 100% ketika sudah berumur 56 tahun, itu nantinya hanya berlaku bagi peserta-peserta BPJS TK yang masih aktif bekerja. Sementara yang sudah berhenti bekerja, uang JHT bisa diambil sepenuhnya.

Revisi peraturan baru pembayaran dana JHT ini disampaikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, bapak Hanif Dzakiri, pada hari kamis, 20 Agustus 2015. Beliau mengumumkan, para pekerja yang terkena PHK atau yang sudah berhenti bekerja bisa mencairkan uang Jaminan Hari Tua-nya sebulan setelah berhenti bekerja.


Jadi buat teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah berhenti kerja, entah karena mengundurkan diri (resign) atau pun diberhentikan (PHK), mulai awal September nanti sudah bisa mengambil semua saldo JHT-nya.

Selain harus sudah berhenti bekerja setidaknya satu bulan, tentu saja jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratannya. Seperti:

1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
2. Paklaring.
3. KTP atau boleh juga SIM.
4. Kartu Keluarga.
5. Buku Tabungan.

Dokumen-dokumen tersebut difotocopy masing-masing satu lembar dan wajib menyertakan dokumen yang asli. Kurang salah satu saja, pengajuan klaim dana JHT bisa ditolak.

Untuk tata cara pencairannya sepertinya masih sama seperti biasanya. Mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, mengisi formulir pengajuan klaim JHT, menandatangani surat pernyataan sedang tidak bekerja di perusahaan manapun, ceklis kelengkapan berkas, panggilan wawancara, difoto dan terakhir transfer seluruh saldo JHT ke nomor rekening bank. Jangan sungkan bertanya kepada petugas BPJS TK jika ada hal-hal yang membingungkan ataupun tidak dimengerti. Mereka ramah-ramah kok.

Demikian saja informasi terbaru seputar syarat dan tata cara pencairan uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Semoga teman-teman peserta BPJS TK yang hampir dua bulan ini dibuat jengkel oleh peraturan 1 Juli 2015, bisa sedikit lega atas kabar baik ini. Dan semoga pula, setelah revisi kali ini, tidak ada perubahan-perubahan peraturan lagi yang justru membuat marah rakyat banyak.

Terima kasih sudah membaca. Silahkan bagikan artikel ini biar teman-teman yang lain juga mengetahui kabar gembira ini. ^^

Mohon Perhatian. Mengingat komentar di artikel ini sudah terlalu banyak dan sulit dibuka, buat teman-teman yang masih ingin bertanya jawab seputar pencairan dana JHT, silakan masuk ke sini => Diskusi Seputar Pencairan JHT dan Segala Informasi Tentang BPJS Ketenagakerjaan

523 komentar untuk "Mulai 1 September 2015, Bagi yang Sudah Berhenti Kerja Uang JHT Bisa Cair 100%"

  1. 31 Agustus 2015 tidak perlu surat pendukung dari Disnaker, Gan. Aturan itu hanya diperuntukkan bagi yang berhenti kerjanya setelah 1 September 2015..

    BalasHapus
  2. Bisa. Mulai 1 September kemarin, dana JHT bisa dicairkan setelah sebulan berhenti bekerja, tidak lagi harus 5 tahun..

    BalasHapus
  3. Bisa banget! Jangankan 2 tahun, 2 bulan kerja saja, kalau mau mengurusnya saldonya bisa diambil...

    BalasHapus
  4. Kalau resign per 31 Agustus 2015, jika sudah punya Paklaring, memang tidak memerlukan surat apapun dari Disnaker, Mas. Aturan membawa 'Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan' itu untuk yang berhenti kerjanya setelah 1 September 2015. Dan itupun yang mengurus suratnya perusahaan, bukan pekerja.. :)

    Kalau petugas BPJS TK saja sudah bilang begitu, dijamin cair itu, Mas. Trus kenapa masih ke Disnaker segala? :)

    BalasHapus
  5. Jika memiliki kartu yang masih aktif di perusahaan yang baru, kartu-kartu yang sudah tidak aktif dari perusahaan lama, belum bisa digunakan untuk klaim JHT. Jadi saldo belum bisa dicairkan..

    BalasHapus
  6. Maaf bang saya mau nanya saya mengundurkan diri tanggal 11 agustus dan saya mengambil no antri tanggal 14 september dan di no antri itu saya di situ datang lagi tanggal 28 september berkas berkas saya komplit.yang jadi pertanyaan saya uang pencairan boks itu tanggal 28 september/tunggu lagi sebulan jadi nya tanggal 28 oktober tolong info nya bang bingung saya masalah nya tempat pencairan bpjs yang saya ajukan jauh dari rumah di tunggu info nya makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud dari "yang jadi pertanyaan saya uang pencairan boks itu tanggal 28 september/tunggu lagi sebulan jadi nya tanggal 28 oktober" itu bagaimana, Gan?

      Biasanya setelah proses klaim selesai, kita tinggal menunggu uang JHT terkirim ke rekening kita, tidak harus datang-datang lagi sebulan kemudian...

      Hapus
  7. Knp saya ditolak y saat pencairan jht alasanya krn tdk ada surat pengunduran dri dari perusahaan ke depnaker, pdhl saya udh lengkap bawa Kartu asli BPJS, KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), buku tab,surat keterangan berhenti krja dr perusahaan. Saya sampai belain dtg ke depnaker minta surat itu, depnaker bilang"surat berhenti kerja dr perusahaan yg dtujukan ke depnaker itu dbutuhkan apabila perusahaan itu telah masuk pengadilan dan dinyatakan pailid" sdgkn perusahaan sya kerja g pailid krn saya mengundurkn dri sendri.ko beda y antara org depnaker dan pegawai jamsosnya.ada masukan g y? Mksh

    BalasHapus
  8. bang saya mau tanya. kok dana jht saya blom cair juga yah . udah lebih 10 hari .. kata petugas bpjs cairnya 1 minggu sampai 10 hari ..kok saya cek rekening blom ada juga yah. mana lagi butuh duit lagi...pusing dah

    BalasHapus
  9. Sama ni masalahnya sama mba Eva. Makasi bang Zuki, nolong kali tulisan abang ini.

    BalasHapus
  10. Sama ni masalahnya sama mba Eva. Makasi bang Zuki, nolong kali tulisan abang ini.

    BalasHapus
  11. ane sih sempet share sm temen juga, kita gak harus nunggu sebulan baru nyari kerja lagi, lsg aja kerja krn rata2 perusahaan baru mendaftarkan bpjs setelah kita lulus 3 bulan probation, jadi mulai di potong bpjs di bulan ke empat. Jadi misalnya kita sebulan after resign di tempat yg lama, dan kita mau klaim bpjs tapi kita anggapa baru masuk kerja, mrk ndak bs track data, wong mrk blm register bpjs kita kok... jadi blg aja kita nganggur..

    BalasHapus
  12. pagi gan. materai 6000 termasuk persyaratannya bukan?

    BalasHapus
  13. Gan ane baru abis kontrak per tnggl 23 septmbr 2015..
    Jika ingin mencairkn saldo bpjs ketenagakerjaan harus menunggu min. 1 bln kan gan?
    Trus sya pnya kartu ketengakrjaan 2 apa , di pt sblm.a dan pt yg skrg sdh hbis kontrak.,,aph kedua2 bisa lngsung diambil pda hri itu jga ..?
    Trimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya minimal satu bulan. Jadi tanggal 24 Oktober sudah bisa diurus. Dua-duanya bisa dicairkan sekaligus, asal tiap-tiap kartu memiliki paklaring..

      Hapus
  14. itu bukan berupa dokumen gan, itu hanya tulisan keterangan dan dicap basah dari disnaker yg dicapkan ke Packlarin dan surat pengunduran diri.

    soalnya saya sudah melakukan pencairan dana jht, smoga bermanfaat

    BalasHapus
  15. Kalo nama di jamsostek beda sama di ktp apa bisa cair... di jamsostek cuma tertulis ade kukuh tpi di ktp ade kukuh priyadi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mas. Dicoba saja. Biar aman bawa saja surat Keterangan Beda Data dari kelurahan..

      Hapus
  16. Misi mbak numpang nanya,
    Saya resign dp persh lama th 2013, masa kepesertaan jamsostek msh 4th.. Apa bisa mencairkan dana jht ??
    Untuk dokumen asli, kk sy msh di proses, apa bisa diganti dg tanda terima sbg bukti bahwa memang benar belun jadi.. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. JHT sudah bisa dicairkan itu, Mas. Sayangnya KK tidak bisa diganti. Bersabar saja hingga KK-nya jadi. :)

      Hapus
  17. Mas Ari, mau tanya nih..
    saya coba klaim tapi di bilangin kartu masih aktive, padahal sudah resign 2 bulan.. gimana cara menonaktivin jamsostek agar klaim bisa cair ?

    BalasHapus
  18. Mas Ari, mau tanya,
    saya resign per agustus, mau klaim pada akhir september dan udah lebih dari 1 bulan masa tunggu, tapi ada masalah, kartu di bilang masih aktive, bagaimana cara meng-non aktivin kartu jamsostek nya ?. karena saat ini saya tidak terikat atau ada kartu baru pada perusahaan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi perusahaannya, Mas. Katakan kepada mereka agar menghentikan iuran dan menutup akun Jamsostek milik Mas.

      Hapus
  19. Share info but yg ingin mencairkan JHT nya. Untuk jabodetabek pilih kantor bpjs di Jakarta saja karena antrian lebih pendek sebab kantornya lebih banyak. Pengalaman saya d bekasi formulir habis sampai December, lalu saga ke cabang mayapada dapet formulir tuk minggu depannya. Pas sy kembali minggu depannya yg dtg ambil formulir hari itu dapet jadwal untuk 2 minggu ke depannya. :)

    Sekedar saran, untuk memastikan bpjs sudah bs diklaim coba daftar Dan Cek saldo online d web bpjs. Nanti ketahuan kan pembayaran terakhir kapan. JD anda bisa tau perusahaan sudh stop byr bpjs APA blm. Lalu coba klik pilihan untuk klaim, nanti muncul tulisan APA aplikasi bs diproses atau tidak. Nah klo bs diproses, jngn Dilanjut klaim onlinenya. Langsung sign out trus siapin deh berkas until pengajuan klaim ke kantor cabang bpjs. Eitt ambil formulir dulu trus dtg lg sesuai tgl stempel...jngn coba2 dtg dngn berkas kurang soalnya bakal rugi waktu antri terus data ditolak pula.

    BTW kasian nih ts nya pertanyaannya bnyk yg ngulang. Ayo dibaca dulu komen2nya biar ga dobel2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mengetahui terakhir di bayarkannya dimana? sy cek d web, d atas saldo ada kolom, saldo per, misal saldo per 1 sept 2015, itu kah? jd 1 sept perusahaan masih bayarin?

      Hapus
    2. Ada info pembayaran terakhir dan nominalnya

      Hapus
  20. Siang.. mau tanya nich.. kalau yg bayar BPJS/Jamsostek itu adalah perusahaan, apa bisa karyawan yg sudah berhenti bisa mengambil JHTnya.. trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ia satu lagi ap pencairannya bisa di mana saja... seandainya karyawan BPJS awalnya di Jawa n tidak bkerja lagi.. apa bisa di ambil di daerah sumatra.. :)

      Hapus
  21. mas arizuna.. 2013 sy resign dr prusahaan pertama, agt 2015 sy resign dr prusahaan kdua, pas mau cairin jht, bpjs prusahaan pertama statusnya masih aktif, mau minta non aktifin k prusahaan g ada yg tau hrus gimana (prusahaannya skrg udh mau musnah), sy tnya k tmn sy yg cs bpjs cabang serang katanya bisa pake f1b, pas sy minta form f1b k bpjs cabang kota sy d blg ga bisa, hrus prusahaan lgsg yg nlfon buat non aktifin krtu sy, sy bingung nih mas, soalnya f1b hnya utk prusahaan yg nunggak, sdgkn yg sy katanya masih d bayarkan, pas sy tanya coba sy mau liat trakhir d bayarkannya kapan, dia blg g bisa d cek, ko aneh ya, trus taunya terakhir d bayarkan kapannya gimana, jd gimana ya jalan keluarnya mas, punya solusi kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bisa menonaktifkan memang cuma perusahaan dengan cara menutup akun dan menghentikan iuran.

      Kalau boleh tahu siapa yang bilang masih aktif, Mbak? Apakah petugas BPJS TK setelah melakukan cek? Kok kayaknya nggak mungkin dari 2013 sampai sekarang masih aktif. Berarti selama 3 tahun perusahaan terus memberikan setoran padahal Mbak sudah tidak bekerja. Iya bener kata Mbak, ini aneh.

      Datang saja ke kantor BPJS TK, Mbak. Tanyakan langsung tentang masalah yang Mbak alami..

      Hapus
  22. Surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan ke dinas ketenagakerjaan apa juga harus ada mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berhenti kerjanya setelah 1 September 2015, peraturannya memang harus membawa 'Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan'.

      Hapus
    2. Saya berenti kerja nya bulan agustus, tp di riwayat saldo terkhir setor bulan september. Yg bener yg mana mas? Kok saya dsuruh bikin surat kedinas tenagakerjaan..

      Hapus
  23. saya mau nanya gan..saya mempunyai 2 kartu jamsostek dari 2 pt yg berbeda.saya kluar agustus 2013.tapi saya sudah kerja lg..tp saya membuat bpjs tk baru.yang ingin saya tanyakan,apakah bisa saya ambil jamsostek saya yang 2 kartu di PT yg dulu?

    BalasHapus
  24. sama Mas, tadi pagi saya ke Rawamangun. dapat form yg ijo. dan suruh balik lagi bulan Januari 2016. hehehehe

    BalasHapus
  25. benar kata Mas Arizuna, saya dulu sempat pegang HRD dan mengurusi Jamsostek. karena sedikir kecerobohan saya, ada 3 karyawan yang resign masih tetap disetorkan. alhasil.... ya kena pembebanan saya :(

    BalasHapus
  26. thanks infonya..bermanfaat sangat :D
    boleh bertanya yak, COPY SURAT BERHENTI KERJA YANG DILAPORKAN PERUSAHAAN KE DISNAKER. ini termasuk peraturan baru per 1 september 2015 kah?...dan bgmn bl sy yg resign per 1 agustus 2015....perlu surat itu kah?....mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan resign sebelum 1 September 2015, tidak perlu surat dari disnaker.

      Hapus
  27. boss, kalau kk asli nya tidak ada karena di pakai adik saya bekerja di gojek sebagai jaminan di kantor gojek. tapi ada form/surat dari gojek bahwa kk asli nya sebagai jaminan. sedangkan saya sudah tidak bekerja,, apakah bisa cair??

    BalasHapus
  28. Mf mu tanya... peraturan pencairan jamsostek yg skrg.. d bates ga sampai kpn gt waktu ny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peraturan ini sudah final, jadi tidak akan ada perubahan lagi dalam waktu dekat ini...

      Hapus
  29. Kira" pratura ny d batas ga..waktu ny ampe kpn.

    BalasHapus
  30. mas arizuna nanya dong....kmrn tgl 10 september mw mengajukan claim bpjs tangerang tp trnyata antri...jd kt satpamnya yg menjelaskan dgn tdk ramah...kita mendaftar dl dgn cara menulis absen tuk kemudian dtng lg pd 21 oktober tuk pengisian formulir....apakah memang slama itu prosesnya mas????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Rata-rata memang lama, dari komentar pembaca di atas bahkan ada yang baru akan diproses tahun depan.

      Hapus
  31. Maaf gan, mw tanya... Istri saya mw ngambil JHT. Dia berhenti 1tahun yg lalu. Tapi baru di bikinin pakelaring bulan agustus 2015. Dan KTP pun msh KTP kampung. Kk pun masih bersama keluarganya. Soalnya Kami baru menikah belum punya Kk. Semua berkas untuk pengambilan JHT sudah lengkap dan saya jga sudah minta pom 5 dri cabang Bpjs terdekat. Tpi sya masih ragu kira2 bisa cair ga yah..? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya sudah daftar di kantor bpjs terdekat, di suruh datang krmbali tgl 28oct . lalu saya ngambil pom 5. Biar bisa di isi di rumah...? Itu ajh gan, maaf di sambung. Trims

      Hapus
    2. Maaf mas zuki saya bantu jawab. In syaa Allah bisa mas anto. asal persyaratan lengkap dan sesuai.yang penting data di KK dan KTP tdk beda.

      Hapus
  32. Thanks mas infonya
    Biasanya proses pencairan sampai ke rekening bank kita berapa lama.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa 4 hari hingga 2 minggu. Tergantung jenis bank-nya juga, Mas.

      Hapus
  33. Alhamdulillah adik saya berhasil mencairkan BPJS-nya, dengan 2 kartu yg sudah non aktif.
    Karena resign atas kemauan sendiri. Untuk pencairan adik saya diwakilkan oleh istrinya.
    Syarat untuk pencairan yg valid adalah :
    1. Kartu peserta yang asli
    2. KTP/SIM asli + copy 1 lembar
    3. KK asli + copy 1 lembar
    4. Surat keterangan kerja asli + copy 1 lembar
    5. Buku tabungan atas nama ybs bila ingin ditransfer asli + copy 1 lembar
    6. NPWP asli + copy 1 lembar jika saldo melebihi dari 50 juta

    (Untuk pengambilan yang dikuasakan hanya bisa yang terdaftar di kartu keluarga dan pembayaran diwajibkan via transfer)

    1. Surat kuasa di atas materai 6000
    2. KTP asli dan copy yang dikuasakan 1 lembar
    3. Form pencairan BPJS yang sudah dittd oleh tenaga kerja ybs

    Proses mudah dan cepat jika sudah memenuhi sesuai syarat.memang skrg sistemnya tdk bisa langsung, karena banyaknya tenaga kerja yg ingin mencairkan haknya. Cara pendaftaran kita dtg dulu utk mendaftar via satpam/petugas nanti akan diberi tahu kapan lagi kita mesti dtg utk mengajukan berkas.tiap kantor cabang punya cara pendaftaran beda2.proses pencairan -/+ 14 hari, tapi alhamdulillah adik saya dlm waktu 1 minggu sudah cair.
    Dan skrg juga sudah tdk perlu lagi menunggu masa kepesertaan 5th. Asalkan setelah 1 bln dr resign/PHK sudah bisa dicairkan.dan pastikan kartu BPJS anda sudah tdk aktif, karena kalo masih aktif tdk bisa dicairkan.kasusnya banyak yg sudah resign tp kartu masih dibayarkan oleh prshn.mohon di cek terlebih dahulu.

    In syaa Allah bermanfaat dan terima kasih banyak untuk web ini yang telah membantu kelancaran dan kemudahan kami mengajukan pencairan BPJS

    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah, Terima kasih banget Mas Danindra sudah berbagi pengalaman. Semoga rekan-rekan lain juga ikut membaca. :)

      Hapus
  34. @Jasman ... Sabar, Gan. Emang tidak diberikan nomor telepon untuk konfirmasi jika uang telat terkirim? Maklumin saja sekarang-sekarang ini arus keluar uang dari pihak BPJS TK ke rekening peserta jumlahnya trilyunan per harinya. Tapi yang jelas uang kita nggak bakal hilang.

    @Anon ... Mungkin kalau begitu trik-nya, bisa jadi bisa, Gan.

    BalasHapus
  35. Mending teman-teman jangan berkomentar di artikel ini lagi, karena komentarnya banyak yang nggak muncul. Jadi susah menanggapinya, hehe. Silahkan berkomentar di artikel-artikel JHT yang masih dikit komennya. :)

    BalasHapus
  36. Hai mas, berarti yang bisa cair JHT TK sama JKH Perusahaan kah?

    BalasHapus
  37. Hai mas, nerarti yang bisa cair itu JHT TK sama JKT Perusahaan ya ?

    BalasHapus
  38. Hai mas, nerarti yang bisa cair itu JHT TK sama JKT Perusahaan ya ?

    BalasHapus
  39. Pak saya mau mencairkan JHT saya lewat online di mana alamat aplikasinya yaa,,,makasih,,

    BalasHapus
  40. Pak saya mau mencairkan JHT saya cecara online gi mana caranya ,,makasih ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara Online hanya untuk pengajuan/klaim saja, sementara untuk proses pencairan harus datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan...

      Hapus
  41. maaf gan,mw tanya donk??klo perusahaan'y gulung tikar qt dpt surat pernyataan tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat pernyataan apa maksudnya, Gan?

      Kalau maksudnya Paklaring, itu tergantung kita. Kalau kita aktif meminta, mungkin saja dikasih...

      Hapus
  42. Mas Zuki, info donk klo klaim dana JHT milik ortu yg sdh wafat persyaratan.a apa sj ya? bs klaim lewat online gak kira2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pendaftran/pengajuan bisa lewat online. Tapi pada saat pencairan harus datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaaan.

      Bagi peserta BPJS TK yang sudah Meninggal Dunia. Uang JHT bisa diambil penuh oleh ahli waris.

      Dokumen-dokumen yang harus dibawa oleh ahli waris adalah sebagai berikut:

      1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan milik almarhum.
      2. Paklaring/Surat Keterangan dari perusahaan tempat almarhum bekerja.
      3. KTP/SIM almarhum.
      4. Kartu Keluarga.
      5. Surat keterangan kematian dari Rumah sakit/Kepolisian/Kelurahan.
      6. Surat Keterangan Ahli Waris dari Lurah/Kepala Desa setempat.
      7. KTP/SIM ahli waris.
      8. Buku Tabungan ahli waris.

      Dokumen-dokumen di atas difotocopy masing-masing satu lembar, dan wajib membawa dokumen aslinya.

      Untuk fotocopy Surat Kematian wajib dilegalisir oleh pihak Rumah Sakit/Kepolisian/Kelurahan. Begitu juga fotocopy Surat Keterangan Ahli Waris, juga wajib dilegalisir oleh pihak Lurah atau Kepala desa setempat.

      Hapus
  43. Malam, mohon infonya saya benar2 belum faham bang,
    1. Untuk klaim jht full kepersertaan jamsostek apakah bisa klaim di bpjs atau jamsostek dan bpjs itu sama saja yg jamsostek merubah nama menjadi bpjs ?
    2. Untuk klaim jamsotek jht full itu ada syaratnya yg salah satunya kk ( kartu keluarga ) apakah boleh jika kk yg saya miliki hanya yg fotocopy saja untuk menjadi syarat klaim, di karnakan kk yg asli sampe saat ini tidak di temukan semenjak alm. Ortu saya meninggal.
    Mohon bantuannya bang agar saya tidak ragu2 untuk mengklaimnya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sama. Jamsostek sekarang telah berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

      2. Tidak bisa hanya KK fotocopy, harus menyertakan aslinya. Jadi dibuat saja dulu KK yang baru.

      Hapus
  44. maaf mas sebelumnya tapi seandainya kebijakan 1 sep 2015 dana JHT memang benar bisa dicairkan tidak perlu menunggu 5 tahun.tapi tadi siang saya ke cab cikokol kota tangerang dan mereka bilang belum bisa karna belum 5 tahun?jdi yang bener yang mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih? Nanyanya ke siapa? Sejak 1 September kemarin, sudah jutaan orang yang berhasil mencairkan JHT tanpa menunggu masa kepesertaan 5 tahun..

      Hapus
  45. semua kelengkapan saya ada kecuali paklaring, ada ga solusinya selain paklaring gan ? apa saya harus minta ke depnaker ? saya udh berhenti per tanggal 1 Jully 2015 kemaren dan per 1 Agustus saya udah ga aktif, karna perusahaan sebelumnya di email dan di telfon ga ada respon, status saya juga masih aktif BPJS padahal per agustus sudah tidak aktif, mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus Paklaring sih. Intinya ada surat keterangan dari perusahaan, bahwa kita pernah bekerja di sana dan sudah berhenti. Tapi jika sekarang masih aktif menjadi peserta BPJS TK, uang JHT belum bisa diklaim, Gan.

      Hapus
  46. Saya krywn PT ritel ternama, sy risen per tgl 1 oktober 2015,sy sdng menunggu surt pklrik keluar dr PT tsb akn tetapi sy blm terima krtu bpjstk ny dr PT tsb dgn alasan blm tercetak,namun sy d janjikn akn d beri surat pengantar dr PT tsb untuk pncairn jht yg saya ingin tnyakan apkah bisa dgn cara itu sedangnkn salah satu prsyrtn adalah kertu bpjstk tsb ,,, apakah bs mz??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa jika tanpa membawa kartu BPJS TK yang asli, Mas. Karena itu sebagai bukti bahwa kita benar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Udah berapa tahun kerjanya, Mas? Kok kayaknya mustahil kartu BPJS TK-nya belum tercetak. Karena yang mencetak kartu bukan perusahaan tempat kita bekerja, melainkan pihak BPJS TK...

      Hapus
  47. Saya karywan dr ritel ternama ,sy risen per tgl 1 oktober 2015 ,namun saya blm terima krtu bpjstk tsb akn tetapi PT ritel tsb mnjanjikn akn ad surat pengantar untuk pncairn bpjstk ,sedangkn yg jd persyrtn adlah kartu bpjstk asli ny hrs ada ... apkah dgn cara itu bisa mz mohon pencerahanny......

    BalasHapus
  48. maasih gan, artikel diatas sudah mmbantu kegelisahan sejak dulu. tapi memang pas 5tahun sudah ane nunggu. berhenti kerja 2010 dan kabar bisa d cairkan setelah 1bulan berhenti kerja 2015 jadi pas 5tahun ane nunggu hahahaha gapapa semangat cairin duit sendiri biar ga seberapa. semoga blog'nya tetap jaya gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga, Gan, atas kunjungannya. Semoga uang JHT-nya bisa diproses dengan lancar.:)

      Hapus
  49. Pada tanggal 17 September 2015 kemarin ane dteng ke BPJS kota tangerang. Lg itu saya dteng jam 5subuh. Ternyata sudah ramai bnyak orang yg mnunggu.

    Setelah itu scurity menyuruh kita mengumpulkan berkas2 yg kita bawa.

    Setelah dikumpulkan. Kita akan dipanggil di kasih formulir dan tanggal kembali kita ke bpjs lg . kbetulan saya dapat tanggal kembali pada 20 Oktober 2015. Stelah saya dteng pada tgl 17 September. Tp saya belum tau apakah tanggal 20 oktober itu langsung cair atau menunggu lg. Smoga aja bisa lebih cepat dan hari itu juga cair.hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan tidak bisa langsung cair, Mas. Kebanyakan ditransfer ke rekening bank, dan akan masuk beberapa hari kemudian.

      Hapus
  50. gan mau tanya sya punya dua kartu bpjs bisa ga kedua2nya dicairin? kebetulan udah keluar kerja dari 2 perusahaan tersebut,, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Gan. Yang penting masing-masing kartu ada paklaring/Surat keterangan sudah berhenti kerja dari masing-masing perusahaan.

      Hapus
  51. Mas arizuna aku ada niat mau cairin dana jamsostek aku yg kebetulan dah 5thn,masalahnya saya sudah risain thn 2012,jamsos saya di mulai dr 2009,tp paklaring kerja hilang saat minta lg perusahaan yg dulu dah berganti management dan gak bs bantu buat paklaring kerja saya trus gmn tuh,apa saya bs tetap cairin dana jht saya?

    BalasHapus
  52. Gan, ane ud coba klaim online di bulan oktober ini. Ane resign bln agustus 2015. Tapi klaim ane ditolak karena belum melampirkan surat keterangan perusahaan ke disnaker setempat. Yg ingin ane tanya:
    1. Seharusnya utk resign sebelum 1 sept ga perlu surat keterangan disnaker kan?
    2. Bagaimana mendptkan surat disnaker tsb? Apakah dari hrd perusahaan atau harus karyawan sendiri yg mengurus ke disnaker?
    Thanks

    BalasHapus
  53. saya mengalaminya,.. kemarin saya datang kedua kalinya ke kantor BPJS wahid hasyim, untuk kembalikan form yg telah ditentukan utk prosesnya, pas saya dipanggil utk wawancara, officer mengecek semua data2 saya, dan ternyata sudah lengkap, eh.. pas dia cek di online BPJS, ternyata saya sudah didaftarkan kembali oleh perusahaan tmp sy bekerja yg baru, padahal sy baru bekerja 1 bulan,...officer menyarankan utk menggabungkan kartu bpjs nya dgn yg yg lama, utk mempermudah. yah jadi gagal cair deh, terpaksa nunggu lagi..

    BalasHapus
  54. yg masih aktif bekerja, tidak bisa cair,.. kemarin saya ditolak...hiks hiks

    BalasHapus
  55. Hai Arizuna , pada tgl 6 oct 2015 saya ke kantor jamsostek bekasi, dan ternyata antrianya parah,parahnya lagi saya dapat no antri 138 (tgl12 april 2016) baru bisa datang lagi kekantor jamsostek, apakah semua kantor jamsoster antriannya seperti itu? dan jika ada yang cepat di kantor jamsostek mana? . Takutnya peraturan bisa berubah lagi dan makin di persulit.tolong di jawab.thnks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ini rata-rata di semua kantor BPJS Ketenagakerjaan memang seperti itu antriannya, Mbak. Tenang saja, aturan 1 September kemarin itu udah final, jadi tidak akan ada perubahan lagi dalam waktu dekat ini...

      Hapus
  56. Mau . Nanya dong
    Ayah saya kan , seharusnya tanggal 15 kemarin cair ...
    tapi karena harus kerja ...
    Jadi sekarang mau ambil duit ...
    Tapi pas sudah sampe sana, kenapa dibilang telat ... dan harus diurus lagi bulan desember ...

    Kenapa harus seperti itu ???

    BalasHapus
  57. Gan klo mau nyoba bohong pura2 nganggur bisa gak dicairin uangnya ? Kasih pencerahan gan

    BalasHapus
  58. Permisi saya hanya ingin share aja.
    Saat ini saya tinggal menunggu transfer pencairannya dr Jamsostek/BPJS

    Berikut kronolgi yg saya hadapi.hehe... :

    Pada Tanggal 17 September 2015 saya mendatangi jamsostek Tangerang 1 yaitu di cikokol.

    Disana saya mengantri untuk mendapatkan tanggal antrian dan form yg harus kita isi. Pada tanggal itu saya cukup membawa foto copy ktp, fotocopy kartu kluarga, fotocopy paklaring dan kartu jamsostek. Yang asli nya nnti pas pada tanggal kembali yg tercantum.

    Dan saat itu saya mendapatkan antrian Tanggal 20 oktober 2015, untuk dteng kembali.

    Setelah tanggal 20 oktober 2015, saya dteng kembali, tepatnya hari ini. Persyaratan yg kita bawa sbb:

    - Fotocopy KTP dan yg Asli
    - fotocopy Kartu Jamsostek dan yg asli
    - fotocopy Krtu Kluarga dan yg asli
    - fotocopy paklaring dan yg asli
    - fotocopy Buku tabungan dan yg asli nama sendiri yah.

    Pokoknya yg asli dibawa deh.hehe....

    Setelah itu kita disuruh duduk. Dan nnti akan diambil smua dokumenya oleh scurity. Harap dokumen yg fotocopy dan yg aslinya disatuin dalam satu map.

    Nah udah gitu kita bakal dipanggil lagi untuk masuk keruangan. Yaitu ruangan proses pencairan. Nnti akan dipanggil oleh petugas jamsosteknya untuk interview seputas nama ibu kandung, trakhir kita berkerja, dan jabatan trakhir kita.

    Udah cuma itu aja sih. Oiya untuk pencairannya smua pake sistem transfer walaupun dana nya dibawah 5juta. Ga ada yg tunai saat itu juga. Cair nya juga 10hari paling cepet, 15 hari paling lama. Sama smua bank juga, mau BNI BRI Mandiri BCA dll.

    Itu Hanya peraturan yg ada di jamsostek Tangerang 1. Gak tau klo ditempat lain, mungkin bisa beda2 peraturanya. Dan syarat yg diatas itu berlaku yg berhenti berkerja sebelum 1 September 2015. Klo setelah itu ada dokumen tambahan yaitu surat dr diknaker klo gak salah yah.hehe...

    Dan satu lagi gan secara veryfikasi Sistem yg menjadi finalnya. Jd agan mau bohong udah gak kerja kek, atau apalah lah. Itu smua tercantum di sistem Jamsostek. Sebelumya bagi yg sudah tidak berkerja dan ingin mencairkan dana nya, telpon dulu call center jamsostek, kartu masih akti atau tidak. Klo masih aktif bakal ditolak gan, walaupun agan udah gak kerja. Krena perusahaan agan sbelumnya tidak melaporkan ke jamsosteknya klo agan sudah tidak berkerja diperusahaan itu lagi.

    Sekian dr ane gan. Smoga paham dan dapat dimengerti.hehe....

    BalasHapus
  59. temenq dah tidak bekerja selama 5 tahun kemarin mau ngambil JHT nya gak bisa alasanya berkasnya masih kurang yaitu surat ketrgn dr pabrik tp pabrik tidak bs mengeluarkan surat itu. harus gmn solusinya ya.

    BalasHapus
  60. min mw tanya,,,kan ada persyaratan mengisi surat sedang tidak bekerja dimanapun,, tapi kalau kasus y dy bekerja sbgai pegawai negri sipil gmna min??apakah msh bsa mencairkan uang JHT-nya

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. @arizuna. Mohon info cara dapetin tuh berkas tambahan yg ada tembusan"nya itu gimana? Sya udh 2x ditolak gara" gk punya tuh berkas..pdhal syarat udah komplit gini.

    BalasHapus
  64. Mohon info cara dapetin berkas tambahan selain kelima syarat tsb. Sya udh 2x ditolak gara" gk punya tuh berkas tambahan. Makasih mas mbak

    BalasHapus
  65. Mo share.. saya hari ini datang ke kantor jamsostek Daan Mogot untuk cairkan dana JHT saya, dikasih form dan baru bisa dikasih nomor tunggu kalau sudah isi form.. Selesai isi form, bapak tersebut kasih nomor tunggu dan ternyata itu nomor tunggu untuk datang kembali di tanggal yang tercantum di nomor tunggu tersebut alias tanggal 30 Nov yang akan datang... sebulan lebih lohhh. Astaga lama sekali ya..
    Apa semua kantor jamsostek seperti ini? tidak bisa dicairkan hari itu juga? mohon info bagi yang sudah mencairkan dana JHTnya, thank you sebelumnya

    BalasHapus
  66. Mbak proses pencairannya dimana?

    BalasHapus
  67. Misi mas mau tanya,
    Saya kan punya kartu jamsostek dr perusahaan lama, kemudian saya berhenti kerja karena kontrak habis
    Lalu saya kerja d pabrik lain dan buat kartu bpjs baru.
    Apa kartu yg lama bisa d cairkan?

    BalasHapus
  68. gan saya mei d phk tp masa kerja nya baru 4 tahun apakah bisa cair??

    BalasHapus
  69. Tanya mas, aturan yg dipakai itu bulan kita berhenti kerja atau terakhir setoran bpjs nya. Soalnya saya udah berenti kerja bln agustus, tp krn setoran terakhir tercatat bulan september saya dsuruh membuat surat pernyataan yg ada tembusan ke bpjs. Jd yg bener yg mana mas, bulan terakhir kerja atau bulan terakhir setoran? Makasih infonya

    BalasHapus
  70. Saya resign pertgl 31 Agustus 2015. Bpjs saya baru di non aktifkan 9 Sept 2015.
    Tgl 21 Oktober 2015 saya mengajukan klem Jht. Antri dari jam 1/2 7 pagi sampai jam1/2 5 sore saya baru di panggil, dan itu pun berkas saya di tolak.
    Alasan'a karena saya sdh termasuk resign di 1sept'15 karena bpjs sy di non aktifkan di sept, jd saya harus melampirkan surat pengunduran diri dr perusahaan yg di legalisir disnaker.

    Masalahnya sekarang, kantor tempat sy bekerja itu di Jakarta dan saya sudah pulang ke Palembang. Setau saya kantor tempat saya bekerja dl tidak pernah melaporkan karyawan'a k disnaker. Saya sdh hubungin kantor saya, tp blm dapet jawaban apakah surat tsb bisa diproses atau tidak.
    Jika kantor tempat saya bekerja dulu tidak mau proses surat tsb, saya harus bagaimana??? Saya tidak bisa klem uang saya selama 4,5 th saya kerja dong.
    Padahal saya sangat butuh sekali uangnya untuk modah usaha...

    Plis min, ada solusi gak untuk kasus seperti ini.

    BalasHapus
  71. Mas/mba mau tanya, waktu melegalisir ke disnaker apakah ditanya ttg persusahaan tempat anda kerja?
    Trus perusahaan lama tempat anda kerja apakah melaporkan karyawan'a ke dinaker?
    Kasusnya sama dengan saya...saya sdh ngajuin klem tapi di tolak...

    BalasHapus

  72. Mas/mba mau tanya, waktu melegalisir ke disnaker apakah ditanya ttg persusahaan tempat anda kerja?
    Trus perusahaan lama tempat anda kerja apakah melaporkan karyawan'a ke dinaker?

    Trus, cara melegalisirnya gmn? Soalnya kantor saya dl di Jakarta, tp sekarang saya sudah pulang ke palembang... Apakah bisa saya legalisir paklaring saya di palembang?

    BalasHapus
  73. kalo tidak ada no kpjnya bagaimana?

    BalasHapus
  74. mas mau tanya.. berhenti 25 sept 2015.. harusnya klo diliat persyaratannya saya sudah bs cairkan bener ga mas? sama pertanyaan satu lagi.. surat pengunduran diri dari perusahaan yg diteruskan ke disnaker.. kita bs dapet itu dr disnaker atau dr perusahaannya? thx

    BalasHapus
  75. Alhamdulillah saya berhasil mencairkan BPJS suami, dengan kartu yg sudah non aktif.
    Karena terkena PHK Juni 2014.
    Syarat untuk pencairan yg valid adalah :
    1. Kartu peserta yang asli
    2. KTP/SIM asli + copy 1 lembar
    3. KK asli + copy 1 lembar
    4. Surat keterangan kerja asli + copy 1 lembar
    5. Buku tabungan atas nama ybs bila ingin ditransfer asli + copy 1 lembar
    6. NPWP asli + copy 1 lembar jika saldo melebihi dari 50 juta

    (Untuk pengambilan yang dikuasakan hanya bisa yang terdaftar di kartu keluarga dan pembayaran diwajibkan via transfer)

    1. Surat kuasa di atas materai 6000
    2. KTP asli dan copy yang dikuasakan 1 lembar
    3. Form pencairan BPJS yang sudah dittd oleh tenaga kerja ybs

    Proses mudah dan cepat jika sudah memenuhi sesuai syarat.memang skrg sistemnya tdk bisa langsung, karena banyaknya tenaga kerja yg ingin mencairkan haknya. Cara pendaftaran kita dtg dulu utk mendaftar via satpam/petugas nanti akan diberi tahu kapan lagi kita mesti dtg utk mengajukan berkas.tiap kantor cabang punya cara pendaftaran beda2.proses pencairan -/+ 14 hari,
    Dan skrg juga sudah tdk perlu lagi menunggu masa kepesertaan 5th. Asalkan setelah 1 bln dr resign/PHK sudah bisa dicairkan.dan pastikan kartu BPJS anda sudah tdk aktif, karena kalo masih aktif tdk bisa dicairkan.kasusnya banyak yg sudah resign tp kartu masih dibayarkan oleh prshn sehingga masih aktif.mohon di cek terlebih dahulu.

    In syaa Allah bermanfaat dan terima kasih banyak untuk web ini yang telah membantu kelancaran dan kemudahan kami mengajukan pencairan BPJS

    Wassalam

    BalasHapus
  76. Mau tanya Pak,
    Kantor dimana saja bisa kan ya ? apa musti sesuai dengan tempat kita Tinggal?
    Terimakasih

    BalasHapus
  77. Klo paklarin gk ada/hilang gmn gan?
    Tolong pencerahan ny. Tq

    BalasHapus
  78. Klo paklarin gk ada/hilang gmn gan?
    Tolong pencerahan ny. Tq

    BalasHapus
  79. saya baru cairin bpjs saya nilainya di bawah 10 jt tapi ditransfer..

    BalasHapus
  80. Gan mw tanya klw gak pakek ke depnaker bisa gak ya sama tabungan istri klw persaratan lain.na lengkap sudah

    BalasHapus
  81. Permisi, sy muhammad kahfi.

    Saya sdh bekerja 2 thn periode april 2013-april 2015 skrg sdh berhenti.
    1. Apakah sdh bisa diambil saldonya?
    2. Terjadi perbedaan nama di bpjs, pada thn 2014 atas nama sy sndiri muhammad kahfi dan di tahun 2015 berganti nama muhammad ishra, tetapi no kpj nya tetap tidak berubah. Apakah ada kendala saat proses pencairan saldo apabila beda nama?

    Mohon bantuanya.

    BalasHapus
  82. Permisi, sy muhammad kahfi.

    Saya sdh bekerja 2 thn periode april 2013-april 2015 skrg sdh berhenti.
    1. Apakah sdh bisa diambil saldonya?
    2. Terjadi perbedaan nama di bpjs, pada thn 2014 atas nama sy sndiri muhammad kahfi dan di tahun 2015 berganti nama muhammad ishra, tetapi no kpj nya tetap tidak berubah. Apakah ada kendala saat proses pencairan saldo apabila beda nama?

    Mohon bantuanya.

    BalasHapus
  83. Mas, Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. ini masih kewajiban perusahaan kita dulu atau tenaga kerja yang urus? please email jawaban segera ke fachru89@gmail.com mohon bantuannya

    BalasHapus
  84. Gue mau tanya donk min, Gue terdaftar jamsostek di perusahaan A telah resign dan sudah mendapat packlaring, Tapi sekarang posisi sudah bekerja lagi diperusahaan B yg gak mendaftarkan jamsostek/BPJS, masih bisa dicairkan?

    BalasHapus
  85. Terus boss dari mulai pencairan, transaksi transfer bisa hari itu juga? atau nunggu berapa minggu / bulan??

    BalasHapus
  86. Maaf agan Arizuna,kalo KTP udah pindah,gmn gan ,alamat kartu jamsostek beda sama alamat KTP,apa ada tambahan yg perlu dilengkapi gan?terima kasih seblumnya

    BalasHapus
  87. Maaf agan Arizuna,mau nanya misalkan alamat KTP sekarang beda sama alamat yg di kartu jamsostek,terus gimana?apa harus ada kelengkapan surat lainya gan?terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  88. Terima kasih infox, sangat2 membantu, berhubung pada bulan juli pengajuan klaim saya ditolak, dan ternyata ada perubahan di bulan september, tp tdk ada konfirmasi dr pihak bpjs ketenagakerjaan kabupaten bone

    BalasHapus
  89. terima kasih ats infox, berhubung pd bulan juli pengajuan klaim sy di tolak dgn alasan kena aturan baru....dan ternyata ada perubahan pd bulan september....
    semoga bisa

    BalasHapus
  90. mau tanya kalau misal saya sudah resign 1 thun yang lalu, tp kartu bpjs masih da, gt bisa diambil gak?? trus cara ngambilnya pa harus dtang ke mantan perusahaan saya dulu untuk meminta surat pngunduran diri saya dulu???

    BalasHapus
  91. Kalau pindah kerja bagusnya buat BPJS baru atau lanjut dari perusahaan sebelumnya mas...Kirain harus cair nunggu umur 50 tahun. baru bisa di cairkan...

    BalasHapus
  92. Saya mau tanya mas waktu pendaftaran awal bpjs 2012 saya masih ikut KK bareng ortu dan skrg saya sudah berkeluarga sendiri.yg saya mau tanya kalo saya mau klaim bpjs apakah harus pake KK yg masih breng ortu apa pakai KK yg sekarang sudah berkeluarga sendiri?mohon infonya trimakasih.

    BalasHapus
  93. terima kasih mas infonya... saya udah resign dari 2012 dulu... sekarang saya lagi butuh dana buat tambahan modal wiraswasta.. semoga bisa dicairkan

    BalasHapus
  94. Katanya harus ada surat pemberhentian dari disnakertrans yang dikeluarkan oleh perusahaan kita.Apa iya mas?

    BalasHapus
  95. Saya mau tanya pas waktu daftar bpjs saya masih ikut KK breng keluarga dan sekarang saya sudah berkeluarga sendiri dan saya inginencairkan dana jamsostek kira" saya pakai KK yg masih bersama keluarga org tua atau KK keluarga saya sendiri?mohon infonya

    BalasHapus
  96. jadi jika kasusnya seperti ini, lebih baik bilang tidak sedang bekerja ya?

    BalasHapus
  97. Di bpjs jl haji juanda jakarta, datang hari ini, pencairan harus daftar antrian untuk 31 desember 2015. Lama banget, kirain datang sehari beres...

    BalasHapus
  98. Saya mau tanya, saya kan ikut jamsostek sejak 2008, Mulai awal tahun 2016 kan ganti ǰαϑΐ BPJS, tetapi kartu saya masih yg lama yaitu kartu BPJS, sekarang saya di PHK dr tempat saya bekerja, Apakah Uang JHT saya bisa cair 1 bulan ke depan dgn kartu Jamsostek lama yg saya miliki???

    BalasHapus
  99. Pak maaf saya mau tanya kan saya udah cairin dana jamsostek dri tgl 4 kira2 kpn y cairnya

    BalasHapus
  100. Mas,saya mau tanya.kalo alamat di ktp sama kk beda dipermasahkan ga pas pencairan?

    BalasHapus
  101. Pak saya kan udah cairin dana jamsostek dri tgl 4 kira2 kpn y kluar_a

    BalasHapus
  102. paklaring tu apa ya . .perlu surat pengantar dari perusahaan gak tu mbak

    BalasHapus
  103. maaf mau tanya kli punya 2 kartu bpjs dgn perusahaan yg berbeda tetapi hanya ada satu pakelaring dr perusahaan lama yg dr perusahaan baru nya blm sempat d ambil karena kondisi saya sejarang sakit.dan apa bisa pengajuan proses pencairan itu d lakukan oleh keponakan saya.karena kondisi saya sakit dan tidak bisa datang ke kantor bpjs.sementara saya sangat memerlukan uang itu untk pengobatan saya.mohon ifonya pa terimakasih

    BalasHapus
  104. maaf mau tanya kli punya 2 kartu bpjs dgn perusahaan yg berbeda tetapi hanya ada satu pakelaring dr perusahaan lama yg dr perusahaan baru nya blm sempat d ambil karena kondisi saya sejarang sakit.dan apa bisa pengajuan proses pencairan itu d lakukan oleh keponakan saya.karena kondisi saya sakit dan tidak bisa datang ke kantor bpjs.sementara saya sangat memerlukan uang itu untk pengobatan saya.mohon ifonya pa terimakasih

    BalasHapus
  105. maaf saya mau tanya saya punya 2 kartu bpjs tetapi saya hanya punya 1 pakelaring dr perusahaan yg lama.sementara dr perusahaan yg baru blm d ambil karena kondisi saya sekarang sakit dan perusahaan nya berada di jakarta sementara saya skrng tinggal d bdg.apa bisa cair dn tersebut?dan apa bisa proses pencairan nya d lakukan oleh keponakan saya krn saya tdk bisa dtng langsung k kantor bpjs kondisi saya sakit keras dan tdk memungkinkan utk k kantor bpjs.tolong info nya terimakasih

    BalasHapus
  106. maaf saya mau tanya saya punya 2 kartu bpjs tp yg ada pakelaring cuma 1 dr perusahaan lama.sementara dr perusahaan baru saya blm sempat ambil krn kondis saya sakit dan saya berhenti bekeja pun karena saya sakit.apakah dn itu bisa cair?dan apakah proses pengajuan nya bisa d lakukan oleh keponakan saya yg dtng ke kantor bpjs nya?karena saya sakit dan tdk.memungkinkan bisa dtng ke kantor bpjs.mohon info nya pa terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila sakitnya parah, pencairan JHT bisa diwakilkan oleh orang lain. Dengan syarat membawa surat kuasa, surat keterangan sakit dari dokter, dan buku tabungan yang dibawa adalah buku tabungan milik anda. Hanya kartu yang dilengkapi paklaring yang bisa dicairkan...

      Hapus
  107. maaf saya mau tanya saya punya 2 kartu bpjs tp yg ada pakelaring cuma 1 dr perusahaan lama.sementara dr perusahaan baru saya blm sempat ambil krn kondis saya sakit dan saya berhenti bekeja pun karena saya sakit.apakah dn itu bisa cair?dan apakah proses pengajuan nya bisa d lakukan oleh keponakan saya yg dtng ke kantor bpjs nya?karena saya sakit dan tdk.memungkinkan bisa dtng ke kantor bpjs.mohon info nya pa terimakasi

    BalasHapus
  108. Mas mau tny dong, klu kt dah krj dr 2011- nov 2015 ..apakah bs d cairkan d bln desember atau januari? Dan apakah bs lngsung cair dananya? Krn sy denger dr sepupu sy ktnya setelah 6 bln dr pengajuan br bs cair? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mas. Karena sekarang ini antriannya setiap hari padat, jadi kemungkinan besar tidak bisa langsung cair, menunggu beberapa hari, tidak sampai berbulan-bulan...

      Hapus
    2. Bisa, Mas. Karena sekarang ini antriannya setiap hari padat, jadi kemungkinan besar tidak bisa langsung cair, menunggu beberapa hari, tidak sampai berbulan-bulan...

      Hapus
  109. Mas ari klo utk legalisir surat disnaker ini apa bisa sy urus sendiri krn kan hanya minta stempel cap disnaker? Atau hrs perusahaan?

    BalasHapus
  110. jika pekerjanya status beristri, pd saat pengajuan pencairan bpjs tsbt photo copy ktp n tanda tangan istri diperlukan jg ?

    BalasHapus
  111. saya kan punya 2 paklaring boleh gk pakek paklaring yg lama untk mengklaim jht karna paklaring yg baru keluar ny tanggal 22 september sdangkan paklaring ny gk ada keterangan dari depnaker...trimsksh

    BalasHapus
  112. Jadi kalau resign nya dari september 2014 ga bisa claim dong..
    :')

    BalasHapus
  113. Mohon pencerahannya dong gan..
    Saya sudah memahami peraturan terbaru syarat dan ketentuan pencairan dana jamsostek jht..
    Saya pun berencana ingin mencairkanya.
    Tapi kenapa dipersulit ya?kronologi nya gini tgl 17 september 2015 saya terkena PHK dan gaji terakhir saya terima 1 oktober 2015.
    Setelah saya menunggu 1bulan saya bertanya pada ex kantor dimana saya berkerja kantor memberi keterangan sama sperti ketentuan peraturan jamsostek tapi kantor juga bilang,penonaktifan jamsostek tergantung pihak jamsostek...WHY???setelah itu,saya ke kantor jamsostek cabang di surakarta untuk mencairkan dana jht pada tgl skitar awal november 2015,,,saya menanyakan hal tersebut pada cabang jamsostek tapi mereka menjawab penonaktifan setelah 1 bulan tidak berja..lha padahal sudah 2 bulan..tapi masih aktif..
    Saya pun kecewa dan akhirnya pulang,,setelah pertengahan november saya pun menanyakan pada ex kantor saya itu jawabanya pun masih sama,,,dan saya kembali ke kantor cabang jamsostek surakarta...sakhirnya saya bertemu dengan atasan jamsostek dia bilang paling setelah tanggal 15 november sudah nonaktif dan sudah bisa diambil..tapi kenyataanya sampai sekarang masih aktif..
    Sebab saya sudah mendaftar jamsostek online...dan tiap hari saya cek,,,statusnya masih aktif.
    Seharusnya kan sudah dinonaktifkan..karna sudah lebih dari 1 bulan seperti ketentuan jansostek.
    Sebenarnya ada apa dengan semua ini?
    Langkah seperti apa yg harus saya lakukan gan?
    Saya merasa dipersulit.

    BalasHapus
  114. Siang pak/bu mau tanya, sy punya 2 kartu jamsostek dg 2 perusahaan yg berbeda, klo sy mau claim pakai kartu yg lama (perusahaan lama) atau yg baru (perusahaan baru) karna perusahaan lama itu di jawa sedangkan sy skrg ada di jayapura. bisa di claim di jamsostek jayapura kah? terus Paklaring ini maksud'x apa? srt resign sj sdh cukup sbgai syarat claim atau pakai srt pengalaman kerja? trm ksh

    BalasHapus
  115. Malam maz Arizuna, mau tanya ni, saya resign dr perusahaan agustus 2015, perusahaan baru menonaktifkan bulan november 2015 ini, setelah saya ajukan pencairan ditolak oleh kantor bpjstk dikarenakan kurang surat dr perusahaan yg dilaporkan ke disnaker, apa sebenarnya memang perlu? Bukankah peraturannya yg berhenti bekerja per september? Sedangkan saya berhenti per agustus,mohon penjelasannya,,

    BalasHapus
  116. Mau nanya. Ni.. Gimana kalau packlaringnya hilang.. Apa perlu di buat surat kehilangan dri kepolosian?

    BalasHapus
  117. persyaratannya. Seperti:

    1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
    2. Paklaring.
    3. KTP atau boleh juga SIM.
    4. Kartu Keluarga.
    5. Buku Tabungan.
    Jika nomor 2 di atas saya udah hilang.. Apa perlu di buat surat kehilangan.. Dari kepolisian?.. Mohon bantuanya mas ari

    BalasHapus
  118. apakah untuk paklaring kerja di wajibkan untuk minta cap/stempel dari DISNAKER...........?????????terima kasih

    BalasHapus
  119. Mbak... apabila perusahaan tidak membayar iuran jamsostek slama 1 bulanm apakah jamsostek kita akan non aktif statusnya?
    lalu bagaimana jika perusahaan tidak memberi surat plakering dan keterangan berhenti kerja karena kita risend? Jamsostek gak bisa diambil ya mb?

    BalasHapus
  120. Penonaktifan kartu jamsostek itu dilakukan oleh perusahaan tempat kita bekerja atau secara otomatis dari pihak jamsostek jika perusahaan tidak membayar iuran mb?

    BalasHapus
  121. Maaf bos untk mslah pklaring kan sya buat sndri alias scanan sndiri coz gdi kasih sma pt bkas sya krja.itu bkal jdi mslah gak??
    Dan sya msuk jamsostek januari 2011-septmber 2015.bsa cair gak bos???mhon pnjlasannya

    BalasHapus
  122. Sorry mau tanya nih !
    Klo data saya lengkap ,
    Tp di KK saya cm ada saya doank , tidak ada ortu/lain lainnya,,cuma saya doank,
    Kira kira untuk pencairannya ? Bisa / tidak yah?
    Bisa / tidak yah untuk pencairannya?
    Terima kasih
    Mohon balasannya

    BalasHapus
  123. Sy kemarin ke jamsostek utk mncairkn jht sy, sy bw dokumen seperti yg agan informasikan, sebagai syarat pencairan, al hasil d tolak krn krg 1 dokumen, yaitu foto copy perusahaan terakhir bekerja ke disnaker, yaitu surat keterangan lapor tdk bekerja ke disnaker, dan itu syarat mutlak per 1 september. Perusahaan sy mnta copyannya, mlah mngarahkn sy ke disnaker lngsung untuk melegalisir packlaring dan meminta surat keterang tsb k disnaker. Kalo birokasi d permudah tentu akan mudah bagi kita, tp kenyataannya birokasi masihlah sulit. JHT adalah hak kita, tp spertinya pemerintah enggan utk mnyerahkn hak kita, dgn byk revisi persyaratan.

    BalasHapus
  124. Mau tanya ni mas sy udah berhenti bkerja okt 2015 pas sy mau nyairin bln nov 2015 ktanya msh aktif,apa skrg des 2015 udh bsa cair? Maaf soalnya malas bolak blik ke jamsostek jauhhh

    BalasHapus
  125. Mas mau tanya saya udah mengundurkan diri pada okt 2015 pas mau nyairin jht nov kmaren lum bsa kata petugase masih aktif trus apakah bsa sya cairkan des ini?mksh jawabanya

    BalasHapus
  126. Sy kemarin ke jamsostek utk mncairkn jht sy, sy bw dokumen seperti yg agan informasikan, sebagai syarat pencairan, al hasil d tolak krn krg 1 dokumen, yaitu foto copy perusahaan terakhir bekerja ke disnaker, yaitu surat keterangan lapor tdk bekerja ke disnaker, dan itu syarat mutlak per 1 september. Perusahaan sy mnta copyannya, mlah mngarahkn sy ke disnaker lngsung untuk melegalisir packlaring dan meminta surat keterang tsb k disnaker. Kalo birokasi d permudah tentu akan mudah bagi kita, tp kenyataannya birokasi masihlah sulit. JHT adalah hak kita, tp spertinya pemerintah enggan utk mnyerahkn hak kita, dgn byk revisi persyaratan.

    BalasHapus
  127. Syarat nya apa aja sih,, klo mau ke kantor disnaker

    BalasHapus
  128. Saya mau nanya mas,kan saha habis kontrak bulan september akhir,kemarin saya k kantor bpjs kt untuk mencairkan dana jht itu.nah pas pengecekan berkas ko saya ditolak karna gk ada surat pengunduran diri dari perusahaan padahal kan paklaring saya ada.dan saya habis kontrak bukan mengundurkan diri

    BalasHapus
  129. Saya mau tanya mas,kmarin saya k kantor bpjs kt untuk mencairkan jht itu.saya habis kontrak akhir september kemarin.pas saya menunjukan berkas"nya katanya kurang surat pengunduran diri dari perusahaan.sedangkan saya kan habis kontrak bukan mengundurkan diri.dan paklarinnya ada

    BalasHapus
  130. Saya mau tanya mas,kmarin saya k kantor bpjs kt untuk mencairkan jht itu.saya habis kontrak akhir september kemarin.pas saya menunjukan berkas"nya katanya kurang surat pengunduran diri dari perusahaan.sedangkan saya kan habis kontrak bukan mengundurkan diri.dan paklarinnya ada

    BalasHapus
  131. Saya dapat info dari Agen Kerja saya bahwa Surat Keterangan Kerja per Oktober 2015 ini harus dilegalisir dulu oleh Disnaker. Apakah benar demikian? Terima kasih.

    BalasHapus
  132. Mau nanya saya sudah resign dr tmpt saya bekerja saya mau cairkan dana tp. Harus di sertakan kop surat untuk ke disnaker ttpi di peraturan di jht tdk ada
    Gmn ya mas
    Tolong jawaban nya

    BalasHapus
  133. admin,kalo KK cma fotocopy doank bisa ga y?,karena saya bikin KTP/KK dah mo 1th ga jadi2, kira2 bisa ga cairkan jhtnya????

    BalasHapus
  134. Min, KK asli aku ilang... yang ada cuman copyanx doank.. gmna tuh? Bisa nggak yah??

    BalasHapus
  135. Ayah saya masih bekerja . Dan usia nya sudah 55 th. Punya kartu jamsostek sudah lebih dr 20 th. Apa bisa d cairkan 100%? Terima kasih

    BalasHapus
  136. KLO PENCAIRAN LEWAT INTERNET ,BAGAIMANA CARANYA BOS?

    BalasHapus
  137. klo pencairan lewat internet bagaimana caranya bos?

    BalasHapus
  138. gan kartu jamsostek saya hilang sya cuma inget no kpj nya ajh apakah bisa saya cuma buat surat keterangan kepolisian buat gantiin kartu jamsostek yang ilang apa saya perlu ngajuin kartu yang baru k kantor ny

    BalasHapus
  139. kartu saya ilang pakah bisa langsung pengajuan tanpa bawa kartu jamsostek cuma bawa surat kehilangan dari kepolisisan saja mas

    BalasHapus
  140. Selamat malem gan,,sy mw nanya,,pentransferan dana jht ke rekening sy ko lama sekali ya gan?,,sy di janjikan hrs menunggu transfer dananya sekitar kurang lebih 30hari gan,,sy mencairkan jht nya di cabang bpjs wijaya gan,,

    BalasHapus
  141. Bagaimana cara menon aftifkan bpjs ketenagakrjaan min..saya risegn 21 okt.tp kta bpjs na msi aktif..

    BalasHapus
  142. Bagaimana cara menon aftifkan bpjs ketenagakrjaan min..saya risegn 21 okt.tp kta bpjs na msi aktif..

    BalasHapus
  143. Bagaimana cara menon aftifkan bpjs ketenagakrjaan min..saya risegn 21 okt.tp kta bpjs na msi aktif..

    BalasHapus
  144. Bagaimana cara menon aftifkan bpjs ketenagakrjaan min..saya risegn 21 okt.tp kta bpjs na msi aktif..

    BalasHapus
  145. Bagaimana cara menon aftifkan bpjs ketenagakrjaan min..saya risegn 21 okt.tp kta bpjs na msi aktif..

    BalasHapus
  146. saya sudah berhenti kerja 2012..dan saya bekerja bru 7 bln dan saya resign..apakah bs cair gan ?

    BalasHapus
  147. siang gan, saya berhenti bkerja 2012.
    say bru bekeeja bru 7 bln apakah bs d cairkan gan ?
    trims gan

    BalasHapus
  148. gan saya resign 2012tp masa krja cm 7 bln.
    bs di cairkan gan ?

    BalasHapus
  149. Apa keikutpesertaan baru 3 tahun bisa cair? Dan pencairanya apa harus di hari kerja?

    BalasHapus
  150. Berapa hari yah pencairan dana jamsostek?

    BalasHapus
  151. Min mau tanya dong, kalo tempat lahir di ktp sama kk beda gimana yaa, apa bisa pakai akte??

    BalasHapus
  152. mau tanya ni
    apakah bisa berhenti jadi peserta jht secara otomatis

    thanks

    BalasHapus
  153. mau tanya ni
    apakah bisa berhenti jadi peserta jht secara otomatis

    thanks

    BalasHapus
  154. Ka Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan apakah maksudnya itu paklaring ?

    BalasHapus
  155. Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan apakah maksudnya paklaring ?

    BalasHapus
  156. Min mau tanya, kan saya sblmnya kerja di bank bumn tp ikut outsourcing, setelah itu keluar dr outsourcing krn ketrima di pekerja tetap di bank bumn yg sama, tapi nomor keanggotaan jamsostek saya berbeda dgn yg di outsourcing dulu. Apa yg outaourxing bisa dicairkan? Kan nomor pesertanya berbeda?

    BalasHapus
  157. Min mau tanya, kan saya sblmnya kerja di bank bumn tp ikut outsourcing, setelah itu keluar dr outsourcing krn ketrima di pekerja tetap di bank bumn yg sama, tapi nomor keanggotaan jamsostek saya berbeda dgn yg di outsourcing dulu. Apa yg outaourxing bisa dicairkan? Kan nomor pesertanya berbeda?

    BalasHapus
  158. gan,,kalo gax ada surat pengunduran diri bisa gax ya,,,mau cairin jamsostek,,,tpi pas keluar dari perusahaan ana cabut gt ajha ,,,gmn yax

    BalasHapus
  159. gan,,kalo gax ada surat pengunduran diri bisa gax ya,,,mau cairin jamsostek,,,tpi pas keluar dari perusahaan ana cabut gt ajha ,,,gmn yax

    BalasHapus
  160. gan,,kalo gax ada surat pengunduran diri bisa gax ya,,,mau cairin jamsostek,,,tpi pas keluar dari perusahaan ana cabut gt ajha ,,,gmn yax

    BalasHapus
  161. sekedar cerita
    tadi pagi saya pergi ke salah satu kantor jamsostek di area bogor. niatan saya, untuk mencairkan uang jamsostek saya selama saya bekerja kurang lebih 6 tahunan. karena sekarang saya sudah tidak sebagai karyawan swasta lagi namun wiraswasta.

    sebelum saya kekantor jamsostek, saya baca2 artikel dan komentar dari publik di media internet, yang mengatakan "dana jamsostek dapat dicairkan setelah 1 bulan resign dari perusahaan dengan dengan persyaratan .....". dan peryaratan itu sudah saya persiapkian semuanya.
    setelah saya sampai dikantor jamsostek, kira - kira jam setengah 7 pagi, sudah banyak yang mengantri. dengan jumlah antrian sebelum pos pelayanan sangat banyak, belum juga yang ada di dalam ruangan pelayanan. gk papa, sebagai warga negara yang baik, saya ikut mengantri dengan tertip

    namun saya kecewa saat giliran saya dapat antrian, saya dimintai KTP dan surat jamsostek asli, dan data saya ditulis di lembar "jadwal klaim jaminan hari tua" hanya ditulis disitu, tidak ada pentadataan valid. setelak itu dengan penjelasan yang tidak jelas oleh petugas,"bapak balik lagi kesini tanggal 21 juni 2016" kata -kata itu mencengangkan saya, karena berbeda dengan keterangan di media sosial bahkan keputusan m*ntr*. ini yang benar yang mana,???

    saya tunggu beberapa saat disitu dan tanya dengan petugas lain dengan jawaban yang sama. setelah itu saya ngobrol dengan beberapa orang yang punya kepentingan juga disitu. sama seperti yang saya rasakan. kecewa. dan "ogah ngurus lagi, ribet" kata salah satu orang disitu.

    dari sini saya baru ngerti kenapa ada dana tak bertuan dan jumlahnya sangat besar disini. itu alasannya

    BalasHapus
  162. permisi pak...bgini pak..mau nanya tentang jamsostek..kan saya bekerj di salah satu cv. sudah berjalan 7 tahun. saya punya kartu jamsostek...selama 7th d potong cuma 2 _3 th..sampe sekarang sudah gk di potong..atau gk ada ceritanya lagi...apakah bisa jamsostek saya dapat d cairkan pak.trims

    BalasHapus
  163. kalo engga punya buku tabungan gimana sist, soalnya saya gajian menggunakan rekening payroll bukan pake buku tabungan

    BalasHapus