Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mulai 1 September 2015, Bagi yang Sudah Berhenti Kerja Uang JHT Bisa Cair 100%

Info terbaru bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang sudah berhenti kerja atau ter-PHK dari perusahaan minimal satu bulan, mulai 1 September 2015 nanti uang JHT (Jaminan Hari Tua) bisa diambil penuh alias seluruhnya. Setelah sebelumnya untuk bisa mencairkan 100% harus menunggu sampai 56 tahun, atau ketika mengalami cacat total tetap, atau ketika sudah meninggal dunia.

Revisi ini jelas merupakan kabar gembira nan bahagia bagi peserta BPJS TK, baik yang sudah tidak bekerja maupun yang masih aktif bekerja. Buat yang sudah berhenti bekerja, tentu mulai awal September nanti sudah bisa mengambil uang JHT-nya. Sedangkan bagi yang masih bekerja ini juga kabar yang melegakan, karena jika sewaktu-sewaktu berhenti kerja, tidak perlu berlama-lama cukup satu bulan menunggu sudah bisa mengklaim dana JHT-nya. Iya, akhirnya pemerintah mau merubah lagi Peraturan Pemerintah no 46 tahun 2015 tentang persyaratan pengambilan uang JHT.

Dalam revisi terbaru ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah berhenti bekerja plus masa tunggu satu bulan, uang JHT sudah bisa langsung dicairkan. Tidak perlu menunggu-nunggu lagi sampai masa kepesertaan mencapai 10 tahun, atau ketika sudah berumur 56 tahun, seperti yang sempat dirilis dalam peraturan 1 Juli 2015 beberapa waktu lalu.

Baca Juga: (Cara Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek 2016)

BPJS Ketenagakerjaan Jamsostek
Pict by BPJS Ketenagakerjaan Facebook Page

Prosedur pencairan uang JHT yang dibatasi hanya 10% untuk persiapan pensiun, 30% untuk biaya perumahan, dan 100% ketika sudah berumur 56 tahun, itu nantinya hanya berlaku bagi peserta-peserta BPJS TK yang masih aktif bekerja. Sementara yang sudah berhenti bekerja, uang JHT bisa diambil sepenuhnya.

Revisi peraturan baru pembayaran dana JHT ini disampaikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, bapak Hanif Dzakiri, pada hari kamis, 20 Agustus 2015. Beliau mengumumkan, para pekerja yang terkena PHK atau yang sudah berhenti bekerja bisa mencairkan uang Jaminan Hari Tua-nya sebulan setelah berhenti bekerja.


Jadi buat teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah berhenti kerja, entah karena mengundurkan diri (resign) atau pun diberhentikan (PHK), mulai awal September nanti sudah bisa mengambil semua saldo JHT-nya.

Selain harus sudah berhenti bekerja setidaknya satu bulan, tentu saja jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratannya. Seperti:

1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
2. Paklaring.
3. KTP atau boleh juga SIM.
4. Kartu Keluarga.
5. Buku Tabungan.

Dokumen-dokumen tersebut difotocopy masing-masing satu lembar dan wajib menyertakan dokumen yang asli. Kurang salah satu saja, pengajuan klaim dana JHT bisa ditolak.

Untuk tata cara pencairannya sepertinya masih sama seperti biasanya. Mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, mengisi formulir pengajuan klaim JHT, menandatangani surat pernyataan sedang tidak bekerja di perusahaan manapun, ceklis kelengkapan berkas, panggilan wawancara, difoto dan terakhir transfer seluruh saldo JHT ke nomor rekening bank. Jangan sungkan bertanya kepada petugas BPJS TK jika ada hal-hal yang membingungkan ataupun tidak dimengerti. Mereka ramah-ramah kok.

Demikian saja informasi terbaru seputar syarat dan tata cara pencairan uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Semoga teman-teman peserta BPJS TK yang hampir dua bulan ini dibuat jengkel oleh peraturan 1 Juli 2015, bisa sedikit lega atas kabar baik ini. Dan semoga pula, setelah revisi kali ini, tidak ada perubahan-perubahan peraturan lagi yang justru membuat marah rakyat banyak.

Terima kasih sudah membaca. Silahkan bagikan artikel ini biar teman-teman yang lain juga mengetahui kabar gembira ini. ^^

Mohon Perhatian. Mengingat komentar di artikel ini sudah terlalu banyak dan sulit dibuka, buat teman-teman yang masih ingin bertanya jawab seputar pencairan dana JHT, silakan masuk ke sini => Diskusi Seputar Pencairan JHT dan Segala Informasi Tentang BPJS Ketenagakerjaan

523 komentar untuk "Mulai 1 September 2015, Bagi yang Sudah Berhenti Kerja Uang JHT Bisa Cair 100%"

  1. mba sya mw bertnya, sya kan berhenti bekerja pda tgl 10 agutus 2014, apakah uang jht msh bisa di cairkan.. ?
    dan sya stu lagi bila sya ingin perpanjang krtu tersebut msh bisa tidak, meski sya blm bekerja kembali. tpi sya membayar.nya stiap bulan bisa tidak
    ?? tolong jwb

    BalasHapus
  2. gan saya resign dr perusahaan th 2014 tp selama kerja saya g ada dikasih kartu jamsosteknya... gimana caranya ya gan, SK pemberhentiannya ada ??
    menurut agan gmn? thx

    BalasHapus
  3. Bisa dicairkan dmn saja kah. Br harus lampirkan kk dmn ktp dmn kita mengurus kah.

    BalasHapus
  4. Mau tanya apakah proses pencairannya lama??

    BalasHapus
  5. Mas mau tanya klo klaim jamsostek lama,tapi saya ada bpjs baru, itu kira2 bisa ngg? bpjs yg baru tidak saya cantumkan no peserta jamsostek yg lama ?

    BalasHapus
  6. kan pertanggal satu september syaratnya d tambah lagi harus pake cap legalisir dr disnaker, kantor pusat saya ada d jakarta selatan, boleh gak minta cap legalisirnya d kantor disnaker bekasi ???

    BalasHapus
  7. salut buat bloger indonesia, artikel nya bagus salam kenal

    BalasHapus
  8. Halo mas mba.. need help.. need info... tolong dibantu jawab...
    Sayabln sept 15 resign dr perusahaan di jakarta, dan saya memutuskan pulkam ke semarang.. sy mau klaim bpjs dan terganjal dgn surat perusahaan untuk disnaker.
    Nah karena kantor dlu di jakarta, apakah bisa kalo disnaker senatang busa melegalisir.. atau saya harus balik ke jakarta nih.. cm ngelegalisir surat ke disnaker???
    Mohon bantuannyaaa suhuu😢😢😢😢😢

    BalasHapus
  9. Gan,, Boleh tanya? saya skrg sudah berwirausaha sendiri, satu tahun yg lalu saya Resign dari perusahaan dimana saya kerja tepatnya bulan November tahun 2014,saya bekerja diperusahaan itu baru tiga tahun dari tahun 2011 sampai 2014,artinya dari mulai kerja tahun 2011 bisa cair stelah 5 tahun di tahun 2016. Yg saya tanyakan apakah bisa dilakukuan pencairan dana jamsostek tanpa nunggu 5tahun dlu?

    BalasHapus
  10. Mas proses smpai cair brapa lama ya

    BalasHapus
  11. gan sorry nih untuk pencairan Jamsostek apakah harus pake E-ktp ? , saya ini masih pake KTP yang dulu dan untuk pengecekan saldo jamsostek lewat internet juga NIK nya belum terdaftar , apakah nanti pencairan langsung ke kantor nya di tolak juga atau bagaimana ?

    BalasHapus
  12. Mas admin aq mau nanya,klo mau cairin dana jamsostek apakah hrus nunggu masa kepesertaan 5th,,,klo blom bsa gak,,,5 tgnnya nanti tgl februari 2016,terdaftar di jamsostek februari 2011..trus ikut peraturan lama or baru,,,

    BalasHapus
  13. Kalu saya paklaring nya hilang. Saya sudah minta surat laporan kepolisian dan sudah dilegalisir disnaker kira2 bisa cair ga? Trs katanya kl mau mencairkan hr ada npwp ya bener ga?

    BalasHapus
  14. Saya mau tanya paklaring saya hilang dan pt nya sudah tutup/bangkrut tp saya sudah minta surat kepolisian dan sudah dilegalisir dr disnaker kira2 bisa cair ga ya? Trs memang pengajuan jht hrs punya npwp ya

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum.
    Kalau kartu keluarga nya menggunakan fotocopyan nya saja masih bisa di ambil tidak uang bpjs KT nya?

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum.
    Mb kalau kartu keluarga nya menggunakan fotocopyan nya masih bisa di ambil tidak uang bpjs KT nya?
    Tmksh :)
    Mohon jawabannya mb

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum.
    Mb kalau kartu keluarga nya menggunakan fotocopyan nya masih bisa di ambil tidak uang bpjs KT nya?
    Tmksh :)
    Mohon jawabannya mb

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum.
    Mb kalau kartu keluarga nya menggunakan fotocopyan nya masih bisa di ambil tidak uang bpjs KT nya?
    Tmksh :)
    Mohon jawabannya mb

    BalasHapus
  19. Bos saya mau nanya nih, umur saya sekarang dah 56 thn tapi msh aktif bekerjaa, mau ambil JHT udh bisa blm dan syaratnya apa , makasih.

    BalasHapus
  20. dear admin, kenapa pelayanan di kantor bpjs beda di beberapa wilayah, seperti,di bandung yg usiax blm memasuki masam pensiun, layanan bpjs nya harus ngantri sampai enam bulan. alasanx krn baxnya peserta yg hrs dilayani, semestix tdk ada alasan utk membedakan peserta. Khan peserta bpjs mengambil uangnya yg dulu dipotong atau disimpan kemudian dimanfaatkan olh bpjs, koq giliran mau diambil jasi ribet urusanx.

    BalasHapus
  21. dear admin
    ada info dari petugas pelayanan bpjs, klo pengen cepat diproses silahkn input data via online. kemudian sy coba input datanya sejak tgl 29 desember 2015, sampai skrng sy cek by system notifikasinya dokumen belum di proses. pertanyanx kapan batas waktu proses oleh petugas bpjs, mhn konfirmasinya. tks

    BalasHapus
  22. dear admin
    ada info dari petugas pelayanan bpjs, klo pengen cepat diproses silahkn input data via online. kemudian sy coba input datanya sejak tgl 29 desember 2015, sampai skrng sy cek by system notifikasinya dokumen belum di proses. pertanyanx kapan batas waktu proses oleh petugas bpjs, mhn konfirmasinya. tks

    BalasHapus
  23. Pak saya mau tanya, kalo saya sudah ikut program jamsostek 5 thn, sampai thn 2014, terus sekarang saya sudah kerja d perusahhaan yg baru dan ikut bpjs, apakah uang jamsostek saya yg bekerja di perusahaan yg lama bisa di cairin? Makasih

    BalasHapus
  24. mas saya mau tanya,
    saya mau mencairkan bpjs tk tp saya harus minta surat keterangan berhenti bekerja dr perusahaan untuk disnaker yg ditembuskan untuk bpjs tk dan ke disnaker tempat saya bekerja untuk di beri cap pada paklaringnya .. saya sudah ke perusahaan saya bekerja kata nya tidak perlu itu hanya dengan membawa paklaring dan surat ttd kontrak bisa . apa benar mas ???

    BalasHapus
  25. mas saya mau tanya ..
    saya ke perusahaan tempat saya bekerja untuk minta surat berhenti bekerja tp HRD nya bilang tidak perlu pakai itu .. pakai saja paklaring dan surat ttd kontrak bisa .. apa benar bisa mas ??

    BalasHapus
  26. mas,kalo di bpjs nama saya dzulfikar,,,soalnya ngikutin ijazah sekolah dulu.sedangkan ktp ama kk nama saya zulfikar.jadi beda huruf "D" .kira-kira bermasalah ngga ya mas?

    BalasHapus
  27. Maaf mau nanya sya bekerja di perusahaan terakhir saya baru 1 bulan lebih..sya selsai bekerja di bulan november 2015 dan di bulan desember saya menerima gaji sisa .. dan di hari ini 11/01/2015 sya coba untuk mncairkan jhT sya....lalu kata staff jhT di sna belum bisa di cair kan karna bulan lalu sya bru menerima sisa pmbayaran gaji dr perusahaan trakhir sya.....hmm yg sya mau tanyakan...untuk di bulan febuari apakah udh bisa blum ya sya cair kn jhT sya...

    BalasHapus
  28. Info na donk mb n mas..gimana cara ngecek status bekerja atw tdk scra online pribadi.....krn brhbung tmpt tnggl saya jauh dr kntor bpjs

    BalasHapus
  29. Info na donk mb n mas..gimana cara ngecek status bekerja atw tdk scra online pribadi.....krn brhbung tmpt tnggl saya jauh dr kntor bpjs

    BalasHapus
  30. Info na donk mb n mas..gimana cara ngecek status bekerja atw tdk scra online pribadi.....krn brhbung tmpt tnggl saya jauh dr kntor bpjs

    BalasHapus
  31. Pagi mbak. Sy bru kena off dr pbrik..yg ingin tnyakan. Apkah sy perlu surat tembusan dr disnaker sbgai tnda brhnti bkerja..sdngkn paklaring ad . krn sy trhitung brhnti bkn sblm 1sptmber. ??mksih

    BalasHapus
  32. Muf mau nanya krtu jmsostek sy dl dlm pembuatn slh cetak nmany krg 1 hrf..apkh bisa d cairkn ap gmna?

    BalasHapus
  33. Mau tnya krtu jmsostek sy dl slh cetak nma apkh bisa d cairkn apa perlu d perbaiki dl krtuny?trus pklaring jg gk ad.

    BalasHapus
  34. Maaf bro mau tnya sya sdah 2 blan resign dr perusahaan sya,,y resign nya scra gg sopan sech krena sya kekkeh mw d mutasi kluar pulau ma atasan sy..yg sya tnya kan adlh bsa gg sya mncairkan dana sy dngan..surat ket tdk bkerja dr perushaan..n syrat lainnya...dan apakah sy hrus pkek surat ket dr DISNAKER??
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  35. Klo kk nya dlu ikut ortu trus skrg nikah gmn,,,,pa bsa cair,,,

    BalasHapus
  36. Mau nanya bro klw kartu yg barunya hilang... tp kartu yg lama ada bs gak ? ... perlu gak bikin surat ķehilangan ke polsek ?

    BalasHapus
  37. TANYA BOS?KALAU PUNYA SURAT BUKTI PENONAKTIFAN JAMSOSTEK,RESIGN BELUM 1 BULAN, APA BISA LANGSUNG MENCAIRKAN JHT,TANPA HARUS MENUNGGU 1 BULAN ???

    BalasHapus
  38. Admin bantu jawab yaa, klo mau cairin jamsostek bukan pake kartu bpjs yg baru bisa enggk? Soalnya kartu jamsostek saya yg lama bukan yg bpjs.. dan kmrn temen saya habis kontrak trus nanya in k hrd nya katanya harus ngurus k.kantor polisi, itu bener enggk yaa

    BalasHapus
  39. Mas, kalau pindah didaerah apa bisa dicairkan? Dan kalau bisa dicairkan apa persyaratannya masih sama, atau ada tambahan lain?

    BalasHapus
  40. Mas Arzuna yang baik...

    Saya mau bertanya atau ada yang bisa menjawab dengan valid:

    Saya mengurus pencairan JHT di Tangerang karena mengundurkan diri per 5 Fabruari 2015... karena dapat info jika tidak harus menunggu 5 Tahun seperti ketentuan sebelumnya (sebelumnya dulu pada perusahaan sebelumnya saya pernah mencairkan JHT Mengundurkan diri setelah masa kerja saya 6 tahun dan sudah cair).
    Kondisi saat ini :
    - Karena membeludaknya pencairan 10% Masa Kerja 10 Tahun akhirnya saya mendapat antrian 1 Bulan (haduuuh 1 Bulan)
    - Ada ketentuan jika pencairan JHT Mengundurkan diri persyaratannya harus didaftarkan ke Disnaker dan mendapat keterangan dari disnaker
    - Saya mencari2 informasi tentang ketentuan ini ada yang menginformasikan jika Mengundurkan diri sebelum 1 September 2015 tidak harus melampirkan ini
    - Sedang pada Formulir Pencairan JHT jika Point Keterangan Disnaker harus dilengkapi.

    Nah yang benar mana ya???

    Karena saya 2 Hari lagi jadwal antrian proses (setelah menunggu 1 Bulan).... saya khawatir jika pada saat saya proses ditolak karena kurangnya syarat itu.. dan mulai dari awal lagi menunggu antriaan 1 Bulan lagi... haduh susahnya....

    Mohon Pencerahannya??? buat yang bisa menjawab ini secara Valid

    Terima Kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  41. Mas Arzuna yang baik...

    Saya mau bertanya atau ada yang bisa menjawab dengan valid:

    Saya mengurus pencairan JHT di Tangerang karena mengundurkan diri per 5 Fabruari 2015... karena dapat info jika tidak harus menunggu 5 Tahun seperti ketentuan sebelumnya (sebelumnya dulu pada perusahaan sebelumnya saya pernah mencairkan JHT Mengundurkan diri setelah masa kerja saya 6 tahun dan sudah cair).
    Kondisi saat ini :
    - Karena membeludaknya pencairan 10% Masa Kerja 10 Tahun akhirnya saya mendapat antrian 1 Bulan (haduuuh 1 Bulan)
    - Ada ketentuan jika pencairan JHT Mengundurkan diri persyaratannya harus didaftarkan ke Disnaker dan mendapat keterangan dari disnaker
    - Saya mencari2 informasi tentang ketentuan ini ada yang menginformasikan jika Mengundurkan diri sebelum 1 September 2015 tidak harus melampirkan ini
    - Sedang pada Formulir Pencairan JHT jika Point Keterangan Disnaker harus dilengkapi.

    Nah yang benar mana ya???

    Karena saya 2 Hari lagi jadwal antrian proses (setelah menunggu 1 Bulan).... saya khawatir jika pada saat saya proses ditolak karena kurangnya syarat itu.. dan mulai dari awal lagi menunggu antriaan 1 Bulan lagi... haduh susahnya....

    Mohon Pencerahannya??? buat yang bisa menjawab ini secara Valid

    Terima Kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  42. Selamat siang mas, saya mau bertanya misal saya mulai bekerja pada tahun 2012 kemudian resign di bulan januari 2014. Saat ini saya sdh bekerja di kantor lain dan kantor yang sekarang ini belum mendaftarkan saya di jamsostek/BPJS. Apakah saya msh bisa mencairkan dana jamsostek ditempat kerja saya yang dulu ? Terimakasih

    BalasHapus
  43. Saya sudah foto, tapi disuruh legalisasi.surat pernyataan berhenti bekerja ke disnaker.... kalau saya batalkan mengurus pengambilan bpjs, booeh gk?

    BalasHapus
  44. Mas bro peraturan soal dok pendukung surat keterangan resign dr disnaker aturan sapa ya soalny di pp 19 gda point itu slain paklaring.?
    Atu lagi kl kita mw urus surat resign disnaker sndiri bisa ga ya, soalnya eks perusahaan krg tanggap.
    M.K.S.H 😊

    BalasHapus
  45. Mas, waktu legalisir paklaring nya ke disnaker yg 1 wilayah dgn perusahaan ga ya??
    Suwun mas, mhn bantu jawabnny.

    BalasHapus
  46. Mas, waktu legalisir paklaring nya ke disnaker yg 1 wilayah dgn perusahaan ga ya??
    Suwun mas, mhn bantu jawabnny.

    BalasHapus
  47. mau tanya gan ,itu klo udah di acc sama pihak bpjs nya ,pencairannya berapa lama yah ,apa bisa langsung cair pada saat itu juga ?

    BalasHapus
  48. selamat malam numpang nany mas ,,itu klo sudah di Acc sama pihak bpjs nya ,berapa lama yah nunggu pencairannya ..? terima kasih

    BalasHapus
  49. Trima kasih ya bang
    Sdikit banyak artikel dan comment" nya udah bantu aye bwt cairin bpjs nya (so jgn malaz bwt baca comment" awal ye) critanya
    Hr jumat 5/02 ni aye dpt blasan dr e-klaim bpjs sbelumnya amp pesimis bisa ambil tu bpjs krn eks kantor ga proaktif als mlas brurusan sm mantan karyawannya sehabis baca comment yg bilang klo veklaring tu bisa dilegalisir sendiri timbullah smangat aye bwt ambil tu bpjs.
    Inget ye kl mw surat lampiran resign dr disnaker selain di urus kantornya bisa jg kita urus sendiri ke disnaker yg satu wilayah dgn perusahaan itu (tgantung disnakernya bwt terima laporan kita bisa di legalisir atw bisa surat tanda terima gtu) nah sehabis di legalisir besoknya aye cus ke kantor bpjs bwt cairin tp sungguh tapi formulirnya sold out hahahah pdhal aye nyampe jam 6 pagi gan ga patah smangat bsknya ke bpjs lg kali ni nyampe jam 5 subuh 😠 tp tetep aja kaga kebagian tu formulir 😤 dan ada crita yg samping ane klo doi dah absen ktp dr jam 2.30 😲😱😎 pantes aja form nya ga kbagian mlu.
    Stelah dua hari niat ambil form ga kesampaian akhirnya aye putusin bwt e-klaim aja dan alhamdulillah dah dpt jawaban bahwa 7hr stelah attachementnya diterima kita harus ke kantor bpjs lg bwt verifikasi faktual jd ga lgs maen transfer aja ya gan, tp setidaknya kita ga harus repot bwt ngisi formulir manual dan ga harus absen dr subuh jg hehehe
    Bhubung aye dpt jawaban hr jumat ya otomatis br bisa ambil hr senin tpiiii krn hr senin tgl merah ya selasa pastinya gkgkgkgkgkkg
    Owhhh iya ada saran bwt yg krg paham e-klaim semua dokumen di scan ya (app bwt scan banyak di playstore) bukan di photo soalny kemungkinan besar akan di tolak krn pembiasan cahaya flash membuat dokumen tdk terlihat jelas. Dan yg pengen ngotot ngisi form manual datangnya pertengahan/ akhir bulan spy rada lowong antriannya juga bln februari ini lg ada tutup buku di bpjs ny jd pasti ada pembatasan bwt klaimnya.
    Sekian bang pengalamN aye maaf blm bisa crita prosez faktualny krn blm ke kantor bpjs jg 😁
    X lg trima kasih maaf cak-acakan pake hape soalny 😆
    salam bang sukses slalu.
    Bwt yg blm berhasil klaimnya usaha trus krn banyak jalan menuju gunung es banyak cara bwt klaim bpjs heheh
    Yu achh 🙌

    BalasHapus
  50. Kl kantornya ga mw ngurus itu surat lampiran resign , kita urus sendiri aja gan ke disnaker wilayah perusahaan itu berada. Bilang aja ke org disnakernya mw legalisir verklaring.

    BalasHapus
  51. Mungkin mbaknya kurang tpt penyampaian jd org dinasnya slh paham, coba bilangnya mw legalisir verklaring siapa tau bliau-bliau yg para negeri sipil itu lgs ngeuh. Smangat mbak

    BalasHapus
  52. Legalisir verklaringnya gan ke disnaker wilayah perusahaan tsb.

    BalasHapus
  53. Legalisir verklaringnya aja gan. Kl pun ga bisa balik jakarta mnt tolong sodara aja krn yg udah saya alamin pas legalisir verklaring itu ga di tanyain identitas diri cm keterangan kerja aja resign atw phk. Udah

    BalasHapus
  54. Legalisir verklaringnya aja gan. Kl pun ga bisa balik jakarta mnt tolong sodara aja krn yg udah saya alamin pas legalisir verklaring itu ga di tanyain identitas diri cm keterangan kerja aja resign atw phk. Udah

    BalasHapus
  55. Saya ingin mencairkan jamsostek tahun 2014 posisi y udah kerja dan punya bpjs terbaru. Bisa cair g kira2. ? Terima kasih

    BalasHapus
  56. Mas tanya dong. Saya kan habis kontrak november 2015. Kmrn pas ngajuin kok ktanya ttep pake surat yg dr disnaker itu yah. Itu gmna mas. Saya kn habis kontrak bukan resign.

    BalasHapus
  57. Gmna klau kk ssaya tanda tangan kepala keluarga nggak ada

    BalasHapus
  58. Gmna klau kk ssaya tanda tangan kepala keluarga nggak ada

    BalasHapus
  59. Gmna klau kk ssaya tanda tangan kepala keluarga nggak ada

    BalasHapus
  60. Mas, sekarang katanya harus ke Disnaker dulu ya? Ngapain ya?

    BalasHapus
  61. kalau gk ada packlaring bisa gak di cairkan?

    BalasHapus
  62. Min, mau tanya... masalah surat keterangan dari perusahaan ke disnaker. Perusahaan syaa kan di bogor, sedngkan rumah saya di bekasi, kalo saya minta legalisir ke disnaker bekasi bisa gak ya? soal nya perusahaan gak mau urusin, saya cuma di kasih surat pengantar doang, suruh legalisir sendiri ke disnaker.

    BalasHapus
  63. kalo pencairan nya itu langsung hari itu juga atau kita harus nunggu dulu sampe beberapa bulan ?

    BalasHapus
  64. Mau nanya gan...saya resign kan akir bulan desember2015 terus KK saya dulunya numpang sedangkan yang saya tumpangin KK pulang kampung kalau pake fotocopy terlegalisir bisa gk gan N apa haru E-KTP

    BalasHapus
  65. Gan saya mau nanya...saya resign kan akir bulan desember 2015
    Apa harus lapor ke depnaker dulu...terus dulunya kan KK saya numpang ke saudara sedangkan sekarang saudara saya lagi di kampung kalo pakai KK fotocopy terlegalisir bisa gk gan...tks

    BalasHapus
  66. Selamat siang, saya mau tanya saya di phk tgl 7 bulan 2. Tp saya masih terima gaji bulan 2 di bulan 3. Apakah saya sudah bisa mencairkan di bulan 3 atau harus menunggu bulan 4. Kan saya sudah tidak bekerja 1 bulan terhitung dr tgl 7 bulan 2. Harus nya saya bisa cairkan di bulan 3 kan mas. Mohon jawaban nya

    BalasHapus
  67. Kalo gak ada buku tabungan gimana ya,sudah non aktif soalnya udh brenti kerj lama

    BalasHapus
  68. Gan, mau tanya neh, sya punya 3 krt bpjs, sjak tgl 2 feb 2016 sdh tdk krj lg d prusahaan manapun, dan td tgl 4 maret 2016 jam 2 sy coba e-klaim lwt online, d warnet. Yg 2 sdh brhsl, dan Pas cb e-klaim bpjs yg trakhr gk bs, itu knp y. Ket nya hanya bs klaim untuk status NA (NON AKTIF) pdhl kan sya sdh tdk krj per tgl 2 feb 2016. Dan paklaring d prusahaan tmpat trakhr krj pun ada, sdh sy ambil d prusahaan trsbt. mh0n bantuan nya trma ksh. . .

    BalasHapus
  69. nyimak dr td.. mau tanya boss.. apakah bisa pencairan di kantor cabang BPJS TK dimanapun yg ada .. misal waktu daftar di Palangkaraya tp mau klaim di Banjarmasin..?

    BalasHapus
  70. Pagi mba, mau tanya kalao sudah tidak bekerja lagi tp jamsostek /BPJS tidak dicairkan apakah bunganya masih berjalan?

    BalasHapus
  71. mau tnya gan,saya bkerja di prusahaan bumn sbgai kryawan os sdh 5 thn,kontrak saya sdh habis trus mau di perpanjang lagi slama 5 tahun di perusahaan yg sama,apakah 5 tahun sbelumy boleh di cairkan? mhon infoy gan thks..

    BalasHapus
  72. mau tanya gan,sya sudh bekerja di perusahaan bumn sbgai karyawan os slama kontrak sya 5 tahun,2 bulan lalu kontrak sya sudah habis tapi masih mau di perpanjang lgi slama 5 tahun di perusahaan yg sama,apakah bpjs yg 5 tahun sbelumy boleh di cairkan? mhon infoy gan thanks..

    BalasHapus
  73. gan,,saya berhenti kerja tgl 29 feb 2016 dan saya bru dinonaktifkan 11 Maret apakah saya sudah bisa mencairkan jamsostek saya? dan kedua, apakah dengan membawa paklaring dan surat berhenti kerja terakhir saja saya sudah bisa mencairkan saldo jht saya?

    BalasHapus
  74. min, mau tanya biasanya pencairan uang jamsostek berapa lama ya? sy kemarin coba ambil dicabang tmii, tapi petugasnya bilang baru cair akhir april ( 1 bulan lebih ) apa memenag slama itu ya? trima admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya dan berdasarkan pengalaman pembaca blog ini, rata-rata satu sampai dua minggu uang sudah masuk ke rekening..

      Hapus
  75. klo mau tanya saldo terakhir ke no telp mana ya, saya hubungin semua no telp yg ada tp ga ada satupun yang angkat
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba lagi di waktu-waktu yang lain, Mbak. Mungkin tengah banyak penelepon. Dan kalau cuma sekedar ngecek saldo JHT sebaiknya menggunakan aplikasi BPJS TK mobile atau cek saldo via SMS...

      Hapus
  76. Mas bro mau tanya. Saya sdh berhenti kerja dr perusahaan lama dan ingin mencairkan jht. Persyaratan sdh lengkap. Tetapi, saya masih ada ganjelan pertanyaan, setelah saya resign dr perusahaan yg lama, saya kerja lg di perusahaan yh baru dan dpt kartu jamsostek dgn nmr baru, dan pekerjaan yg kedua itu saya sdh berhenti. Saya tidak punya surat keterangan apa2 mengenai saya sdh berhenti dr perusahaan kedua.

    Pertanyaannya: apakah saya masih bisa mengajukan pencairan jht dr pekerjaan perusahaan yg lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja bisa, Mas. Dengan Menggunakan KPJ dan Paklaring dari perusahaan yang lama..

      Hapus
  77. Numpang tanya dong om kalo masa kerja saya habis bulan 02 kemarin trus mau mengklaim jht sekarang bisa tidak ya? Trus kalo kk aslinya ilang bisabtidak.
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting sudah berhenti kerja minimal sebualan uang JHT sudah bisa diklaim. Wajib menyertakan KK yang asli, Mas. Kalau hilang silakan buat lagi..

      Hapus
  78. Maaff mau Tanya, saya mau cairin bpjs TK saya tapi kartu KK saya sudah menikah dn KTP saya belum menikah kira" bsa g y gan?

    BalasHapus
  79. Selamat pagi.., saya mau tanya untuk persyaratan klaim JHT ada " paklaring, iyu apa ya mohon penjelasanya, Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paklaring adalah surat pengalamaan bekerja/surat keterangan pernah bekerja di suatu perusahaan. :)

      Hapus
  80. Biasanya setelah perusahaan melaporkan ke dinas ketenagakerjaan bahwa karyawan telah berhenti kerja, dan menghentikan iuran untuk pekerja yang bersangkutan ke jamsostek, maka status keanggotaan akan nonaktif. Tapi entah kenapa masih banyak juga yang aktif, saya sendiri kurang tahu, Mas. Kalau pihak jamsostek saja tidak tahu, apalagi saya Mas. Sebaiknya didesak saja ex perusahaan itu, Mas.

    BalasHapus
  81. tanya dunk
    saya resign tgl 28 nov 2016 dan jamsostek saya masih aktif sampai bulan ini dikantor yg sudah saya risegn.dan non aktifnya kira2 bulan mei.sedangkan saya sudah kembali bekerja, dan akan dibuatkan jamsostek baru. yang saya tanyakan. apakah bisa saya mencairkan jamsostek yg dikantor yang lama, sedangkan saya masih aktif bekerja di perusahaan lain. terima kasih

    BalasHapus
  82. tanya dunk
    saya sudah resign bulan nov 2015, dan jamsostek dikantor saya masih aktif sampai bulan mei 2016.sedangkan saya sudah bekerja di tempat baru dan akan dibuatkan jamsostek. pertanyaan saya apakah bisa dicairkan dana jamsostek saya apabila sudah dinonaktifkan, sementara saya sudah kembali bekerja.terima kasih

    BalasHapus
  83. Apa ngambil bpjs bisa lain kota

    BalasHapus
  84. Apa pencairan bpjs harus d kota sesuai alamat ktp?

    BalasHapus
  85. Apa pencairan bpjs harus d kota sesuai alamat ktp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Klaim JHT bisa dilakukan di kantor BPJS TK mana pun di seluruh Indonesia.

      Hapus
  86. mau tanya bang....ID dan nama KPJ saya sesuai dengan KTP,SIM,KK
    nama : ROHIKA MAULANA

    tp penyetoran perusahaan nama pekerja RIPKA MAULANA......
    apakah nantinya ada masalah saat pencairan dana JHT...trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja itu akan jadi masalah karena perbedaannya cukup fatal. Solusinya buat surat koreksi beda data dari kelurahan..

      Hapus
  87. Gan klo sy di phk,.. Ga ada surat pengunduran diri gmna... ??
    Tpi ada surat phk dr perush apa harus ke dinas juga ..??

    BalasHapus
  88. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    BalasHapus
  89. maaf, jika kita resign sebelum tgl 1 sep 2015, apa surat pengalamaan kerja harus di legalisir juga oleh Disnaker?

    BalasHapus
  90. gan mohon info detilnya. saya masuk kerja november 2013 - dan berhenti april 2016, jadi masa kerja saya sekitar 29 bulan atau 2.4 tahun. bisakah saya klaim 100%?

    BalasHapus
  91. Mw tanya nihh, saya dulu pernah bekerja periode 2013-2014 n pnya kartu jamsostek kemudian saya bekerja lagi diperusahaan yang sama dan saat pembagian kertas informasi saldo kenap saldo'a tidak diakumulasi dengan jamsostek saya yang dulu yaa , apa saldo saya yang dulu hilang yaa mas?

    BalasHapus
  92. Mw tanya nihh, saya dulu pernah bekerja periode 2013-2014 n pnya kartu jamsostek kemudian saya bekerja lagi diperusahaan yang sama dan saat pembagian kertas informasi saldo kenap saldo'a tidak diakumulasi dengan jamsostek saya yang dulu yaa , apa saldo saya yang dulu hilang yaa mas?

    BalasHapus
  93. Mw tanya nihh, saya dulu pernah bekerja periode 2013-2014 n pnya kartu jamsostek kemudian saya bekerja lagi diperusahaan yang sama dan saat pembagian kertas informasi saldo kenap saldo'a tidak diakumulasi dengan jamsostek saya yang dulu yaa , apa saldo saya yang dulu hilang yaa mas?

    BalasHapus
  94. Mw tanya nihh, saya dulu pernah bekerja periode 2013-2014 n pnya kartu jamsostek kemudian saya bekerja lagi diperusahaan yang sama dan saat pembagian kertas informasi saldo kenap saldo'a tidak diakumulasi dengan jamsostek saya yang dulu yaa , apa saldo saya yang dulu hilang yaa mas?

    BalasHapus
  95. Om saya punya 2 kartu yg1 peserta nonaktif dr tahun 2012 alasan resign terus yg s1 lagi peserta aktif dr tahun 2012 sd juni 2016 alasan berakhirnya masakerja,,yg saya mau tanyakan kapan saya bisa cairkan yg1 sama yg 1nya lagi

    BalasHapus
  96. Bang saya mau tanya.
    Saya kan niat mau cairin jht.
    Pertanyaannya: kalo sudah cairin jht. Apa masih bisa bekerja di pt itu lagi (pt yg sama)?

    BalasHapus
  97. Mau tanya mas. Kalau kartu jamsosteknya hilang bisa ga di cairkan uang JHT nya ? Trus kalau seandainya bisa cara mengurus kartu jamsosteknya gimana ya mas ? Saya udah resign ne dri kerjaan saya juga

    BalasHapus
  98. Mau tanya dong cara mengurus kartu jamsostek yg hilang gimana ya gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapor saja ke perusahaan tempat mbak bekerja, nanti diganti..

      Hapus
  99. gan mau tanya..
    ane mao cairin bpjs tk, tapi ktp lagi di urus kelurahan krna rusak, pake resi ktp atau diganti sama sim bisa kah?

    BalasHapus
  100. tapi kenapa pengambilannya harus ke bank bukopin,padahal kita awalnya sudah punya buku rekening??jadi repot ngantri lagi di bukopin beli materai juga dan itu juga tidak langsung cair dari bukopin,harus nunggu selama 14 hari kerja sebelum itu juga hari berikutnya di panggil lagi suruh ke kantor bpjs via sms.kenapa bisa begitu??

    BalasHapus
  101. tapi kenapa pengambilannya harus ke bank bukopin,padahal kita awalnya sudah punya buku rekening??jadi repot ngantri lagi di bukopin beli materai juga dan itu juga tidak langsung cair dari bukopin,harus nunggu selama 14 hari kerja sebelum itu juga hari berikutnya di panggil lagi suruh ke kantor bpjs via sms.kenapa bisa begitu??

    BalasHapus
  102. Saya dapat juga sebuah pertanyaan terkait pencairan dana jht ini, sebenarnya untuk peraturan terbaru, masa kerja berapa tahun jht bisa dicaikan 100% setelah keluar dari perusahaan, apakah masa kerja baru 4 bulan atau kurang dar 5 tahun jika kondisi pegawai sudah keluar JHT bisa dicairkan?. terima kasih

    BalasHapus
  103. Om saya mw bertanya mengenai account jamsostek lama saya.
    Setelah saya liat komentar2 diatas saya mendapat pertanyaan baru.

    Saya bekerja di salah satu perusahaan retail dgn jaminan jamsostek.. Namun saya sempat perpanjang kontrak diperusahaan yg sama menjadi karyawan tetap namun mengharuskan saya tanda tangan kontrak baru dan menghimbau saya untuk mencairkan jamsostek saya pd tahun 2016 dikarenakan jamsostek yg lama dihentikan. Dan skrng saja berpindah ke bpjs tk dgn kartu baru.
    Yg saya hendak tanyakan adalah

    -apa bisa saya cairkan dana simpanan jamsostek lama saya dgn kelengkapan berkas seperti ktp,kk,surat penghantar dr perusahan yg sama dgn saya skrng bekerja?
    -jika td ada opsi hasil simpanan account jamsostek lama dapat dipindahkan ke bpjs tk baru,itu langkah prosesnya gmn ya om?

    Soalnya sayang hak saya tertahan di jamsostek lama..

    Mohon pencerahannya om

    BalasHapus
  104. Om saya mw bertanya mengenai account jamsostek lama saya.
    Setelah saya liat komentar2 diatas saya mendapat pertanyaan baru.

    Saya bekerja di salah satu perusahaan retail dgn jaminan jamsostek.. Namun saya sempat perpanjang kontrak diperusahaan yg sama menjadi karyawan tetap namun mengharuskan saya tanda tangan kontrak baru dan menghimbau saya untuk mencairkan jamsostek saya pd tahun 2016 dikarenakan jamsostek yg lama dihentikan. Dan skrng saja berpindah ke bpjs tk dgn kartu baru.
    Yg saya hendak tanyakan adalah

    -apa bisa saya cairkan dana simpanan jamsostek lama saya dgn kelengkapan berkas seperti ktp,kk,surat penghantar dr perusahan yg sama dgn saya skrng bekerja?
    -jika td ada opsi hasil simpanan account jamsostek lama dapat dipindahkan ke bpjs tk baru,itu langkah prosesnya gmn ya om?

    Soalnya sayang hak saya tertahan di jamsostek lama..

    Mohon pencerahannya om

    BalasHapus
  105. mau tanya dong sy punya kartu jamsostek & tidak di perpanjang pada tahun 2013 ada paklarinya apakah bisa di cairkan di tahun 2016.sedangkan sy sudah di daftarkan jamsotek di tempat baru tetapi nomor ktp & tanggal lahir salah & nama orang tua tidak ada apakah bisa sy cairkan yg kartu jamsotek sy yg di tahun 2013 itu & apakah harus ke depnaker tidak mohon jawabanya dong penting banget

    BalasHapus
  106. mau tanya dong sy punya kartu jamsostek & tidak di perpanjang pada tahun 2013 ada paklarinya apakah bisa di cairkan di tahun 2016.sedangkan sy sudah di daftarkan jamsotek di tempat baru tetapi nomor ktp & tanggal lahir salah & nama orang tua tidak ada apakah bisa sy cairkan yg kartu jamsotek sy yg di tahun 2013 itu & apakah harus ke depnaker tidak mohon jawabanya dong

    BalasHapus
  107. mau tanya dong sy punya kartu jamsostek & tidak di perpanjang pada tahun 2013 ada paklarinya apakah bisa di cairkan di tahun 2016.sedangkan sy sudah di daftarkan jamsotek di tempat baru tetapi nomor ktp & tanggal lahir salah & nama orang tua tidak ada apakah bisa sy cairkan yg kartu jamsotek sy yg di tahun 2013 itu & apakah harus ke depnaker tidak mohon jawabanya dong

    BalasHapus
  108. JKT perusahaan itu apa ya? Saya malah baru dengar...

    BalasHapus
  109. Nanya dong, kalau buku tabungan sudah tidak aktif apakah masih bisa untuk dijadikan surat pengambilan

    BalasHapus
  110. Buat lagi, Gan. Diurus ke perusahaan...

    BalasHapus
  111. Permisi sya mau tanya.
    Saya sdh brhenti kerja dri tgl 15/11/2016 sesuai dgn tanggal d surat paklaring saya tp ketika saya mau klaim dana d kantor bpjs klaim sya tdk dpat d proses krna msh aktif sya sdh 1 bln brnti krja dri prusahaan trsbut sdgkn mnurut prturan baru stelh 1 bulan brhnti krja sdh bsa klaim dana bpjs.tolong solusinya agar dana bsa d klaim dlm wktu dekat

    BalasHapus
  112. Gan,jamsostek ane bisa di cairin gk kira2,itu jamsostek di perusahaan yg dulu ane kerja,,tapi skrg ane sudah punya bpjs baru di perusahaan baru..
    Jdi kira2 bisa gk ya jamsostek yg lama di cairin

    BalasHapus
  113. Ka mau nanya klo kk nya gak ada tanda tangan kepala keluarga apakah bisa cair?

    BalasHapus
  114. Ka maaf mau nanya jika KK tdk ada ttd kepala keluarga apa bisa cair makasih?

    BalasHapus