Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek 2016

Cara Mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek 2016
Sebenarnya tidak ada cara terbaru mencairkan saldo JHT (Jaminan Hari Tua) di tahun 2016 ini. Caranya masih sama dengan tahun kemarin sejak dikeluarkannya Peraturan Pemerintah no 46 yang resmi berlaku mulai 1 September 2015 dulu.

Terima Kasih BPJS Ketenagakerjaan

Setidaknya hingga saya menulis artikel ini, tidak ada juga peraturan terbaru tentang tata cara klaim JHT di tahun 2016. Peraturan 1 September 2015 kemarin sudah final dan sepertinya tidak akan ada lagi perubahan atau revisi peraturan lagi dalam waktu dekat ini.


Syarat-syarat mengambil uang JHT pada tahun 2016 juga tidak ada perubahan. Bagi yang ingin mencairkan seluruh saldo JHT, syaratnya harus sudah resign atau berhenti bekerja minimal 1 bulan. Bagi karyawan yang masih aktif bekerja juga boleh klaim JHT, syaratnya harus sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan paling tidak 10 tahun, tapi saldo JHT yang bisa diambil hanya 10% jika untuk persiapan pensiun, atau boleh 30% jika untuk biaya perumahan.

Untuk suasana antriannya, dari informasi yang peroleh dari teman saya yang bekerja di kantor BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru, juga masih sama padatnya dengan tahun 2015 kemarin. Walaupun sudah seramai dulu pasca baru saja diumumkannya peraturan baru 1 September 2015.

Berkas-berkas yang harus dibawa juga masih sama. Untuk peserta BPJS TK yang sudah tidak bekerja minimal sebulan, berkas-berkasnya adalah seperti berikut ini:

1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Asli.
2. Surat pengunduran diri (Paklaring) Asli dan Fotokopi.
3. KTP atau SIM yang masih berlaku, Asli dan Fotokopi.
4. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi.
5. Buku Tabungan Asli dan Fotokopi.

Untuk peserta yang berhenti bekerja setelah 1 September 2015, selain 5 dokumen di atas, wajib membawa tambahan dokumen lagi. Yaitu:

1. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah:

Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

2. Sementara jika berhenti kerja karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dokumen tambahannya adalah:

Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)


Demikian artikel singkat saya hari ini. Semoga membantu. Lebih kurang saya minta maaf. ^^

248 komentar untuk "Cara Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek 2016"

  1. min kalau perusahaan ga mw kasih paklaring tapi kasih pemutusan kerja. apa surat pemutusan hubungan kerja dapat cairin bpjs ketenagakerjaan. terimakasih

    BalasHapus
  2. jika paklaring saya sinyatakan tidak bekerja mulai 22 september 2016 berarti saya bisa mengambil kapan?

    BalasHapus
  3. Saya mulai bekerja bulan desember 2014 sampai bulan september 2016, pas mau nyair dan dicek ternyata saya baru didaftarkan perusahaan bulan april 2016, apa itu bisa dikomplain?

    BalasHapus
  4. kalo gak ada rekening tabungan apa bisa secara tunai ?

    BalasHapus
  5. Saya di off berencana ingin mencairkan jht apakah ketentuannya saya harus resign dulu dan menunggu satu bulan atau saya bisa mencairkan karena saya di off sudah 2 bulan yang lalu terus saya klaim jamsostek saya? mohon penjelasannya karena ini mendesak!!!

    BalasHapus
  6. Bagaimana cara mencairkan apabila paklaring tidak ada, dan perusahaan terkait selalu bertele-tele setiap saya meminta paklaring. Apakah bpjs dapat mengeluarkan surat pengantar guna pencairan dana?

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara mencairkan apabila paklaring tidak ada, dan perusahaan terkait selalu bertele-tele setiap saya meminta paklaring. Apakah bpjs dapat mengeluarkan surat pengantar guna pencairan dana?

    BalasHapus
  8. Pak saya menanyakan .knpa BPJS JHT hari tua ayah saya ngak keluar padahal dia butuh uang pak mau usaha

    BalasHapus
  9. Pak saya menanyakan .knpa BPJS JHT hari tua ayah saya ngak keluar padahal dia butuh uang pak mau usaha

    BalasHapus
  10. Mas tanya dunk, memang skrg untuk pencairan bpjs harus mempunyai rek? Tidak bisa ambil tunai? Karena Krn nilai bpjs saya tidak terlalu besar. Terima kasih.

    BalasHapus
  11. Skrang hrus pke surat ketrangn dri disnaker sama pabrik y

    BalasHapus
  12. Kak domisili dn ktp saya semarang tapi sya ingin mengajukan pencairan jamsostek didaerh tangerang.apakah bisa kak.mohon infonya

    BalasHapus
  13. Jika blm mencapai sebulan resign apakah bisa di cairkan??

    BalasHapus
  14. Kalau buku tabungan yanq dulu terpakai udah gak ada gimana gan?masih bisa gak?

    BalasHapus
  15. Ka ktp ku belum keluar jadi masih pakai resi ktp. Apa boleh?

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum,
    Saya Rusneidi, pada tanggal 18 November 2016, saya bersama anak saya yang berumur 2 Tahun 10 bulan datang untuk mencairkan JHT nomer kepesertaan saya : 12005127993 ,saya mau tanya, mengapa di Kantor Cabang Menara Jamsostek untuk pencairan JHT tidak bisa secara Tunai ? padahal saya sudah sampaikan ke petugasnya bahwa saya benar benar membutuhkan dana jamsostek untuk keperluan yang sangat mendesak.
    Saya sudah telepon ke ke cabang setia budi dan sudah saya email, tapi tidak ada Jawaban.
    Mohon solusinya, sebab saya benar benar terpuruk saat ini.

    Wassalam

    BalasHapus
  17. Mau tanya gan, emang kartu bpjs ketenaga kerjaan ini ada dua ya ? saya mau nyairkan bpjs ketenagaakerjaan saya tapi gak bisa soalnya kartunya salah, kata petugas nya itu kartu untuk pensiun, karena di kartunya ada tulisan jaminan pensiun, lha sedangkan saya cuma punya kartu itu. ada solusi ?

    BalasHapus
  18. Mau tanya donk gan. Kan sy klaim bpjs (jht) via bank BRI masukin betkasnya dan sy punya 2 kartu bjs dg 2 nomor. Sebulan kemudian cair lgsg ke rekening. Apakah total yg diterima itu sudah dari 2 kartu tsb atau berkala yah cairnya. Klo nanya ke kantor bpjs lgsg antrinya itu gak tahaaan

    BalasHapus
  19. Mas mw tnya klo ktp w dari daerah dcairkand bpjs jkt bisa g mas?

    BalasHapus
  20. Siang mas mau tanya
    Hari rabu yg llu sy ajukan pencairan jht
    Syarat2 sudah lengkap nmun di sistem bpjs bilang bru closingnya des 2016 pdhal sy sudah ada packlaring dinyatakan per 31 okt 2016 selse kontrak...dan bru bsa dicairkan awal jan 2017
    Kok bsa bgtu ya..mohon info mas
    Trmkasih

    BalasHapus
  21. Kalo surat risennya kirim lewat online apakah printnya harus warna?

    BalasHapus
  22. saya kok gak bisa ambil ya saya kerja di gresik rumah saya di surabaya saya mau ambil di surabaya katanya gak bisa tuh

    BalasHapus
  23. Mau nanya dong mba , klo masa kerj 3 tahun bisa dicairin gk mba dananya??

    BalasHapus
  24. Mau nanya dong mba , klo masa kerj 3 tahun bisa dicairin gk mba dananya??

    BalasHapus
  25. Jika blm mencapai sebulan resign apakah bisa di cairkan??

    BalasHapus
  26. Mas maap mau tanya donk! Jika saya resign Juli 2016 dan Surat resign nya juga Juli 2016 jika saya mau mengambil pada bulan Januari 2017 apakah saldo yang saya terima yang total akhir Januari 2017 atau saya terima pada total Juli 2016 ?? Tolong dibantu jawab yaa mas makasi banyak yaa

    BalasHapus
  27. mau tanya ne..mba
    sya kan dah berhnti kerja blan desember 2016 kemaren nih..kok blum juga dpat kartu bpjs tenagakerjanya..dri kantor bpjs tenagakerjaan cabang Muara Teweh..?
    tlong mba usulkan kartu sya...?

    BalasHapus
  28. mba..ne mau tanya sya udh stu bulan brhenti kerja neh...kok blum jga dpt info kapan dikeluarkannya kartu bpjs tenagakerjaan kantor cabang muara teweh..kan bagaimana sya bisa pencairan dananya klau kartunya blum ada...jdi sya tlong mba usulkan kartu sya..
    cabang muara teweh..kpan bsa di ambilkn..??

    BalasHapus
  29. :)yang baru 2 tahun bisa di ambil ga ....

    BalasHapus
  30. Saya resign dr perusahaan thn 2007 tp mau mencairkan bpjs kagak bisa, karena sudah berkali kali meminta ke perusahaan surat keterangan tp kagak dikasih...intinya syarat utama yg tidak ada . Apa bisa dgn cara lain

    BalasHapus
  31. Maaf Mas Admin saya baru keluar/Risegn dari perusahaaan baru2 minggu.masa kerja 2 taun.apa bisa di e claim,untuk proses off lne,?minta informasi jelasnya Mas Admin, makasih.


    BalasHapus
  32. Gini yah pertama jujur saya kesal dengan bpjs di saat mau klaim ribet banget saya 3kali bulak balik kantor bpjs dokumen sudah lengkap pemberitahuan 2x24 jam seharusnya hari ini seharusnya hari ini sudah ada tidak lanjut dari bpjs buktinya belum ada tidak lanjut padahal mau klaim uang sendiri udah males jadinya ikut bpjs ketenaga kerja mending ikut asuransi sekalian

    BalasHapus
  33. Kang mau tanya donk..kalau buku tabungan gak punya gmna kang?? Apakah harus buat dulu?? Terimaksih

    BalasHapus
  34. Mas mw tanya apabila ktp tidak ada apakah bisa pake Sim????

    BalasHapus
  35. Mas mw tanya , kalo GK pake KK asli bisa GK mas, KK sy yang asli di kampung mas.

    BalasHapus
  36. Maaf mas bisa minta tolong kirimkan contoh suratnya ke email saya febrekurniawati05@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  37. maaf numpang tanya dong untuk kantor PHI untuk di jakarta tempat nya daerah mana ya

    BalasHapus
  38. untuk yg habis kontrak di tahun 2017 wajib lampirkan surat dr PHI ya untuk mendapatkan surat dr PHI syarat yg harus di bawa apa aja ya

    BalasHapus
  39. untuk yg habis kontrak di tahun 2017 wajib lampirkan surat dr PHI ya untuk mendapatkan surat dr PHI syarat yg harus di bawa apa aja ya

    BalasHapus
  40. Semua udah kumplit Dan salah satu kendala nya kk saya tidak sesuai dengan ktp/sim apa bisa d cairkan.. Trimakasih

    BalasHapus
  41. Maf sebelum nyaa.. Kartu kk ( kamu keluarga) saya tidak sesuai dgn ktp/sim apakah mash bisa d cairkan.. Trimakasih

    BalasHapus
  42. Maaf min,mau tanya ttg surat keterangan berhenti kerja yang ditujukan ke disnaker. Kalau sudah dapat dari perusahaan, bisa digunakan utk pencairan jht atau saya harus lapor ke disnaker yg dituju terlebih dahulu?dengan surat tsb apa bisa mengajukan pencairan dana jht di daerah lain?kebetulan kantor saya di jakarta sementara saat ini saya di medan.

    BalasHapus
  43. maaf saya ada sedikit pertanyaan...
    saya dari denpasar sudah tidak akif bekerja mulai tanggal 10 desember 2016 sedangkan saya sudah mendapatkan surat referensi dari perusahaan serta surat pengunduran diri dari perusahaan yang sudah di laporkan ke dinas ketenagakerjaan... tp saat saya mau claim status saya masih aktif... dan kata kantor bpjs, saya harus minta dari pihak kantor pusat saya di daerah sidoarjo untuk melapor ke bpjs sidoarjo kalau saya sudah tidak bekerja lagi di sana... dan yg jadi masalah perusahaan yg pernah saya bekerja tidak mau membantu saya.... lalu bagaimana saya harus men-claim bpjs saya?? mohon bimbingannya terimakasih

    BalasHapus
  44. Klo ktp misalnya kota tangerang dan kk kampung status blum nikah itu bisa diambil gk

    BalasHapus
  45. Mas admin kemarin aku nanya kebagian informasi BPJS klo habis kontrak katanya Ga perlu stempel dari Disnaker..klo stempel dari Disnaker itu yg resign dan PHK makasih

    BalasHapus
  46. Kalau belum resign, bisa ambil uangnya mbak?

    BalasHapus