Senin, 18 Mei 2015

10 Cara Memperbanyak Like di Facebook Fanpage

Artikel 10 cara memperbanyak orang yang menyukai halaman facebook ini, sebagian kecil terinspirasi dari pengalaman sendiri, sementara yang lainnya aku peroleh dari pengamatan beberapa fanpage dalam membesarkan jumlah penggemarnya. Aku ringkas di blog ini, barangkali bisa membantu teman-teman yang tengah mencari cara ampuh menambah like di facebook fanpage-nya.

Seperti yang banyak orang tau, membuat fanpage atau halaman facebook itu sangat mudah. Asalkan sudah memiliki akun facebook, maka membuat fanpage hanya butuh waktu 5 menit saja sudah jadi. Yang susah adalah usaha membesarkan fanpage tersebut. Kecuali untuk artis ataupun orang-orang terkenal, bagi mereka mendatangkan like di facebook fanspage bukanlah sebuah kerepotan, fans-fans mereka akan berduyun-duyun datang sendiri menyukai fanpage yang mereka buat.

Tapi bagi orang-orang yang bukan siapa-siapa, membuat banyak orang mau menyukai fanpage-nya itu tidak semudah membalik taplak meja. Butuh usaha dan berbagai cara, dan mungkin 10 di antaranya seperti berikut ini:

1. Mengundang Teman.

Hal yang paling gampang dalam memperkaya jumlah penggemar halaman Facebook adalah mengundang teman. Tidak usah susah-susah membuat surat undangan, soalnya pabrik Facebook sendiri telah menyediakan fitur ini. Kita tinggal klik tombol 'undang teman', lalu klik nama-nama teman Facebook yang ingin kita undang.

2. Meminta Penggemar Mengundang Teman-temannya.

Selain mengundang teman-teman sendiri, kita juga bisa sesekali mencoba minta tolong kepada penggemar halaman kita untuk mengundang teman-temannya. Kalau fanpage kita unik, beda dan bermanfaat, walau tidak semua, pasti ada beberapa yang mau mengundang teman-temannya untuk ikutan menyukai fanpage kita.

3. Salprom.

Salprom yang merupakan kependekan dari Saling Promosi, juga salah satu cara yang cukup efektik dalam menaikkan jumlah like Facebook fanpage. Caranya adalah bekerja sama dengan admin-admin Fanpage lain. Kita membuat postingan yang memperkenal fanspage-nya, dan dia juga membuat postingan yang mempromosikan fanspage kita.

Tapi sebelum mengajak salprom harus lihat-lihat situasi dulu, kan gak lucu kalau fanpage kita sudah memiliki penggemar 200 orang, mengajak salprom fanspage-fanspage yang baru memiliki penggemar sebanyak 2 juta umat. Jelas aja kita ditolak! Biasanya admin-admin fanpage hanya bersedia diajak salprom dengan fanpage-fanpage yang jumlah penggemarnya sebanding, ataupun kalau selisih tidak terlampau jauh.

4. Dipromosikan Fanspage Lain

Mintalah fanspage lain untuk mengulas fanspage kita, kelebihan-kelebihannya apa, tentang informasi-informasi yang disajikan, apa yang akan didapat jika menyukai fanspage kita, sehingga penggemar fanspage lain tersebut juga tertarik meyukai fanspage kita. Untuk cara yang ini, sebaiknya cari fanspage besar yang tingkat interaksi penggemarnya tinggi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah jempol dan komen di setiap postingan mereka.

Tentu saja ini tidak gratis, kecuali fanspage besar itu milik bapak kita sendiri atau siapapun yang sudah akrab banget dengan kita. Tapi meskipun tidak gratis, ngiklan di fanpage lain jauh lebih murah dibanding mengiklankan di Facebook. Apalagi kalo admin-admin yang murah hati, cukup dikirimi pulsa 20 ribu aja udah mau.

5. Posting Sesuatu Yang Memancing Banyak Komentar.

Sering-sering membuat postingan yang berpotensi banyak dikomentari orang. Terkadang, bila seseorang mengomentari status fanpage kita, aktivitas mengomentari tersebut akan muncul di beranda teman-temannya. Dengan begitu, teman-temannya jadi tau dengan fanpage kita dan ada kemungkinan akan turut serta menyukai juga.

Selain itu, status fanpage yang mendapat komentar banyak, biasanya akan menjadi status populer yang muncul di beranda ribuan orang, termasuk di beranda orang-orang yang belum menyukai fanspage kita, sehingga orang-orang yang belum menyukai tersebut juga ikut menyukai. Strategi ini cukup sering digunakan para admin fanpage.

6. Meminta Penggemar Membagikan Postingan.

Di akhir setiap postingan, tidak ada salahnya meminta kepada para pembaca fanspage kita untuk membagikan postingan ke wall akun pribadi mereka, sehingga teman-temannya ikutan membaca dan jadi tau dengan fanspage kita. Semakin banyak yang men-share postingan kita, nama fanpage kita akan tersebar luas ke seantero facebook dan dikenal orang-orang yang belum menyukai fanpage kita.

7. Meminta Penggemar Memberikan Jempol.

Di awal atau akhir postingan, sarankan kepada pembaca agar tidak lupa memberi like. Sama kayak kasus komentar di atas, terkadang seseorang yang memberikan like untuk status di fanpage kita, aktivitas menyukai tersebut bisa muncul di beranda teman-temannya, sehingga teman-temannya jadi mengetahui fanpage kita. Kalau isi fanspage kita menarik, pasti teman-temannya juga akan bergabung menyukai fanspage kita.

8. Promosi Pribadi.

Promosi pribadi bisa dilaksanakan dengan cara memberitahu ke teman-teman lewat akun facebook pribadi, bahwa kita sudah punya fanspage, ajak mereka untuk menyukai fanspage kita. Bukan hanya di facebook, promosi juga bisa dilakukan lewat akun sosial media lain seperti twitter, google+, blog, instagram, Line, BBM, Whatsapp dan lain sebagainya.

9. Tulis Nama Fanspage di Berbagai Tempat di Facebook.

Caranya adalah menyebar nama fanspage kita ke berbagai group-group facebook, di wall-wall fanspage terkenal, dan di kolom komentar fanspage-fanspage yang sudah besar. Tentu saja dengan ditambahi kalimat-kalimat menarik yang menggambarkan isi fanspage kita, sehingga mereka penasaran mengunjungi fanpage kita dan akhirnya ikut menyukai.

Tapi hati-hati dengan metode ini, karena tidak semua admin group ataupun fanspage rela tempatnya dititipi promosi, sehingga bisa saja kita didepak dari group ataupun fanspage mereka.

10. Iklankan di Facebook.

Ini adalah cara paling ampuh dari segala cara yang ada. Dengan mengiklan di Facebook, Fanspage kita akan muncul di beranda ribuan bahkan puluhan hingga ratusan ribu pengguna Facebook dalam jangka waktu tertentu, tergantung harga yang dibayarkan berapa. Semakin mahal, tentu semakin bayak pula orang-orang yang melihat melihat fanspage kita, sehingga kemungkinan mereka untuk menyukai fanpage kita semakin besar.

Demikian 10 cara meningkatkan jumlah like di fanspage facebook. Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan maksimal. ^^

43 komentar

Wah, perlu di coba caranya ni. Terima kasih ya buat tipsnya. Salam kenal, senang bisa blogwalking disini :)

kayaknya tips diatas perlu saya terapkan pada fans page saya nih mas.
soalnya fans saya masih minim pengikut nih,nggak sampe 200.
makasih ya atas tipsnya

kalo point yg ke10 itu cara jitu ya mas, tapi harus ngeluarin uang yg banyak mas..

Lebih enak ngiklanin, bisa tertarget apa lagi kalau pake custom audience

banyak kok tools grab UID :D

Boleh di coba ne tips-tipsnya. Hmm..

Nice sharing dan salam kenal mas

bisa dicoba nih kebetulan belum banyak yang menyukai fanpage saya

fans page dihalamanku sangat minim sekali, mungkin karena dibiarkan begitu saja.. saya coba poin-poinnya ya.. trims...

Sip deh buat tipsnya mengenai Cara memperbanyak Like di Facebook. Bermanfaat banget buat saya yang belajar baru buat fanpage tapi bingung gimana dapat jempol orang-orang yang lalu lalang di Facebook.

Nggak tahu gimana nasib FP yang pernah aku pakai, yang ngelike cuma teman FB. Itupun nggak semua dengan suka rela ngelike.

Sejak saya punya BLOG dan aktif menulis di BLOG, akun FB saya jadi jarang jarang kebukaknya. Hiehiehiehe. Terima kasih sudah mengingatkan. Ternyata saya punya akun FB wahahahahhaaa

Cukup bagus juga nih kang untuk mempromosikan akun FP FB, biasanya saya malah konsen di blog saja, dan FP hanya buat share artikel saja, terikasih atas sarannya dan patut di coba.

jgn lebar2 lok ketawa mas :D

sepakat dengan mang yanto cungkup yang baik hati dan tidak sombong bahwa trik diatas adalahpatutlahkan kiranya dicobakan pada blognya mang yanto demi meraih pundi dolllar yang kian bejibun...hingga fans page nya juga bejibun

wah mantap infonya mas, boleh juga nih dicoba.
salam kenal mas.. baru pertama kesini.

Salam kenal juga bro Defi. Makasih.

Silahkan dicoba, Mas. Semoga sukses. :)

Iya bener banget. Uang yang dikeluarkan tapi cukup setimpal dengan hasil yang didapat. :)

Betul sih, Mas. Tapi masalahnya tidak semua memiliki uang untuk beriklan di facebook. :)

Silahkan, Mas. Semoga berhasil.

Iya, Mbak. Silahkan dicoba biar blog-nya makin tinggi traffiknya.. :)

Sama, Mas. Saya juga sekarang lebih konsen ke blog. Pembacanya bisa lebih luas. :)

Coba dipraktekkan Mas. Tips yang ke 10 itu terbukti berhasil bisa meraup banyak jempol, meskipun saya belum pernah mencobanya. :)

Hahaha... Sabar, Mas. Memang susah mendapat banyak like kalo kita bukan artis.

Terima kasih juga udah berkunjung, Bang. Cmangadh! :)

Salam kenal kembali. Ayo dicoba, Mas.

@Mang Tuvli ... Hehehe. Tapi ngehasilin duit di facebook agak susah, gak semudah sosial media lain kayak twitter atau instagram. :)

siip.. makasih infonya mas..

Keren info nya mas, perlu di coba nih.
Salam kenal ya mas dari saya.

makasih infonyaa.. bakal dicoba deh

like akun ini jg ya saling bantu :D
https://www.facebook.com/AXIS-Malaikat-Cinta-1639294226290191/timeline/

"Hi!..
Greetings everyone, my name Frank of Jakarta. during my
visiting this website, I found a lot of useful articles, which indeed I was looking earlier. Thanks admin, and everything."
Ejurnalism

bantu like ya teman-teman https://www.facebook.com/galleryaisha/

Boleh gak minta tolong,,like fp saya
Sehat jantung icp
http://bit.ly/2deBmvM
:)
Bagi yg ingin fp ny di like balik, Boleh PM. Tq

boleh juga nih dicoba :) praktek dulu ah hehehee

Masih newbie nih om...mw nanya...orang yang ngelike fanpage kita itu bisa melihat fanpage kita kan? Walaupun kita tidak mengiklankan iklan kita? Terima kasih...

Masih newbie nih om...mw nanya...orang yang ngelike fanpage kita itu bisa melihat fanpage kita kan? Walaupun kita tidak mengiklankan iklan kita? Terima kasih...

Masih newbie nih om...mw nanya...orang yang ngelike fanpage kita itu bisa melihat fanpage kita kan? Walaupun kita tidak mengiklankan iklan kita? Terima kasih...

Cantik nie... yg punya blog....

yang paling efektif pasti no 10 Jual rumah murah di Bali , Lokasi dan akses strategis prospek menjanjikan untuk investasi, hunian di Kuta, jimbaran seminyak, canggu, tibubeneng, dalung, mengwi, denpasar Bali bisa cash dan kredit

setuju, memang butuh kesabaran dan kreatifitas supaya pembaca like fanpage kita

Terimakasih Gan infonyaa...

bagus banget jaDI tambah ilmu,.....(like fans kami ya https://www.facebook.com/PameranPropertiOnline dan juga kunjungi www.propertipedia.asia banyak info rumah dan artikel properti yang menarik

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon