Himbauan Penting Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan


Bagi peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek, harus tahu betapa pentingnya Paklaring sebagai salah satu dokumen wajib yang harus dibawa ketika ingin mencairkan uang JHT (Jaminan Hari Tua). Oleh karena itu, bagi yang sudah berhenti bekerja, sangat dihimbau untuk menyimpan baik-baik Paklaring yang telah diberikan perusahaan. Jangan sampai rusak apalagi hilang. Sementara bagi yang saat ini masih bekerja, dihimbau nanti ketika ingin resign atau mengundurkan diri, jangan sampai lupa meminta Paklaring kepada perusahaan. Jangan!

Saya pribadi menganggap, kedudukkan Paklaring sebagai salah satu syarat administratif klaim JHT lebih tinggi dan sulit terganti dibanding dokumen-dokumen lain. Kalau tidak ada KTP masih bisa diganti dengan SIM. Kartu Kepesertaan hilang bisa diganti dengan surat keterangan hilang dari kepolisian.

Baca Juga: (Surat Pernyataan Tidak Bekerja Untuk Klaim Semua Saldo JHT)

Tapi jika tidak punya Paklaring, atau sudah punya tapi kemudian raib, mau tidak mau kita harus repot mendatangi perusahaan lagi untuk meminta dibuatkan Paklaring. Belum lagi kalau perusahaan tidak koperatif melayani kita. Dengan berbagai alasan menolak permintaan kita untuk dibuatkan Paklaring.

Dan yang lebih menjadi masalah, bagaimana kalau mantan perusahaan kita itu sudah tutup atau lokasinya jauh, kita tentu menjadi semakin kesulitan untuk mengurus paklaring. Dalam kondisi ini, kebanyakan peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah menyerah dan membiarkan tabungan JHT-nya tidak terambil. Jika tetap ingin mencairkan saldo JHT, jalan satu-satunya adalah meminta surat keterangan dari Dinas Ketenagakerjaan setempat sebagai pengganti Paklaring.

Keberadaan Paklaring memang sangat penting sekali untuk mengurus klaim JHT. Tanpa Paklaring, pengajuan pencairan JHT tidak akan diapprove alias ditolak. Paklaring atau Surat Pengalaman Kerja, merupakan dokumen yang membuktikan bahwa kita pernah dan sudah berhenti bekerja pada perusahaan yang mengeluarkan Paklaring tersebut.


Paklaring Untuk Pencairan JHT


Tapi sebenarnya berdasarkan pengalaman saya, Paklaring tidak harus berupa Surat Pengalaman Kerja. Bisa juga Surat Keterangan Sudah Berhenti Bekerja, Surat Pemberhentian Kerja bagi yang di-PHK, Surat Rekomendasi dari perusahaan untuk mengurus pencairan JHT. Pada intinya kita membawa surat keterangan dari perusahaan, bahwa kita pernah dan sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.

Saya dulu juga cuma menggunakan surat rekomendasi dari perusahaan. Saya dulu di perusahaan cuma sebagai kuli kasar, tenaga BHL (Buruh Harian Lepas), jadi mungkin perusahaan menilai saya tidak layak mendapat Paklaring/Surat Pengalaman Kerja. Makanya perusahaan cuma mengeluarkan Surat Rekomendasi untuk mengurus pencairan JHT saya. Dan Alhamdulillah itu bisa digunakan. Saldo JHT Jamsostek saya cair penuh dan secara tunai.

Mengingat betapa pentingnya Paklaring sebagai syarat mutlak mengambil uang JHT, pihak BPJS Ketenagakerjaan menghimbau dan mewanti-wanti agar pesertanya tidak lupa membuat Paklaring ketika berhenti bekerja. Dan jika sudah memiliki Paklaring, agar dijaga baik-baik, jangan sampai hilang. Tanpa Paklaring, klaim saldo JHT tidak akan diproses.

Saking pentingnya Paklaring dan tanpa itu uang JHT tidak bisa dicairkan, saya dapat bocoran bahwa ada peserta-peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sampai bekerja sama dengan 'oknum orang dalam' dengan membuat Paklaring palsu. Memalsukan stempel perusahaan. Memalsukan tanda tangan HRD perusahaan. Tapi tentu saja cara ini tidak baik. Dan seandainya ketahuan bisa saja terjerat ke persoalan hukum. 

Demikian saja artikel saya kali ini tentang pentingnya Paklaring untuk pencairan JHT. Dan juga tidak perlu kuatir, setelah pengajuan pencairan JHT disetujui, Paklaring akan dikembalikan kepada peserta yang bersangkutan. Jadi bisa digunakan untuk melamar kerja di perusahaan yang lain.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Salam jabat erat. ^^


42 comments:

  1. Saya nggak punya BPJS, karena saya Honorer di Sekolah Negeri yang honornya minim, tapi saya punya Jamkesmas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Mas. Yang penting bahagia dan sehat..

      Delete
    2. Jamkesmas,kyk di kab purbalingga,jateng

      Delete
  2. Mas saya mau taya kalo dana jht itu cairnya berapa lama dr pengajuan ya? Persyaratan sudah lengkap.

    ReplyDelete
  3. mas mau nanya nih, kalo punya 1 kartu jamsostek tapi ada 2 perusahaan, perusahaan pertama ada paklaringnya, tapi perusahaan
    yang ke dua ngga ada paklaringnya,kira-kira masih bisa cair ngga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada paklaring dari perusahaan yang paling terakhir, Mbak.

      Delete
  4. Maaf nih mas mau tanya, saya mau resign masa kerja udh 3 thn lewat, kira2 nanti bisa cairin bpjs tk nya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. JHT itu hak kita sebagai pekerja. Pengajuan klaim setelah sebulan berhenti bekerja...

      Delete
  5. mas mau tanya, saya kan pnya 4krtu bpjs dr prshaan yg berbda2,tapi cuma ad 2 yg ada pklaringnya. kira2 yg ada paklaringnya bisa d cairin gak ya? seblumnya terimakasih :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ada paklaringnya tentu saja bisa dicairkan, Mbak. Asal dokumen-dokumen lainnya ada. KPJ untuk masing-masing perusahaan, KK, KTP.

      Delete
  6. Sis mau tanya nih..surat keterangan dari dinasker klo kita dah berhenti bkrja itu kan wajib..nah surat nya itu kita dapet dari mana?apa otomatis perusahaan sdah melaporkan kita ke dinasker klo kita dah berhenti..atau kita urus sendiri ke dinasker?mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan sy idem.
      Ato surat paklaring yg d legalisir disnaker gitu t mase???

      Delete
    2. Pertanyaan sy idem.
      Ato surat paklaring yg d legalisir disnaker gitu t mase???

      Delete
    3. Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan itu perusahaan yang mengurus, kita nanti cuma membawa fotocopyan-nya.

      Delete
  7. Kl awalnya krja d Pt abc trus dimutasi k pt def dimana keduanya msh 1 grup. Ketika resign dpt parklaring dr pt def. Akan tetapi pemberi gaji n pmbyr jht smpe posisi resign terakhir adalah pt abc yg mau sy tanyakan berlaku atau tdk parklaring pt def untuk mencairkan saldo jht

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu kejadiannya, paklaring dari pt def bisa digunakan, Mbak.

      Delete
  8. Saya punya 3 KPJ tp hanya ada 1 formulir dr kantor bpjs , apa bisa di cairkan semuanya mas?
    Tolong di berikan arahan.
    Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya nggak bisa, Mas. Kenapa nggak minta sekaligus tiga gitu? Tinggal bilang ke petugasnya kalau sampeyan punya 3 KPJ...

      Delete
  9. Mas saya mau tanyaa.karna pekerja saya ada yg menanyakan bpjs. Misalkan dia sudah berenti bekerja selama 1 taun. Dan sudah membuat surat pernyataan pencairan 100% lalu dikemudian hari dia bekerja lagi apa bisa didaftarkan peserta bpjs lagi??? Mohon bantuannya ya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa, Mas. Tanyakan saja ke perusahaan tempat Mas bekerja yang baru. Biasanya tanpa diminta pun, perusahaan akan mendaftarkan karyawannya yang baru menjadi peserta BPJS Ketenegakerjaan..

      Delete
  10. kalo ktp nya udah ganti tempat tingal bisa tdk mas ,dulu pas daftar ktp nya bekasi trus kan pindah ke klaten ktp nya sekarang klaten apa tdk masalah dengan ktp nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah, Mas. Yang penting biodata di KTP yang baru sesuai dengan biodata di KK. Nama, Alamat, Tanggal lahir...

      Delete
  11. Mas kalau paklaring yg asli hilang tinggal fotokopy saja bisa tidak ya di cairkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Wajib menyertakan yang asli. Silakan diurus kembali ke perusahaan...

      Delete
  12. Mas mau Tanya...saya dah berhenti kerja Dan ingin mencairkan Dana jamsostek saya...yg jadi kendala adalah perusahaan saya tidak mau(mempersulit) mengeluarkan parklaring...apa kah dengan Surat SK PHK saja bisa mencairkan Dana tersebut??bagaimana caranya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat PHK bisa digunakan sebagai pengganti Paklaring, Mas.

      Delete
  13. Mau nanya nih...
    Saya kan kerja sebagai operator,tetapi Status kerja saya cuma HL(HArian Lepas).trus saya mengundurkan diri.kalo saya minta paklaring,
    Kira-kira dapet gak yah.
    Makasih

    ReplyDelete
  14. Mau nanya nih...
    Saya kan kerja sebagai operator,tetapi Status kerja saya cuma HL(HArian Lepas).trus saya mengundurkan diri.kalo saya minta paklaring,
    Kira-kira dapet gak yah.
    Makasih

    ReplyDelete
  15. Mau nanya nih...
    Saya kan kerja sebagai operator,tetapi Status kerja saya cuma HL(HArian Lepas).trus saya mengundurkan diri.kalo saya minta paklaring,
    Kira-kira dapet gak yah.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diminta, Mas. Guna pencairan JHT. Dan perusahaan juga wajib memberikankannya...

      Delete
  16. Berarti Surat pemberhentian kerja juga bisa dipake dong ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa digunakan sebagai pengganti paklaring.

      Delete
  17. Saya bekerja di perusahaan a 3thn dan dapat 3 paklaring, kalo mau mencairkan apakah paklaringnya dibawa semua atau cuma yang terakhir? Mohon pencerahannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saldo JHT dari 3 perusahaan itu tidak digabungkan, paklaring harus dibawa semua.

      Delete
  18. Ka saya sudah berhenti bekerja tetapi paklaring saya lama untuk dikasihnya dan status saya masih aktif di bpjs padahal saya sudah resign gimana tuh ka makasih

    ReplyDelete
  19. saya mau tanya ktp saya kan berlakunya hbis bulan kmrn,trs blm buat yang baru,itu bisa dpke gak ktpnya,

    ReplyDelete
  20. saya mau tanya kalau paklaring yang diberikan cuma berupa fotocopy apakah bisa untuk mencairkan dana JHT saya, sedangkan dokumen yg lain sudah komplit? makasih

    ReplyDelete
  21. Mas, saya punya 1 kartu bpjs dengan 3 perusahaan yg berbeda, hanya ada 2 paklaring yg saya dapati,perusahaan pertama tidak memberikan karena masa kerja belum mencapai 1 thun,,alhasil saya tetap ditolak untuk pencairan jht nya,apakah ada cara lain mas

    ReplyDelete
  22. Mau tanya mas admin.... saya sdh berhenti dr perusahaan A ..dan sya mulai kerja di perusahaan B ...sya kasihkan kartu bpjs ketenaga kerjaan saya ...dan sdh diproses sampai aktif ...yg sya tanyakan kok saldo yg dr perusahaan pertama kok tdk muncul ..itu bgaimana ya mas admin ? ..makasiih

    ReplyDelete
  23. Min kalo surat ieterangan dari dianakernya gak ada trus diganti sama paklaring yang udah di cap disnaker bisa gak ? Maksaih

    ReplyDelete
  24. Mas saya mau tanya kalau perusahaan tidak memberikan paklaring dengan alasan data kita diperusahaan sudah tidak ada atau bos tidak mengizinkan memberikan paklaring karena saya karyawan lama ... kira2 apa yang bisa saya gunakan sebagai pengganti paklaring?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)