Cara Mencairkan Uang Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Jika Kartu Perserta-nya Hilang


Ini adalah Cara Mencairkan Uang Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Jika Kartu Perserta-nya Hilang. Seperti yang sudah aku tulis di Cara Mudah Mencairkan Uang BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek, ketika seseorang akan mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek, maka ia wajib membawa kartu keanggotaannya sebagai tanda pengenal, bahwa orang tersebut benar-benar terdaftar sebagai peserta Jamsostek. Jika tidak membawa kartu peserta, mau ditodong bedil sekalipun, para petugas BPJS Ketenagakerjaan tidak bakalan bersedia memproses pengajuan klaim uang Jamsostek kita. Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu syarat mutlak yang harus disodorkan.

Tapi bagaimana jika kartu kepersertaannya hilang? Apakah masih bisa dicairkan? Jawabannya adalah bisa. Bisa banget! Yaitu dengan cara membuat surat keterangan hilang dari kepolisian. Nanti surat keterangan hilang dari polisi tersebut digabungkan dengan dokumen-dokumen lain seperti Kartu Keluarga, KTP, Paklaring serta buku tabungan.
Ngaca dari pengalaman aku pribadi yang kebeneran kartu Jamsotek-nya juga hilang, mengurus surat keterangan hilang dari polisi tidaklah sulit. Setengah jam sudah jadi. Cuma ditanya biodata, hilangnya kapan, diperkirakan hilang dimana dan beberapa pertanyaan sederhana lainnya.

Baca Juga: (Beberapa Kendala Dalam Pencairan Uang JHT BPJS TK/Jamsostek Beserta Solusinya)

Sebenarnya kartu jamsostek aku nggak hilang sih. Jadi dulu ceritanya biar dompet kelihatan keren, segala kartu dimasukin. Kartu tanda penduduk, kartu pemilu, kartu jamsostek, kartu anggota partai, kartu remi dan sebagainya dipajang di dompet. Sampai kemudian pada suatu hari yang sial, dompet aku jatuh dan hilang tak pernah kembali lagi. Sejak dompetku hilang itu, entah kenapa kartu jamsostekku juga ikutan-ikutan menghilang. Sedih. Gara-gara itu, ketika aku berniat mencairkan uang jamsostek, terpaksa harus berurusan dengan polisi dulu. Membuat surat keterangan hilang.

Dan bagi teman-teman yang akan membuat surat keterangan hilang, sebelum mendatangi kantor polisi, pastikan dulu kalian masih ingat dengan nomor peserta yang tercantum di kartu. Karena jika nanti di dalam surat tidak memasukan nomor kartu yang hilang, pihak BPJS Ketenagakerjaan tetap akan menolak pengajuan klaim uang jamsostek kita.

Nomor Kartu Jamsostek
Bagi yang tidak hapal dengan nomor kartu Jamsostek-nya sendiri, tidak usah panik. Nomer itu bisa dicontek dari lembaran laporan saldo BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang biasanya setiap tahun diberikan perusahaan kepada kita. Di kertas tersebut pasti ada nomornya. Biasanya terletak di pojok kanan atas. Aku juga dulu nggak hapal. Tapi beruntung, walaupun kartu jamsosteknya hilang, kertas-kertas laporan saldo tahunannya masih ada, soalnya tidak ikut dalam dompet yang jatuh tadi. Namanya juga orang Indonesia, sudah kehilangan tapi tetap merasa beruntung.

Sebab ada juga yang keadaannya kronis sekali. Sudah kartu pesertanya hilang, tidak hapal nomornya, berkas-berkas laporan saldo tahunannya juga raib entah kemana. Kalau ada teman-teman mengalami ini, saran saya adalah tetap tenang dan jangan menyerah. Masih ada solusi yang lain, yaitu datangi perusahaan tempat bekerja dulu. Katakan bahwa kartu Jamsostek kita hilang, dan ingin mengtahui berapa nomornya guna kepengurusan surat keterangan hilang dari kepolisian.


Slip laporan saldo JHT tahunan
Terkadang masalah tidak sampai di sini. Misalnya kartu hilang, nomornya lupa, kertas laporan saldo tahunan juga entah di mana, sudah begitu perusahaan tempat bekerja dulu letaknya jauh di luar pulau. Mau didatangi berat diongkos. Mau ditelepon tidak punya pulsa. Atau perusahaan tempat bekerja dulu masih terjangkau, tapi begitu didatangi ternyata sudah bangkrut dan tutup. Jika begitu kejadiannya, maka jalan terakhirnya adalah langsung saja mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan cek daftar Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Seluruh Indonesia dan pilih kantor yang terdekat dari tempat tinggal teman-teman. Walaupun kartu jamsostek kita hilang, tapi data-data kita masih tersimpan rapi database BPJS Ketenagakerjaan.

Di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, ceritakan bahwa kartu Jamsostek kita hilang, dan maksud kedatangan kita adalah ingin mengetahui nomor kepersertaan yang terdapat di kartu hilang tersebut, guna mengurus surat keterangan hilang dari polisi.

Setelah tahu nomer kepersertaan Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan, barulah kita mendatangi kantor polisi untuk membuat surat keterangan hilang. Sebaiknya setelah surat keterangan hilang tersebut jadi, segera urus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan sobat. Karena surat keterangan hilang dari kepolisian hanya berlaku 14 hari sejak tanggal dikeluarkan. Lebih dari itu berarti sudah kadaluarsa dan tidak bisa digunakan lagi.

Demikian cara mencairkan uang Jamsostek/BPJS TK bagi yang kartu keanggotaannya hilang. Yang penting jangan pernah menyerah. Percayalah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

63 comments:

  1. Wah, harus dijaga salah satunya ya. Bisa jadi informais yang baik bagi saya pribadi yang mugnkin saja bisa mengalami hal yang sama. Mulai sekarang harus rajin dalam menyimpan lembaran laporan saldro harus dijaga ya. Menarik sekali bahasannya, memang jarang yang bahas kayak gini. Kebanyakan bahas tentang gimana daftar dan keterangan lainnya, tapi kalo yang bermasalah beruntung deh bisa mampir kesini, jadi udah nggak panik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Terima kasih juga telah berkunjung ke sini. Senang bisa membantu. :)

      Delete
  2. Kayaknya perlu dicoba langsung dateng ke jamsosek aja deh

    soalnya kalau ke kantor lama agak ribet juga , hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh, Mas. Apalagi kadang-kadang orang kantor lama bersikap acuh tak acuh ketika kita berkunjung lagi kesana.

      Delete
    2. Tapi Mas! Kalau Langsung Ke Kantor BPJS, apa kah Cuma Langsung Blg Kartu kita hilang atau pihak BPJS minta Dokumen Lain Gtu.

      Delete
  3. nah sangat berguna ini. jika kartunya hilang ternyata masih bisa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih, Mas. Asal punya surat keterangan hilang dari kepolisian.

      Delete
    2. jika kita mengurus surat kehilangan di kantor polisi yang berbeda daerah dengan KTP bisa gak yah?

      Delete
  4. berarti yg paling penting kita mesti mengingat nomor kartu Jamsostek yamas.
    agar bila sewaktu2 kehilangan kartu tersebut tidak ribet ngurusnya.
    makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Kalau perlu dicatat di diari, buat jaga-jaga kalau kehilangan. :)

      Delete
  5. Kebetulan dana jamsostek sudah dicairkan jauh sebelum adanya nama bpjs, jadi skrg tak ada lagi yg bisa dicairkan hehe...
    Tip yang bermanfaat bgt nih, salam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah, Mas, jika begitu. Mungkin Mas juga bisa berbagi pengalaman saat dulu mencairkan uang Jamsostek. :)

      Delete
  6. hanya untuk pemegang jamsostek dan bpjs ketenagakerjaan ya, kenapa untuk pemegang bpjs umum tidak bisa dicairkan ya?
    misalkan begini, si A pemegang bpjs umum dengan kategori kelas 1, jadi setiap bulan si A harus setor 50 ribuan.. tanpa mengharapkan sakit, setelah 5 tahun si A meninggal.. dan tanpa mendapatkan apapun dari bpjs...
    apakah setoran bpjs si A selama 5 tahun tersebut bisa dicairkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Mbak. Saya kurang tahu kalau untuk BPJS Umum/Kesehatan. Kalau saya jawab nanti takutnya malah salah kaprah. Maaf ya, Mbak. Lain waktu saya akan belajar dulu. :)

      Delete
  7. Kalau kartu dan paklaring ludes kena banjir bgmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk KPJ bisa membuat surat keterangan hilang dari kepolisian.

      Untuk paklaring silahkan meminta lagi ke perusahaan.

      Delete
  8. mas saya mau tanya...saya pindah domisili dan KTP/KK sudah terbit dengan alamat baru....sedangkan kartu Jamsostek saya masih pakai KTP/KK lama....apakah yang saya harus lakukan supaya dana saya tetap bisa dicairkan? Trims sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa, Mas. Itu tetap bisa cair. Yang penting KTP dan KK baru tersebut alamatnya sama.

      Delete
  9. jadi bisa ya mencari data No KPJ yang hilang di kantor BPJS cabang manapun ( terdekat ) tidak wajib ke kantor BPJS yang ditunjuk oleh perusahaan yang bersangkutan, atau kantor BPJS yg mengeluarkan KPJ tersebut. Permasalahannya saya mempunyai 2 kartu Jamsostek, salah 1 nya hilang. sementara perusahaan dmna dulu saya bekerja seperti nya enggan untuk mencarikan data saya tersebut dengan alasan susah karena -+ sudah 10 tahun keluar dari perusahaan tersebut. alhasil saya bingung deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa, Gan. Karena sistem BPJS TK sudah online seluruh Indonesia. Masalah kadang karyawan BPJS TK tidak mau melayani kita untuk menelusuri no KPJ kita.

      Delete
  10. Mas ingin bertanya,, jika kita masih bekerja namun kartu jamsosteknya (karna bellum memiliki kartu BPJS TK) hilang. apakah masih bisa dicairka JHT 10%nya? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urus dulu kartu yang hilang tersebut, Mbak. Nanti setelah mendapat kartu BPJS TK yang baru sebagai pengganti kartu yang hilang, baru bisa melakukan klaim JHT yang 10%.

      Delete
  11. mas q juga kehilangan katru bpjs tp pihak perusahaan tidak mmpunyai no.kpj saya ktx datax sudah hilang.Terus saya lngsg k kantor bpjs tp ditolak suruh mnta no.kpj k perusahaannx .Gmn donk dah bolak balik sana sini tp masih ribet gk tau no. kpj saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah gimana lagi, yang tahu no KPJ tentu cuma perusahaan sama pihak BPJS Ketenagakerjaan. Coba lebih didesak, Mbak.

      Delete
  12. Mas gimana Lw gini kejadiannya .. saya mau mencair Kn jamsostek saya pada thn 2013 . . Malah nanti aja thn 2015 .. sekarang pas mau di cair Kn gk bisa .. karna saya masih aktif kerja padahal beda no kpj .. saya mau nagih janji nya mana malah kena ikut peraturan baru ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu peraturannya, Mas. Sebagai rakyat biasa, mau tidak mau kita hanya bisa menaati. :D

      Delete
  13. Maaf sebelumnya saya mau nanya saya resign kerja bulan oktober lalu dan saya baru tau ada ny pemotongan tiap bulan d slip gaji buat JHT pas saya tanya k perusahaan trsbt katany belom kedaftar padahal saya sudah bekerja d perusahaan trsbt 2tahun,dan katanya beliau yg mau cairin? Itu gimana ya solusinya ? Trus dana yg bisa d cairin berapa kalo potongan tiap bulan Rp 32.000 selama 2 tahun bekerja karna saya mau ngecek saya tidak ada kartuny,takut d bodohin karna katany dana yg d cairin sbsar 800an ,makasih

    ReplyDelete
  14. Kalau jamsostek saya pernah hilang mas.. Trus saya lapor ke perusahaan tetapi malah dibikinkan yang baru.. Apakah saldo saya bertambah atau memulai lagi dari awal mas..

    ReplyDelete
  15. Kalau jamsostek saya pernah hilang mas.. Trus saya lapor ke perusahaan tetapi malah dibikinkan yang baru.. Apakah saldo saya bertambah atau memulai lagi dari awal mas..

    ReplyDelete
  16. Berarti tinggal bikin surat kehilangan aja yaa soalnya saya masih nyimpen saldo terakhirnya

    ReplyDelete
  17. Mba kalo boleh tau waktu itu mb ngurusnya di kantor jamsostek/ bpjs di jkt mana mba?

    ReplyDelete
  18. Kartu jamsostek sy hilang. Sy tanya no.KPJ ke perusahaan sy dulu berkerja tidak dikasih, katanya harus tanya ke bpjs tk. Setelah sy ke bpjs tk pihak sana mengatakan harus tanya no.KPJ ke perusahaan. Jadi saya harus tanya kmn utk no.KPJ? Byk artikel diinternet mengatakan bisa tanya no.KPJ di bpjs TK, tp kenyataan ny tidak bisa. Bagaiman solusinya? Thx.

    ReplyDelete
  19. Min gmna kalau blsan email yang seharusnya sya bawa k kantor bpjs k hapus? Apa msh bisa dtng di tgl yang di tentu kan pada balasan email?

    ReplyDelete
  20. Min gmna kalau blsan email yang seharusnya sya bawa k kantor bpjs k hapus? Apa msh bisa dtng di tgl yang di tentu kan pada balasan email?

    ReplyDelete
  21. kisah saya malah kronis saya mempunyai 3kartu BPJS Tp tdk pernah dikasih trmsk saldo tahunan.katanya blm jadi.ketika mau nyairkan hrs ke kepolisian.akhirnya bisa cair saldo 300Rb terendah setelah 5x antri pkl.02.00wib.yg 2 hrs minta surat lg di kepolisian lha fihak kepolisian tdk bisa mengeluarkan 3surat asli yg lain cm salinan.akhirnya 2No bpjs terpaksa hrs jd shodaqoh kita walopun posisi lg terpuruk mau minta bantuan awak media tiwas ribet.nasib 2x saat kerja diperas habis 2xan saat resign minta hak kita tdk bisa

    ReplyDelete
  22. ini kejadian nyata.yg saya alami saat ini.2kartu BPJS Tdk bisa diambil krn hrs ada surat asli 3.

    ReplyDelete
  23. Hari ini ke BPJS TK sebelah RS Siloam Sby dan ada kartu yg hilang, disuruh balik ke kantor lama minta surat dari kantor lama yg menyebutkan kartu dg nomer tsb hilang. Padahal sudah ada surat kehilangan kepolisian n paklarin lengkap. Dipersulit bgt.

    ReplyDelete
  24. Kalo udahh buat surat keilangan dr polisi kita mesti ke kntor bpjs lagi kan mas ambil formulir trus balik lg ke prusahaan lama mnt ttd dan cap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu balik ke perusahaan lagi. Asal kita sudah memiliki paklaring, perusahaan sudah tidak perlu dilibatkan lagi..

      Delete
  25. saya mau tanya dong katanya kalo mencairkan bpjs harus ada buku tabungan dan harus ada nmr rekeninh kita? tapi kalo buku tabungan nya hilang bagaimana? tp saya bawa slip gaji aja bisa atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat lagi buku tabungan yang baru, Mbak. :)

      Delete
  26. Selamat malam, mas/mba saya mau tanya kalo lupa ngasih tanda tangan di kartu bpjs sedangkan kartunya sudah di laminating itu gimana y? Beresiko menimbulkan masalah gak di pas mau nyairinnya? Terima ksih sebelumnya,,,

    ReplyDelete
  27. mas sy mau tanya wkt itu beraapa lama proses pencairan...kok sy lama yah ngurus ny lewat bank bri dgn ad y kendala spt mas jamsos ny hilang ....??

    ReplyDelete
  28. mas sy mau tanya wkt itu beraapa lama proses pencairan...kok sy lama yah ngurus ny lewat bank bri dgn ad y kendala spt mas jamsos ny hilang ....??

    ReplyDelete
  29. Maaf nih min saya mau tanya saya punya kpj 2 sedangkan kartu kpj dan paklaring di perusahaan yg lama saya hilang apakah saya bisa mencairkan kpj semuanya dari 2 perusahaan itu.
    Mohon penjelasan detail ya min...
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang kedua bisa dicairkan. Sementara yang pertama, silakan dibuat dulu surat keterangan kehilangan dari kepolisian, kemudia minta surat keterangan pernah bekerja dari perusahaan yang pertama.

      Delete
  30. ada yang punya akun dummy SIPP BPJS TK tidak?
    mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  31. Maaf min mau tanya sya prnah bkerja di perusahaan hmpir 2 th.. Tp blm prnah d ksih krtu pserta..sdngkan gaji tiap bulan d potong.. Itu gmn ya min

    ReplyDelete
  32. Maaf min mau tanya sya prnah bkerja di perusahaan hmpir 2 th.. Tp blm prnah d ksih krtu pserta..sdngkan gaji tiap bulan d potong.. Itu gmn ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Tanyakan ke perusahaan tempat mas bekerja...

      Delete
  33. Apakah cara ini juga bisa diterapkan untuk E-klaim lewat website? Kartu jamsostek saya blm sempat dibagi oleh perusahaan, hanya slip laporan saldo tahunan dari Jamsostek.
    Sedangkan website BPJS menginfokan lewat email harus dengan kartu BPJS, bukan slip laporan saldo tahunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti pake kartu jamsostek asli.... Klo belum dikasih tanyain ke HD perusahaan... Kalo ngurusnya ribet bikin aja surat kehilangan hehehehe kaya aku nih...

      Delete
  34. Kalo misal karu jamsostek kita lupa tanda tangani, terus keburu di laminating gimana ya? Apa masih bisa dicairin? Soalnya punyaku lupa di ttd in kartunya, mau dicopot laminatingnya, ternyata udah nempel kertas kartu jamsostek sama laminatingnya, mohon solusinya

    ReplyDelete
  35. mohon infonya mas, saya sudah di phk dari perusahaan, dan saya mau ambil jht, tp krtu saya hilang, saya sudah minta surat kehilangan dari kepolisian, tp di suruh balik lagi, dan saya di suruh minta cap dan tanda tangan perusahaan, tp krtu saya sudah tidak aktif, katanya dengan surat kehilangan dari kepolisian sudah cukup, apa jht saya msih bisa cair mas, skian dan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah tinggal diikuti saja apa yang diaarankan petugas BPJS TK. Nggak usah khawatir, tabungan JHT sampeyan tidak akan hilang dan tetap bisa dicairkan...

      Delete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)