Kisi-kisi Soal Ujian Teori SIM C Beserta Kunci Jawabannya

Kisi-kisi Soal Ujian Teori SIM C Beserta Kunci Jawabannya. Salah satu tahapan yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat SIM adalah mengikuti ujian teori. Nah pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan contoh dan kisi-kisi soal ujian teori SIM C yang disertai kunci jawabannya. Tentu hal ini sangat berguna bagi sobat-sobit yang punya rencana mengurus SIM C. Dengan mengetahui kisi-kisi soal ujian teori SIM C, kalian jadi punya gambaran bagaimana bentuk ujian teori itu, sehingga nanti ketika benar-benar melaksanakan ujian teori, bisa lebih tenang dan percaya diri.

GoRiau.com


Baiklah, langsung saja inilah kisi-kisi soal ujian teori SIM C lengkap dengan kunci jawabannya.

1. Fungsi Marka jalan adalah:

a. Untuk memberi batas jalan agar jalan terlihat jelas oleh pemakai jalan Yang sedang berlalu lintas dijalan.
b. Untuk menambah dan mengurangi kecepatan pemakai jalan yang Berlalu lintas dijalan.
c. Untuk mengatur lalu lintas atau memperingatkan atau menuntun pemakai jalan dalam berlalu lintas di jalan

Jawaban : C

2. Yang bukan merupakan Marka Lambang adalah:

a. Segi tiga
b. Gambar
c. Panas

Jawaban : C

3. Rambu dengan warna dasar kuning dengan lambang atau tulisan Berwarna hitam merupakan:

a. Rambu petunjuk
b. Rambu peringatan
c. Rambu perintah

Jawaban : A

4. Garis ganda yang terdiri dari garis utuh dan garis putus-putus  termasuk:

a. Marka membujur
b. Marka melintang
c. Marka serong

Jawaban : A

5 Dalam suatu persimpangan jalan terdapat alat pemberi isyarat lalu lintas,Polisi lalu lintas dan polisi pamong praja. Isyarat lalu lintas yang manakahYang harus diikuti oleh para pemakai jalan?

a. Alat Pemberi Isyarat lalu lintas
b. Polisi lalu lintas
c. Polisi pamong praja

Jawaban : B 
  

6. Apa arti rambu berikut?

a. Lajur atau bagian jalan yang wajib 
    dilewati adalah  sebelah kiri rambu ini
b. Satu satunya arah yang boleh ditempuh 
    ialah ke kiri
c. Dilarang berjalan lurus kedepan

Jawaban : B


 
7. Apa arti rambu berikut?

a. Penyempitan kanan jalan
b. Perbaikan jalan
c. Jalan satu jurusan

Jawaban : A



 
8. Anda berjalan dengan kecapatan kurang lebih 30 km per jam mendekati persimpangan yang diatur oleh lampu lalu lintas. Ketika lampu berubah dari warna hijau ke kuning, apa yang anda lakukan?
 
a. Berhenti
b. Jalan terus
c. Bersiap-siap berhenti karena belum melewati garis berhenti

Jawaban : C

9. Apabila anda ingin berpindah jalur dengan aman, maka anda harus

a. Memberikan isyarat secara jelas dan tepat waktunya dengan menggunakan petunjuk arah
b. Yakin bahwa tidak membahayakan pemakai jalan lain
c. Kedua jawaban diatas benar

Jawaban : C

10. Pengemudi diharuskan memberikan isyarat dengan petunjuk  arah yang berkedip pada waktu :

a. Akan berjalan atau akan mengubah arah kekanan
b. Akan berjalan atau akanberhenti
c. Akan merubah arah ke kiri atau ke kanan.

Jawaban : C

11. Teknik mengemudikan sepeda motor yang baik pada saat gerakan membelok adalah :

a. Menambah kecepatan pada jarak pendek sebelum mencapai tikungan
b. Memiringkan sepeda motor kearah pusat tikungan dan teta dalam posisi tegak
c. Memiringkan sepeda motor dan pengemudi kearah pusat tikungan yang sesuai dengan kecepatan dan ketajaman tikungan

Jawaban : C

12. Apa kegunaan bahu jalan

a. Untuk pejalan Kaki
b. Untuk berhenti dan parkir
c. Untuk berhenti dalam keadaan darurat

Jawaban : B

13. Apa kegunaan helm ?

a. Untuk melindungi pandangan pengendara, melindungi pengendara dari Panas dan hujan
b. Untuk melindungi kepala dari benturan atau gesekan yang mengakibatkan luka dikepala
c. Untuk menambah penampilan pengendara dan merupakan kelengkapan bagi sepeda motor

Jawaban : B

14. Kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang berada, Pada kendaraan itu, disebut :

a. Sepeda motor
b. Kendaraan bermotor
c. Motor besar

Jawaban : B

15. Surat Izin Mengemudi golongan C digunakankan untuk :

a. Mengemudikan sepeda motor yang dirancang mampu mencapai kecepatan lebih dari 40 Km per jam
b. Mengemudikan sepeda motor yang dirancang mampu mencapai kecepatan Tidak lebih dari 40 Km per jam
c. Pilihan a dan b salah

Jawaban : A

16. Menghadapi lampu kuning yang berkedip-kedip, maka tindakan yang benar, adalah :

a. Berjalan terus, kendaraan lain yang harus hati hati.
b. Setidak tidaknya berhenti dan beri jalan
c. Mendekati dengan hati hati, mengurangi kecepatan jika perlu berhenti dan beri jalan.

Jawaban: C

17. Dilarang mendahului kendaraan lain yang sedang berjalan  walaupun tidak ada rambu rambu yang melarangnya pada :

a. Jalan yang menurun
b. Jalan yang berlubang lubang
c. Jalan tikungan.

Jawaban : C

18. Pengemudi dilarang berhenti :

a. Pada belokan, persimpangan dan jembatan
b. Tanpa terpaksa pada belokan, persimpangan, dan jembatan, padajalan-jalan yang ada rambu larangan parkir
c. Tanpa terpaksa, berhenti pada jalan belokan, persimpangan,dan jembatan, pada jalan-jalan yang ada rambu larangan berhenti.

19. Dilarang parkir kendaraan :

a. Di belokan/ persimpangan jalan milik perkebunan yang tidak ada tanda larangan berhenti
b. Pada jalan yang naik/turun
c. Dibelokan, persimpangan persimpangan jalan, jembatan dan tempat lain yang ada rambu larangan parkir.

Jawaban : C. 

20. Pada suatu ruas jalan ada 2 (dua) macam marka jalan berupa tanda garis membujur berwarna putih yang satu utuh dan yang disebelahnya lagi putus-putus, tanda garis mana yang harus dipatuhi oleh pengemudi
a. Yang terdekat
b. Yang terjauh
c. Kedua-duanya

Jawaban : A

21. SIM apakah Yang perlu dimiliki, bila anda akan mengemudikan sepeda motor 300 CC dengan kereta samping

a. SIM A
b. SIM C
c. SIM D

Jawaban : B

22. Anda diwajibkan menggunakan pesawat penunjuk apabila :

a. Hendak berpapasan
b. Hendak mundur
c. Hendak beralih kejalur lain dijalan yang terbagi atas beberapa lajur

Jawaban : C

23. Pengemudi kendaraan bermotor yang terbukti beberapa kali melaku- kan pelanggaran lalu lintas atau pengemudi kendaraan bermotor yang terlibat sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban luka berat atau meninggal dunia, maka Polri berwenang untuk :

a. Membatalkan SIMnya
b. Melakukan uji ulang
c. Mencabut SIM nya 

Jawaban : B

24. Apabila petugas mengatur lalu lintas dengan semprita, tiupan panjang satu kali, berarti :
 
a. Jalan
b. Berhenti
c. Meminta perhatian apemakai jalan 

Jawaban : B

25. Tanda kendaraan bermotor dianggap sah apabila :

a. Dibuat sendiri oleh pemilik kendaraan bermotor, asalkan sesuai dengan persyaratan undang undang
b. Dibuat sendiri sambil menunggu pelat nomor asli dari Polri
c. Diperoleh dari Pplisi Lalu Lintas yang mengeluarkan STNK dan Pelat Nomor.

Jawaban: C

26. Apa yang anda harus lakukan bila anda melihat pejalan kaki Menunggu untuk menyebrang di tempat Zebra cross?

a. Lewati Tempat Penyebrangan secapat mungkin
b. Dekati tempat panyebrangan pejalan kaki dengan kecepatan yang sedemikian rupa, sehingga bila perlu dapat dihentikan
c. Jangan berhenti anda berhak melintas lebih dulu 

Jawaban : B

27. Bagaimana seharusnya sikap yang terpuji dari setiap pangemudi

a. Memperlihatkan kepandaian dan Kelihaian mengemudi kepada pemakai jalan lain
b. Sedemikian rupa sehingga selalu mengalah dan berjalan dipinggir jalan
c. Sedemikian rupa sehingga keselamatan dan keamanan lalu lintas selalu diutamakan

Jawaban : C

28. STNK selalu terkait dengan :

a. Seorang dan kendaraan bermotor
b. Orang tertentu dan daerah tempat kendaraan itu menetap
c. Kendaraan bermotor, orang tertentu, dan daerah tempat kendaraan itu menetap.

Jawaban : C

29. Helmisasi perlu dilakukan untuk mencegah cedera pada bagian kepala bila mengalami suatu kecelakaan, ketentuan yang harus diikuti adalah sbb :

a. Pengemudi saja yang harus memakai Helm
b. Pengemudi dan pembonceng harus memakai Helm
c. Pengemudi sepeda motor yang kurang dari 100 CC tidak diharuskan memakai helm.

Jawaban : B

30. Perubahan yang tidak boleh dilakukan pada sepada motor yang dapat Menyebabkan STNK tidak sah lagi, adalah :

a. Memasang dan mengganti mesin dengan kemampuan yang lebih besar
b. Mengganti kaca spion dan tempat duduk
c. Mengadakan perubahan pada sistim pembuangan (Modifikasi nalpot)

Jawaban :A

31. Kendaraan apa yang berbahaya untuk didahului dan harus didahului hanya pada Jarak yang memadai untuk mendahului :

a. Kendaraan roda 2
b. Kendaraan roda 3
c. Kendaraan roda 4

Jawaban : A 

32. Sebagai pengemudi motor maka:

a. Untuk mencapai tujuan yang lebih cepat diperbolehkan zig zag diantara mobil, asalkan tidak terjadi kecelakaan.
b. Hanya boleh mendahului dari sebelah kanan apabila tidak ada rintangan lalu lintas lain dan dapat dilakukan dengan aman.
c. Diperbolehkan mendahului kendaraan lain dari kiri atau kanan.

Jawaban : B

33. Perbuatan pertama apa yang anda lakukan sebagai pengemudi, Apabila terjadi tabrakan?

a. Segera hentikan kendaraan, biarpun ditengah jalan. Yang penting adalah menunjukkan bekas-bekas rem kepada petugas polisi bahwa anda berada pada jalur yang benar sesuai peraturan.
b. Segera menghentikan kendaraan dan mendatangi pengemudi kendaraan lawan tabrakan, untuk meminta pertanggung-jawaban kerugian yang anda derita
c. Segera menghentikan kendaraan, dan melaporkan kejadiankecelakaan tersebut kepada pos polisi terdekat.

Jawaban : C

34. Apabila anda mendengar suara sirine yang kemungkinan dari pemadam Pemadam kebakaran, Polisi atau konvoi kendaraan. Anda diharuskan :

a. Menambah kecepatan
b. menepi dan berhenti sampai konvoi lewat dan jalan aman
c. Menepi dan jalan terus, kalau memungkinkan mengikuti karaoke  kendaraan yang mengeluarkan bunyi/suara sirene

Jawaban : B

35. Apa arti rambu berikut ?


a. Daerah berbahaya
b. Akhir dari semua larangan setempat terhadap kendaraan bergerak
c. Beri kesempatan kepada kendaraanbermotor.

Jawaban : B




 


36. Apa arti Rambu berikut ?


a. Kecepatan minimum yang diwajibkan
b. Kecepatan tidak boleh melebihi 30 km per jam
c. Akhiri kecepatan minimum yangdiwajibkan

Jawaban : B







37. Apa arti rambu berikut ?


a. Silang datar berpintu
b. Silang datar dengan dua atau lebih jalur rel
c. Silang datar dengan satu jalur rel

Jawaban : C

 





38. Apa arti rambu berikut ?


a. Wajib mengikuti arah ke kanan
b. Lajur bagian jalan yang wajib diikuti
c. Wajib mengikuti arah yang ditunjuk

Jawaban : A








39. Apa arti rambu berikut ?



a. Rambu petunjuk tempat berbalik arah
b. Tikungan tajam kekanan
c. Wajib mengikuti arah yang ditentukan pada bundaran

Jawaban : A

 




40. Apa arti rambu berikut ? 



a. Wajib berjalan lurus kedepan
b. Jalan satu arah lurus
c. Awal berlakunya rambu sesuai arah panah lalu lintas ke depan

Jawaban : A

 





41. Apa arti rambu berikut ? 

a. Dilarang parkir sampai dengan jarak 15 m dari tempat pemasangan rambu menurut arah lalu lintas kecuali yang dinyatakan lain dengan papan tambahan
b. Dilarang berhenti sampai dengan jarak 15m dari tempat pemasangan rambu menurut arah lalu lintas kecuali yang dinyatakan lain dengan papan tambahan
c. Larangan mengikuti kendaraan di depan kurang dari 15 meter.

Jawaban : B



42. Apa arti rambu berikut ?



a. Larangan masuk bagi gerobak dorong dan sejenisnya
b. Larangan masuk bagi delman dansejenisnya.
c. Larangan masuk bagi gerobak dorong, pedati, dan sejenisnya

Jawaban : B

 




43. Apa arti rambu berikut ?


a. Larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor maupun tidak bermotor dari kedua arah
b. Larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor maupun tidak bermotor dari arah masuk
c. Larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor

Jawaban : A

 


44. Apa arti rambu berikut ? 



a. Dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan rintangan/hambatan/gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan.
b. Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintasarah lainnya
c.Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat sebelum bagian jalan tertentu dan meneruskan perjalanan setelah mendahulukan kendaraan dari arah depan secara tersamar.

Jawaban : B

45. Apa arti rambu berikut ? 



a. Semua kendaraan dilarang masuk
b. Semua pemakai jalan dilarang masuk
c. Semua kendaraan bermotor dilarang masuk

Jawaban : A






46. Apa arti rambu berikut ?


a. Wajib mengikuti salah satu lajur yangditunjuk
b. Wajib mengikuti salah satu arah yangditunjuk
c. Wajib berjalan lurus kedepan

Jawaban : B

 




47. Apa yang harus anda hindari apabila anda melewati rambu ini? 



a. Menambah kecepatan
b. Mengerem dengan kuat dan mendadak
c. Melakukan gerakan gerakan mengemudi yang mendadak atau mengerem dengan kuat dan mendadak.

Jawaban : C

 



 48. Apa arti rambu berikut ? 




a. Semua kendaraan dilarang masuk
b. Semua kendaraan bermotor dilarangmasuk
c. Semua kendaraan bermotor dilarang melintas dan parkir

Jawaban : B

 



49. Demi pengamanan kepala dari cedera apabila mengalami kecelakaan, maka Helmisasi perlu dengan ketentuan :

a. Pengemudi dan pembonceng harus memakai helm
b. Pengemudi sepeda motor yang kurang dari 100 cc tidak diharuskan memakai helm
c. Pembonceng tidak diharuskan memakai helm.

Jawaban : A

50. Perubahan pada sepeda motor yang dapat menyebabkan STNKnya tidak Sah lagi adalah :

a. Memasang/mengganti mesin dengan kemampuan yang lebih
     besar
b. Mengganti kaca spion
c. Mengadakan perubahan pada sistim pembuangan.

Jawaban : A

51. Bagaimana pengemudi sepeda motor dapat mengetahui bahwa lampu Besarnya menyala dengan sinar jarak jauh ?

a. Dari pelaku pemakai jalan yang berpapasan yang memainkan lampu jauh berganti-ganti dengan lampu pendek
b.Lampu petunjuk kecil berwarna biru diatas dash board sepeda motor
c. Kedua petunjuk diatas benar.

Jawaban : C

52. Bila hendak memboncengkan penumpang, sepeda motor harus diperlengkapi dengan :

a. Tempat duduk, injakan kaki, dan pegangan untuk yang
    dibelakang
b. Injakan kaki dan pegangan untuk yang dibonceng
c. Tempat untuk barang yang dibonceng

Jawaban : A.

Demikian isi-kisi Soal Ujian Teori SIM C Beserta Kunci Jawabannya Semoga bermanfaat. Terima kasih. ^^

Simak: (Cara Membuat SIM C Dengan Mudah dan Murah Tanpa Calo)

60 comments:

  1. wih lengkap banget tuh mas, ada jawabannya juga lagi. cocok nih buat nanti adik sama mau bikin sim mas. terima kasih ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam buat adiknya, Mas Dzatmiko. :)

      Delete
    2. kg arizuna kok ga ada soal perseneling si sma kendaraan mna yg harus didahului

      Delete
  2. Makasih ya mas sudah berbagu info.. sya mau urus sim secara legal nih.. biar gak kebiasaan di negara ini mengikuti cara ilegal..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mas infonya , sangat membantu dan bermanfaat:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Teysya. Terima kasih juga telah membaca. :)

      Delete
  4. Besok ujian ke 2 kemarin cuma betul 9 dari 30 soal..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mas atas infonya :), sangat bermanfaat :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih juga telah berkunjung. :)

      Delete
  6. mantaapp, terimakasih info nya, ingin jadi warga negara yang baik, mencoba ujian dulu, No sogok sogok, doa nya ya mau ujian SIM legal hehehe

    ReplyDelete
  7. infonya sangat bermanfaat. Semoga bisa lulus ujiannya buat sim besok :-D ..

    ReplyDelete
  8. trm kasih mas infonya...
    semoga bsk sy bisa lulus tes tulis & ride nya

    ReplyDelete
  9. Agak ragu dg beberapa jawaban. Tp overall ok

    ReplyDelete
  10. Wah..alhamdulillah dapat gambaran buat putra sulung saya yg masuk usia 17th dan minta buat sim c..suwun nggih mas..bener banget mengajari generasi muda dengan kejujuran...semoga ilmu yg di share barokah nggih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga berhasil anaknya dalam melewati segala ujian untuk memperoleh SIM..

      Delete
  11. thank"s mas ya
    mbantu sekali
    sukses buat blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung dan membaca...

      Delete
  12. Thanks gan. Alhamdullilah saya dapet sim c :v

    ReplyDelete
  13. sekarang saya mau test yang ke3 gan kemarin betul 18 sama 15 doain ya gan :D

    ReplyDelete
  14. Itu soal bakal sama kaya yg d test bwt bikin sim gak bro...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa soal yang memang sama persis. Tapi kurang lebih seperti ini soalnya nanti..

      Delete
  15. Tkz UNTUK ARTIKELNYA. SEMOGA SAYA LULUS untuk ujian ke-2 aminnnnn...

    ReplyDelete
  16. Nomor 3 salah tuh mas, yg benar harusnya rambu peringatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisi-kisi ini saya ambil dari situs korlantas polri, bukan saya yang buat. Jadi salah atau benar saya juga tidak begitu tahu...

      Delete
  17. No. 47 juga salah. Harusnya A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih, Mas. Soalnya bocoran ini saya dapat langsung dari website korlantas polri...

      Delete
  18. Pasal pasalnya mas kmarin saya ikut tes gagal

    ReplyDelete
  19. Besok test k 2 can, domain lls,..
    Emng harus tenant, kmrin bru2 gann,. N ckup membntu artikelnya, thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Gan. Semoga sukses di ujian part 2 nya. 😊😊

      Delete
  20. Mas ini soal sama kisi2 sama jg disana apa diacak? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa yang sama. Diacak. Tapi model-modelnya memang seperti ini...

      Delete
  21. Mass pasal nya donk..saya pusing di pasal pasalnya sama kendaraan mana yg lebih dahulu jalan..saya gagal di test pertama hanya benar 18 soal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berat ya. Aku dulu di soal ujiannya nggak ada pasal-pasal. Coba browsing di situs resmi Korlantas Polri...

      Delete
  22. bsk baru mau bikin sim tp pas udh baca msh tetep gak paham πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚trs liat komen2 yg lain juga malah tambah bingung ada yg bilang cuma bener sekian dari 30 soal ada lg yg bilang cuma bener sekian dari 15 soal trs postingan ini ada 52 soal jd sebener'a itu ada berapa soal πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ tolong donk kk2 yg udh pengalaman bantu saya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cuma kisi-kisi, semacam contoh soal yang nanti diujiankan. Aslinya memang cuma 30 soal. πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜‚

      Delete
  23. No. 2 jawabannya bukannya rambu peringatan ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Hati-hati banyak soal yang menjebak, yang menurut kita benar ternyata salah.

      Delete
  24. Anda diwajibkan menggunakan pesawat penunjuk apabila : <<< sepertinya tidak ada min... kemaren baru buat hihih.....

    ReplyDelete
  25. Apa soalnya sama masπŸ˜ƒ
    Soalnya saya mau bikin SIM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa ada yang sama banget. Ini hanyalah kisi-kisi...

      Delete
  26. ujian hari ini aku ga lulus,dari 30 soal yg benar hanya 20.
    mudah2han ujian ke 2 bisa lulus Amin.

    ReplyDelete
  27. Mas ini soalnya plek jiplekkk mas πŸ˜ƒ buat tes udh mesti ini ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya enggaklah. Namanya juga cuma kisi-kisi. Tapi mirip-mirip seperti ini dan ada beberapa yang sama persis.

      Delete
  28. Makasih info nya ya,
    Doakan lulus ujian mas/mbak

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)