Pengalaman Mencairkan Uang JHT Melalui e-Klaim (Online)

Artikel ini merupakan salah satu pengalaman pembaca blog ini yang telah berhasil mencairkan uang JHT melalui E-Klaim. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Terima kasih ya bang. Sedikit banyak artikel dan koment-koment di blog ini sudah membantu saya dalam mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, jadi buat teman-teman lain yang berniat mengklaim uang JHT jangan malas membaca koment-koment yang ada di blog ini.

Ceritanya pada hari jum’at 5 Febuari saya sudah mendapat balasan dari e-klaim BPJS Ketenagakerjaan. Sebelum itu saya sampai pesimis bisa mengambil uang Jamsostek karena eks kantor tidak proaktif alias malas berurusan dengan para mantan karyawannya. Dan sehabis baca comment di blog ini yang bilang kalau paklaring bisa dilegalisir sendiri, timbullah semangat saya untuk mengambil dana JHT saya.

Ingat ya kalau mau surat lampiran resign dari disnaker, selain diurus kantor tempat kita bekerja, bisa juga kita urus sendiri ke disnaker yang satu wilayah dengan perusahaan.

Nah sehabis dilegalisir, besoknya saya ke kantor bpjs untuk proses pencairam. Tapi begitu sampai, formulirnya sold out! Padahal saya nyampe jam 6 pagi. Saya sedikit patah semangat. Terpaksa beskenya ke kantor bpjs lagi dan yang kali kedua ini nyampe jam 5 subuh. Tapi tetep aja kaga kebagian tu formulir. Lalu ada crita dari orang di samping saya kalau dia sudah absen KTP dari jam 02.30 dini hari. Hah pantes saja form-nya saya tidak kebagian terus.

Setelah dua hari berturut-turut niat ambil form gagal dan gak kesampaian terus, akhirnya saya putuskan untuk mengurus pencairan JHT secara online melalui E-klaim saja. Dan alhamdulillah, beberapa jam setelan upload scan berkas-berkas saya sudah mendapat jawaban bahwa 7 hari stelah attachementnya diterima saya harus ke kantor bpjs lagi untuk verifikasi faktual. Jadi JHT tidak langsung ditransfer, masih harus ke kantor BPJS TK lagi. Tapi setidaknya kita tidak harus repot ngisi formulir manual, tidak harus absen dari subuh dan berlelah-lelah ria ikut antrian.

e-Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek


Behubung saya dapat jawaban hari jumat, ya otomatis baro bisa ambil hari senin karena hari sabtu dan minggu kantor BPJS Ketenagakerjaan tutup.

Oh iya buat yang mau mengurus pencairan JHT melalui e-klaim, caranya semua dokumen di-scan. Kalau tidak punya peralatan scan coba scan di tukang fotocopy, di warnet atau bisa juga mengunduh aplikasi scan yang ada di playstore. Dokumen-dokumen bukan difoto soalnya kemungkinan besar akan ditolak karena pembiasan cahaya flash membuat dokumen tidak terlihat jelas.

Nah, untuk pencairannya sendiri, kita tinggal membawa print out email notifikasi E-Klaim, berkas-berkas persyaratan baik asli maupun copy ke kantor BPJS sesuai pilihan pada saat pemrosesan E-Klaim. Untuk antriannya sendiri, dibedakan antara yang manual dan E-Klaim. Lebih cepet yang E-Klaim. Pengalaman suami, tidak sampe setengah jam dari ambil tiket sampe di loket penyerahan dokumen dan all done! Cepet banget. Jempolan deh untuk proses E-Klaim. Setelah seminggu berselang dari pemrosesan E-Klaim, semua dana sudah masuk di rekening kami. Alhamdulillaah. Rejeki banget deh pokoknya. Buat teman-teman yang hendak mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS TK / Jamsostek, beneran deh pakai via E-Klaim saja. Less antrean, less ribet and less drama.

Demikian pengalaman saya mencairkan JHT via E-Klaim. Buat teman-teman peserta BPJS TK yang belum berhasil, teruslah berusaha karena banyak jalan menuju gunung es, banyak cara buat klaim bpjs. Hehehe.

Pengirim: AYUT

Baca Juga: (Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan)

46 comments:

  1. maaf mas mau tanya nih, kalo misalkan dari pihak perusahaan tidak mau membantu penonaktifan bpjs tk karyawannya, apa kartunya nanti bisa nonaktif dengan sendirinya atau memang harus di nonaktifkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara tidak langsung, ketika BPJS tidak dibayar oleh Perusahaan, BPJSnya sudah Non aktif, tinggal minta surat keterangan aja bahwa anda sudah tidak menjadi karyawan dimana anda bekerja saat itu

      Delete
  2. Maaf mas , kalau kerja baru 1tahun sudah bisa dicairkan apa belum terima kasih

    ReplyDelete
  3. Fans ku dari dulu. Eh udah punya blog mas?

    Keren, orang cerdas, humoris, punya blog. Pasti jadi ladang $$$ nih.

    Terus berkarya! Berbagi hal bermanfaat, sama tetap konsisten yo mas.

    Sukses,

    ReplyDelete
  4. Mau tanya mas..saya sdh di phk,apakah jamsostek saya bisa di cair kan sementara angsuran perumahan btn saya tinggal 5 tahun angsuran lg.Dp rumah saya waktu itu pakai program pinjaman jamsostek yg 20 jt.apakah jamsostek saya itu bisa saya cairkan?mohon di jawab.

    ReplyDelete
  5. Mas kalau kartu jamsostek nya 2 formulir eklaim y brPa ......

    ReplyDelete
  6. klau kartu hilang ttp bisa ngajuin e-klaim kn bang walau pkai surat kehilangn

    ReplyDelete
  7. baru tau kalau jht bisa dicairkan online

    ReplyDelete
  8. mas saya mau nanya saya keluar setahun yang lalu,terus baru mau cairin sekarang lanjut saya mau claim online ternyata masih aktif dan saya hubungi perusahaannya katanya sudah di non aktifkan, itu gimana selusinya ?

    ReplyDelete
  9. Mas saya mau cairkan dana bpjs yg pertama bisa? Soal nya yg bpjs ke 2 paklaring belum turun..nah pas cek bpjs online peserta udh nonaktif.. kira bisa gk ya cairkan yg 1 nya dulu,trus yg bpjs ke 2 nya nunggu paklaring.. thx

    ReplyDelete
  10. Saya mau tanya, dimana supaya bisa mengisi formulir via onlin.. Dari tadi saya tidak menemukan untuk via online, yang ada hanya pengalaman saja cara via online.itu saja Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk kemari https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs

      Delete
  11. saya berencana menyairkan jamsostek istri..kalo pake rekening suami bisa nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget


      by
      the darkness

      Delete
    2. tdk bisa mas, rekening tdk bisa diwakilkan. dan harus buka rekening atas nama peserta tsb.

      Delete
  12. saya berencana menyairkan jamsostek istri..kalo pake rekening suami bisa nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Harus rekening orang yang besangkutan..

      Delete
  13. saya berencana menyairkan jamsostek istri..kalo pake rekening suami bisa nggak ya

    ReplyDelete
  14. Untuk paklaring emang harus d legalisir ya?

    ReplyDelete
  15. Untuk paklaring emang harus d legalisir ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo keluar atas kemauan sendiri aka resign harus ad legalisir paklaring dri dianaker tapi untuk yg keluar karna phk tinggal disertakan berkasnya aj

      Delete
    2. Nah itu pengalaman dari mbak Fitri Rahayu semoga bisa membantu..

      Delete
  16. pagi mas/mbak. kalau saya klaimnya hari sabtu apakah masih bisa diproses?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di beberapa kawasan sentral industri bpjs tk buka 7 hari penuh, sabtu dan minggu tetap buka. Tapi kebanyakan sabtu minggu tutup..

      Delete
  17. Untuk saat ini parklaring sudah tidak perlu di legalisir ke disnaker. Bisa langsung ke bpjs setelah dr hrd nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat lain bisa saja berbeda aturannya..

      Delete
  18. persaratan apah saja sih mas klo mencairkan bpjs ketenaga kerjaan ... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca-baca artikel lain di blog ini, sudah banyak dijelaskan...

      Delete
  19. Maaf mas kalo mau nyairin jamsostek di jakarta bisa gak? Sedangkan alamat KTP saya Purwakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi saya coba klaim di jakarta sudirman bisa padahal ktp saya bandung :D

      Delete
    2. Asal semua persyaratan terpenuhi JHT bisa dicairkan di kantor cabang mana saja di seluruh Indonesia...

      Delete
  20. Saya sudah tidak aktif diperusahaan A sudah 6 tahun.tapi sekarang saya suda bekerja lagi d perusahaan B. Apakah bisa saya mencairkan jht saya d perusahaan A yang pasti nya lain nik dan tidak memperpanjang kartu A

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kalau diperusahaan B belum didaftarkan ke bpjstk, untuk pencairan diperusahaan A dapat diklaim, tetapi kalau diperusahaan B sudah statusnya terdaftar walau no KPJ nya berbeda tetap tidak bisa klaim, dikarenakan statusnya masih bekerja.

      Delete
  21. mba.. sya kn udh resign dri perushaan yg lma, trus sya mau claim bpjs, tp perushaan saya gk bsa buat surt pengunduran diri krn alasan nya udh 4x ganti HRD. itu gk ngaruh kn ya mba..? trus solusi nya gimna ya mba.. #tolng bntu..!!

    ReplyDelete
  22. yang di Scan yg asli apa fotocopy ya?

    ReplyDelete
  23. Mw nnya, kira" dri proses pendaftaran online ke cair itu brpa lama ya

    Makasih :)

    ReplyDelete
  24. Data2 ku tidak valid kata org bpjs tk nya .. jd harus gmn ya.. kata nya nama ibu beda , jenis kelamin beda.. kok bisa?? Salah d mana nya ini

    ReplyDelete
  25. Hahaha lucu kamu. Klaim online realisasi 7 hari kerja apanya yang hebat. Emang itu data mesti diverivikasi berapa tahap lagi padahal jelas2 petugas sudah verivikasi berkas asli. 7 hari kerja biss 2 minggu hari kalender klo byk tgl merah. Kliring bank peserta bpjs juga sudah diseleksi memiliki sistem fast realtime sistem. Bisa 7 hari kerja lucu. Kerjaan karyawan bpjs ngapain aja. Masa satu org karyawan gk sanggup input data 100 peserta klaim. Ini kebodohan nalar di jaman sekarang. Gk perlu buang biaya mahal2, lihat komputer di meja staff bpjs yg udh paling spek dewa. Gak malu kalian klaim online cair lebih lama. Tidak butuh embel2 kemudahan antrian, waktu, taik kucinkk. Realisasi pencairan dana yg diperlukan. Begokk!!!

    ReplyDelete
  26. Hahaha lucu kamu. Klaim online realisasi 7 hari kerja apanya yang hebat. Emang itu data mesti diverivikasi berapa tahap lagi padahal jelas2 petugas sudah verivikasi berkas asli. 7 hari kerja biss 2 minggu hari kalender klo byk tgl merah. Kliring bank peserta bpjs juga sudah diseleksi memiliki sistem fast realtime sistem. Bisa 7 hari kerja lucu. Kerjaan karyawan bpjs ngapain aja. Masa satu org karyawan gk sanggup input data 100 peserta klaim. Ini kebodohan nalar di jaman sekarang. Gk perlu buang biaya mahal2, lihat komputer di meja staff bpjs yg udh paling spek dewa. Gak malu kalian klaim online cair lebih lama. Tidak butuh embel2 kemudahan antrian, waktu, taik kucinkk. Realisasi pencairan dana yg diperlukan. Begokk!!!

    ReplyDelete
  27. mau nanya saya kalo tidak punya kartu kepesertaan yang asli bisa apa ga ya? soalnya saya memang belum dikasih dari pihak perusahaan tempat saya bekerja dulu. ada juga print an begitu.

    ReplyDelete
  28. misi mau tanya saya udh klam online pake kartu bpjstk yg lengkap berkas nya tapi saya punya kartu bpjstk ada 3 yg 2 nya abis masa kontrak dan perusahaan nya udh bangkrut saya mw klam tp ga ada pilihan abis kontrak klo ngundurin didri kan ada trus persaratan tambahan nya surat tembusan disnaker nah yg jadi pertanyaan nnti kartu saya yg 2 ini bisa bareng di cairin dengan kartu saya yg lengkap tadi ga yg saya sudah e-klam tinggal nunggu balasan kalo bisa nnti mw sklian saya bawa terimakasih..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)