Selasa, 28 Juli 2015

Cara Menggunakan Aplikasi BPJS TK Mobile


Dengan semakin lamanya uang JHT bisa dicairkan, sangat penting bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui Cara Menggunakan Aplikasi BPJSTK Mobile.

Aplikasi BPJS TK Mobile


Perubahan peraturan pencairan uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang berlaku sejak 1 Juli 2015, dari yang sebelumnya cuma 5 tahun kepesertaan menjadi 10 tahun, tentu membuat para peserta BPJS TK harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa mengambil uang JHT-nya.

Untuk itu, dengan menggunakan aplikasi BPJS TK Mobile, kita bisa mengontrol langsung perkembangan uang JHT kita. Kita bisa cek saldo JHT kita secara online kapan saja. Kita bisa mencari tahu alamat-alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah kita. Kita bisa mencari informasi program-program apa saja yang ada di BPJS TK, yang kepanjangannya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut. Dan berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga: (Cara Mengisi Formulir Pengajuan Pembayaran JHT)

Bagi peserta BPJS TK yang sehari-hari menggunakan Handphone Android ataupun iOs, baik peserta yang masih aktif bekerja, maupun yang sudah berhenti bekerja namun belum memenuhi syarat untuk mengambil uang JHT-nya, alangkah baiknya memanfaatkan aplikasi BPJSTK Mobile ini. Fungsi terutamanya adalah untuk cek saldo JHT setiap saat. Apalagi bagi peserta yang sudah tidak bekerja, ini penting sekali mengingat sudah tidak akan lagi mendapat slip laporan saldo JHT tahunan dari perusahaan. Ukuran aplikasinya juga tidak besar, cuma 4,68 MB saja, sehingga tidak akan membebani memori smartphone kita.

Tapi untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita wajib memiliki email. Jadi bagi yang belum punya email silahkan membuatnya terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan download aplikasinya di Play Store, AppStore atau bisa juga mengunduhnya langsung di website BPJS TK dengan alamat www.bpjsketenagakerjaan.go.id, setelah didownload langsung saja instal di gadget sobat. Aku rasa aku tidak perlu memberikan tutorial step by step cara mengunduh dan menginstal aplikasi BPJS TK Mobile. Karena ini sangat mudah. Sama kayak mendowload dan memasang aplikasi-aplikasi smartphone yang lainnya.

Kalau aplikasi BPJSTK Mobile sudah berhasil terpasang di HP, siapkan KTP dan kartu BPJS Ketenagakerjan/Jamsostek kita untuk persiapan pendaftaran. Berikut ini langkah-langkah cara daftar akun aplikasi BPJSTK Mobile.

1. Buka aplikasi BPJS TK Mobile yang telah terinstal tadi. Pada halaman awal akan ada tulisan BPJS Ketenagakerjaan Mobile 'Jembatan Menuju Kesejahteraan Pekerja'. Selang beberapa detik akan muncul halaman SYARAT & KETENTUAN. Silahkan dibaca-baca dan dipahami dulu. Jika sudah, beri tanda centang dengan cara menyentuh gambar kotak di sebelah kiri tulisan 'Saya setuju', kemudian klik TERIMA.

Cara Daftar Aplikasi BPJS TK Mobile


2. Kemudian pada halaman LOGIN, klik saja 'Daftar Baru'. Setelah itu akan muncul halaman AKTIVASI, masukan nama lengkap dan email kita di sana. Nama yang dimasukkan harus sesuai dengan nama yang ada di KTP dan kartu anggota BPJS TK. Setelah itu klik KIRIM.

Cara Daftar Aplikasi BPJS TK Mobile


3. Nanti pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan PIN ke email kita. Silahkan cek inbox emailnya. Kalau sudah, pada halaman KONFIRMASI, masukan PIN yang sudah kita terima lewat email, lalu klik KIRIM.

Baca Juga: (Pengalaman Julz Setiawan Mencairkan JHT di Kantor Jamsostek Tanggerang)

4. Selanjutnya akan muncul halaman GANTI PIN. Silahkan buat PIN baru dengan memasukan angka-angka yang mudah diingat. Kemudian klik KIRIM. Ini bertujuan untuk merubah PIN yang sebelumnya dikirim via email. PIN yang dikirim lewat email adalah dari pihak BPJS TK, sementara PIN baru adalah kita sendiri yang membuatnya dan hanya kita sendiri yang tahu.

5. Halaman berikutnya adalah LAYANAN UTAMA. Pada halaman ini silahkan klik 'Layanan JHT'. Kemudian akan tampil halaman REGISTRASI CEK JHT. Masukan data-data kependudukan kita. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor kartu Jamsostek/BPJS TK, No. KTP dan PIN yang sudah kita ubah tadi. Setelah itu klik KIRIM.

6. Pada halaman selanjutnya akan muncul perintah masukan nomor handphone. Masukan nomor HP kita yang aktif. Karena ke nomor itu nanti pihak BPJS Ketenagakerjan akan mengirim SMS berisi PIN untuk aktivasi. Setelah menerima SMS berisi PIN, pada halaman KONFIRMASI masukan PIN itu, terus klik KIRIM.

Dengan demikian segala proses pendaftaran telah selesai. Setelah itu kita bisa langsung memanfaatkan layanan aplikasi BPJS TK Mobile untuk memperoleh berbagai informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan dengan meng-klik fitur-fitur yang telah disediakan.

Fitur-fitur atau menu-menu pada aplikasi BPJSTK Mobile sudah cukup lengkap dan sangat berguna bagi peserta BPJS TK. Menu-menu tersebut antara lain Cek Saldo JHT, Layanan ESaldo JHT Tahunan, Simulasi Perhitungan Saldo JHT, Informasi Program JHT (Jaminan Hari Tua), Informasi Program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), Informasi Program JKM (Jaminan Kematian), Informasi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia, Contact Center dan Link Sosial Media aplikasi BPJS TK Mobile.

Dengan fitur-fitur yang sudah komplit seperti itu, peserta BPJS Ketenagakerjaan disarankan untuk memiliki aplikasi ini. Makanya segera saja download aplikasi BPJSTK Mobile dan pasang di gadget teman-teman.

Demikian saja Cara Menggunakan Aplikasi BPJS TK Mobile. Mohon maaf jika ada salah dan kekurangan. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini berguna bagi siapapun pembaca yang membutuhkannya. Terima kasih.

39 komentar

jadi lebih mudah nih kalau mau daftar

sangat manfaat sekali kang. makin di internetkan ya layanan di negeri ini.

wah ketinggalan nih saya infonya mengenai bpjs yang bisa di lihat melalui android. untung aja berkunjung di sini, jadi tau. saya pelajari dulu ya mas. terima kasih pencerahannya. salam sahabat blogger dari bengkel blogger.

eeehhhh mang aduls juga ada di sini....kayaknya mau daftar bpjs ketenaga kerjaan ya kang? hehehee

Nah, kalo ada yg versi mobile begini kan semakin mempermudah bagi yg ingin menggunakan Aplikasi BPJS ya Mas... :)

semakin canggih aja nih mas sampe2 BPJS mempunyai aplikasi di hp.
ini tentu akan mempermudah peserta BPJS

jadi lama sekarang, klo pake aplikasi ini bisa memantau perkembangan BPJSTK kita..
sangat membantu

kalau untuk peserta muda memang mudah mas tapi kalau untuk peserta tua diatas umur 45 tahun apalagi yang tinggal di pedesaan yang gak bisa pake ponsel pasti gagok mas..

Sejumlah peserta antre untuk melakukan pendaftaran dan pembaruan data di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan KCU Matraman, Jaakarta, Kamis (30/7/2015). Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram pada BPJS terkait indikator bunga, dan mengusulkan untuk mengadakan BPJS kesehatan syariah pada pemerintah.

BPJS Harus Sesuai Fatwa

ada mbah, saya udah daftar mbah tapi aplikasinya ini yang belum

Ketepatan saya mau ngurus ni mas, terima kasih ya

semoga bpjs dapat menyejahterakan pekerja,,,heu

Susah lihat saldo jhtnya...daftar keyword salah.....bingung

Aplikasi nya mungkin sangat berguna & membantu mempermudah monitoring saldo JHTnya bagi para peserta BPJS, namun proses pencairannya dana nya bisa mempermudah seperti aplikasi nya ???

Saya coba cek saldo tidak bisa. Aplikasinya masih setengah mateng kali ye?

Knp waktu mau cek saldonya blm terdaftar.. Hrs sms tp setelah sms juga keterangannya layanan tdk tersedia.. Kenapa ya

ko pin nya belum masuk juga ke inbok email ane...lama bingitttt...huffff

jika ingin merubah no teleponnya bagaimna caranya?terima kasih

Gan kalau saya memcairkan melalui E-Klem butuh waktu berapa hari bisa cair dananya trs kalau dah cair kita bisa tahu dr mn dana itu cair ? Apa ada pemberitahuan ke kita? Trim infonya

Yg bkin susah itu kata sandi nya gk dkrim2 ke email,,ngeselin..gn tuhhh????

Saya sudah,daftar lewat bpjs mobile.. tapi nomer hp yg saya masuk kan salah.. apa ada cara mengganti? Mksh

Saya sudah instal, tapi yg pertama saya cek justru saldo bpjs teman saya, dan skrg saya mau cek saldo saya tidak bisa, yg muncul nama pesrta nya nama teman saya terus bagaimana cara mengubahnya??

nunggu pin masuk SMS lama banget.... =.="

Daftar ulang dengan menggunakan alamat email dan nomor telepon yang berbeda...

Iya. Memang begitulah. Banyak yang mengalami hal itu. Sabar-sabarin aja.

Ini BPJS Ketenagakerjaan, Mas. Beda lembaga. :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mau hapus yg berhubungan dengan suami saya yg km gangu dan mau km hancurin rmh tangga kami tapi tdk berhasil ya

Bang saya sudah masukan no hp kemudian registrasi pada saat saya kirim muncul tulisan nama atau tanggal lahir anda tidak sesuai.bagaimana itu

Bang saya sudah masukan no hp kemudian registrasi pada saat saya kirim muncul tulisan nama atau tanggal lahir anda tidak sesuai.bagaimana itu

Udah 2 hari nunggu pin tp blunder dikirim ke nmr sy..payah...

klo skrg mau klaim bpjs lewatveklaim knp lngsung d arah kan suruh donlod aplikasi bpjstk y?sdngkn d aplikasi bpjstk tidak ada opsi untuk pencairan dana jht..

Pin SMS nya dah berhari2 gk dikirim2. Payah nich blm Mateng dah disebar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kalau untuk ganti no kpj bagaimana caranya. ?

Kalau untuk ganti no kpj bagaimana caranya. ?

aplikasi error java gak bisa cek juga

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon