Mengurus Perpanjangan SIM A Ternyata Cepat dan Gampang



Cara mengurus perpanjangan SIM A ternyata sangat mudah. Tidak sesusah makan bubur sumsum memakai sumpit. Malah tidak hanya mudah, tapi juga lebih cepat. Setidak itu yang saya lihat ketika beberapa waktu lalu saya mengantarkan tetangga saya ke Sat Lantas Polres Kampar di kota Bangkinang, untuk memperpanjang SIM A.

SIM A adalah Surat Izin Mengemudi yang  diperuntukkan mobil pribadi, mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat tidak melebihi 3.500 kg. Sementara kalau mobil truk bermuatan lebih dari 3.500 kg, SIM yang berlaku adalah SIM B1. Jika kendaraan yang dikemudikan adalah kendaraan berat, truk gandengan, maka SIM yang wajib dimiliki adalah SIM B2. Kalau untuk kendaraan sepeda motor SIM-nya adalah SIM C. Dan terakhir SIM D, ini adalah Surat Izin Mengemudi khusu untuk penyandang cacat. Begitulah sedikit informasi tentang jenis-jenis SIM. Sebenarnya masih ada lagi SIM Card, tapi  ini tidak berlaku di kendaraan apapun. Bisanya hanya untuk kepentingan Handphone atau modem.

Saya sendiri belum bisa menyopir mobil. Apalagi memiliki mobil. Jadi belum perlu mengurus kepemilikkan SIM A. Tapi sebagai blogger yang hobi ngetak ngetik jika sedang tak ada kerjaan, tidak ada salahnya mendokumentasikan pengalaman mengurus SIM A tersebut dalam bentuk tulisan, dan diterbitkan dalam blog ini. Siapa tahu ada pembaca dan pengunjung blog ini yang membutuhkan informasi tentang cara mengurus perpanjangan SIM A. Selain itu juga sebagai catatan pribadi, jika sewaktu-waktu saya punya mobil dan ingin membuat SIM, saya tinggal membaca ulang artikel ini. Pengennya sih Kijang Kapsul. Tapi baru kapsulnya saja yang kebeli, kijangnya sulit didapat soalnya binatang langka.


Prosedur yang harus dilalui dalam mengurus perpanjangan SIM A adalah sebagai berikut:

Cek Kesehatan.

Begitu sampai di Polres Kampar, langsung menuju klinik yang letaknya di depan Polres untuk melakoni test kesehatan. Di sana sudah ada seorang bidan dan seorang polwan yang siap memberikan test kesehatan untuk masyarakat Kampar yang akan mengurus SIM.

Test Kesehatan Pembuatan SIM


Test kesehatan di Polres Kampar sangat gampang. Lebih terlihat sekedar formalitas belaka. Tidak ada cek tekanan darah, test penglihatan mata, test psikologi dan test-test kesehatan lainnya. Cuma diminta KTP, lalu oleh Bu Bidan data-data diri di dalam KTP disalin ke selembar Surat Kesehatan, ditanya tinggi badan berat badan, dimintai bayaran 25.000, dan surat kesehatan sudah jadi.

Mengisi Formulir.

Dengan membawa surat kesehatan dan selembar fotokopi KTP, kami segera memasuki ruang tunggu pengurusan SIM. Kemudian petugas memberikan formulir kepada kami. Cara mengisi formulir pengajuan membuat SIM juga mudah, disediakan contohnya di setiap meja. 

Foto dan Sidik Jari

Setelah formulir selesai diisi dan dikumpulkan, kami duduk-duduk ngobrol menunggu proses selanjutnya. Sekitar 5 menit menunggu, teman saya itu dipanggil ke ruang foto. Di sana ia melakukan sidik jari, tanda tangan dan difoto untuk dicantumkan pada SIM A yang baru.

Selesai

Setelah keluar dari ruang foto, kami tinggal menunggu pemanggilan untuk penyerahan kartu SIM A yang baru. Biaya perpanjangan SIM di Sat Lantas Kampar adalah Rp 80.000. Ditambah biaya membuat Surat Kesehatan di awal sebesar Rp 25.000, jadi totalnya Rp. 105.000.

Demikian artikel singkat saya tentang mudahnya cara mengurus perpanjangan SIM A. Apalagi jika mengurus perpanjangan SIM A via online, tentu lebih mudah lagi dan lebih praktis. Tapi ini adalah di Sat Lantas Polres Kampar, Riau. Di Polres lainnya mungkin saja sedikit berbeda.

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Salam. ^^

******



ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

25 comments:

  1. waah kalau sim saya mas lengkap dari sim A sampai B1 B2 C1 komplet pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah. Sungguh warga negara yang baik anda, Mas. Salut!

      Delete
  2. Wah! Gampang banget!!
    Tapi saya baru punya motor itupun dikasih orang tua.. dan tahun depan masa berlaku sim C ku udah abis, mungkin perpanjangan juga sama kaya sim A ya.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Untuk perpanjangan SIM sudah tidak ada ujian tertulis dan ujian lapangan...

      Delete
  3. Prosesnya sama seperti perpanjangan sim C... Tadinya saya pengen buat surat kesehatan sendiri dari apotek terdekat, Tapi disuruh cek kesehatannya di polres pembuatan SIM, mungkin karena sudah bekerja sama ya...Pas di tes kesehatan mata, saya kira ngga lolos karena agak sedikit buram di text paling kecil. ternyata aman, sudah pasti lulus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)

      Delete
    2. Kayaknya test kesehatan memang hanya sekedar formalitas saja, Gan. :)

      Delete
    3. kalo saya waktu bikin emang di cek beneran mas

      Delete
  4. wah mudah banget yamas ngurus perpanjangannya SIM A.
    tp saya belum memiliki SIM A nih,nunggu mobilonya dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat terbeli, Mas. Saya juga lagi nyicil mobil. Bulan ini beli pentilnya dulu, ntar bulan depan beli spion tengah.. :)

      Delete
    2. saya sudah punya ban serepnya, itu juga bekas nemu

      Delete
  5. kalo perpanjangan seprtinya ga ribet ya mas, namu kalo memulai dari awal agak sedikit banyak celotan adri pihaknya :) sepertinya begitu ya mas zuki

    ReplyDelete
  6. paling enak kalo ngurus sim sama sim keliling ya mas, saya tengoin kawan ndak ribet tuh mas, satu jam siap :)

    ReplyDelete
  7. ikut senang prosedur berjalan lurus, begitulah seharusnya, aturan digunakan utk memberi kenyamanan semua pihak. Jadinya brp hari mas?

    Mas klo cicilan mobilnya sdh lunas, kabari yah .. :)
    saya mau niru tipsnya beli pentilnya dulu wkwkwk.

    ReplyDelete
  8. mantap dah artikelnya .. haha bulan januari nanti saya simnya abis

    ReplyDelete
  9. untuk sim belum waktunya saya perpanjang nih mas. kemarin waktu bikin sih lumayan mudah juga. ya asal sabar antrinya aja

    ReplyDelete
  10. iya mas, saya juga mengalami kemudahan saat mengurus SIM

    ReplyDelete
  11. mudah banget cara memperpanjangnya, titip boleh mas? :)

    ReplyDelete
  12. dulu aku sering pakai jasa calo. sudah 3 kali perpanjang sim diurus sendiri. cepat dan mudah

    ReplyDelete
  13. kalo perpanjangan mudah mas, tapi kalau baru bikin sim Menurut saya cm di daerah2 tertentu saja mas yang mudah cara membuatnya.. dikota saya mah sulit mas, apalagi kalo ngurus nya ikut tes bisa bisa 2-3x bolak balik ke polres mas..

    ReplyDelete
  14. Kalau di daerah saya tergantug kedatangannya, kalau datangnya cepat pasti prosesnya juga cepat. soalnya antri!

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)