Rabu, 28 September 2016

Informasi-informasi Penting BPJS Ketenagakerjaan Berikut Ini Bisa Anda Peroleh Melalui SMS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau disingkat BPJS TK terus berupaya memperbarui layanannya demi mempermudah para anggotanya memperoleh informasi terkait keanggotaannya. Saat ini beberapa hal penting bisa dilakukan hanya lewat SMS. Jadi asal punya handphone yang ada pulsanya, hal penting tersebut bisa dilakukan kapan saja di mana saja.

Hal penting itu adalah cek status kepesertaan, cek saldo JHT, mengganti nomor HP dan mengganti nomor PIN di akun Aplikasi BPJS TK Mobile. Semua itu bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor 2757 dengan format tertentu. Tapi untuk bisa melakukan itu, peserta harus mendaftarkan data diri terlebih dahulu. Cara mendaftar layanan SMS BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah, dilakukan melalui SMS.

Format SMS pendaftarannya adalah seperti di bawah ini:

DAFTAR (spasi) SALDO#NO_KTP#NAMA#TGL_LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL (jika ada)

Kemudian kirim ke 2757.

layanan sms bpjs ketenagakerjaan 2757


Kalau nomor terdaftar, sudah bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Cek Status Kepesertaan

Mengetahui status kepesertaan sangat penting, terutama bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang hendak mengklaim dana JHTnya. Karena salah satu syarat mencairkan JHT adalah status kepesertaan harus sudah non-aktif.

Cara mengetahui status kepesertaan melalui SMS formatnya seperti ini:

STATUS (spasi) TK#NO_PESERTA.

Kirim ke 2757 

2. Cek Saldo JHT

Banyak cara cek jumlah saldo Jaminan Hari Tua, bisa melalui website BPJS TK, aplikasi BPJS TK Mobile, dan yang paling praktis tentu saja melalui SMS.

Cara cek saldo JHT lewat SMS adalah dengan Format seperti berikut ini:

SALDO (spasi) NO_PESERTA Kirim 2757

3. Mengganti nomor handphone di aplikasi BPJS TK Mobile

Bagi peserta BPJS TK yang menggunakan aplikasi android maupun IoS, jika ingin mengganti nomor Handphone yang sebelumnya dengan nomor yang baru, bisa mengirim SMS. Cara mengganti nomor HP di aplikasi BPJS TK Mobile melalui SMS formatnya:

DAFTAR (spasi) GANTI (spasi) HP#LAMA_NO_HP_LAMA#NO_KTP

Kirim ke 2757

4. Mengganti nomor PIN di aplikasi BPJS TK Mobile

Selain bisa mengganti nomor HP, nomor PIN anda yang ada di aplikasi BPJS TK Mobile juga bisa diganti melalui SMS. Cara mengganti nomor PIN di aplikasi BPJS TK Mobile adalah dengan Format:

DAFTAR (Spasi) GANTI (spasi) PIN#PIN_LAMA#PIN_BARU

Kirim ke 5727

Sayangnya untuk saat ini layanan BPJS TK via SMS ini hanya berlaku di provider Telkomsel dan Indosat, dengan tarif Rp. 165 per SMS.

Itulah beberapa hal penting seputar BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan via SMS. Semoga tulisan sederhana bisa membantu teman-teman peserta BPJS TK yang membutuhkannya.

3 komentar

nah ini yang saya cari soalnya mau tau saldo JHT saya, trims

Sama-sama, Bung. Silakan dicoba dan semoga sukses!

Brapa lma pencairan jamsostek. Apakah hri itu jg bsa cair..?

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon