11 Komunitas Blogger Terbaik Di Twitter

11 akun Komunitas Blogger Terbaik Di Twitter yang aku bahas ini adalah terbaik versi aku pribadi. Karena kalau versi orang lain apalagi versi on the spot bisa saja hasilnya tidak seperti ini. Aku nilai sebagai yang terbaik karena hingga saat ini, kesebelasan komunitas tersebut masih yang paling aktif di antara banyak komunitas lainnya. Setiap hari berkicau dan juga rajin nge-retweet URL postingan-postingan para blogger followers mereka.



Menjadi bagian dari sebuah paguyuban, forum blog atau komunitas, sangat bermanfaat bagi pemilik blog apalagi bagi blogger-blogger pendatang baru kayak aku begini. Dengan bergabung di komunitas-komunitas blogger terutama di twitter, kita bisa saling follow dan mendapat sahabat-sahabat baru sesama blogger. Kita bisa menemukan tempat-tempat untuk blogwalking. Kita bisa mendapat kabar event-event tertentu seputar dunia blog. Dan yang paling keren, kita bisa mempromosikan artikel blog dengan cara me-mentions URL artikel blog ke komunitas yang kita ikuti.

Selain itu, 11 komunitas ini bersifat nasional dan terbuka untuk umum. Ada kan komunitas-komunitas blog di twitter yang sifatnya kedaerahan, misalnya @BloggerLampung, @BloggerBlitar, @AcehBlog dan lain sebagainya. Terbuka untuk umum karena semua genre blog bisa bergabung, baik blog dengan niche tertentu maupun blog gado-gado, semuanya boleh bergabung dan mempromosikan artikel kesana. Kecuali blog-blog yang isinya melanggar hukum.

Untuk join dengan komunitas-komunitas ini juga sangat gampang. Tidak perlu registrasi, tidak perlu bayar, tidak ada test, tidak wajib pasang-pasang widget. Cukup dengan memfolollow akun twitternya, secara otomatis kita sudah resmi menjadi bagian dari komunitas. Setelah itu boleh langsung sharing artikel blog dengan mementions mereka. Format mentionsnya adalah judul artikel, URL artikel dan menyertakan hastag-hastag tertentu.

Baiklah langsung saja aku ungkap sebelas komunitas tersebut. Aku tulis berurutan sesuai abjad. Jadi bukan berarti yang nomer urut satu yang paling baik dari yang terbaik. Bagiku, semuanya bagus-bagus dan berhak untuk difollow.

1. @BloggerEnergy

Blogger Energy, dengan nama pengguna @BloggerEnergy, merupakan salah satu komunitas blogger di twitter yang sudah cukup ramai pengikutnya. Di sini bisa kita share artikel terbaru blog kita dengan hastag #NewPostBE.

2. @BPerempuan

Komunitas ini masih tergolong baru, tapi semakin hari jumlah blogger yang bergabung ke sana semakin meningkat. Blogger Perempuan, dengan nama akun @BPerempuan, punya semboyan 'Indonesian Female Blogger Social Network'. Bagi blogger-blogger perempuan yang ingin tulisan blognya diretweet mereka, sahre saja kesana dengan menyertakan hastag #BloggerPerempuan

3. @DBloggerComm

D'Blogger Community yang memiliki nama akun @DBloggerComm, di bio-nya tertulis 'Komunitas dBlogger berbasis sosial, kreatifitas & silaturahmi kekeluargaan dalam aktifitas online dan offline'. Kalau mau sharing URL artikel ke komunitas ini, sertakan hastag #GoBlog

4. @Emak2Blogger

Aku rasa sudah banyak yang tahu dengan Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) yang eksis di linimasa dengan nama akun @Emak2Blogger. Sesuai dengan semboyan mereka 'Inspirasi Perempuan. Kami ada untuk berbagi', komunitas ini berisi perempuan-perempuan yang doyan ngeblog.

Siapapun boleh bergabung di sana, tapi kalau aku perhatikan, yang diretweet hanya artikel-artikel Ibu-Ibu rumah tangga dan cewek-cewek saja. Hastag untuk share artikel ke sana adalah #UpdateEmak

5. @HeyMyBlog

Share Your Blog! Dengan nama akun @HeyMyBlog menerima apapun bahasan artikel blog kita. Promosikan artikel blog kita di sana dengan hastag #HeyMyBlog

6. @jambanblogger

Jamban Blogger, beredar di timeline dengan nama pengguna @jambanblogger. Di bio-nya tertulis 'Indonesian Creative Blogger Community: Gimana pun bentuk tulisannya, di sini ngumpulnnya'. Komunitas ini sudah cukup ramai followersnya. Jadi nggak rugi kita share artikel blog ke sana. Untuk share ke sana jangan lupa sertakan hastag #NumpangJamban

7. @KancutKeblenger

Kancut Keblenger punya nama akun @KancutKeblenger dengan lokasi SeKancutRaya. Meskipun namanya tidak ada sangkut pautnya dengan dunia blog, tapi komunitas ini sudah cukup ramai pengikutnya. Quotes mereka 'Kita akan nerusin cita-cita untuk tetap kerenin blogger negeri'. Untuk share artikel baru blog kita ke sana syaratnya sertakan hastag #KancutBaru

8. @KumpulanBlogger

Kumpulan Blogger atau @KumpulanBlogger. Dari namanya saja sudah jelas kalau komunitas ini tempat bersatunya para blogger dari manapun asalnya. Sama seperti komunitas-komunitas yang lainnya, di sini kita juga bisa share artikel kita dengan mencantumkan hastag #KumpulanBlogger

9. @ngeblogAsik

Semua blogger pasti sepakat kalau kegiatan ngeblog itu mengasyikan dan terkadang bikin lupa waktu. Makanya sampai ada komunitas Ngeblog Asik di twitter dengan nama akun @ngeblogAsik. Untuk share artikel blog ke komunitas Ngeblog Asik ini, tulis hastag #ngeblogAsik

10. @UpdateBlog

Seberapapun seringnya kita posting artikel perharinya, komunitas Update Blog yang punya nama akun @UpdateBlog siap mempromosikan artikel kita ke followers mereka. Komunitas ini sangat aktif meretweet artikel-artikel baru para blogger. Oleh karena itu, tidak ada salahnya setiap habis menerbitkan konten baru, share artikel ke sana. Jangan lupa cantumkan hastag #UpdateBlog

11. @Warung_Blogger

Warung Blogger yang menggunakan nama akun @Warung_Blogger merupakan komunitas blogger yang sudah cukup ternama. 'Tempat silaturahim para blogger lintas platform', begitu yang tertulis di bio mereka. Di komunitas ini sering ada lomba dan kuis-kuis. Follower di twitternya juga sudah banyak. So, kalau kita share artikel baru ke sana, maka artikel tersebut akan punya kemungkinan besar dibaca oleh banyak orang. Untuk share atikel blog kesana wajib pasang hastag #HappyBlogging

Itulah 11 akun Komunitas Blogger Terbaik di Twitter versi aku. Silahkan cek ke TKP dan dipilih mana yang paling bagus menurut teman-teman. Atau kalau mau menfollow semuanya juga tidak apa-apa.

14 comments:

  1. saya malah jarang mengakses twitter nih mas,jadi kurang memperhatikan tweet mana yg terbaik.
    terimakasih telah berbagi info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru aku seing ngoceh di twitter. Tampak seru.

      Delete
  2. bisa dicoba satu-satu nich, makasih ya infonya

    ReplyDelete
  3. makasih bro
    bisa dijadiin refrensi neh buat promosi blog
    maklum blog gue masih sepi pengunjung hehehe

    ReplyDelete
  4. Komunitas diatas belum ada yang aku follow, habis TL nya kadang bikin beranda penuh sesak :)
    Terimakasih atas sharing Komunitas Blogger Terbaik Di Twitter nya.

    ReplyDelete
  5. saya mungkin bisa dibilang kuper dengen twitter

    ReplyDelete
  6. sejauh ini saya masih baru mengenal dua komunitas blogger diatas, EmakBlogger dan WarungBlogger.. terimakasih atas infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayamah g ada yang kenal kayanya. kumpulan bloger disini aja yang tau

      Delete
  7. loh Komunitas emak blogger sama emak emak blogger sama atau tidak si??

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)