Rabu, 05 Agustus 2015

6 Cara Sederhana Tapi Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog



6 Cara Sederhana Tapi Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog - Sudah banyak sekali orang yang menulis tips-tips menaikkan traffic blog, cara meningkatkan visitor blog, mendongkrak popularitas blog dan lain sebagainya. Sayangnya kebanyakan cara-cara yang mereka berikan masih terlalu rumit untuk dipraktekan blogger-blogger pemula seperti aku begini. Misalnya mencari backlink berkualitas, keyword research, meta deskripsi, meta keyword, tekhnik link building, social bookmarking, guest posting.

Cara-cara tersebut bukan tidak bagus, hanya memang masih sulit diterapkan bagi para newbie. Jangankan mempraktekan, maksud dari istilah-istilah itu saja sampai saat ini belum semua aku tahu. Dan terlalu konsen mempelajari tehnik-tehnik itu, malah jadinya nggak nulis-nulis artikel buat mengisi blog.

Seharusnya memang tidak perlu cemas walaupun tidak mengusai tehnik-tenik itu. Karena bagi blogger pemula, atau blogger yang sudah lama ngeblog tapi trafik kunjungannya masih sepi, atau juga bagi teman-teman yang baru berniat bikin blog, sebab ada cara-cara sederhana tapi terbukti ampuh meningkatkan pengunjung blog.

Cara-caranya sangat simple dan gampang dipraktekkan oleh siapa saja, yang dibutuhkan cuma kemauan. Dan meskipun sederhana, asal dilakukan secara rajin serta sungguh-sungguh, hasilnya bisa sangat memuaskan. Pengunjung akan terus meningkat, sehingga nantinya ranking blog akan semakin bagus.


Meningkatkan Pengunjung Blog


Baiklah. Cara-cara sederhana itu antara lain sebagai berikut:

1. Memaksimalkan Akun Facebook


Rata-rata blogger pasti memiliki akun facebook. Dan sudah lazim, setelah publish artikel di blog kemudian membagikan ke akun facebook sebagai status baru, dengan harapan artikel tersebut bisa langsung cepat dibaca oleh banyak orang. Tapi mengfungsikan akun facebook hanya untuk sekedar share-share artikel saja itu tidak cukup, hasilnya belum maksimal. Sesering apapun membagikan konten blog, kalau teman-teman facebook bukan dari kalangan orang-orang yang suka membaca dan haus pengetahuan, mereka tidak akan sudi membukanya. Yang ada, akibat keseringan share artikel kita malah di remove friend karena dianggap hanya nyampah saja di beranda. Ini fakta.

Jadi kalau ingin akun facebook yang benar-benar ampuh mendongkrak popularitas blog, serta efektif mendatangkan banyak pengunjung, lebih baik untuk sementara tinggalkan saja akun yang lama kemudian buat akun facebook baru. Iya. Buat facebook baru tapi jangan fake acount. Kemudian kelola akun baru tersebut hanya untuk kepentingan blog.

Pada menu info di akun baru, cukup isi alamat kota tempat tinggal, bio singkat dan alamat web yang tentu saja isi dengan URL blog kita. Info-info lainnya seperti status hubungan, jenis kelamin, agama, pandangan politik, ayah, ibu, anak dan sebagainya, biarkan saja kosong.

Ketika seseorang stalking akun facebook yang belum berteman, biasanya yang akan terlihat pertama kali adalah bagian info. Nah kalau bagian info cuma menyajikan bio singkat dan alamat web, kemungkinan besar orang akan meng-klik URL alamat blog.

Setelah itu, add sebanyak-banyaknya orang yang berpotensi mau membuka blog kita ketika kita share artikel. Pokoknya add saja, nggak usah dipikirkan apakah mereka mau konfirmasi atau tidak. Yang berpotensi mau membuka blog adalah orang-orang sesama hobi ngeblog.

Untuk mencari teman-teman yang suka ngeblog, gabung saja dengan group-group komunitas blog. Sebaiknya cari group yang tingkat interaksi antar anggotanya tinggi. Karena banyak juga group-group yang isinya spam. Kamudian jangan sekedar gabung, tapi juga harus ikut aktif dengan sering memberikan komentar pada postingan-postingan di dalam group.

Selain sesama blogger, yang berpotensi mau mengunjungi blog kita adalah orang-orang yang menggemari topik yang sering kita bahas pada blog. Misalnya blog kita sering menulis fiksi, add saja orang-orang yang memang menggemari fiksi, cari mereka di group-group komunitas nulis, komunitas pecinta novel, group-group penerbit dan lain-lain.

Kemudian jangan ngelike fanpage-fanpage yang tidak penting. Biarkan beranda kita hanya terisi teman-teman sesama blogger dan orang-orang yang menyukai sesuatu yang sering kita sajikan di blog. Dan ketika mereka update status, sesekali berikan tanggapan berupa komentar. Hal ini supaya keakraban lebih terjalin, sehingga ketika kita share artikel mereka juga bersedia membacanya.

2. Memaksimalkan Twitter

Di Indonesia, twitter merupakan sosial media terbesar kedua yang paling banyak penggunanya setelah facebook. Kebanyakan blogger juga mempunyai akun twitter, kemudian memanfaatkannya untuk share-share artikel.

Tapi mencari banyak follower twitter itu tidak gampang, jadi kalau pengikut di twitter kita cuma sedikit, apalagi mereka jarang online, seberapa pun seringnya kita share artikel ke twitter, itu tidak akan berhasil meningkatkan traffic blog.

Cara agar akun twitter benar-benar bermanfaat untuk menaikkan visitor blog adalah bergabung dengan komunitas-komunitas blog di twitter. Jadi setiap selesai menerbitkan artikel, kita bisa share URL artikel dengan mementions mereka. Nanti komunitas-komunitas itu akan meretweet URL postingan kita kepada follower mereka.

Supaya twitter lebih mendukung kepopuleran blog, jangan lupa cantumkan URL blog pada kolom alamat web yang telah disediakan. Rubah juga nama akun menjadi nama blog, misalnya nama akun Cici Piramida, dengan nama pengguna @cicicantik, terus punya blog dengan alamat catatancici.com. Ubah nama akun Cici Piramida itu dengan catatancici.com

3. Blog Walking

Cara sederhana selanjutnya adalah dengan blog walking. Blogwalking maksudnya jalan-jalan atau berkunjung ke blog lain kemudian memberikan komentar pada postingan mereka. Blog baru, apalagi yang masih dikelola oleh seorang pemula, perlu banget melaksanakan kegiatan blogwalking. Karena ini merupakan cara jitu untuk meningkatkan pengunjung dan memperkenalkan blog kita kemana-mana.

Lakukan blogwalking sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin, baik ke blog yang sudah besar maupun ke blog-blog kecil. Berkomentar di blog besar yang pengunjungnya sudah membludak, mungkin pemiliknya tidak sempat melakukan kunjungan balasan, tapi komen kita berpotensi dilihat banyak orang. Sehingga pengunjung yang melihat komen kita, bisa saja kemudian juga mengunjungi blog kita.

Sementara meninggalkan komentar di blog-blog yang masih sepi, kemungkinan besar sang admin blog akan membalas silaturrahmi kita.

4. Promosikan Langsung


Setiap hari kita pasti berinteraksi dengan orang. Nah di sela-sela obrolan, nggak ada salahnya dan nggak perlu malu-malu untuk mempromosikan blog kita.

"Eh sekarang aku udah punya website loh, catatancici.com. Jangan lupa ya main ke sana..."

"Isinya apa?"

"Macem-macemlah. Pokoknya nano-nano rame rasanya. Cek aja. Jangan lupa alamatnya, catatancici.com."

Metode promosi langsung seperti ini mungkin terdengar kurang meyakinkan. Tapi jika sering dilakukan, percayalah hasilnya akan efektif menambah pengunjung blog.

5. Promo Tertulis

Promosi langsung mungkin hanya bisa kita tujukan untuk orang yang sudah kenal. Sementara untuk orang yang tidak kenal atau masyarakat umum, kita bisa melakukannya dengan promo tertulis. Tulis alamat blog di tempat-tempat yang bisa dilihat orang banyak. Tapi bukan berarti harus mencoreti dinding fasilitas umum dengan alamat blog atau menempel selebaran di pohon-pohon ataupun tiang listrik, blog kita itu lebih menarik daripada iklan sedot WC apalagi poster caleg. Tapi kalau mau nekad melakukannya ya tidak apa-apa.

Bukan pula dengan cara ditulis pada reklame ukuran raksasa dan dipajang di jalan-jalan raya, itu berarti tidak sederhana. Lakukan dengan cara simpel-simpel saja. Misalnya dengan membuat stiker 'catatancici.com, blognya orang cantik' trus tempel di spekbor belakang sepeda motor. Jangan hanya pada motor sendiri, kalau diizinkan tempel juga pada motor ayah, ibu, adik, kakak dan teman-teman. Pasang juga pada kaca belakang bagi yang punya mobil. Nanti di saat motor atau mobil tersebut nongkrong di parkiran, atau berhenti di lampu merah, di antara orang-orang yang melihat tulisan itu pasti ada yang penasaran ingin mengunjungi.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini. Jadi suatu hari ketika kejebak macet, lalu aku melihat di kaca belakang mobil di depanku terpampang sebuah alamat blog, iseng-iseng aku membukanya dan akhirnya sambil menanti kemacetan usai, aku membaca artikel-artikel di blog itu.

6. Gunakan Responsive Templete

Tidak semua insan internet bisa mengakses blog kita dengan menggunakan komputer ataupun laptop, bahkan mungkin malah lebih banyak yang hanya bermodal handphone. Kalau ingin blog kita lebih ramai pengunjungnya, sangat dianjurkan untuk menggunakan templete responsive. Dengan menggunakan templete responsive, tampilan blog akan menyesuaikan dengan layar gadget yang digunakan oleh pembaca blog. Tampilannya tidak akan jauh berbeda baik dibuka lewat komputer, laptop, handphone, smartphone, maupun sebagainya. Sehingga akan terlihat lebih cantik dan loadingnya bisa lebih ringan. Banyak sekali templete responsive yang keren-keren dan dibisa download gratis. Cara pemasangannya juga mudah.

Kurangi juga pemasangan widget-widget yang tidak penting. Sebab selain bisa membuat tampilan blog tampak kotor, memasang banyak widget juga mampu mengurangi kecepatan blog. Misalnya kalau kita jarang ngetwit, terus sekalinya ngetwit isinya cuma mention-menstionan, ngapain juga pasang widget twitter di blog? Itu hanya akan merusak pemandangan.

Tapi ya semua terserah kepada pemilik blog, mau membuat pengunjungnya nyaman dan bersedia kembali lagi karena tampilan blognya bersih dan ringan, atau membuat mereka langsung kabur karena loadingnya berat serta tampilan blog yang semrawut akibat kebanyakan widget.

Demikian saja 6 cara sederhana yang bisa meningkatkan pengunjung blog. Semoga bermanfaat. ^^

*****

19 komentar

Kalau aku memasang widget pos terbaru,karena pengunjungku masih pengunjungi artikel lamaku,siapa tahu dia trrtarik dengan artikel baruku. Templateku bawaan blogspot,jika diliat pakai hape kurang oke banget. Aku juga benci facebook yang isinya cuma sharing blog tapi adminnya tidak mau membalas komentar,jadi sampah beranda. Pengunjungku turun drastis,dari tiga ribuan kini tinggal ratusan.

saya juga mau menerapkan ke 6 tipsnya nih mas agar pengunjung blogku meningkat.
makasih atas pencerahannya

Sedih dengar curhatannya Mas Djangkaru ini. Sabar, Mas. Coba periksa Mas kenapa pengunjung kok bisa turun drastis gitu. Jangan-jangan kena pinalti google. Padahal sampean kan termasuk rajin update dan juga blogwalking, aneh kalau visitorsnya justru makin menurun...

Okay, Mas. Sama-sama. Good luck. :)

pantesan pengunjung blog saya sngat begitu mnim setiap harinya, saya belum bisa memanfaatkan sosial media dengan efektif, terutama twitter. Soalnya followers saya cuma dikit, masih bisa dihitung pake jari :D

salam kenal ya mba' :D

saya pengunjung blog sesama bloger saja kayanya. hehehe. kurang usaha kali saya ya

Salaam, wah trims tips2nya bermanfaat sekali bagi saya :') btw salam kenal yah, sila main ke blog saya www.ceritachia.com :D

Nomor 3 yg paling efektif, selain nambah pengunjung bisa nambah temen juga sesama blogger hehe
Salam kenal yaa :)

Makasih infonya ya gan kunjungi juga punya saya

Pustakatech.tk

Kalo blogger pemula ngadain kuis, gimana menurut mas? Bisa menaikkan traffic juga kah? Lalu apa kerajinan bikin posting juga mempengaruhi traffic?

Kalo saya pake dlvr.it jadi nanti setiap posting artikel baru akan langsung disharing ke sosial media Facebook, Twitter dlll

tq jangan lupa berkunjung ke http://www.fotohiburan.ml/

udah dipraktekin,sehari cuma dapet 50an view. hufft

Ini Yang Saya cari Artikel Berkualitas Dan Bagus, Terimakasih Mas Nanti Di
Posting Lagi Mas ya, Mantab, Sekali Lagi Terimakasih

Mampir Juga mas Ke Blog Ane Yang Masih Seumur Jagung

Download Driver Dan APK Android

http://www.googleapkcenter.com/
================================
Artikel Terpopuler

http://www.nangartikel.com/
================================

UPdate Terbaru 77 Tentang Tips Dan Trik Blog Seo

http://updateterbaru77.blogspot.com/
=================================

blog walking menambah pengunjung mas

Wah, tipnya mantap. Mendatangkan pengunjung memang problem utama para blogger. Ini musti menjadi prioritas kerja, selain menulis artikel. Kita harus sisihkan waktu untuk menjalankan apa yang disarankan dalam artikel di atas. Terima kasih.

[HEBOH]: Ratusan ribu orang Indonesia bisa mendapat uang dari website ini!!!

http://ramars22.sharethisstory.net/id-851898-4382?utm_source=&utm_medium=&utm_campaign=

Sangat berguna artikelnya bagi saya yg lg belajar nge-blog di http://usupriadi777.blogspot.co.id thanks ah artikelna :)

aku anak baru nih gak tau apa apa. makasih ya untuk infonya

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon