Sabtu, 01 Agustus 2015

Bagi Yang Tidak Ahli SEO, Inilah Cara Jitu Agar Artikel Blog Dibaca Puluhan Ribu Orang



Bagi blogger-blogger yang sudah menguasai ilmu SEO tingkat dewa, tentu tidak susah mendatangkan ribuan pengujung ke blognya. Tapi bagi yang tidak ahli SEO seperti saya begini, supaya artikel dibaca 100 orang saja butuh perjuangan yang tidak mudah, harus rajin share ke media sosial dan juga giat blog walking.

Tapi tidak perlu berkecil hati, harus tetap semangat ngeblog. Karena walaupun tidak jago SEO, kita tetap bisa kok mengupayakan artikel kita dibaca oleh ribuan, puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu orang. Yaitu dengan cara menulis artikel yang berpotensi viral.

Beberapa waktu lalu aku sudah membahas tentang artikel abadi. Jika ingin membacanya, ini dia artikelnya: Pentingnya Artikel Abadi Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Kali ini giliran membahas tentang konten viral atau artikel viral. Artikel viral adalah tulisan di blog yang banyak dishare oleh para pembacanya ke sosial media. Lalu teman-teman sosial medianya, yang membaca artikel tersebut juga ikut membagikan. Kemudian semakin banyak yang membagikan, membagikan dan membagikan. Sehingga akhirnya artikel tersebut menyebar kemana-mana bagaikan virus. Kalau sudah begini, dijamin artikel blog akan dibaca oleh beribu-ribu orang.

Konten Viral

Tapi membuat artikel yang bisa membuat pembaca tergerak hatinya untuk membagikan memang tidak semudah membalik taplak meja. Kudu mencari topik-topik yang memang berpotensi viral. Dan dibutuhkan tips dan trik tertentu.

Biasanya, artikel yang berhasil viral di dunia maya itu artikel yang membahas hal-hal berikut ini:

Hal-hal Unik


Ketika ada sebuah peristiwa 'Ada Anjing Menggigit Manusia', itu hanyalah sebuah berita biasa, pasaran dan belum tentu orang mau membacanya. Soalnya saya emang udah biasa menggigit manusia. Tapi coba beritanya 'Ada Manusia Menggigit Anjing', ini baru tidak biasa, mengherankan dan pasti banyak orang yang penasaran ingin membacanya. Kemudian setelah membaca, akan timbul keinginan untuk membagikan supaya teman-temannya juga ikut mengetahui kejadian tidak biasa ini. Itulah contoh hal-hal unik.

Jika ada wanita cantik menjadi pramugari, sekretaris, SPG dan model, itu sudah biasa banget. Tapi kalau wanita cantik mau jadi tukang tambal ban, mau jadi tukang jual gethuk keliling, mau jadi tukang gali kubur, mau jadi istri Arizuna Zukirama, itu baru luar biasa, unik dan akan menimbul pikiran "Ih kok mau sih?", "Kok bisa sih?", "Ada-ada saja."

Hal-hal unik seperti itu sudah terbukti bisa viral di dunia maya. Masih ingat kan dengan kehebohan Mbak tukang tambal ban berwajah ayu dari Malang? Atau neng geulis penjual gethuk di Jakarta? Ada juga Bripda Nina Octavia, snipper cantik dari Polda Aceh. Keunikan profesi para wanita cantik itu sempat menyebar dan menjadi trending topic di dunia maya. Dan blog-blog ataupun situs berita online yang membahas mereka tentu kebanjiran pengunjung.

Nah, kalau di sekitar tempat tinggal teman-teman ada hal-hal yang unik, jangan sia-siakan kesempatan itu. Misalkan ada seorang cowok tampan yang pantesnya jadi model atau bingtang iklan, malah lebih suka kerja di sawah berkubang lumpur, ndaud, tandur, matun dan lain sebagainya. Segera lakukan liputan dan muat di blog. Jangan lupa sertakan foto-foto si dia lagi asyik bekerja di sawah. Kemungkinan besar artikel tersebut bisa menjadi viral. Atau kalau di daerah teman-teman tidak ada, silahkan datang saja ke sawahku, aku siap kok diwawancarai. #Lah

Contoh hal-hal unik lain:
1. Baru Berusia 5 Tahun, Anak Ini Sudah Hafidz Qur'an
2. Di Desa Saya, Ada Lomba Balapan Lari Mundur
3. Wanita Ini Memiliki 4 Suami dan Tinggal Dalam Satu Rumah

Hal-hal Aneh

Hampir sama dengan hal unik di atas. Tapi berbeda kalau hal unik adalah sesuatu yang tidak biasa karena keinginan. Sementara aneh, adalah sesuatu yang tidak biasa karena takdir. Maaf, ini adalah pengertian menurut bahasa saya.

Hal-hal aneh yang orang-orang tidak pernah menyangka hal tersebut di dunia ini ada, berpotensi besar menjadi viral dunia maya. Misalnya:

1. Seekor Kambing Melahirkan Anak Berwajah Mirip Manusia
2. Di Desa Sukaramai, Seorang Kakek Bisa Bertelur dan Mengerami Telurnya Hingga Menetas
3. So sweet! Ada Awan Membentuk Lafadz I Love U di Langit

Well, jika kamu menemukan hal-hal aneh dan tidak lazim di sekitarmu, segera tulis di blog sebelum keduluan media lain. Tentu saja dengan disertai foto-foto, supaya pembaca tahu bahwa hal aneh yang kamu tulis bukanlah cerita hoax.

Kisah Inspiratif Banget

Kisah-kisah nyata yang sangat inspiratif juga bisa menjadi viral di dunia maya. Tapi inspiratifnya harus yang inspiratif banget. Kalau cuma inspiratif aja, sudah berjibun cerita seperti itu beredar di internet. Misalnya ada tukang becak bisa mengkuliahkan anaknya hingga lulus S1, itu adalah contoh kisah inspiratif.

Tapi kalau ada tukang becak, berhasil mengkuliahkan anaknya hingga lulus S1, dan anaknya itu lulus dengan prediket coumloude serta berhasil mendapat bea siswa untuk melanjutkan S2. Ini baru kisah yang sangat inspiratif. Baik anaknya maupun bapaknya bisa dijadikan suri tauladan bagi orang banyak.

Kisah-kisah nyata yang sangat inspiratif, biasanya laris dishare ke sosial media. Dengan tujuan untuk menyemangati diri sendiri, atau kadang untuk menyindir orang lain, supaya punya sikap seperti tokoh inspiratif tersebut.

Jika di lingkungan teman-teman ada sosok-sosok yang inspiratif banget, misalnya ada seorang istri yang rela menjadi tulang punggung keluarga dan begitu setia bertahun-tahun mendampingi suaminya yang cacat, datangi saja, lakukan wawancara sedikit, tulis dan terbitkan di blog.

Hal-hal Yang Mengejutkan

Hal-hal yang tak disangka-sangka, yang bikin syok khalayak ramai, juga punya peluang besar menjadi viral dan menyebar di dunia maya. Masih ingat kasus beras plastik beberapa waktu lalu? Tentang seorang Ibu yang curhat di facebook kalau nasi yang ia tanak mirip beras plastik. Curhatan sang Ibu yang disertai foto beras yang diduga beras plastik itu, akhirnya menyebar karena dishare oleh beribu-ribu orang. Bayangkan, seandainya si Ibu punya blog dan memposting curhatannya di sana? Ratusan ribu atau bahkan jutaan orang akan mengunjungi blog-nya. Sebab gara-gara postingan Ibu itu juga, isu beras plastik bahkan sempat menjadi berita nasional yang menghebohkan.

Selain itu, berita tentang wanita makan di sebuah restoran trus kena tagihan 2 juta padahal makanan yang dipesan biasa-biasa saja. Ada lagi kejadian seseorang membeli smartphone melalui sebuah toko online ternama, tapi begitu barangnya dikirim ternyata isinya sabun batangan. Peristiwa-peristiwa mengejutkan dan tak disangka-sangka seperti itu, kemudian korbannya curhat di internet, terbukti menjadi viral dan begitu cepat menyebar.

Nah, kalau suatu saat kita mengalami hal-hal seperti itu, tulis saja di blog. Yang penting kejadiannya memang benar-benar terjadi, bukan fiktif apalagi fitnah.

Hal-hal Yang Kontroversial

Hal-hal kontroversial, yang mengundang pro kontra dan memancing perdebatan panjang, juga bisa berpotensi menjadi viral. Misalnya memposting artikel 'Sudah Saatnya LGBT Juga Dilegalkan di Indonesia'

Pembaca yang pro pelegalan LGBT, akan membagikan artikel sebagai tanda setuju dan bentuk dukungan. Sementara pembaca yang kontra, juga akan share biar dibaca oleh orang-orang yang anti LGBT lainnya, dengan tujuan sang pemilik blog akan dibully orang banyak.

Itulah beberapa topik yang berpotensi menjadi viral di dunia maya. Tapi sebenarnya tidak hanya itu, topik-topik lainnya bahkan tema-tema umum juga bisa menjadi viral, asalkan ditulis dengan baik dan mampu menggugah emosi para pembacanya.

Tulisan-tulisan yang isi tulisannya berhasil membuat pembacanya berdecak kagum, terharu, marah, sedih, menangis, tertawa Yang diam-diam dalam hati mereka berucap, "Wow luar biasa!" "Hiks. Mirip kisah gue," "Huakakak bangsat lucu banget! Temen-temen gue harus ikut baca nih," "Duh.. Bener banget ini," "Goblok! Mau-maunya dibodohin," "Ya ampuun. Kok bisa sih?" "Subhanallah... Ternyata ada ya hal kayak gitu," dan lain sebagainya. Intinya tulisan-tulisan yang mampu mengaduk-aduk emosi pembaca, mampu mengena di hati dan perasaanya, sangat berpotensi menjadi viral di internet.

Di blog ini aku sudah beberapa kali mencoba memposting artikel yang berpotensi viral. Ada yang gagal, ada yang setengah berhasil dan ada pula yang benar-benar berhasil, tentu saja keberhasilan itu menurut ukuranku sendiri. Bagi aku, untuk sebuah blog personal yang dikelola perorangan, ketika sebuah artikel dishare lebih dari 1000 orang, itu sudah layak disebut viral.

Contoh artikel di blog ini yang berhasil viral: 30 Cara Kreatif Menjawab Pertanyaan 'Kapan Nikah?'

Artikel yang aku tulis pada bulan puasa jelang lebaran kemarin, sudah dishare ribuan pengguna sosial media. Dan hingga berita ini diturunkan, sudah dibaca lebih dari 28.000 kali. Untuk ukuran blog kecil seperti ini, jumlah segitu sudah sangat keren.

Hal itu membuktikan bahwa, yang tidak mengerti tekhnik SEO seperti saya, juga bisa membuat artikelnya dibaca puluhan ribu orang. Yaitu dengan cara memposting artikel viral.

Tapi kelemahan artikel viral ini biasanya tidak bertahan lama. Ribuan pembaca akan berdatangan dan membagi-bagikan ketika artikel tersebut masih hangat. Setelah itu lama-lama efek viralnya akan habis dengan sendirinya.

Demikianlah pembahasan saya tentang artikel atau konten viral. Selanjutnya jika tidak sibuk dipersilahkan membaca: 9 Tips Membuat Artikel Blog Menjadi Viral Di Sosial Media

3 komentar

Wuah. Berartu blogger juga dituntut peka dalam menuliskan artikelnya, agar berpotensi viral ya. *noted

terima kasih ilmunya gan http://usupriadi777.blogspot.co.id

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon