Cara Terbaru Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Via Online


Cara Terbaru Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Via Online ini lebih praktis dan mudah dibanding cara yang lama. Tentu dengan semakin canggihnya tekhnologi sekarang ini, untuk mengetahui saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek sudah tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantornya. Bisa dilakukan sendiri di rumah sambil ngupil, yaitu dengen mengecek melalui SMS atau melalui internet.

Ada banyak penyebab kenapa peserta BPJS TK/Jamsostek belum mencairkan saldo JHT-nya. Seperti belum memenuhi syarat ataupun memang sengaja dibiarkan dulu untuk tabungan. Konon kabarnya, membiarkan uang tersimpan di Jamsostek, bunganya lebih besar daripada menabung di bank. Entah benar entah tidak aku juga belum sempat mensurvey-nya. Dan bagi orang-orang yang belum ingin mencairkan uangnya, pasti tetap ingin tahu jumlah saldonya sudah berapa.

Sebelumnya aku sudah membahas Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Lewat SMS, kali ini giliran Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Online melalui layanan Personal Service yang baru-baru diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan. Kebetulan sekarang website BPJS TK sudah memakai responsive templete, jadi tampilannya tidak akan jauh berbeda saat dibuka melalui perangkat apapun. Mau dibuka lewat handphone, tablet, laptop, komputer tampilannya kurang lebih sama. Hal ini membuat kita semakin tidak sulit untuk mengakses website-nya demi mengecek saldo JHT ataupun keperluan-keperluan lainnya.

Update!!! ((Cara Cek Saldo JHT Lewat SMS Terbaru 2016)


Tapi untuk bisa cek saldo via online, kita wajib memiliki akun terlebih dahulu. Nah untuk membuat akun silahkan masuk ke website BPJS ketenagakerjaan untuk regitrasi, atau lebih gampangnya langsung saja klik ini REGISTRASI AKUN.

Di halaman Form Pendaftaran tersebut, isi dengan data yang lengkap dan benar jangan sampai ada yang ketinggalan. Mulai dari No Kartu Peserta Jamsostek, Nama, Tanggal lahir, No E-KTP, Nama Ibu Kandung, No handphone dan email. Untuk yang lahirnya di bawah tanggal 10, jangan lupa tambah angka 0 sebelum angka tanggal lahir. Misalnya lahirnya tanggal 5, maka penulisan yang benar adalah 05. Email dan nomor hanphone sebaiknya diisi dengan email dan nomor handphone milik kita sendiri. Lalu setelah data terisi semua, masukan kode keamanan yang tertera di sana.

Contoh form pendaftaran akun BPJS TK online

Masih di halaman yang sama. Baca dan pahami ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jika sudah, jangan lupa berikan centang bahwa kita setuju dengan ketentuan-ketentuan tadi. Kemudian klik 'Submit Data' untuk pengajuan registrasi akun.

Jika data-data yang kita isi dalam pendaftaran tadi benar dan cocok dengan data yang sudah tersimpan di database kantor BPJS Ketenagakerjaan, kita akan mendapat email berisi PIN yang nantinya kita gunakan untuk password sign in ke akun kita. Biasanya email balasan ini kita terima antara setengah jam sampai setengah hari setelah pendaftaran.

Selain menerima PIN dari email, kita juga akan menerima PIN lewat SMS. PIN yang dikirim lewat SMS akan berbeda dengan yang dikirim lewat email, karena fungsinya juga memang tidak sama. PIN yang dikirim via email fungsinya adalah sebagai password saat kita sign in. Sementara PIN yang dikirin lewat SMS gunanya untuk aktivasi setelah kita sign in.

Baca Juga: (Sekarang Pekerja Mandiri Juga Bisa Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan)

Setelah kita punya akun beserta PIN/Password-nya, kita sudah bisa cek saldo JHT kita via online. Caranya masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan, kemudian log in dengan memasukan user ID kita, user ID boleh no E-KTP ataupun email yang kita gunakan untuk mendaftar. Lalu masukan PIN/Password yang sudah dikirim lewat email. Kemudian klik 'Sign In'.

Setelah masuk dan berada di Home website BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya klik Profil, kemudian klik Layanan, lalu pada kolom Layanan Cek Saldo JHT klik tombol Aktivasi. Kemudian masukan PIN yang sudah kita terima melalui SMS, setelah itu klik Enter.

Sampai disitu tahap aktivasi sudah selesai. Lalu untuk mengetahui saldo kita cukup kembali ke halaman utama dengan cara klik Home, lalu klik Cek Saldo JHT, dan terkhir klik Submit. Selanjutnya website akan menampilkan saldo uang JHT BPJS Ketenagakerjaan kita jumlahnya sudah berapa. Silahkan dilihat-lihat sepuasnya.

Setelah puas kita bisa kembali ke Home, dan berselancar dengan meng-klik menu-menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, seperti informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi Profil kita, simulasi Saldo JHT, dan juga Formulir pengajuan Klaim secara online.

Menu layanan BPJS TK online

Demikianlah Cara Terbaru Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Via Online. Tentu jika dibandingkan dengan cek saldo lewat SMS, cek via online jauh lebih lengkap dan lebih memuaskan. Rasanya sama kayak mengecek langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Makanya bagi teman-teman yang menjadi peserta BPJS TK/Jamsostek tapi belum memiliki akun, tidak ada salahnya untuk segera mendaftar. Manfaatnya banyak. Terima kasih.

74 comments:

  1. jadi kayak internet banking yamas jadinya.
    bener2 jaman sekarang serba canggih,tinggal niat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir mirip memang. Bedanya kalo bpjs online tidak bisa digunakan untuk transfer dana...

      Delete
  2. sayangnya saya nggak bisa memprakterkkan cara ini nih mas,soalnya saya nggak punya kartu jamsoster.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mas. Saya juga sudah tidak bisa lagi, soalnya sudah capek jadi kuli perusahaan. :)

      Delete
  3. sayangnya saya nggak bisa memprakterkkan cara ini nih mas,soalnya saya nggak punya kartu jamsoster.hehehe

    ReplyDelete
  4. waduh nggak ikut-ikutan meskipun punya bpjs...

    ReplyDelete
  5. Jamsostek sama Bpjs bukannya Asuransi ya mas? kok ada saldo nya segala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mas. Saldo tersebut hasil iuran kita dipotong gaji tiap bulan...

      Delete
    2. Kalo selama bekerja di pt A,tp tdk pny bpjs tk hny pny bpjs kes saja,pdhl liat slip gaji tiap bulan ada potongan bpjs tk,gimana ya pak? Apa ttp bs diproses?

      Delete
  6. Informasinya sangat bermanfaat bagi rekan2 yg punya BPJS TK/Jamsostek tentunya ya kang dan ternyata ada cara yg baru mengeceknya ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Pihak BPJS TK semakin baik layanannya..

      Delete
  7. Mas, sy udh coba registrasi tp kendalanya msh blm punya e ktp, krn wktu itu sy tugas di luar kota jd ktp sy msh yg biasa.
    Gmn ya caranya? Soalnya keterangannya "no e-ktp anda tidak terdaftar, pastikan nomor sesuai yang tertera pd kartu tanda penduduk"
    pdhl dlu wktu bikin jamsostek kan pake ktp lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau no KTP tidak terdaftar memang tidak bisa, Mbak. Untuk bisa memiliki akun BPJS TK harus memiliki KTP yang terdaftar di database kependudukan nasional. Kalau masalah seperti ini, coba hubungi pihak kelurahan/kecamatan tempat Mbak membuat KTP, tanyakan kenapa KTP tidak terdaftar...

      Delete
    2. pass klik layanan di profil
      gak ada menu sama sekali mas
      apalagi CEK SALDO JHT
      gak ada menu yang muncul
      itu kenapa ya mas ?

      Delete
  8. Cara menonaktifkn bpjs yg lama bagaimana ya mas? soal nya saya ingin buat bpjs yg baru.

    ReplyDelete
  9. Kalau kita lupa dg nomer telp yg didaftarkan dahulu, dan nomer itupun sudah tidak terpakai.. gimana dong?

    ReplyDelete
  10. pin yg dikirim ke HP saya pas saya masukan untuk kode aktivasi account di bagian layanan, kok gak bisa ya Mas? apa website nya lagi error ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan seperti itu. Coba diulang secara berkala..

      Delete
    2. sama mas, muncul error mulu....itu layanan sudah di connectkan belum ya ?

      Delete
    3. munculnya "Mandatory:bla..bla...bla

      Delete
    4. saya malah belum dapet pin sms nya mas,. jd ga bisa di aktifin,. saya udh coba kirim ulang dr yg ada di cek saldo jht yp kluar message sam "mandatory: blablabla"., itu kenapa dan gimana mas ya?

      Delete
  11. kalo pake nomer ktp gimana, soalnya e-ktp saya belum dapat juga sampai sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja, Mbak. Kalau syarat yang tertulis sih harus E-KTP.

      Delete
  12. saya sudah punya ektp namun permasalahannya sama yang terjadi dengan mba Endah Lisnawati, no ektp nya tidak trdaftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak tahu kalau sudah seperti itu. Coba bertanya ke call center BPJS Ketenagakerjaan pusat.

      Delete
  13. wah mantap sekali n mudah untuk melihat saldo kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mudah. Asal web mereka sedang nggak error.

      Delete
  14. Cek saldo JHT ga ada data sma sekali,coba buka aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih bang saya juga ga ada sama sekali

      Delete
    2. Coba lagi di lain waktu. Mungkin sekarang sedang gangguan saking banyaknya yang mengakses ke sana.

      Delete
  15. Gan pas habis msuk profil trs pilih layanan kok gak ada menu nya?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  16. saya mau aktivasi kok ga pernah berhasil ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba-coba lagi aja, Mas. Memang begitulah kenyataannya. Banyak yang kesusahan :(

      Delete
  17. masih gagal terus , apa aku terlalu cepat masukin datanya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba-coba lagi, Mas. Mungkin masih ada data-data yang salah, atau mungkin juga jaringan internetnya sedang tidak bagus..

      Delete
  18. sy udh coba tp mau cek saldo nmor kpj blm terdaftar.kok bs yh pdhl sy msh aktf bkrj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah buat akunnya belum, Mas? Kalau sudah punya coba cek secara berkala. Dicoba pagi-pagi banget, disaat yang mengakses web BPJS Ketenagakerjaan belum padat..

      Delete
  19. Klo belum punya e ktp gmn ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak tau ya, Mbak. Soalnya syaratnya memang no E-KTP yang diminta..

      Delete
  20. saya sdh punya akunya dan sdh bisa cek saldo tapi klo siang doang malm ga bisa ,tapi pas klaim pencairan ga bisa terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kurang mengerti untuk klaim pencairan secara online, Mbak. Pengalaman saya adalah klaim secara langsung ke kantor BPJS TK..

      Delete
  21. tolong di koment mas
    saya juga gak dapat data setelah klik layanan
    apalagi CEK SALDO JHT
    sama sekali gak ada data nya
    masalah nya apa itu mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah data-datanya sudah teris dengan benar, Mas. Coba diulang secara berkala..

      Delete
    2. Betul mas punya saya juga tidak ada informasi yang saya harapkan.! Cek saldo malah tidak ada keterangan apapun.! data sudah benar ko cuman nomer hp yang terdaftar dulu sama sekarang beda.! kenapa yah kira kira apa ada kemungkinan JAMSOSTEK saya sudah tidak aktif yah.?

      Delete
  22. Mas mau tanya...bokap saya masih memiliki kartu astek(nama sebelum bpjs/jamsostek)apa masih bisa d klaim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu, Mas, kalau soal itu. Coba ditanyakan ke call center.

      Delete
  23. saya barusan registrasi, tp gk ada pin aktivasi di email ya?
    ada pin aktivasi di sms tp gk bisa dikirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar saja, Gan. Banyak yang mengalami hal itu.

      Delete
  24. Mas, saya punya 2 nomor Jamsostek. satu sudah berhasil namun satunya lagi belum. register no yang kedua sudah berhasil, tetapi tiap kali masukin data email atau EKTP yang muncul adalah data no pertama. kira-kira gimana caranya yah check untuk kartu yang kedua karena otomatis data pada kart pertama dan kedua sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas harus mengamalgamasi/menggabungkan saldo dari kartu pertama dan kartu kedua dulu. Satu akun untuk satu kartu.

      Delete
  25. mas mau tanya...kalo kartu jamsostek ada 2.gimana cara registrasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldo dari kedua kartu harus digabungkan dulu, Mas.

      Delete
  26. saya gabisa buka karena awal pembuatan salah masukin nomor hp nya :(
    mohon bantuannya :D

    ReplyDelete
  27. Mas saya di perusahaan baru ini sdh 6 bulan, tp kepersertaan BPJS nya saya lanjutin dari kartu lama ( Nomor sama). Tp pas sy cek Saldo kok yng tertera cuma sald di perusahaan baru ya? saldo di perusahaan lamanya belum digabungkan. kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  28. Ikutan nanya mas, kalo kode aktivasi sms nya terhapus apa bisa mendapatkannya lagi? Kalo bisa gmn caranya? Soalnya sy ga bisa cek saldo krn kode verifikasinya terhapus di sms, kalo untuk akun sih udah bisa diakses..

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. saya udah berhenti kerja,klo pingin tau tentang aktif dan tidaknya keanggotaan saya gimana

    ReplyDelete
  31. ngecek saldo bolak balik ga ada keluar saldonya, orang sekantor nyoba juga sama.. ini program bpjs akal2an aja... busuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama saya juga tidak muncul2 saldonya?

      Delete
  32. Saya mau cek tapi ga bisa, muncul tulisan e-ktp tidak aktif, solusinya apa

    ReplyDelete
  33. mas pada form registrasi di kolom "kode keamanan" kenapa tidak ada huruf kecil ya?

    ReplyDelete
  34. mas pada form registrasi di kolom "kode keamanan" kenapa tidak ada huruf kecil ya?

    ReplyDelete
  35. mau tanya sama admin nih
    saya punya dua jamsostek,, apakah jamsostek yg dulu masih aktip?

    ReplyDelete
  36. Alhamdulilah sy tiap bln selalu cek saldo BPJS jd tau perusahaan bener2 membayar iyuran bulananya

    ReplyDelete
  37. Klo data di bpjs sama data KTP beda gimana ya..apa bisa langsung ke kantornya..soalnya ada kesalahan dr perusahaan masukin data ke bpjs nya..jd saya ga bisa cek saldo online...ketrangannya nama atau Nik anda tidak sesuai dg data di bpjs

    ReplyDelete
  38. Mas saya di perusahaan baru ini sdh 6 bulan, tp kepersertaan BPJS nya saya lanjutin dari kartu lama ( Nomor sama). Tp pas sy cek Saldo kok yang tertera cuma saldo di perusahaan baru ya? saldo di perusahaan lamanya belum digabungkan. kenapa ya mas?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)