Jumat, 29 Mei 2015

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Lewat SMS

Untuk mengetahui saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan beragam cara. Bisa dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, cek via ATM, cek via internet, dan yang paling praktis adalah cek via SMS.

Sayangna untuk mengecek lewat ATM, saat ini hanya baru bisa dilakukan lewat ATM BNI (Bank Negara Indonesia) saja. Mudah-mudahan kedepannya juga bisa dilakukan lewat bank-bank yang lainnya. Tapi harap diingat, di ATM kita hanya bisa melihat saldo-nya saja, tidak bisa ditarik tunai ataupun dicairkan.

Update!!! ((Cara Cek Saldo JHT Lewat SMS Terbaru 2016)

Sebenarnya tanpa perlu kita cek sekalipun, pihak BPJS Ketenagakerjaan setiap tahun akan mengeluarkan slip Informasi Saldo Jaminan Hari Tua yang berisi rincian dan total saldo dalam tahun tersebut. Namun terkadang ada juga yang tidak sabar menunggu setahun dan penasaran dengan jumlah saldo-nya sudah berada di angka berapa.

Dan juga selebaran Informasi Saldo Jaminan Hari Tua tersebut hanya diberikan jika pesertanya masih aktif bekerja. Jika sudah tidak bekerja, pihak BPJS Ketenagakerjaan tidak akan mengeluarkannya lagi. Sehingga untuk tetap bisa mengetahui jumlah saldo terakhir, kita harus berusaha sendiri, salah satunya dengan cara cek via SMS.



Langkah-langkah untuk cek saldo JHT via SMS adalah sebagai berikut:

Siapkan Hanphone dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Pertamanya kita harus regitrasi dulu untuk memperoleh no ID kita. Caranya dengan kirim SMS dengan format:

REG#Nomor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek#Tanggal Lahir#Nama Ibu kandung

Lalu kirim ke 08111009696

Contoh:

REG#02D00046856#261187#Suprapti

Kemudian kirim ke 08111009696

Setelah SMS kita terkirim, nanti akan dibalas kurang lebih seperti ini:

TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID_ANDA

No ID 123456789 itu hanyalah contoh saja. Dan setelah mengetahui No ID-nya, kita sudah bisa menggunakannya untuk cek saldo JHT via SMS. Caranya kirim SMS dengan format sesuai yang diterangkan dalam SMS balasan tadi.

SALDO#NO_ID

Dan kirim ke 08111009696

Contoh:

SALDO#123456789

Kemudian kirim ke 08111009696

Jika berhasil, nanti kita akan mendapat balasan kurang lebih seperti ini:

SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 30 05 2015 RP.8.000.000

Itu artinya hingga tanggal 30 Mei 2015 jumlah saldo kita adalah sebesar 8 juta rupiah.

Sebenarnya cek saldo Jamsostek lewat SMS terbilang sangat mudah dan praktis. Bisa menggunakan hanphone tipe apa saja yang penting ada pulsanya. Juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja asalkan sinyalnya ada. Tapi terkadang entah karena apa, registrasi sering error dan gagal. Semoga kedepannya BPJS Ketenagakerjaan semakin lebih baik pelayanannya via SMS.

Demikianlah cara mengetahui saldo Jamsostek lewat SMS. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang membutuhkannya. Atau bagi yang tidak punya handphone, sehingga tidak bisa cek via SMS, teman-teman bisa datang ke warnet atau ngerental handphone yang sudah ada fasilitas internet, untuk Cek Saldo Jamsostek Via Online.

36 komentar

wah, ketepatan saya belum mengurus BPJS tu, kalau mau ngurusnya, susah ngak ya mas :D

wah saya belum daftar bpjs sendiri nih mas, hehehehe, cukup membantu nih artikelnya untuk cek saldo bpjs nya

Kalau untuk BPJS Ketenagakerjaan, asal semua syarat dan dokumen lengkap, nggak susah ngurus pencairan, Mas. :)

langsung tak cek dulu saldo bpjs saya mas,pumpung ada caranya disini

Iya, Mas, buruan. Ntar gak kebagian. :)

cek online ini sangat membantu
terima kasih

saya coba degan cara sms tidak pernah terima balasan

iya, saya juga ga dapat balasan apa2 dari BPJS setelah kirim sms. mohon pencerahan mas aris. thanks.

knp ea sya coba cek via online jawabannya belum aktif..

SayA udah registrasi via online, tp tidak dapat email passwordnya gmn ya?

Untuk cek saldo lewat sms kayaknya sudah di nonaktifkan, karena gk pernah dapat balasan, lebih cepat cek saldo secara online

mas mau tanya gmn mau cairin BPJS tp krtunya tu hilang

Kok saya dari tadi sms ga dibls2 ya?

ni saya sms kok nggak dibales ya ? dan saya juga dah coba bikin akun lewat online, juga nggak bisa terus ?

MAS, KALO KATU MASIH JAMSOSTEK BELUMDIRUBAH KE BPJS, APA MASIH BISA DI CEK SALDONYA

Nomer smsnya kok biasa aja ya, sperti nomer ponsel, apa gak pakai nomer kombinasi mesin otomatis yang biasa hanya beberap digit aja?..

Bisa. Tapi cek via SMS ini sepertinya sudah tidak berlaku lagi. Cek via online saja..

Iya. Masih amatiran mungkin, hehe. Lagi pula cara cek via SMS ini sepertinya sudah tidak bisa digunakan lagi..

Untuk cek via SMS kelihatannya memang sudah tidak berlaku lagi. Untuk buat akun, coba diulangi secara berkala, banyak kok yang sudah berhasil..

Maaf. Cek saldo via SMS ini tidak bisa digunakan lagi. Entah untuk sementara, atau entah untuk selamanya...

Buat surat keterangan hilang dari kepolisian, Gan.

Iya, Benar. Sepertinya sudah tidak dapat digunakan lagi.

Coba diulangi lagi secara berkala.

Ulangi lagi secara berkala. Mungkin ketika anda mendaftar web BPJS TK sedang down.

Sudah tidak berlaku lagi cek saldo JHT via SMS. Silahkan cek via online, atau download aplikasi BPJS TK Mobile.

Permisi gan. Numpang nanya tadi saya baru isi formulir pencarian dana bpjs. Kok dapat antrian tanggal 8 februari 2016. Kok bisa lama ya gan nyampe 2 bulan. Makasih sebelumnya gan.

jumlah saldo di online ga muncul

sering error...online maupun mobile

kalo cek via online gmna yaa

mas saya cek saldo sama lihat rincian jht kok saldo nya beda ya??

wah mantap infonya mas. saya mau coba juga
jangan lupa kunjung balik ya?
http://sebuahtutorialku.blogspot.com

surat keterangan pengunduran diri itu gimana y gan,bkn y klo dah mengundurkan diri bekerja itu,dapet surat paklaring nya,

cara cek saldo bpjs melali sms gmna yah

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon