Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Novel Komedi Romantis 'Zuck Linn Sejoli Salah Gaul'

Update 13 Febuari 2016!!

Novel Komedi Romantis Zuck Linn Sejoli Salah Gaul ini masih dalam proses penulisan. Kebetulan sejak beberapa tahun lalu, ada banyak teman sosial media yang menyarankan untuk mencoba menulis novel. Nah, mohon maaf jika baru sekarang ini aspirasi tersebut baru saya indahkan.

Novel ini sudah diposting di blog sebelah dan bisa kamu baca secara gratis, jika ingin membacanya silahkan saja klik =>> Novel Komedi Zuck Linn

Sebenarnya sudah sejak dua tahun silam berniat nulis yang panjang, dan sempat sudah menulis beberapa halaman. Tapi karena konsentrasi saya sering terganggu oleh berbagai urusan, akhirnya naskahnya terbengkalai dan sekarang malah hilang entah mungkin terhapus.

Dan beberapa hari ini, keinginan menulis tersebut kembali saya ikrarkan. Ide cerita dari awal hingga ending sudah ada di kepala, tinggal menuangkannya dalam bentuk tulisan. Dan itu menjadi bagian tersulit. Karena walaupun saya hobi nulis status, tapi dalam hal menulis buku saya belum punya pengalaman.

Dan meskipun novel ini fiksi, namun cukup banyak plot cerita yang terinspirasi dari kisah nyata, baik kisah nyata sendiri, maupun kisah nyata teman-teman. Dalam novel ini Zuck masih seorang mahasiswa, dan Linn masih kelas 3 SMU, dengan setting cerita pinggiran kota Pekanbaru. Karena ini cerita novel, tokoh-tokohnya bakalan banyak. Selain tokoh utama Zuck dan Linn, juga akan diramaikan oleh Jabon sohib karib Zuck. Ada Yonah dan Dewik sebagai teman sekolah Linn. Ada juga Rein, cowok yang naksir banget sama Linn. Dan beberapa tokoh lainnya.

Baca Juga: (Cerpen Lucu Zuck & Linn Kencan Kacau)

Berikut ini salah satu adegan di dalam novel Zuck Linn yang saya tulis tadi malam. Hanya sedikit cuplikan saja dan belum sepenuhnya diedit. Ini adalah adegan di mana Zuck pertama kali kenal Linn.

Update 13 Febuari 2016!!!

Novel Komedi Romantis Zuck Linn

Happy Reading!


Senin pagi yang sangat tidak cerah. Matahari yang aslinya sudah benderang, tidak mampu menembus tebalnya awan hitam yang menggelayuti angkasa Pekanbaru. Memang mendung tak berarti hujan, tapi kali ini ketika Linn baru separuh jalan menuju sekolah, mendung itu tiba-tiba berubah menjadi hujan yang serius.
Buru-buru Linn membelokkan motornya ke sebuah bangunan ruko yang tampak mangkrak. Dia sempat terkena hujan sedikit, sehingga di beberapa bagian baju seragamnya tercetak bulatan-bulatan basah air hujan.
Tapi Linn bersyukur bisa cepat menemukan tempat berteduh. Bahaya jika sampai basah kuyup, baju putihnya bisa tembus pandang, lalu bekas koreng di punggungnya akan terlihat banyak orang.
Di samping ruko agak ke belakang, ada sebuah cafe kecil. Tadinya Linn ingin ke sana, numpang berteduh sekalian pesan minuman hangat. Tapi menyaksikan pengunjungnya sudah ramai, para pekerjanya nampak sibuk melayani pembeli, Linn tidak tega dan akhirnya menganulir keinginannya.
Beberapa saat kemudian Linn melihat seorang laki-laki keluar dari cafe. Berlari menembus hujan menuju ke tempat Linn berada. Begitu sampai, lelaki itu tersenyum-senyum ke arah Linn seraya mengusap-usap rambutnya yang sedikit kebasahan. Linn membalas seperlunya, lalu berpaling kembali menikmati hujan.
“Ehem hem...”
Terdengar cowok itu mengeluarkan gaya batuk berlendir. Modus mau kenalan. Basi! Batin Linn tak peduli.
“Diem aja sih. Marah, ya, sama aku?”
Linn menoleh. Menatap lelaki itu tanpa minat. Sudut bibirnya melengkung, terseyum geli atau entah jijik dengan sikap cowok itu. Kepedean banget. Kenal juga enggak. Linn mundur sedikit menjauh. Melipat tangannya di dada, kemudian menyandarkan punggungnya di tembok.
“Kok nyender di tembok?” cowok itu berkomentar sambil menatap Linn tanpa kedip.
“Persoalan?!” Akhirnya Linn tidak bisa untuk tidak menanggapi sosok sok akrab itu.
“Ya enggak sih. Kasian aja sama temboknya, kecolok-colok sayapnya kamu.”
Kening Linn mengernyit. Siapa sih ini? Berani-beraninya ngatain bersayap. Dia pikir pembalut?!
Cowok itu kemudian membuka tas-nya. “Aku punya sesuatu buat kamu.”
Linn tertegun semakin heran.
“Nih,” cowok itu mengancungkan sesuatu.
Seketika mata Linn berbinar. Wajahnya cerah. Sesuatu yang sudah tiga hari ini membuatnya pusing tujuh trenggiling, ada di tangan cowok itu.
“Matre ih. Begitu diliatin dompet langsung semangat,” ledek lelaki itu yang tidak lain adalah Zuck.
“Eh itu kan emang punyakuuu...” Linn merebut dompet dari tangan Zuck. “Udah beberapa hari aku kebingungan nyari ini. Kenapa baru sekarang dibalikin? Teganya.”
“Aku juga udah berhari-hari nyariin kamu buat balikin itu, tapi baru hari ini ketemunya.”
Linn memeriksa seluruh ruang-ruang di dompetnya. “Ah lipgloss-nya masih ada, duitnya juga masih utuh!” Linn mengeluarkan beberapa lembar uang bergambar duo proklamator, masing-masing lembar dilipat menjadi empat bagian kecil-kecil. “Aku sengaja nyimpan di sisi tersulit. Soalnya kalau kelihatan pasti abis buat jajan. Ini buat jaga-jaga, kalau tiba-tiba terdesak butuh uang cash pas tersesat di pulau gak berpenghuni yang gak ada ATM-nya.”
Zuck melongo.
“Alhamdulillah kalungnya juga masih ada. Di sekolah kadang-kadang ada razia perhiasan. Makanya aku simpan di sini,” Linn memperlihatkan sebuah kalung emas berwarna keemasan.
Zuck semakin melongo dongo. Dalam hati tak henti menyumpah-nyumpah atas kekurangtelitiannya kemarin.
Dari beberapa lembar uang di dompetnya tadi, Linn menyisihkan selembar dan diberikan kepada Zuck. “Buat kamu.”
“Untuk apa nih?” Zuck menatap Linn dengan tampang pura-pura tak mengerti. “Oh kamu mau nyuap aku, biar aku tutup mulut gak bilang ke orang-orang, kalau hari ini aku ketemu bidadari?”
“Hahaha... Bukanlah. Anggap aja ini sebagai ungkapan terima kasih karena udah balikin dompetku. Kenapa? Kurang banyak ya?”
“Eng... Nggak, enggak. Gak perlu. Aku tulus kok balikin itu. Gak ngarep imbalan,” kata Zuck menolak halus, meskipun dalam hati sesungguhnya mau banget. Gengsinya yang gede telah mengalahkan kemauannya. Sebenarnya ia hanya butuh sedikit pemaksaan, supaya tidak malu-malu lagi menerima uang itu. Tapi sepertinya Linn tidak peka akan kelemahannya itu.
“Yaudah kalau gak mau,” Linn memasukan kembali uang itu ke dalam dompet.
Glek! Zuck menelan ludah. Pait!
“Makasih banget ya,” tutur Linn tersenyum tipis. Raut wajahnya yang tadinya kurang suka dengan kehadiran Zuck, sekarang tampak lebih bersahabat.
Zuck menahan napas menyaksikan senyum itu. Manis sekali. Lesung pipi yang waktu itu hanya ia lihat dari kejauhan, kali ini bisa ia saksikan dari jarak hanya satu gapaian.
“Lain kali hati-hati,” sahut Zuck sedikit telat.
Linn tersenyum semakin lebar sambil memandang Zuck lembut. Nafas Zuck seakan terhenti. Ia baru sadar, selain berlesung pipi, senyum Linn juga memiliki pesona lain berupa barisan gigi kelinci yang lucu-lucu. Duh. Zuck mulai terpedaya.
“Kalau boleh tau nemuin dompetnya di mana?” tanya Linn.
“Emm... Di sebuah toko kecil di daerah Kubang.”
“Udah duga sih ketinggalan di sana. Cuma kemarin pas dicek ke sana udah gak ada. Kirain diambil sama pemilik toko.”
“Eh gak boleh suudzon gitu.”
Linn menatap Zuck sebentar. Dalam hati bersyukur dompetnya ditemukan Zuck, kalau orang lain belum tentu bisa kembali utuh seperti ini. “Kamu baik ya?”
“Bukan, bukan!” Zuck menggeleng kuat-kuat.
“Kok bukan?”
“Aku bukan baik. Kenalin, aku Zuck. Dani Zuckici,” Zuck mengulurkan tangan.
Linn tertawa kecil. Untuk beberapa saat ia hanya mengamati uluran tangan itu. Setelah yakin tangan Zuck tidak mengandung listrik, Linn menyambut uluran itu dan menjabatnya erat. “Aku...
“Udah tau kok. Kamu Alinna kan?” potong Zuck. “Lengkapnya Alinna Bilqis Quinnova.”
“Lho, kamu tau-nya dari TV mana?” balas Linn sok ngartis.
“Baca di situ,” dengan gerakan wajah, Zuck menunjuk ke arah dada kanan Linn.
Hati Linn mencelos. Dengan sedikit kikuk ia melirik dadanya sendiri. Di baju seragam sekolah yang ia kenakan memang tertulis nama lengkapnya. Cepat-cepat Linn menarik tangannya dari genggaman Zuck, kemudian berpaling ke arah lain.
“Harus, ya, dari situ taunya?!” Linn merengut. Dasar mata gak senonoh. Pasti belum pernah ngerasain kelilipan sepatu Kopassus nih orang! Batin Linn emosi.
“Aduh, soriii... Kebetulan aja terteranya emang di situ kan?” Zuck berusaha mencari pembenaran. “Lain kali ditulis di kening aja, biar aku ngeliatnya ke wajah kamu terus.”
Linn semakin berpaling dan tertunduk, tak ingin Zuck melihat wajahnya yang sebenarnya sedang senyum-senyum sebal. Selain itu, Linn juga sedang merogoh tas mengambil ponselnya yang baru saja berdering nada pesan.
'Sekolah gak?'  sebuah Facebook Masengger dari Yonah.
'Udah berangkat sih. Tapi masih kejebak ujan di jalan. Kamu?' balas Linn, juga melalui pesan Facebook.
“Maaf atas becandaan bodohku tadi,” Zuck yang merasa dirinya sedikit ditelantarkan buru-buru meminta maaf.
“Gak apa-apa kok. Tapi jangan diulangi lagi.”
Zuck tersenyum sambil mengangguk-angguk santun. “Tapi kamu kelihatannya masih kesel?”
“Kesel gara-gara hujan ini. Gak berhenti-berhenti. Padahal aku udah kangen banget sama upacara hari senin. Udah seminggu gak ikut upacara.”
“Kan emang seminggu sekali?”
“I hate monday!” desis Linn.
“Eh jangan gitu dong. Sebenarnya senin itu hari baik lho. Hari di mana kita memulai segala aktivitas dengan penuh semangat setelah hari minggunya libur.”
“Ah gaya aja,” ledek Linn.
“Beneran. Apalagi sebagai umat muslim. Di hari isnin kita bisa melaksanakan puasa sunnah. Udah gitu Nabi besar Muhammad SAW dulu lahirnya juga pada hari senin.”
Linn takjub. Memandang Zuck dari ujung rambut sampai ujung gang.
“Dan pada hari senin juga, yaitu hari ini, kamu bisa kenal aku. Kurang bagus apa lagi coba?” tambah Zuck.
Linn tertawa di dalam hati. Menurutnya yang terakhir tadi itu maksa banget. Kemudian kembali melihat monitor androidnya, ada balasan pesan dari Yonah.
'Sekolah. Aku sama Dewik udah di kelas'
“Lagi Facebook-an ya?” tanya Zuck pengen tahu banget.
“Iya, hehe,” jawab Linn singkat sambil tertawa garing.
“Pasti update status 'Lagi berteduh di emper toko, sama cowok ganteng'?” tuduh Zuck semena-mena.
Linn sontak memandang Zuck, kemudian menutup mulut dengan ponsel menyembunyikan tawanya. Beruntung di rumah tadi Linn tidak sarapan banyak, sehingga tidak sampai muntah-muntah.
Setelah itu sama-sama terdiam. Dalam diam, diam-diam Linn mencuri pandang ke arah Zuck, memandangi wajah cowok itu yang begitu sempurna. Dagu, bibir, pipi, sepasang mata, bulu mata, alis, jidat, hidung, komedo, semuanya lengkap tanpa kurang satupun. Iya, sempurna!
Zuck yang merasa curiga dirinya tengah diperhatikan, diam-diam melirik Linn untuk membuktikan kecurigaannya. Dan glotak! Beberapa detik tatapan mereka bertabrakan. Linn gelagapan dan buru-buru mengalihkan matanya.
Sambil senyum-senyum senewen, Zuck juga kembali memandang hujan. Hujan yang terlihat mulai mereda. Tapi Zuck tidak suka. Nanti begitu hujannya berhenti, pasti masing-masing akan kembali melanjutkan perjalanan. Dan pertemuan ini akan berakhir begitu saja. Sebelum perpisahan itu benar-benar terjadi, Zuck ingin memperoleh nomor HP Linn. Harus! Bagaimanapun caranya.
“Eh, kamu punya obeng gak?” pancing Zuck.
“Enggak. Aku punyanya nomer HP. Mau?”
“Mm... Boleh, boleh.” Dengan penuh semangat Zuck mengeluarkan ponselnya, lalu mengetik angka-angka yang disebutkan Linn.
“Coba dimisscall,” perintah Linn.
Zuck memencet tombol panggilan, lalu mendekatkan handphone ke telinga. “Haloh. Emm... Iya, iya. Oh gitu. Yaudah. Terima kasih ya, Mbak?”
“Ngobrol sama siapa? Salah nomer tuh pasti, gak masuk kok?” Linn bingung.
“Tau nih siapa. Suaranya sih perempuan.”
“Masa sih? Dia ngomong apa?” Linn serius bingung.
“Pertamanya dia minta maaf. Udah gitu bilang 'pulsa anda tidak mencukupi untuk melakukan panggilan ini, segera lalukan pengis...
“Iih!” Dengan geram yang tak tertahankan, Linn mendorong Zuck keluar teras. Tapi dengan cepat Zuck meraih tangan Linn, sehingga gadis itu ikut tertarik bersamanya. Untuk beberapa saat keduanya sama-sama terguyur hujan. Zuck tertawa, kemudian berlari mengandeng tangan Linn kembali masuk ke teras toko.

Zuck Linn

“Jahat,” ucap Linn, wajahnya yang sedikit basah tampak merona.
Zuck belum bisa berhenti tertawa. “Kan kamu yang berusaha mencelakaiku duluan. Muahaha...
Dan akhirnya hujan benar-benar reda. Gerimis pun sudah tiada. Linn bersiap-siap melanjutkan perjalanan.
“Kamu sendiri mau ke mana?” tanya Linn.
“Ke kampus. Aku kuliah, jurusan sastra mesin,” jelas Zuck tanpa diminta.
“Hahaha... Emang ada?!”
“Nanti kalau ada telepon dari nomor baru yang awalnya +62, itu aku,” pesan Zuck.
Linn tersenyum sambil memasang helmnya. “Sekali lagi terima kasih, udah ngembaliin dompetku.”
“Sama-sama.”
Tiba-tiba Linn teringat sesuatu. Buru-buru ia kembali melepas helmnya. “Eh tapi gimana caranya kamu bisa tau kalau ini dompetku?”
“Eh. Mmm...” Zuck garuk-garuk kepala. Ia sama sekali tidak menyangka akan ada pertanyaan seperti ini.
“Secara di dompetku gak ada kartu identitasnya. Trus perasaan, pagi itu di sana cuma ada dua orang. Pemilik toko sama... Ada sih seorang pengemis yang menprihatinkan banget. Saking kasihannya aku beri dia uang seribu. Kalau pemilik toko, pas aku datangin dia gak tau menahu. Jadi jangan-jangan...
Zuck tidak berani melihat Linn. Ia pura-pura serius memandang langit. “Eh coba deh lihat ke langit. Mendungnya keren ya, bisa jalan sendiri...
*****

Demikian sedikit bocoran naskah novel Zuck Linn. Kalau mau membaca sample cerita lainnya yang ada di blog ini, klik aja label Zuck Linn. Atau bisa juga baca-baca di halaman facebook saya Arizuna ZukiramaUntuk versi lengkapnya silahkan ikuti saja postingan berkala di Wattpad.

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca ^^

Sumber Foto: Lover Point

Baca Juga: (Masa Kecil Zuck dan Linn)

97 komentar untuk "Novel Komedi Romantis 'Zuck Linn Sejoli Salah Gaul'"

  1. Keren om.. jadi penasaran klanjutannya

    BalasHapus
  2. kerja dulu mas, mau nabung buat beli novelnya mas zuck...
    zuck kayanya inisisal mas admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Mas kan duitnya udah banyak... :)

      Hapus
    2. kan gampang mas, jika kurang tinggal tambah aja

      Hapus
  3. Bagus ceritanya, kelanjutanya gimana tuh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja kelanjutannya dalam versi buku.. :)

      Hapus
    2. tambahin mas dikit lagi cumplikannya

      Hapus
  4. Oh ya,, salam kenal dari saya min,,, selamat berkarya!!!

    BalasHapus
  5. wah sampean ternyata punya bakat menulis juga toh.
    lanjutkan mas,saya nunggu terbit bukunya.
    gratis tapi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga menunggu ini mah :)

      Hapus
    2. Haa Mau nya kalau gratis...

      Hapus
    3. wah mang yantomah masa pas ketemuan ga ngobrol mas. hehehehe

      Hapus
    4. Hahaha... Boleh gratis asal menyertakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat, Mas. :D

      Hapus
  6. anjayy keren zuck, emang masih jaim atau gimana ya soalnya gue bacanya sifat telmi linn belom keliatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inikan ceritanya baru perkenalan pertama... :D

      Hapus
  7. sori mas lama ga kemari, lagi rada sibuk dikit, romantika banget mas, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran e, sumpah :) wakhak khak khak ini salah minum obat dia nya

      Hapus
    2. Sibuk apaan, Gan? Ajak-ajaklah biar gak terlalu sibuk. :)

      Hapus
    3. bukan salah minum obat mas, tapi udah over

      Hapus
  8. Keren Zuk, bikin penasaran. Nanti gua beli ah bukunya, ahiya, tuker tambah aja kali ya sama buku tulis gua, bisa gak bang? :v

    BalasHapus
  9. mantap ceritanya mengalir seperti hujan enak di baca. dan tentunya bikin pensaran mang zuki nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya tau hujan itu turun ke bawah dan sungai yang mengalir. hehehehe

      Hapus
    2. Mentang-mentang musim hujan. :)

      Hapus
  10. Novel ini karya mas Arizuna ya?? soalnya nama belakang admin ini sama dengan nama dalam novel diatas. keren novelnya mas, di tunggu kisah selanjutnya

    BalasHapus
  11. ternyata zuckk itu pinter gombal juga, kayanya itu pengalaman pribadi. :D
    keren mas meskipun baru 25% tapi cukup menghibur gx bikin bt banyak humornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Bro. Sekarang sih udah rampung 100%, tinggal menunggu kabar dari penerbit. :)

      Hapus
  12. Iih keren banget.. lucuu.. novelnya komedi komedi gimana gitu.. takut kehujanan ntar korengnya keliatan hahaha..

    Aku punya nomor hp mau? To the point banget Hahahaa..

    Sukses buat novelnya.. Aku mo nabung nih.. :-)

    BalasHapus
  13. BANG JUKIIIIII AKHIRNYAAAAAAAAAAA~
    aku tunggu sampe selesei, jangan lupa nanti bukunya kasih tanda tangan poto yang paling ganteng! khusus buat aku wkwkwk

    pokonya aku tungguin sampe selese! semangat bang juki ~
    buruan di selesein, duh gasabar wawwawww~~~~~

    duhh seneng banget bang juki mau nerbitin novel zuck linn....... cuplikannya bagus banget lagi yampunnn~~~~~~

    aku tungguin pokonya aku tungguin \^_^/

    BalasHapus
  14. wah hebat nih ceritanya pasti romantis kan soalnya banyak gombal-gombal yang bisa saya pelajari disini,tapi suer deh mas saya selalu gagal ketika ngajakin kenalan orang secara langsung, saya kalo deketin cewek si cewek malah kabur lo, salah saya apa ya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena mas hendri udah punya istri mas. hehehehe

      Hapus
    2. Hahaha bener itu kata Mang Adul, udah punya istri makanya kabur terbirit-birit. :)

      Hapus
  15. Aku juga suka dengan film genre komedi atau komedi percintaan hihihi

    BalasHapus
  16. oia mas kalo nivelnya itu sudah hadir belum mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha belum, Kang. Udah dikirim ke penerbit sih. Tinggal menunggu kabar apakah diterima atau ditolak. :)

      Hapus
    2. wah kayanya tinggal menunggu gilirannya aja nih.

      Hapus
  17. wah ini bagus nih mas kalau novelnya udah terbit maulah

    kunjungan perdana ane massss semoga sukses dengan novelnya mass salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bung Rahmad Hidayat. Aamin Yaa Rabb. :)

      Hapus
  18. ah penasaran, kurang banyak tuh bocoran ceritanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau banyak berarti banjiran, bukan bocoran, hehe. Terima kasih, Dita, kunjungannya. :)

      Hapus
    2. hahahahb betul sekali banjir

      Hapus
  19. Semoga aja novel nya di terima yahhh .. amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih bro Andi Apriandi. :)

      Hapus
  20. Novel nya seru lucu lagi...

    makin sukses deh buat penulisnya...
    tapi ko ga ada halaman selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak lagi halaman lainnya, tapi tidak dipublish. Terima kasih doanya, Icha. :)

      Hapus
  21. Saya tunggu kang yang lebih keren lagi.
    Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okesip. Semoga penungguanmu nanti nggak sia-sia. :)

      Hapus
    2. Iya mas amin semoga saja tidak sia sia.

      Hapus
  22. salam kenal dari blogger newbie gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali dari blogger ganteng. *salim*

      Hapus
  23. wah saya masuk ke blog seorang penulis nih, jadi bisa belajar cara menulis yang baik seperti halnya artikel soal 25% rencana menulis novel ini nih....
    semoga segera selesai novelnya ya kak

    BalasHapus
  24. Kerenlah novelnya, semangat beresin novel'a.

    ada 2 kemungkinan Zuck tahu itu dompet'a Linn
    yang pertama Zuck sering stalking, yang kedua karena Zuck yang nyuri dompet Linn,

    BalasHapus
  25. Aaaaak aku kalah start! Semangat, Mas! Lanjut teruuus~

    BalasHapus
  26. mmm.. jadi penasaran untuk cerita berikutnya..
    kira-kira kapan rilis mas? tahun depan? semoga lebih cepat..

    BalasHapus
  27. bg juki.. klo udh trbit kbar2i yaa..
    mau mauuu maauuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Wati. Terima kasih sudah main ke sini. :)

      Hapus
  28. wah keren nih ceritanya. kapan mau terbit nih bukunya?

    BalasHapus
  29. kapan ni keluar bukunya ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja kabar selanjutnya, Mas Bro. :)

      Hapus
  30. Novelnya keren sekali, jadi penasaran tentang cerita selanjutnya kayak gmn :D

    BalasHapus
  31. Waaaks :D komedi :D satu genre sama aku nih brati :D aku sukaa komedi juga :D

    Udah ngirim novel komedi juga, tapi... ya belum dapet kabar. Semoga novelmu ini diterima ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih do'anya, Bro. Semoga naskah novel kamu juga diterima. :)

      Hapus
  32. semoga novelnya diterima ya. Semngat terus..

    Menarik nih zuck sama lin

    BalasHapus
  33. Kelanjutannya harus nunggu sampe tahun depan yak? :3
    Seru ceritanya. Genre komedi mah kesukaanku. hahah. Semoga proyek novelnya cepet selesai yaaa, terus di terima sama penerbit mayor :D

    BalasHapus
  34. wahahaha bisa gitu yah, aku tunggu kelanjutan novelnya :)

    BalasHapus
  35. Ntappp kang zukk..ditunggu kabarnya kalo novelnya udh dipublish

    BalasHapus
  36. Seru nih buat nambah referensi novel baru

    BalasHapus
  37. seru dan mau lagi yang seperti ini mas

    BalasHapus
  38. Keren juk...ane sampe nyengir2 sendiri....
    Nabung juga nih..mau beli novel nya..tar klo novel nya udah sukses, di-film-in aja sekalian..Request, ane jadi pemainnya dah,,jadi jabon juga gpp deh klo ga kebagian jadi Zuki nya...

    BalasHapus
  39. Sangat menarik sekali mas cerita novelnya mas

    BalasHapus
  40. Dulu aq suka baca zuck linn d fb eh ga nyangka ada d blog jg :D

    BalasHapus
  41. ternyata ada yah, novel komedi, bisa terbahak-bahak bacanya nih!

    BalasHapus
  42. mantaappp oommm.. lestarikan zuck liinnn :D

    BalasHapus
  43. Keren......genre komedi, dan buat tertawa
    Lihat juga cerita di mytwns2.blogspot.co.id
    Keten juga😆😆

    BalasHapus
  44. Yg di wattpad emang cuma di posting 32 part atau memang belum dilanjutin ya? Nungguin bgt nih udah selesai dari lama bacanya🤣🤣 keren lucu menghibur di kala gabut.. dilanjut lagi ya plis..💪💪

    BalasHapus