Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Klaim JHT Bagi Yang Memiliki Kartu Lebih Dari 1

Mengingat ada beberapa sahabat yang bertanya bagaimana cara mencairkan uang JHT bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang mempunyai kartu lebih dari 1, kali ini saya akan coba membahasnya dalam satu artikel.

Kantor BPJS TK Pekanbaru

Kebetulan di negara kita Indonesia ini masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja kontrak, ditambah sikap sebagian pekerja yang suka berpindah-pindah tempat kerja demi penghasilan atau pekerjaan yang lebih baik, maka akhirnya cukup banyak pekerja yang memiliki kartu peserta BPJS TK lebih dari satu. Ada yang memiliki 2, 3, 4 atau bahkan lebih. Dan pada setiap kartu-kartu tersebut mempunyai jumlah saldo sendiri-sendiri.

Saldo pada tiap-tiap kartu tersebut bisa dicairkan semuanya secara bersamaan. Dan syarat pencairan seluruh saldo JHT untuk beberapa kartu sekaligus adalah:

Sedang Tidak Bekerja Pada Perusahaan Manapun.


Untuk bisa mencairkan semua uang JHT dari beberapa kartu, pemilik kartu harus dalam kondisi sedang tidak bekerja pada perusahaan yang terdaftar sebagai peserta BPJS. Walau kartu-kartu dari perusahaan yang lama sudah tidak aktif, tapi jika ketika mau mencairkan sudah bekerja lagi di perusahaan baru, klaim JHT tidak bisa diproses alias ditolak. Kasarnya, kalau mau mengambil semua saldo JHT kita harus menjadi pengangguran dulu, sehingga semua kartu-kartu yang dimiliki tidak ada satu pun yang masih aktif.

Dan hal itu dibuktikan dengan mengisi Surat Pernyataan Tidak Bekerja dan ditandatangani di atas materai rp 6000. Jangan coba-coba membohongi pihak BPJS TK dengan mengisi Surat Pernyataan Tidak Bekerja kalau sebenarnya masih bekerja. Mungkin kita akan lolos di tahab ceklis kelengkapan berkas, tapi nanti di tahab verifikasi dokumen, kita tidak akan selamat. Akan ketahuan kalau sebenarnya kita masih aktif bekerja.

Masing-masing Kartu Memiliki Paklaring.

Selain semua kartunya harus sudah tidak aktif, masing-masing kartu juga harus dilengkapi paklaring dari semua perusahaan yang pernah kita jadikan tempat bekerja. Hanya kartu yang disertai paklaring yang bisa dicairkan.

Misalnya saya mempunyai 3 kartu Jamsostek dari 3 perusahaan yang berbeda. Yang 2 kartu ada paklaringnya, sementara yang 1 kartu tidak ada. Maka yang bisa saya klaim hanya 2 kartu yang dilengkapi paklaring.

Baca Juga: 13 Penyebab Kenapa Pencairan JHT Ditolak dan Cara Mengatasinya

Di Perusahaan Terakhir, Sudah Berhenti Bekerja Minimal Sebulan.

Orang yang mempunyai banyak kartu BPJS TK/Jamsostek, pasti karena berkali-kali pindah tempat kerja. Untuk itu, jika mau mencairkan semua saldo JHT dari beberapa kartu sekaligus, pastikan sudah berhenti kerja minimal satu bulan pada perusahaan yang paling terakhir.

Demikian beberapa syarat pencairan JHT bagi peserta BPJS TK/Jamsostek yang memiliki kartu peserta lebih dari 1. Setidaknya sampai saya menulis artikel ini, seperti itulah peraturannya. Entah nanti ke depannya jika ada perubahan-perubahan lagi.

Selain syarat-syarat di atas, jangan ketinggalan juga berkas-berkas persyaratan lainnya, yaitu fotocopy KTP, KK, Buku Tabungan, dan wajib membawa berkas aslinya.

Kemudian bagi yang berhenti kerjanya per 1 September 2015 dan seterusnya, ada berkas tambahan berupa:
1. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

2. Jika berhenti kerja karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dokumen tambahannya adalah Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)

Terima kasih sudah membaca. Mohon maaf jika ada salah dan kekurangan. Salam.


113 komentar untuk "Cara Klaim JHT Bagi Yang Memiliki Kartu Lebih Dari 1"

  1. mas apa betul syarat untuk ktp nya itu harus e-ktp ya? soalnya ektp saya hilang dan diganti sama ktp yang model lama. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTP model lama bisa. Saya beberapa kali melihat peserta yang mencairkan JHT menggunakan KTP biasa. Yang penting masih berlaku...

      Hapus
    2. mas sya punya 2 kertu...kartu pertama sya udh 5 tahun dan krtu yg pertma yg saya mw cairkn...sedangkn sya baru 20 hari selsai kerja d prushaan terakhir. bisa kh d cair kn karu jm sostek pertama nya?

      Hapus
    3. yang penting NIK nya, ga peduli mau E-KTP atau bukan.

      Hapus
  2. Mas bagaimana ya, kl hanya klaim untuk 1 kartu jamsostek saja,,, tapi yang lain masih aktif ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kartu yang masih aktif, pencairan belum boleh dilakukan. Gabungin saja saldo kartu yang lama ke kartu yang baru...

      Hapus
    2. menggabungkn saldo kartu lama dan yang baru gimana daftarnya? syaratnya

      Hapus
  3. jadi harus benar-benar jadi pengangguran dulu yaa kalau mau mencairkan nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nurhayati, saya mau tya mas, saya punya 1 kpj dan pada saat pindah perusahaan,saya daftarkan kembali kpj saya,ketika saya terima terima lembar jht, saya bingung kenapa saldo diperusahaan sblmnya tdk ada, jdi hanya saldo di perusahaan yg baru. Bagaimana solusinya? Apakah saldo saya di perusahaan sebelumnya hilang begitu saja atau bagaimana ya? Please masukannya. Trims

      Hapus
    2. Saya nurhayati, saya mau tya mas, saya punya 1 kpj dan pada saat pindah perusahaan,saya daftarkan kembali kpj saya,ketika saya terima terima lembar jht, saya bingung kenapa saldo diperusahaan sblmnya tdk ada, jdi hanya saldo di perusahaan yg baru. Bagaimana solusinya? Apakah saldo saya di perusahaan sebelumnya hilang begitu saja atau bagaimana ya? Please masukannya. Trims

      Hapus
    3. Itu ada kok dana yg perusahaan sblum ny, saya juga 1 kartu 2 perusahaan,...

      Hapus
  4. Untuk mencairkan dana jht apa harus keanggotaan selama 5 tahun, kalau kurang dari 5 tahun apa bisa dicairkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Mulai 1 september 2015, pencairan 100% dana JHT tidak mempermasalahkan lagi usia kepesertaan.

      Hapus
  5. kalo salah satu kartu nya ngga ada gimana?tapi masih menyimpan slip informasi saldo terakhir dari kantor jamsostek,dan tertera nomer KPJ nya,apa bisa di proses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa jika hanya bermodal slip saldo, harus membuat surat keterangan hilang dari kepolisian dulu, Mas. Dengan mencantumkan no KPJ dalam surat keterangan hilang tersebut.

      Hapus
  6. mas aku kan kluar dri pertengahan agustus,tapi bpjs bru di non aktifkan di awal bulan september,jadi saya harus nunngu sampe oktober,baru bisa cairkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar. Harus menunggu sampai bulan Oktober. :)

      Hapus
    2. Tapi harus pake *Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).. Gag yaa?
      Kasus saya sama ini

      Hapus
    3. Kalau berhenti kerja setelah 1 September 2015 iya harus pakai...

      Hapus
    4. Mas klo saya sblm blan september . Brartj gak pake surat bukti pendaftaran bersama ya

      Hapus
  7. Kok ribet ya, Jamsostek ini udah ngumpulin duit orang, saat yg punya membutuhkan kenapa dipersulit? knapa harus 10th lah, 5th lah, udah ga kerja lah, lah itu kan duit2 org yang dipotong dari keringat org tersebut, kalopun mau diambil semua ya bukan urusan bpjs donk? kok susah bynk aturan yg ribet? Apa Bpjs mau makan keringat bangsa ini dgn berbagai dalil? yg akhirnya merugikan peserta juga? klo dibilang ada bunganya? Bpjs ngumpulin duit pekerja se Indonesia apa ga ada hasilnya juga? dgn aturan 5th aja klo dana semua yg ada di putar bisa ,menguntungkan, sudah di untungkan masih mempersulit ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah tidak perlu menunggu 5 atau 10 tahun, asal sudah berhenti kerja tabungan JHT bisa diambil..

      Hapus
    2. wahh ini Mas Unnown " benar yg dikatakan jamsostek Ribet" aku pusing juga, apakah org yg masih bekerja tidak butuh duwit,?? justru banyak utangnya seharunya tdk pilih kasih mau yg nganggur at masih aktif bekerja" seharusnya dibrikan haknya" > gara2 butuh banget, maka bisa jadi malah Resign saking butuhnya ( jelas ini Hak ) kok diribetin ( massa hari tua itu resiko kita tanggung sendiri ) ngk perlu jamsostek toh uangnya gak banyak, nilai rupiah sdh melemah 10 juta dengan 10 juta sekarang sdh tdk ada nilainya berharga yg dulu ...ini seharusnya di bebaskan setiap peserta jamsotek kapan saja, dimana saja, berhak mengambil tabungannya krn itu uang perserta seperti Bank, kapan peserta diuntungkan ?? dapat hadiah?? tdk....dpt bunga yg besar ?? tdk...dapat tunjungan hari tua....dan berlipat seperti asuransi ?? tdk....itu hak murni peserta > mohon diperhatikan

      Hapus
  8. Mau tanya dong mas, saya mau klaim jamsostek saya, tapi saya sudah bekerja lagi di perusahaan lain. Dan tidak dengan jamsostek yang lama. Jadi saya di perusahaan baru ini jamsosteknya baru juga. Apa jamsostek lama saya kalo di klaim bakalan ditolak juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ditolak, Mas. Peserta BPJS TK yang sudah bekerja lagi dan terdaftar lagi menjadi peserta BPJS TK, kartu yang lama belum bisa diklaim JHT-nya.

      Hapus
  9. Mas mau tanya, semisal punya 2 kartu kjp tapi keduanya dr tempat kerja yg sama, jadi kaluar masuk ditempat kerja y sama gitu, apa packlaring nya juga harus 2, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus dua. Sebab walaupun di perusahaan yang sama, tapi masa kerjanya berbeda dan kartunya berbeda pula.

      Hapus
    2. Kalo cuma ngambil jht yg di kartu terakhir saja bisa nggk ya mas, soalnya kartu yg sebelumnya gk ada packlaring nya, dan sy sudah tanya ke perusahaan katanya packlaring yg lama sudah gk bisa di ambil

      Hapus
    3. Bisa saja. Tapi sayang banget saldo di kartu pertama kalau tidak diambil sekalian. Tidak usah paklaring, minta saja surat rekomendasi untuk pencairan Jamsostek, asalkan di dalam surat ditulis tanggal mulai kerja dan tanggal berhenti kerja, itu bisa kok digunakan sebagai ganti paklaring.

      Hapus
    4. Maaf agan,saya juga salah satu peserta jamsostek,dan paklaring saya tidak ada alias tidak di berikan saat saya selesai kontrak,apakah surat perjanjian kontrak kerja saya dapat ,mengganti daripada paklaring tsb untuk mencairkanya ,terimakasih

      Hapus
  10. Gimana dong..
    Pengen ambil yg 1 kartu aja, masa mesti nganggur sii buat ambil hak kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan berarti mengganggur total tidak ngapa-ngapain. Yang penting tidak bekerja pada tempat kerja yang mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS TK, tidak ada kartu BPJS TK yang aktif, JHT sudah boleh diambil...

      Hapus
    2. Mas kartu jamsostek lama sy udh gak aktif dan saya jg udh kerja d perusahaan yg baru dgn kartu yg baru.apakah jht sy yg lama bs d cairkan mas.kalo misalkan data kartu 1 dan yg kedua sama.contoh dr nomer ktp pasti sama kan.mohon pencerahan nya mas.terimakasih

      Hapus
    3. Mas kartu jamsostek lama sy udh gak aktif dan saya jg udh kerja d perusahaan yg baru dgn kartu yg baru.apakah jht sy yg lama bs d cairkan mas.kalo misalkan data kartu 1 dan yg kedua sama.contoh dr nomer ktp pasti sama kan.mohon pencerahan nya mas.terimakasih

      Hapus
  11. maaf gan, mau tanya..
    semisal punya 2 kartu jamsostek pada perusahaan yang sama thn 2010 & 2012, tp yang 2012 masih aktif sampai sekarang di perusahaan yang sama (permanent worker) ... apakah saya bisa bisa mencairkan dana Jamsostek yang thn 2010, dikarenakan saya putus kontrak tahun tsb..? mohon bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada kartu yang masih aktif, di perusahaan manapun itu, uang JHT belum bisa diklaim, Gan. :)

      Hapus
  12. Terima kasih atas infonya mas, tp ada pertanyaan dr saya, saya kan resign per 1 september, itu yg melaporkan bahwa saya mengundurkan diri ke depnakertrans saya sendiri apa perusahaan ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perusahaan, Mas. Kita hanya akan diberi fotocopynya saja, dan itulah yang dibawa nanti dalam pengajuan klaim JHT.

      Hapus
    2. maaf sekedar memberitahu,untuk yg mengundurkan diri dan untuk yg PHK,di wajibkan minta legalisir dr depnaker, biasanya saat pemutusan kontrak baik itu mengundurkan diri ataupun PHK,dr perusahaan HRD nya akan berikan kertas selembaran yg di tujukan untuk disnaker agar di legalisir,sekian trims

      Hapus
  13. Sy mmakai e-klaim, sdh ada notifikasi dr BPJS yg isinya sdg dlm proses persetujuan. Smua dokumen sy sdh sy persiapkan scr lkp hanya KK asli yg hilang, kira2 klaim jht sy ditolak gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak ada KK asli itu berarti belum lengkap, Mas. Berdasarkan pengalaman saya, peserta yang tidak membawa KK asli akan ditolak.

      Hapus
    2. caranya e klaim gimana mas???

      Hapus
  14. tahun 2012 saya diberi jamsostek dan di tahun 2014 saya diberi lagi bpjs tk di satu perusahaan yang sama. sekarang sudah tidak aktif dan pada surat paclaring masa kerja dari 2012-2015. apakah bisa dicairkan kedua kartu tsb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas gmna cara nyatuin saldo bpjs dri kartu yang gak aktip ke kartu yang masih aktip

      Hapus
  15. Memang begitu peraturannya, Mas. Pemerintah yang buat. Saya hanya blogger penyampai informasi. :)

    BalasHapus
  16. Mas saya kmrn baru cek bpjs saya secara online lalu d status nya tertulis aktif. Tp saya udh lama berhenti kerja itu kalau mengajukan klaim bakalan di tolak ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mempunyai 2 karty bpjs. Sudah saya cairkan salah satu nya. Apakah saya bisa mencairkan yang satu nya lagi?.saya tidak bisa log In lagi karena balasan nya NiK sama dan telah terdaftar?

      Hapus
  17. Gan,, ane mau nanya nie.. Bru" ni tmn ane udah cairin JHT nya yg sudh tdk aktif. Pdhl dia punya stu krtu lagi yg yg skrng dan tntunya aktif.. Saat proses pengisian cheklis bhwa dia tdk bkrja lagi n dia tnda tngan di atas materai tapi saldo dia ttp bisa cair.. Nah yg mau sy tnyakan,, kira" jika lolos sperti dmikian ada hukum yg brlakukah buat tmen sya ini, atau mungkin brpengaruh deng JHT yng aktif saat ini..??

    BalasHapus
  18. Klaim jht online ada keterangan "klaim sdh dbyar", bs share info nya? Thx

    BalasHapus
  19. Mau tanya.
    Saya sdh melakukan e-klaim bpjs online .. Dan dpt balasan "pengajuan klaim blm memenuhi syarat " mungkin krna poto yg sya kirim kurang jelas,..
    Dan ketika saya ingin mengajukan e-klaim ulang slalu gagal "pengajuan klaim sedang dalam proses"

    Padahal sdh jls klo proses sbelum nya sudah di tolak,.. Mohon penjelasan nya :)

    BalasHapus
  20. mau tanya mas, saya baru selesai kontrak tanggal 1 September 2015, untuk klaim di bpjs-tk menggunakan alasan apa? karena tidak ada pilihan di e-klaim bpjs, karena saya tidak mengundurkan diri, terkena PHK, ataupun cacat tetap.
    yang kedua, saya pernah bekerja di 3 perusahaan, 2 perusahaan terdahulu pakai kartu jamsostek, sedang diperusahaan terakhir saya hanya diberi kartu bpjs kesehatan, sedangkan bpjs-tk tidak dikasih (kata pimpinan digabungkan dengan kartu lama jamsostek), di slip gaji ada nomer bpjs-tk saya yang baru, tapi gimana mau klaim karena ga dapat kartu baru, sedangkan kartu jamsostek yg sebelumnya berbeda nomer. ada saran?

    BalasHapus
  21. Ma ap saya mau nanya,kalo untuk pengajuan claim bisa diwakilkn ngga?

    BalasHapus
  22. Mas saya mau tanya kan kartu bpjs ketenaga kerjaan ada 2 dan saya udah gag bekerja di 2 perusaan itu,,,,tp saya baru hbs kontrk tanggl 5 oktober yang satu kartu ,,,trus apa bisa diambil semua gag itu 2 kartu bpjs saya,,,,

    BalasHapus
  23. mas mau nanya.kan saya udah ngeklaim in 2kartu jmsostek saya.sdah 2minggu lebih blm cair".hbs tu aq nanya ke kantorny lg.katanya msih dlm proses penggabungan saldo.emang penggbungan saldo mkan waktu yg lama ya??brpa hr kira" ya??

    BalasHapus
  24. Misi mas mau tanya saya dulu kerja setelah menikah saya berhenti kerja .. Nah suami saya bekerja di suatu perusahaan , dan nama saya tercantum di jamsostek suami saya sebagai anggota keluarga.. Yg jadi pertanyaan , apa kpj saya bisa di cairkan??

    BalasHapus
  25. Mas kalu mau liat setatus klaim karu bpjs sayah gmna ya cara yah

    BalasHapus
  26. Mas kalu mau liat setatus klaim karu bpjs sayah gmna ya cara yah

    BalasHapus
  27. Mas saya mau nanya saya punya 2 kartu bpjs dan yang satunya saya gak punya paklaring karena mengundurkan diri tapi surat resign nya hilang gimana mas, dan pengambilan apakah bisa di wakilkan

    BalasHapus
  28. kalo KTP hilang gimana ya? apa bisa pakai surat kehilangan? atau harus nunggu KTP baru jadi dulu?

    BalasHapus
  29. Bisa dijelaskan parkling tu pa??

    BalasHapus
  30. kalo claim pake sim yg alamat domisilinya sama yg di ktp bisa gk?
    soalnya ktp udh 3thn habis masa berlaku & pindah domisili

    BalasHapus
  31. Mau tanya, saya punya 3 kartu jamsostek dr perusahaan yg berbeda.. sekarang masih bekerja,
    Apakah bisa untuk saldo saya di kartu yang lama bisa di gabung ke yang baru, dan caranya bagaimana,saya tanya ke HRD di kantor ,tidak bs,malah dibuatkan yg baru..jadi punya 4 kartu..
    Tolong Informasinya yah

    BalasHapus
  32. maaf mas mo nanya....
    kartu jamsostek saya ad 5 tapi cuman 1 yg ada surat phknya... gmna dgn kartu yg 4 nya ... saya krja di outsorsing ... stiap thn ganti... tpi surat phk nya ga dikasih... mhon ktranganna bos

    BalasHapus
  33. maaf mas saya sudah meng klaim jamsostek melalui online yg bernotis "menunggu konfrimasi" kira-kira berapa lama ya?

    BalasHapus
  34. Mas paklaring tu apa ?

    Trus saya resign buat aurat pengunduran dri ke HRD dan saya dpat surat keterangan kerja aja yg isinya akhir kalimatnya bisa dipergunakan sebagaimana mestinya apa bisa cair ? Masa harus ke depnaker sdkan suratnya resign di HRD

    BalasHapus
  35. Mau tanya, berarti bisa ya dalam 1 formulir untuk 2 kartu JAMSOSTEK sekaligus dicantumin dan dicairkan ??

    BalasHapus
  36. mas, gimana caranya bpjs tahu kalo kita udah bekerja lagi? apa dari searching nama kita di database bpjs? atau di database lain, misal pembayaran pajak penghasilan?

    BalasHapus
  37. Ribet banget persyaratannya, Saya salah satu yang sering pindah2, terakhir di Makassar sekarang di Jakarta, bagaimana urusnya Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

    BalasHapus
  38. Mas bagaimana cara menggabungkan saldo jamsostek 2 kartu yg berbeda, yg satu aktif yg satunya lagi tdk aktif lagi. Tks

    BalasHapus
  39. Mas, mau tanya dong, mengenai "Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan" berlaku ga untuk yang sudah tidak berkerja disesabkan habis kontrak?

    BalasHapus
  40. mas saya sudah registrasi via online, kenapa belum ada notifikasi via email n hp ya ? biasanya berapa lama notifikasi di kirim ?
    trus setelah ada notifikasi berapa lama juga cairnya ?

    trims

    BalasHapus
  41. Mas mau Tanya tmn saya ada yg mw klaim JHT cuman dy udh bekerja d perusahaan lain. tp dy cmn jd sales tidak dpt jamsostek lagi dr perusahaan baru. bakal ketahuan gak mas kalau dy sudah krja lagi? sedangkan d kntr baru nya tidak dapat BPJS lagi

    BalasHapus
  42. mbk mau sharing ney, kan dulu saya krja di batam, nah berubung kluar dulu tanpa surat pengunduran diri saya gk dpet paklaring,,udah gtu jamsoste saya yg kerja di batam jg hilang,, skrang saya sudah pindah 3x perusahaan dan ada paklaring beserta jam jamsosteknya masing2,, tapi pas saya kmren mau nyairin jamsostek kok saya suruh ngurus paklaring saya yg krja di batam yaa,, terus suruh mnta surat abik kontrak dari perusahaan yg terakhir saya krja,, apa yg dua pt sebelumnya gk bisa dcairkan mbk, kata pengurus jamsosteknya semua harus dcairkan dan harus diurus,, jd alhasil 0 deh.. mnta masukannya mbk..terima kasih

    BalasHapus
  43. mas mau nanya saya berhenti kerja 21 agustus 2015 tp ada kbijakan perusahaan yaitu bpjs saya msh d byarkan hingga bln november,,apa saya harus buat srt keterangan ke disnaker dan d tembskan ke bpjs juga?

    BalasHapus
  44. mas mau nanya saya berhenti kerja 21 agustus 2015 tp ada kbijakan perusahaan yaitu bpjs saya msh d byarkan hingga bln november,,apa saya harus buat srt keterangan ke disnaker dan d tembskan ke bpjs juga?

    BalasHapus
  45. Bagaimana cara pengisian form dua kartu kpj.. Tapi di kasih form nya cuma satu. Maksih sebelumnya.

    BalasHapus
  46. Mas saya sudah berhenti bekerja di bulan 6 trus saya dapat pekerjaan di bulan 6 tsb & saya dapat packlaring dari perusahaan lama tsb & kpj nya nerus di perusahaan baru skrng apakah bisa di cairkan jht nya dari perusahaan yang lama tsb,mohon pencerahanya

    BalasHapus
  47. saya mau nanya nih...saya punya 2 kartu jamsostek, yg pertama dr perusahaan lama terdaftar dengan BUKAN EKTP (ktp lama)dan yang ke dua terdaftar dgn ektp dan yg pasti nomor yg bukan ektp saya berbeda dengan yang sekarang ektp..pertanyaannya: apakah saya bisa cairkan jamsostek saya yang pertama setelah lebih dari 5 tahun yg lalu?thanks

    BalasHapus
  48. Mas untuk penggabungan saldo jika memiliki 2 kartu itu syaratnya apa aja yaa...

    BalasHapus
  49. Dear admin, :D

    Saya sudah tidak bekerja pada bulan Sept 2015 dengan alasan mengundurkan diri. Kemudian di bulan Januari 2016 saya mengajukan pencairan BPJS tenaga kerja ke kantor BPJS di Bogor.
    Dan saya mendapatkan antrian di Bulan juli 2016. Di bulan Maret 2016 ini saya sudah aktif bekerja kembali, dan saya memutuskan untuk melanjutkan Kartu lama BPJS saya.

    pertanyaan saya:
    1. Apakah saya tetap bisa mencairkan dana bpjs saya sesuai dengan antrian di bulan Juli 2016 secara full atau tidak full atau seperti apa?
    2. Jika bisa dicairkan, apakah ada persyaratan administratif lainnya untuk kepengurusannya.

    mohon pencerahannya dr admin, terima kasih..

    BalasHapus
  50. Mas mau tanya, setelah pencairan jht lalu kita d terima di perusahaan baru. Apakah kita bisa langsung daftar bpjs ketenagakerjaan yang baru? Ada yg bilang kita harus tunggu 3bln dulu. Mohon info nya.

    BalasHapus
  51. Tolong infonya.kartu jamsoatek saya ada 4 dan kartu jomsotek saya yg pertama dibuat 2010-2013 sdh non aktif di Pt.Nkti yg kedua 2013 diPt.setia bakti. Non aktif. kartu yg 3 dibuat 2014-2015.masih aktif tpi sdh pemutusan hubungan kerja . Kartu yg ke 4 dibuat pt senergi 2015-2016 sdh pemutusan hubungan kerja 2016 bulan 4 tapi masih aktif . Apakah kartu yg saya punya bisa bisa dicairkan ?????? Tolong infonya.. makasih..

    BalasHapus
  52. Mas saya mau tanya... Saya sudah urus utk claim jht.. Tp kok prosesnya lama bgt ya smpe berbulan dengan alasan dr pihak bpjs tk yg tidak jelas. Selalu saja bilang tgu telpin dr kami.. Pdhl syarat sudah lengkap smua. Bahkan personal loan saya wkt msi bekerja pun sudah saya lunasi dengan bukti surat lunas.. Mhn pencerahannya. Trims

    BalasHapus
  53. Mas saya mau tanya... Saya sudah urus utk claim jht.. Tp kok prosesnya lama bgt ya smpe berbulan dengan alasan dr pihak bpjs tk yg tidak jelas. Selalu saja bilang tgu telpin dr kami.. Pdhl syarat sudah lengkap smua. Bahkan personal loan saya wkt msi bekerja pun sudah saya lunasi dengan bukti surat lunas.. Mhn pencerahannya. Trims

    BalasHapus
  54. MAU NGAMBIL HAK KITA AJA RIBET

    BalasHapus
  55. Dear admin sy mau tanya jika sy sudah berhenti bekerja selama sebulan dan sudah di sertai paklaring sy pun tdk terikat sttus bekerja di perusahaan mana pun, namun ketika di cek no kepesertaan sy di bpjs masih aktive apa sy bisa cairkan? Dan di perusahaan tmpt trkhir sy bekerja tersebut sy tidak di berikan kartu nya hnya kertas informasi saldo nya saja apa bisa di cairkan dana bpjs tersebut? Terimakasih

    BalasHapus
  56. Dear admin sy mau tanya jika sy sudah berhenti bekerja selama sebulan dan sudah di sertai paklaring sy pun tdk terikat sttus bekerja di perusahaan mana pun, namun ketika di cek no kepesertaan sy di bpjs masih aktive apa sy bisa cairkan? Dan di perusahaan tmpt trkhir sy bekerja tersebut sy tidak di berikan kartu nya hnya kertas informasi saldo nya saja apa bisa di cairkan dana bpjs tersebut? Terimakasih

    BalasHapus
  57. mas kalau semua data nya tidak sesuai bagaimana seperti ktp nya semua ga sama yang sama cuma nama nya saja....

    BalasHapus
  58. maksudnya dari no nik ktp sama di TK nya beda... yang sama cuma nama....
    itu solusinya seperti apa... apa saya datangin cbang Bpjs nya atau bagaimana thanks

    BalasHapus
  59. Mass saya kan punya 2 kartu dari pt yg sama .. kartuu yg prtama udah saya cairin blan mei nah saya mau cairin lagi yg krtu kedua tapii pass saya eklaim gak bisa" krna udah trdaftar itu gmna yaa mass mohon info nya trimakasih :))

    BalasHapus
  60. apakah kartu jamsostek yang keluaran lama harus pakai surat disnaker? tlng infonya

    BalasHapus
  61. Kemarin saya baru saja mengajukan online di bpjsketenagakerjaan.go.id untuk mencairkan kartu jamsostek saya namun ternyata di tolak,kenapa ? di karenakan saya masih aktif bekerja, meskipun saya memiliki beberapa kartu jamsostek dari perusahaan terdahulu, padahal yah sudah tidak aktif. jadi jika anda ingin mencairkan salah satu kartu jamsostek anda meskipun kartu sudah tidak aktif, tidak bisa. kenapa karena anda harus benar2 jadi pengangguran baru bisa mencairkan.terima kasih.

    BalasHapus
  62. Kalau punya kpj lebih dri 1 bisa online gk mencairkan jht ny mas?

    BalasHapus
  63. Mau tanya klo no nik dulu pada saat pendaftaran BPJS berbeda dgn yg skrg gmn... Krn setelah di cek di kelurahan untk perpanjangan kTP dan buat surat pindah KTP tersebut palsu sedangkan yg terdaftar di BPJS itu yg No Nik KTP palsu... No Nik KTP dan Kk skrg asli dikeluarkan oleh kelurahan.. Cmn jd beda no NIK y gmn

    BalasHapus
  64. Ini sy ada 2 kartu yg satu masih jamsostek yg satu lg sudah Bpjs, dri perusahaan yg sma, yg jamsostek status nya tidak aktif, yg bpjs aktif, itu gimana ya gan

    BalasHapus
  65. Mas, mau tanya. 5 jan kmrn saya ajuin e-klaim jamsostek. trs dpt balasan, tdk memenuhi persyaratan krn ada perbedaan NIK, nama ibu, & tempat lahir. kalo ini gak masalah. tapi saya harus melampirkan juga paklaring dari perusahaan pertama saya bekerja 10 tahun yg lalu, sedangkan saya sudah lampirkan paklaring dari perusahaan terakhir bekerja 2012. Apakah saya bisa mencairkan dana JHT saya hanya dgn 1 paklaring terakhir? btw,kartu peserta jamsostek saya cm 1. jd di perusahaan kedua itu saya tinggal lanjutin lg, gak bikin baru. Mau ambil hak sendiri kok ribet bgt ya :(

    BalasHapus
  66. mlm mau tanya gan,
    sy bekerja di perusahaan 1 dpt jamsostek, sy keluar dan masuk ke perusahaan ke 2 dengan meneruskan jamsostek dari perusahaan ke 1., dan sekarang posisi sy udh keluar dri perusahaan ke 2 dan masuk ke perusahaan ke 3.. posisi jamsostek/bpjs yg di perusahaan ke 1 dan 2 sudah tidak aktif.. dan di perusahaan sy ke 3, sy belum di daftarin ke bpjs. pertanyaan sy, apakah sy bisa mencairkan jht yg di perusahaan 1 dan 2 ?? mksh

    BalasHapus
  67. Mas mau tanya ..
    Kan saya selesai kontrak 1 januari 2017..
    Saya cek online kartu pertama non aktif , kartu kedua aktif.
    Karna status yg kedua masi aktif klaim ditolak.
    Nah,tanggal 29 jan saya cek kartu terakhir sudah non aktif.
    Rencananya tgl 1februari saya mau klaim , kira2 itu udah bener2 nonaktif blm ya klo status via online udah non aktif

    BalasHapus
  68. Klo sudah terdaftar d perusahaan baru apakah bisa mencairkan dana jamsostek yg lama.???

    BalasHapus
  69. Sedikit agak kecewa sih..saya punya 2 kartu dengan 2 perusahaan berbeda..knp saya mau menyairkan jht saya yg ga aktip ga bisa..di karenakan masih ada 1 kartu yg aktip..itu kan hak saya..knp bisa di cairkan klo benenr2 ga kerja..knp di persulit untuk hak saya...aneh

    BalasHapus
  70. Sedikit agak kecewa sih..saya punya 2 kartu dengan 2 perusahaan berbeda..knp saya mau menyairkan jht saya yg ga aktip ga bisa..di karenakan masih ada 1 kartu yg aktip..itu kan hak saya..knp bisa di cairkan klo benenr2 ga kerja..knp di persulit untuk hak saya...aneh

    BalasHapus
  71. Mas mau nanya....klo buka puasa brapa jam lagi yaaa...Hehehe

    BalasHapus
  72. Saya punya 2 kartu JHT yg sudah non aktif, setelah digabungkan kartu pertama saya ditarik dan saldo digabung pada kartu terakhir. Pertanyaan saya, saat saya mencairkan saldo, apakah saya harus melampirkan 2 paklaring dari 2 perusahaan tsb? apakah bisa hanya melampirkan paklaring dari perusahaan terakhir saja?

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. Mas sy mw tnya... sy kan punya 2 kartu bpjstk, sy sudh tidak bkerja diperusahaa manapun, dan 2 kartu bpjstk sy sudh tdk aktif..sy mw mencairkan bpjs yg diperusahaan terakhir sja dulu...krna untuk krtu bpjs sy yg dprusahaan pertma paklaring.ny sudh hilang..dan prusahaan.ny sudh lama tutup/bangkrut..sy bingung untuk cairin bpjs prusahaan yg lama.ny gmn? bisakah saat sy cairin bpjs sy ingin cairin satu sja dulu untuk bpjs yg terakhir sja ??? Makasih...

    BalasHapus
  75. Numpang tanya mas.saya punya 3 kartu Bpjstk.tapi yg ada paklaringny cuma 2.yg 1 blm ada karena masi di urus di pusat.apakah bisa saya cairka yg 2 dulu.semua udah non aktif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sudah 3 tahun tidak aktif apa masih bisa di cairkan ga

      Hapus
  76. Mau tanya mas saya punya kartu 3 tapi saya mau cairkan 2 kartu bisa ga yah mas

    BalasHapus
  77. mas ,saya daftar diBPJSKKU,pakai nomer jamsostek lama,bukan yg baru,yg baru beda nomer persertanya,bisa ga diambil uangnya?pklaringnya ada.sekarang saya kerja di PT lain,dan nomer BPJSKK saya beda.bisa ga mas dicairin yg jamsostek lama

    BalasHapus
  78. Mas saya kn mau claim jht
    Trus kata petugas kartu jht y 2014 tidak di upload saya bingung memang dari perusahaan blom di kasih tpi saya sudah finish contack dari perusahaan tersebut
    Dimana saya bisa mengurus kartu jht ini?

    BalasHapus