Kenapa Blogger Perlu Belajar Teknik SEO?

Kenapa Blogger Perlu Belajar Teknik SEO?

Pertama-tama kita perlu paham apa tujuan teknik SEO sebuah bagi blog. Tujuannya adalah untuk memunculkan entri blog kita di mesin pencarian. Dalam bahasa blogger sering disebut "terindex oleh mesin pencari" baik itu Google, Bing, My Search dan lain sebagainya.

Dalam bahasa lebih susah, entri blog kita dengan keyword tertentu berada di SERP. Lebih bagus jika mampu berada di nomer satu halaman pertama. Dengan begitu kesempatan postingan blog kita dibuka oleh pencari informasi akan lebih besar. Sebab tidak bisa dipungkiri, pencari informasi di Google pasti akan membuka artikel-artikel di page satu dulu, jika tidak menemukan informasi yang dicari di page satu, barulah mereka beralih ke page dua dan seterusnya.


SEO Blog


Jadi kita perlu bersaing dengan artikel-artikel lain yang memiliki keyword yang sama untuk berada di page 1 SERP. Lebih bagus jika mampu mengalahkan entri lain dan menempatkan entri kita berada di nomor SATU pada page SATU di SERP. Artikel kita berada yang paling atas.

Dengan teknik SEO yang mumpuni, tidak mustahil kita akan menguasai mesin pencari dan berhasil meletakkan entri kita berada di kedudukan yang tinggi di SERP.

Apa Fungsi Teknik SEO?

Ini hanya pendapat saya tentang fungsi teknik SEO bagi blog, yang saya bagi menjadi 2 bagian.

1. Meningkatkan Trafik Dari Mesin Pencari.

Banyak yang percaya ini adalah salah satu cara terbaik untuk menarik trafik ke blog. Dengan menguasai tekhnik SEO, kita bisa mendapatkan organik trafik yang datang dari mesin pencari. Tetapi, jika ingin trafik yang tinggi dari mesin pencari dengan teknik SEO, kita juga perlu cerdas mencari keyword. Harus rajin mencari keyword yang menjadi 'trending topic' serta berita dan gossip hangat.

Pendek kata kita perlu mencari keyword yang diminati banyak netter, dalam bahasa orang bisnis "kita perlu mencari keyword yang memiliki banyak permintaan". Barulah trafik blog kita bisa naik. Namun jika mau lebih bijak, kita juga harus mencari keyword atau kata kunci untuk jangka panjang dan kalau perlu keyword abadi, agar trafik yang tinggi itu bisa bertahan berkepanjangan.

2. Mendapat Pengunjung yang Tepat Sasaran.

Dengan mengunakan teknik SEO, kita juga bisa menyasar postingan kita agar dibaca oleh prospek yang tepat. Dan ini sudah tentu sangat penting terutama untuk pebisnis atau pedagang online. Bagi blog bisnis, mungkin ada kata kunci tertentu di blognya yang mampu menarik beribu-ribu pengunjung, tapi kalau keyword tersebut di luar produk yang ditawarkan tentu hasilnya tidak memuaskan. Apalah guna trafik beribu atau bahkan berjuta jika tak mampu menghasilkan duit atau mampu menukarkan trafik dengan uang.

Konsep toko online adalah ada trafik ada jualan. Jadi perlu ada trafik, tak banyak pun tak apa, asalkan setiap trafik itu mampu menghasilkan barang yang terjual, sehingga ada pendapatan.

Demikian saja tulisan singjat saya mengenai pentingnya belajar Teknik SEO serta fungsinya bagi sebuah blog. Kepada blogger baru rajin-rajinlah belajar teknik ini jika mau trafik tinggi dan terus menerus ke blog kamu. Saya sendiri pun masih dalam proses pembelajaran. Dari waktu ke waktu, kalau sedang tidak sibuk dan sedang tidak malas, saya selalu mencoba perbaiki kelemahan diri dalam menguasai teknik SEO.


Salam. ^^

0 komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)