Tanya Jawab Seputar Pencairan JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

Pada kesempatan ini saya mau merangkum beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan, utamanya dalam hal pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT).

Semoga dengan rangkuman ini, bisa meminimalisir pertanyaan-pertanyaan yang sama. Karena sebenarnya jika pertanyaannya sama, jawabannya kurang lebih juga akan sama. Tapi jika tetap ingin bertanya karena ingin lebih meyakinkan, ya boleh-boleh saja.

Tanya Jawab Pencairan JHT














Dengan senang hati di setiap saya ada kesempatan membuka blog, Inshaa Allah saya akan tetap menjawab satu persatu, tentu saja sesuai kemampuan dan pengetahuan yang saya dapatkan dari pengalaman-pengalaman dan hasil mencari informasi langsung ke lapangan.

Baca Juga: (Sekarang Pekerja Mandiri Juga Bisa Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan)

Baiklah, izinkan saya menjadi orang gila sebentar, bertanya sendiri dijawab sendiri.

Saya baru bekerja 2 tahun, apakah bisa mencairkan uang JHT?

Bisa! Sangat bisa banget malah. Mulai 1 September 2015, klaim JHT 100% sudah tidak lagi mensyaratkan usia kepesertaan. Terserah baru bekerja 2 tahun, 3 tahun, baru kerja sebulan, berapapun lamanya kita bekerja, uang JHT bisa diambil penuh setelah sebulan berhenti kerja.

Saya memiliki 2 kartu Jamsostek. Apakah bisa dicairkan sekaligus?

Asalkan kedua kartu tersebut sudah tidak aktif, dan masing-masing kartu dilengkapi Paklaring/Surat keterangan sudah berhenti kerja, uang JHT bisa dicairkan sekaligus.

Terus bagaimana caranya mengetahui kartu Jamsostek kita masih aktif atau tidak?

Seharusnya dengan sudah berhenti bekerja, iuran akan terhenti dan kartu akan non aktif. Tapi memang terkadang ada kejadian, seseorang yang padahal sudah berhenti bekerja, tapi iuran tetap jalan sehingga kartu tetap aktif. Untuk mengecek kartu masih aktif atau tidak, silahkan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Bagaimana cara menonaktifkan kartu?

Datangi perusahaan tempat bekerja dulu, suruh mereka menutup akun kita dan menghentikan iuran.

Saya punya dua kartu Jamsostek. Yang 1 dari perusahaan lama dan sudah non aktif. Yang 1 lagi dari perusahaan baru yang sekarang menjadi tempat bekerja saya. Apakah kartu yang lama bisa diklaim?

Jika sekarang masih aktif bekerja di perusahaan baru, memiliki kartu kepesertaan yang baru, uang JHT dari perusahaan yang lama belum boleh dicairkan.

Kenapa tidak boleh? Kan kartu yang lama sudah non aktif? Parah lo!!!


Memang begitu peraturannya. Salah satu syarat pencairan JHT 100% adalah sedang tidak bekerja di perusahaan manapun. Jangan marah kepada saya, karena yang membuat aturan itu bukan saya. :(

Kartu Jamsostek/BPJS TK saya hilang, apakah masih bisa mencairkan JHT? Bagaimana caranya?


Bisa! Sebagai pengganti kartu peserta yang hilang, diwajibkan membawa surat keterangan hilang dari kepolisian. Dengan mencantumkan no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) di dalam surat keterangan hilang tersebut.

Bagaimana kalau lupa no KPJ-nya?

Nomor KPJ bisa dilihat di Slip Laporan Saldo JHT yang setiap tahun diberikan oleh perusahaan. Kalau slipnya sudah hilang, bisa ditanyakan ke perusahaan tempat bekerja dulu. Bisa juga ditanyakan langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Apakah bisa mencairkan JHT tanpa Paklaring?

Tidak bisa! Paklaring itu salah satu dokumen yang wajib dibawa ketika akan mencairan JHT. Tapi sebenarnya tidak harus Paklaring (Surat Pengalaman Kerja), bisa juga menggunakan Surat Keterangan Sudah Berhenti Bekerja, Surat Pemberhentian Kerja, Surat Pengunduran Diri. Intinya kita membawa surat yang membuktikan kita pernah bekerja dan sudah berhenti di perusahaan tersebut, dengan mencantumkan tanggal mulai dan tanggal berhenti kerja. Saya dulu waktu mencairkan JHT malah cuma membawa Surat Rekomendasi dari perusahaan untuk pencairan JHT.

Baca Juga: (Peserta-peserta BPJS TK yang Sudah Boleh Mengambil 100% Uang JHT-nya)

Lalu bagaimana jika tidak punya Paklaring? Atau tadinya punya tapi sudah hilang?

Silahkan meminta lagi jika perusahaannya masih ada. Jika perusahaannya sudah tutup, bisa minta surat keterangan dari Disnaker setempat.

Saya dulu saat mendaftar Jamsostek menggunakan KTP lama, dan sekarang sudah mempunyai KTP baru, apakah bisa mencairkan JHT menggunakan KTP baru tersebut?

Sangat bisa! Karena untuk mencairkan JHT harus membawa KTP yang masih berlaku. Bayangkan jika ada pekerja yang sudah menjadi peserta selama 15 tahun, masa harus membawa KTP saat pendaftaran dulu? Tentu sudah tidak berlaku lagi.

Tapi saya sudah pindah alamat, di KTP lama saat mendaftar beralamat Sabang, sementara pada KTP baru alamatnya Merauke, apakah bisa untuk klaim JHT?

Bisa! Asalkan alamat yang ada di KTP baru tersebut, sesuai dengan alamat yang terdapat di KK. Dan tidak ada data-data lainnya yang salah antara KTP dan KK.

Bagaimana jika alamat yang ada di KTP berbeda dengan yang ada di KK? Apakah boleh mengambil uang JHT?

Boleh! Itu uang kita kenapa tidak boleh? Tapi jika ada perbedaan alamat antara KTP dan KK, wajib membuat Surat Pernyataan Koreksi Beda Data dari kelurahan.

Alamat yang ada di KTP dan KK sudah sama, tapi tidak sama dengan alamat yang tertulis di Paklaring? Gimana tuh?

Kalau itu tidak apa-apa. Kan tidak semua peserta BPJS TK langsung mengambil dana JHT-nya begitu keluar kerja. Ada yang sengaja membiarkannya bertahun-tahun untuk tabungan, nah dalam masa pembiaran itu bisa saja ia berkali-kali pindah alamat rumah.

Saya dulu bekerja di Gorontalo, dan sekarang sudah mudik ke Jakarta. Apakah bisa mencairkan JHT di Jakarta?

Tentu saja bisa. Pencairan JHT bisa dilakukan di kantor-kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat dari tempat tinggal.

Istri saya peserta BPJS TK dan sudah tidak bekerja lagi. Tapi dia sedang hamil tua, apakah saya bisa mewakilinya mengambil uang JHT?

Tidak bisa. Selama peserta yang bersangkutan masih hidup dan tidak sakit cacat permanen, pencairan JHT tidak bisa diwakilkan oleh siapapun. Untuk peserta yang mengalami cacat total tetap, pencairan JHT memang bisa diwakilkan, itupun harus membawa surat kuasa, membawa surat keterangan sakit permanen dari kedokteran, dan buku tabungan yang dibawa juga harus buku tabungan milik peserta yang bersangkutan.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan sahabat-sahabat peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Jika ada pertanyaan lain silahkan tulis di kotak komentar, jika saya tahu saya akan menjawabnya, jika saya tidak tahu saya akan berusaha mencari tahu jawabannya dari sumber-sumber terpercaya. 

Tapi sekali lagi mohon maaf jika terkadang saya telat merespon, karena berbagai hal saya memang tidak bisa selalu buka blog. Dan kalau ada teman-teman pembaca yang tahu jawabannya jika ada yang bertanya lewat komentar, saya sangat senang jika teman-teman mau berdiskusi membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Terima kasih sudah membaca. ^^

ZUCKICI.COM - Bacaan Santai Saat Serius.

392 comments:

  1. pertanyaannya bisa mewakilkan peserta yang ingin bertanya *mulai hening*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau tanya,dulu saya bekerja di perusahaan di kota batam tapi paklaring saya tidak saya ambil dari perusahaan terasebut,dan sekarang saya sudah di kota siantar !
      Apakah saya bisa mencairkan dana bpjs saya ?

      Delete
    2. selamat siang mas..
      saya mau tayak kalau kita udah lupaswort dan email. bpjs kita
      bgai mna cra ya untuk mengecek saldo dan mengambil saldo kita bos

      Delete
  2. Gan mau tanya, klo beda nama antara kartu JHT sama KTP pas proses pencairan apakah cukup dengan melampirkan fotocopy akta kelahiran / ijazah saja ?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak cukup, Mas. Harus ada surat keterangan beda data.

      Delete
    2. Surat keterangan beda data bisa kita dapatkan dari mana mas.

      Delete
  3. itu harus ada surat keterangan dr perusahaan di tempat anda bekerja,ato pake revisi nama di ttd ole perusahaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf. Saya tidak mengerti maksud pertanyaan anda, Gan. Mohon diperjelas...

      Delete
  4. saya bukan dari BPJS TK melainkan BPJS di luar instansi, jika sewaktu-waktu saya ingin mencairkan dana caranya BPJS bagaimana ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya BPJS TK di luar hubungan kerja ya, Mbak? Cara mencairkannya juga kurang lebih sama, dengan membawa dokumen-dokumen data diri berupa KTP dan KK. Tergantung klaimnya program yang mana, JKK, JKM atau JHT. Di lain kesempatan saya akan mengulasnya lebih lengkap...

      Delete
  5. Seandainya saya sudah mengambil jht karena berhenti bekerja,setelah beberapa bulan sya bekerja kembali diperusahaan tersebut.apakah saya bisa ikut BPJS TK lagi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, Mas. Tanpa berniat ikut pun perusahaan akan mendaftarkan kita menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan..

      Delete
  6. Apakah pencairan JHT wajib membawa Buku Tabungan Apabila yg Mencairkan adalah Peserta Tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan ke kantor BPJS TK tempat anda klaim JHT. Karena masih ada beberapa kantor yang bisa cash untuk saldo di bawah 10 juta.

      Sebaiknya bawa buku tabungan saja.

      Delete
  7. saya peserta jamsostek,, dulu kerja setaun trus abis kontrak,, april 2014,, apakah skrng masih bisa diambil??

    ReplyDelete
  8. Peraturan bpjs skrg ngerugiin kita sbg peserta, pdhal wkt eranya jamsostek apabila kita mw cairiin krt jamsostek perusahaan lama dan usia krtu sdh 5th,kpmpun bs dicairkan walau kita msh aktif bkrja dg no kpesrtaan jamsostek baru.....mohon bisa dirvisi lg sprt aturan dulu biar HAK kita bs kita AMBIL,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Mudah-mudahan pihak yang berwenang mau merevisi lagi.

      Delete
  9. Mhon infonya buat ktp ilang apa masih bisa dilakuin pencairan bpjs?
    Kalo bisa syaratnya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan SIM sebagai pengganti KTP, Mbak...

      Delete
  10. Mas..mau nanya dong, saya udah 10 th lebih kerja dan saat ini msh aktif,bisa gak ya saya cairkan dana jamsostek saya?prosedurnya gmn dan brp dapatnya?mohon infonya...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak. Tapu dana yang dapat dicairkan hanya 10% atau 30%.

      Delete
  11. Mas nama di kartu jamsostek beda 1 huruf dgn yg di ktp, sedangkan nama di Ktp sdh sesuai dgn KK,Akte lahir dan ijazah. Apakah nanti akan sulit dalam pencairannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saya, kalau cuma kesalahan kecil pada nama di kartu Jamsostek, tidak jadi persoalan, Mbak.

      Delete
  12. Selamat siang, Mbak / Bapak saya hari ini sebenarnya sudah tinggal pencairan janji jam 10 tetapi saya tidak dapat hadir, apa bisa besok harinya..? Apakah harus mengulang kembali atau langsung saja ke loket untuk pengambilan uang dengan membawa barkas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konfirmasi saja ke kantor BPJS TK tempat sampeyan memproses klaim JHT, Pak. Saya kurang tahu kalau soa itu. Setahu saya, uang JHT langsung ditransfer ke rekening pada saat proses klaim sudah disetujui...

      Delete
  13. Pak saya mau tanya . Ktp saya kan rusak truss saya perbaiki
    suruh nunggu 2bulan baru jadi
    masalahnya apa bisasa saya mencairkan jht cuma dg membawa ketrerangan dari lurah sebagai pengganti ktp

    ReplyDelete
  14. Mas sy mau tanya sy hari ni tgl.8 okt baru aja mo cairin dana jamsostek di bpjs tenagakerjaan tp harus nunggu 2 bulan apa gak salah ini . Dtg ksna yg berletak di cikokol langsung dikumpulin berkasnya sm petugas pengumpulan berkas dan sy cm dikasih formulir dan dsru balik lagi tgl.15 des . Ini ko lama bgt ya prosesnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti di kantor BPJS TK yang Mas datangi memang begitu aturan antriannya. Mas dapat antriannya tanggal 15 Desember. Dimana-mana memang sedang padat antriannya..

      Delete
  15. Ada cara lain ga untuk nonaktifan kepesertaannya?? Dah satu bulan berhenti kerja dicek masih aktif aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya cuma itu caranya, Gan.

      Delete
    2. Gua juga sama bro malah sudah abis kontrak sejak april 2015 samape sekaarang masih aktiv
      Kan amjing perusahaannya, padahal lgi buuh duit bget

      Delete
  16. Paklaring nya harus asli atau fotocopy cukup si? Kan sayang kalo yg asli diminta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli dan fotocopy, Mbak. Nanti yang asli dikembalikan kok. :)

      Delete
    2. @Arizuna" mas kalo kartu bpjsnya diambil ato nggak y oleh orang bpjs

      Delete
    3. @Dani Vera ... Kartu BPJS-nya diambil, Mas. Lagian kalau saldonya udah dicairkan, kartunya tidak ada gunanya lagi..

      Delete
  17. mas mau nanya nie,brkas km udah d acc oleh pihak bpjs,dsruh nunggu 3hr pncairan,stelah km cek eh trnyta atm ny ga aktif,gmna mas,apa duit yg d transfer pihak bpjs hilang,rncana km mau buka rek baru,tolong ma solusiny thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak akan hilang, Mas. Kalau ATM sudah tidak aktif uang tidak dapat terkirim. Kalaupun terkirim, uang akan terpotong sedikit untuk pembayaran denda tabungan yang tidak pernah diisi. Konfirmasi saja ke kantor BPJS Ketenagakerjaan tempat Mas klaim JHT.

      Delete
  18. Mas sya mau tanya, klo pencairan bpjs di kota yg beda d ktp bisa gx ya, kan ktp sya sukabumi tpi lg tinggal di tasik. Mohon jawabannya bgi yg tau 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Asalkan alamat yang ada di KTP sesuai dengan alamat yang ada di KK, pencairan JHT bisa dilakukan di kantor cabang manapun..

      Delete
  19. Mas sya mau tanya almat ktp sya sukabumi tpi sya lgi tinggal d tasik, apakah bisa sya mncairkn bpjs d kantor tasik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Asalkan alamat yang ada di KTP sesuai dengan alamat yang ada di KK, pencairan JHT bisa dilakukan di kantor cabang manapun..

      Delete
  20. Mas .mau nanya klo nama pada ktp dan kk sama sedangkan pada krtu bpjs dan paklaring beda spasi dipermasalaahkan ga ya mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma beda spasi saja tidak masalah, Mas.

      Delete
  21. Mau tanya kalo skrng gimana sistem.a masih sama atau udah berubah lagi ?

    ReplyDelete
  22. mas mau tanya, kalo surat berhenti kerjanya apa wajib juga yang sudah harus dilaporkan ke disnaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sama, Mas. Peraturan baru 1 September 2015 itu sudah final, tidak akan ada perubahan lagi dalam waktu dekat ini..

      Delete
  23. mas, kl kk yg hrs d bawa . kk yg waktu pertama daftar jamsostek atau yg skrg? soalnya kk skrg udah ikut suami

    ReplyDelete
  24. saya juga mau bertanya
    kalo buku tabungan nya hilang apa masih bisa mencairkan dana JHT memakai buku tabungan yang baru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, Mas. Yang penting buku tabungan tersebut atas nama anda sendiri..

      Delete
  25. Kalau saya ada 2 kartu masih aktif, pdhl kartu pertama resign 2013, itu apakah mengikuti kartu terakhir yang masih aktif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya jika sudah berhenti bekerja, kartu akan dinonaktifkan oleh perusahaan. Jika sekarang masih aktif, berarti ada kesalahan dari pihak perusahaan, bukan karena mengikuti kartu dari perusahaan yang baru. Kecuali saldo dari kartu perusahaan yang lama, diamalgamasi ke kartu yang baru.

      Delete
  26. kalau pake buku tabungan orang tua bisa gak mas. soalnya punya saya dah g di pake lg (terblokir). makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Wajib buku tabungan atas nama sendiri. Buat saja rekening tabungan yang baru..

      Delete
  27. Pak mw nanya....
    Saia mw nyairin kartu bpjs TK...
    Tp trnyata kartuY blom d non aktif,,, stelah saya dtang k tmpat bkerja saya dlu tempatY sudah tutup... gimana cara menonaktifkan kartuY?? kartu yg lain tdk bisa cair... krn ada 1 kartu yg blom d nonaktif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah susah ya, Mbak. Saya sendiri kurang tahu kalau masalahnya seperti itu. Agak aneh sih kartu masih aktif, sementara perusahaan sudah tutup. Sebab kartu masih aktif itu karena perusahaan masih membayarkan iuran kita. Coba bertanya langsung ke call center BPJS TK pusat di nomor 1500910.

      Delete
  28. Gan mau tanya..
    Saya mau mencairkan jamsostek lama dg masa kerja hampir 2tahun dan saya berhenti kerja th 1999.
    Data2 lengkap sdh sampe petugas proses itu diketik nomer jamsostekku ga ada (ga online)..
    Jdnya cetak saldo aja ga bisa..
    Itu kemungkinan kenapa ya..
    Mksh banyak untuk jawabnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu penjelasannya petugas BPJS TK sendiri seperti apa, Mbak? Kemungkinannya ada kesalahan data pada waktu pendaftaran dulu...

      Delete
  29. Mas mau tanya saya coba klaim pencairan dana bpjs tk by web tapi diinformasikan saya harus melengkapi surat keterangan dari perusahaan yang ditujukan ke disnaker dengan tembusan BPJS Ketenagakerjaan dan dilegalisir oleh disnaker.

    Itu maksudnya bagaimana ya?
    Informasi tambahan saya resign terhitung per tanggal 31 september 2015

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang berhenti kerja setelah tanggal 31 september 2015 dan seterusnya, memang wajib menyertakan surat tersebut. Tanyakan saja ke perusahaan, karena surat tersebut perusahaan yang mengurus. Kita tinggal menerima saja...

      Delete
  30. gan moe tanya kan saya mengajukan pencairan tanggal 3 november katanya moe d transfer tnggal 9 novenber ko sampai sekarang belum ad tranferan juga..?emang biasanya pencairan tunggu brpa hari ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikonfirmasi ke kantor BPJS TK tempat Mas klaim JHT. Karena padatnya peserta yang mencairkan uang JHT, banyak kejadian uang terkirim tidak sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan. Tapi tenang saja, uang kita tidak akan hilang.

      Delete
  31. Gan, kalau menonaktifkan bpjs tk nya tidak melalui perusahaan tempat saya dulu bekerja gmna caranya.?
    karna pihak perusahaan mengatakan Klo bpjs tk nya sudah dinonaktifkan tp nyatanya pada waktu saya mengajukan jht di kantor bpjs masih tidak bisa karna bpjs tk saya masih aktif.
    Ini yg salah perusahaan nya apa pihak bpjs tk nya.?
    mohon pencerahan nya gan..
    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah kartu masih aktif biasanya yang salah perusahaan, Mbak. Perusahaan teledor dalam menutup akun kita dan tidak melaporkan bahwa kita sudah tidak bekerja. Kalau kartu sudah benar-benar tidak aktif, pihak BPJS Ketenagakerjaan tidak akan menolak proses klaim JHT. Coba ditanyakan baik-baik ke perusahaan...

      Delete
  32. Saya punya kartu jamsostek dari prusahaan lama saya yg sudah tidak aktif ,namun sat sana memasukan nmr jamsostek saya ternyata yg kluar namanya diana sari sedangkan dikartu jamsostek saya tertulis juliana sari (nama asli saya) apakah nantinya akan mempersulit pencairan dana bila nama terdaftar dan dikartu berbeda ??
    Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi akan mempersulit, Mbak. Biar aman buat saja Surat Keterangan Beda Data dari kelurahan...

      Delete
  33. Untuk masa kerja sembilan tahun apa kah bisa cairkan 10%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan dihiitung masa kerja, Mas. Yang penting kita sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 10 tahun, uang JHT yang 10% bisa diambil.

      Delete
  34. Mas, e-klaim bpjs saya ditolak karena dianggap bekerja di tempat lain, tetapi saya tidak bekerja di perusahaan itu (bahkan saya baru tahu perusahaan tersebut dari reply email bpjs tk). Apakah ada prosedur yang harus dilengkapi untuk menyatakan saya tidak bekerja di perusahaan tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang langsung ke kantor BPJS TK, Mas. Jelaskan bahwa anda sudah tidak bekerja lagi. Kemungkinan itu karena kartu Mas masih aktif, perusahaan tempat Mas kerja dulu belum menutup akun anda.

      Delete
  35. mau tanya mas tentang check jamsostek/bpjs via online,saya punya 3 kartu (beda perusahaan) tapi pada saat daftar online hanya 1 yang terbuka (kartu paling lama) lalu saya mau rubah utk NO KPJ nya tp tidak bisa,bagaimana solusinya ya mas,terima kasih sblmnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu akun untuk satu kartu, Mas. Supaya bisa dicek semuanya, Mas harus mengamalgamasi/menggabungkan semua saldo dari semua kartu...

      Delete
  36. mas mau tannya nih apa paklaring itu wajib di laporin ke dinas tanga kerja dulu yah untuk mengurus pencairan dana bpjs tk nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Paklaring tidak, Mas. Tapi memang jika berhenti kerjanya setelah 1 september 2015, memang wajib menyertakan dokumen tambahan berupa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

      Delete
  37. Mas saya mau tanay saya sudah clam tanggal 4 nov samapai sekarang belom ada kejelasan nya ,saya cek di slado online status nya clam blom di proses .mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konfirmasi ke kantor BPJS TK tempat anda klaim, Gan. Atau hubungi call center pusat supaya dicek oleh mereka...

      Delete
  38. Mas, saya mau tanya, saya mau mencairkan jamsostek ku. Tapi saya baru sadar kalo nama di kartu JHT ada tertera huruf "A" sedangkan di KTP n KK tidak ada. (Misal: KTP "Febrina" di kartu JHT "Febriana")
    Kalo seperti itu, apa yang harus saya lakukan?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma beda sehuruf biasanya tidak apa-apa, Mbak. Paling-paling nanti cuma ditanya-tanya untuk memastikan bahwa nama tersebut adalah asli anda sendiri...

      Delete
    2. Saya beda 1 angka di tgl lahir aj dpermasalahin lho, harus balik lg besok, saya harus bikin surat keterangan dr perusahaan dl. Padahal kartu, kk, ktp, paklaring yg asli semua sudah dtunjukan, bukti segitu aj ga bisa meloloskan pencairan, mohon kedepanya peraturanya diperbaiki, agar tidak ribet.

      Delete
    3. Kalau beda angka tanggal lahir memang jadi permasalahan. Kalau cuma 1 huruf pada nama biasanya masih bisa dimaklumi. Itu pengalaman saya. :)

      Misalnya seharusnya namanya Linna, tapi cuma tertulis Lina, itu masih bisa dimaklumi..

      Delete
  39. Met siang,,,mhon maaf sya mau tnya bagaimana cara untuk cek saldo di kpj yg sudah non aktif,,,sya punya 2 kpj,,,kpj yg pertama sudah non aktif sejak bulan agustus 2013,,,yg 1 msih aktif,,,tpi setiap sya cek via online kox yg sudah gak aktif gak bisa di cek ya untuk saldonya,,,mohon pencerahan'y,,,trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rumahnya deket sama kantor BPJS TK, datang langsung saja Mas ke kantornya. Bisa cek saldo dan nanti akan dikasih print out informasi saldo kita...

      Delete
  40. Siang mas, mau nanya , bpjstk saya d perusahaan sblmnya masih aktif tp saya sudah resign dr perusahaan tsb, skrg saya masuk d perusahaan baru, apakah bisa d perusahaan baru saya mendaftar bpjs tk lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa, Pak. Disambung saja saldo dari perusahaan ke perusahaan yang sekarang..

      Delete
  41. halo mas.. mau tanya.
    saya daftar e klaim dan sudah dpt balasan klw telah memenuhi persyaratan. diminta utk datang ke kantor cabang bpjs. nah pas sy download form F5nya, kok alamat sama data mulai bekerjanya beda sm KK/KTP (data KK+KTP sama),, gak ngertiii itu bisa beda gtu.. (gak pernah pindah/mutasi padahal)... apa itu masih bisa cair JHTnya?

    ReplyDelete
  42. Selamat siang mas... saya mau tanya mengenai klaim , saya sudah bawa persyaratannya 1. ternyata foto copy paklaring saya harus di legalisir disnaker dan bpjs ketenagga kerjaan saya masih aktif padahal untuk di non aktifkan sedangkan saya berhenti bekerja awal 1 sep 2015. 2. Saya memiliki dua kartu yg mana pada kartu pertama saya saya sudah berhenti bekerja pada bulan mei 2013 sesuai dengan paklaringnya di karenakan kartu saya sudah tidak aktif pada 1 januari 2013 maka di minta buat paklaring kembali sesuai tanggal tidak aktifnya kartu... mohon penjelasannya ya mas

    ReplyDelete
  43. malam mas,biasa pencairan dana jaminan kematian itu berapa lama,begitu berkas udh diserahkan,terima kasih

    ReplyDelete
  44. Mas saya mau tanya..nama packlaring saya beda satu huruf dengan jamsostek dan ktp..apa bisa dicairkan?

    ReplyDelete
  45. saaam aq mau tanyak,nama kartu jamsostek sama kartu KTP saya gak sama ,untuk merevisi butuh berapa lama... ?? punyakku belum kelar kelar ...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  46. saya mau tanya,saya trdaftar jamsostek tahun 2006,dan non aktif september 2015 kemaren.ktp waktu daftar dulu pakai ktp sidoarjo,karna saya menikah dan pindah ke ponorogo jd ktp saya skrg yg aktif ktp ponorogo,apakah bisa mencairkan di kantor bpjs ponorogo dgn menyertakan ktp dan kk ponorogo,sedangkan di alamat paklaring dan jht nya masi sidoarjo?mhn pencerahannya

    ReplyDelete
  47. untuk pencairan boleh di wakilkan atau harus dengan sendiri?

    ReplyDelete
  48. Gan mau curhat nihhh....
    Gimana cara menonaktifkan kepersertaan JHT apabila perusahaan yang bersangkutan sudah bubar atau gulung tikar
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yuliawan biasanya klo prusahaan udh tutup di suruh dtg k kanwil setempat, utk minta surat pemberhentian kerja dr prshaan anda bkrja.

      Delete
  49. Mas saya mau tanya ..saya..mulai tgl 8..bulan oktober 2015..sdh menonaktp kn bpjs saya ..apakah saya bs mencair kan bpjs melalui e klaim online......tlg mas pencerahan nya....mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal sudah sebulan berhenti bekerja, klaim JHT sudah bisa dilakukan, Mas.

      Delete
  50. selamat malam saya mau tanya,kartu bpjstk saya kokmasihaktif ya padahal saya sudah resign per september 2015 dan trakhir iuran saya d bayarkan tgl 1 oktber setelah itu tdk ada iuran lagi,dr pihak perusahaan juga sudah menutup akun saya tp knapa ya masih aktif padahal tggu 1 bulan tdk ada iuran kan seharusnya krtu itu nonaktif otomatis??? mohon jawabannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konfirmasi ke perusahaan saja, Mas. Kenapa kartunya masih aktif.

      Delete
  51. Pak saya ada 3 kartu dan saya mau cairkan JHT, tapi ada 1 kartu masih aktif katanya, padahal saya sudah dapat pengalaman kerja dari perusahaan tentang masa kerja itu, tapi alasan karna perusahaan masih ada yang belum dibayar jadi tidak bisa dinon aktifkan.. ini bagaimana yah solusinya? karna saya tidak bisa mencarikan JHT saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi perusahaannya saja, Pak. Kartu akan nonaktif setelah perusahaan melaporkan ke pihak BPJS TK bahwa pekerja sudah tidak bekerja lagi dan menghentikan iuran..

      Delete
  52. Selamat siang pak,saya mau tanya sebelumnya dulu saya bekerja d kalimantam
    Dikartu jamsostek saya,nama beda 1huruf dengan d kk,,sebelum berhenti bekerja saya sudah laporkan untuk d revisi sesuai yang di kk tapi sampai saat ini 7bln setelah keluar kerja saya belum mendapatkan kartu yg direvisi
    Sekarang saya domisili d jawa
    Bagaimana y pak caranya agar uang bpjs saya bisa cair?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat surat keterangan koreksi beda data dari kelurahan, Pak.

      Delete
  53. Kalo alamat sama nama di jamsostek beda sma ktp bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat surat keterangan koreksi beda data, Mas.

      Delete
  54. Mau tanya mas, kartu jamsostek saya sedang proses pencairan, sudah ok dan tgl 15 cair, skrg saya mau buat kartu bpjs baru bisa tidak ? Dan kalo selama proses pencairan saya di terima di perusahaan apa masih bisa cair ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Karena saat klaim disetujui Mas belum kerja..

      Delete
  55. Mau tanya gan, mohon dijawab, nomer ktp yang dulu saat mendaftar di jamsostek, beda dengan nomer ktp yang sekarang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa, Gan. Yang penting KTP-nya masih berlaku...

      Delete
  56. mau tanya pak saya sudah mencairkan secara online danbalsan emil y suruh menunggu keesokan hari y namun blm ada konfirmasi jg dari pihak bpjs dan pertanyaan y apakah itu sudah diproes apa blm masuk data y ke pusat y pak..saya pencairan onlime lewat cabang cikokol atas nama roihan hamdi no peserta 13043135402 trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tahu, Pak. Saya tidak punya akses langsung ke intern BPJS TK.

      Delete
  57. Maaf mau tanya pak . Kemarin saya mau nyairin bpjs pas kartu bpjs sm ktp di cek trnyata alamat di kartu bpjs sm ktp tdk sinkron padahal kan sebelum bikin kartu bpjs saya sudah melampirkan ktp saya kenapa bisa tidak sinkron ?????? Dan saya harus bagaimana ? Mohon dijawab terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya pada kartu BPJS tidak mencantumkan alamat, Pak. Dan dalam klaim JHT tidak ada syarat alamat pada KTP dan kartu BPJS harus singkron..

      Delete
  58. Temen saya sekrang bekerja di negara singapur..sebelum nya dia bekerja di hotel dindonesia..dia ingin mencairkan jht nya diamanah kan kesaya untuk pengurusan jht nya..apa kah bisa? Syarat2 sudh lengkap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama peserta yang bersangkutan masih hidup dan tidak sakit cacat permanen, pencairan JHT tidak bisa diwakilkan Mas.

      Delete
  59. Mas saya mau tanya..saya bekerja selama 2 tahun dan habis kontrak 30 september 2015.saya ikut bpjs tk tpi pas saya habis saya tidak dikasih kartu bpjs tk oleh perusahaan hanya selembar kertas yang berisi no kjp .kata perusahaan kertas tsbt sm fungsiy dgn kartu bpjs tk dan bisa untuk mengurus pencairan bpjs tk..tpi pas sy coba ditolak oleh petugasy..ini gmn solusiy ..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu peraturannya, Mas. Untuk mencairkan JHT harus menunjukkan KPJ yang asli. Solusinya adalah meminta KPJ asli ke perusahaan tempat Mas kerja kemarin.

      Delete
  60. admin saya mau ambis jamsostek saya tapi kpj,ktp sesuai tapi kk nya beda satu huruf kira kira bisa ga tuh...tolong pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba saja. Kalau beda sehuruf pada nama biasanya masih bisa ditolelir..

      Delete
  61. maaf pak, bisa tidak lihat saldo BPJ saya yang di Perusahaan lama dengan NO BPJ: 12027294144 ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Pak. Itu bukan kewenangan saya. Bisa mencoba cek sendiri via aplikasi bpjs tk mobile. :)

      Delete
  62. maaf saya mau tanya. saya punya 3 kartu tp ada masalah 1 oursosku saya perubahan ya bubar jd tdk bisa minta pakraring trs yang 1lagi saya minta pakraring Di karna kan saya sebelum kontak hbs saya Udah kluar tanpa pamitan trs saya gak bs minta pakraring. trs yang 1 lagi saya lengkap persyaratan tp perangsang 3 December 2015 resign apa bs Di cairkan gak? ada satu lagi ktp saya rusak juga posisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JHT hanya bisa dicairkan ketika semua syarat-syarat lengkap. Jika ada yang kurang satu saja, klaim akan ditolak...

      Delete
  63. Bln kemarin aku ke kantor bpjs kata satpam masih kurang surat pengunduran diri dr perusahaan, padahal aku udah ada paklaring. Katanya peraturan br per tgl 1 september 2015 dan aku berhenti kerja tgl 20 september. Apa emang wajib bawa surat,pengunduran diri? Terdengar aneh soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu. Bagi yang berhenti kerjanya per 1 September 2015, harus membawa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

      Delete
  64. Terimakasih atas kesudian agan memuat informasi ini. Sangat membantu☺ Sukses

    ReplyDelete
  65. Mbak saya mau tanya ,saya sudah berhenti di perusahaan lama dan sudah terima paklaring dan keterangan sudah berhenti kerja , saya minta kpj saya d nonaktifkan tapi gk di nonaktifkan sampai sekarang , saya belum bisa klaim jht hanya karna belum di nonaktifkan kpj nya, apa bisa dibawa ke jalur hukum tu mbak

    ReplyDelete
  66. Mau nanya ne mbak/mas, untuk penonaktifan bpjs tk saat ini prosedurnya gmn ya..??
    Katanya sudah bisa menonaktifkan sendiri tapi harus melapor terlebih dahulu ke disnaker, apakah betul seperti itu..??thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya saya juga kesulitan mencairkan jht dikarenakan saya masih aktif sbg peserta padahal saya sudah berhenti sejak februari 2015, skrng sudah bulan desember 2015 masih saja aktif, perusahaan saya dulu bekerja diam saja padahal saya sudah lapor, minta solusi dong teman2.....

      Delete
    2. ya saya juga kesulitan mencairkan jht dikarenakan saya masih aktif sbg peserta padahal saya sudah berhenti sejak februari 2015, skrng sudah bulan desember 2015 masih saja aktif, perusahaan saya dulu bekerja diam saja padahal saya sudah lapor, minta solusi dong teman2.....

      Delete
  67. saya mau mencairkan bpjs,tapi ktp saya belum di perpanjang...apakah bisa.

    tolong dibantu pak/ibu

    ReplyDelete
  68. saya mau mencairkan bpjs,tapi ktp saya belum di perpanjang...apakah bisa.

    tolong dibantu pak/ibu

    ReplyDelete
  69. Mas mau tanya kalo saya bekerja 3th di suatu perusahaan kemudian saya berhenti bekerja, kemudian saya mau cairkan JHT bisa ga ya? Tapi sebulan itu saya sudah bekerja di perusahaan baru dan otomatis sudah dibuatkan bpjs TK yg baru. Gimana ya mas?

    ReplyDelete
  70. Saya mau tanya: saya sudah setahun berhenti dr prusahaan lama. Ttp sampai skrg bpjs nya msh aktif,saya meminta keperusahaan tsb utk menonaktifkan, ttp mereka meminta uang iuran selama saya berhenti bekerja. Apakah saya harus mengembalikannya? Hal tsb bukan kesalahan sayabkan?? Tks. Mohon masukannya..

    ReplyDelete
  71. Mas tanya,sya punya kartu peserta jamsostek dri prusahaan prtama,trus kluar n pndah k prushaan kdua mnjdi bpjs ktenagakerjaan,tp smpai sya kluar dri prushaan kdua sya blum juga di bri kartu bpjs ketenagakerjaan,,,apkh sya bisa mncairkn Jht sya mnggunakn kartu jamsostek lma saja tnpa kartu Bpjs ketenagakerjaan..sya hrus gmn,,cz prusahaan yg kdua bilang tdk ad tmbusan dri bpjs ktenaga kerjaan

    ReplyDelete
  72. sy ingin menanyakan masalah jht dri pt lain nyangkut ke sy. sedangkan sy tidak bekerja di pt tersebut. sy mempunyai 2 kartu jht yg sudah non aktip dan mau mencairkan tetapi terhalang oleh kartu jht dari pt lain yg masih aktip tersebut. sy sudah komplen ke menara jamsostek tpi tetap saja tidak ada perubahan. sudah 4 bln ini msih tidak ada perubahan dri menara jamsostek...mohon petunjuknya agar sy secepatnya melakukan pencairan

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. mau tanya, kartu jamsostek dengan kartu BPJS ketenagakerjaan itu sama atau berbeda? saat saya masih bekerja teman2 saya yg baru bekerja mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan, sedangkan yg sudah lama bekerja tidak mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan, hanya kartu jamsostek karna dlu blm ada bpjs, dan saat saya tanyakan perusahaan menjawab bila kartu jamsostek sama fungsinya dgn kartu BPJS ketenagakerjaan. apa benar begitu adanya? terimakasih

    ReplyDelete
  75. saya sudah keluar dari perusahaan tanggal 5 nov 2015 tpi sampai sekarang kok masih aktif y akunnya?pdhal saya sudh konfirmasi ke perusahaan dan udah dtutup sama perusahaan...tlg solusinya?

    ReplyDelete
  76. Untuk mencairkan bpjs apakah harus di kantor cabang di sekitar domisili atau bisa dilakukan di kantor cabang mana saja?

    ReplyDelete
  77. selamat pagi,pak saya mau tanya suami saya udah punya bpjs dari perusahaan suami saya dan suami saya cover saya dan anak2 saya, saya juga bekerja,apakah saya harus punya bpjs lagi,kan suami saya udah punya,kalau saya dan suami saya punya bpjs kan rugi pak,nanti kartu bpjsnya tidak terpakai pak seandainya mau berobat,terima kasih

    ReplyDelete
  78. trimakasih atas tempat buat sharing nya min, kalo cara buat me-nonaktifkan kartu bpjs tk,gimana caranya? kalo kita pasrahin ke tempat kerja mrk cuma bilang nunggu 2-3bln stlh gaji terakhir(itu kan sama aja ngga nyetori iuran bpjs tk jadi account nya stop sendiri/non-aktif)
    Pasti ada lah caranya entah online /manual, krn sy sendiri sdh ada pakliring + surat keterangan permohonan tetep aja ngga bisa cair bilangya nunggu nonaktif kartunya. #alasanklise dengan logika mrk yg bukain knapa ngga bisa nonaktifkan.
    Mohon infonya Min, nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iah gimana ya cara menon aktif kan acount nya.....card JHT sya jg masih aktif baru sebulan setelah gaji terakhir

      Delete
    2. iah gimana ya cara menon aktif kan acount nya.....card JHT sya jg masih aktif baru sebulan setelah gaji terakhir

      Delete
  79. Blogger

    pertanyaanya adalah : teman saya akan ambil JHT namun salah satu perusahaan tempatnya bekerja sudah bangkrut / tutup, kartu tidak pernah diterima TK, paklaring tidak ada dan status kepesertaan masih aktif
    Sehingga JHT yang lain tidak bisa diambil.
    mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  80. Admin. Apakah semua perusahaan tertip membayar iuran bpjs kesehatan dan bpjs jhtk. Saya msh bekerja. Saya cek saldo jhtk di tutup buku 1 november 2014 saya mangecak saldo melalui Bpjs jhtk mobile. Sekarang dah 2015 saldo tetap aja ga berubah N punya kawan saya yg sama" bekerja 5 tahan bersama saya. Saldo berbeda. Admin mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  81. Admin Saya dan kawan saya sama" bekerja sdh 5 tahun kami gunakan Bjsjhtk mobile. Cek soldo jht hasil nya berbeda setiap bulan saldo kawan saya bertambah per 2015. Punya saya mah tetap aja ga nambah saldonya tetap 2014 tutup bukunya. Maka ini dah 2016 awal

    ReplyDelete
  82. Admin. Apakah semua perusahaan tertip membayar iuran bpjs kesehatan dan bpjs jhtk. Saya msh bekerja. Saya cek saldo jhtk di tutup buku 1 november 2014 saya mangecak saldo melalui Bpjs jhtk mobile. Sekarang dah 2015 saldo tetap aja ga berubah N punya kawan saya yg sama" bekerja 5 tahan bersama saya. Saldo berbeda. Admin mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  83. Bro w mo ralat sedikit tentang pertanyaan apakah data yg di ktp lama dgn ktp yg barunbisa diambil,atau tidak.
    Ini pernah w alamin sendiri kemarin, jawabannya tidak bisa, karna data nomor ktp yg lama dengan e-ktp yg baru ini berbeda dan harus dirubah dahulu datanya di kantor bpjs tempat perusahaan kita kerja buat.

    ReplyDelete
  84. Mas Mbak, apakah kalo blm keluar dr pekerjaan ga bs dicairkan, meskipun cm sebagian aja... Mhn jawabanx. Mtr nwn.

    ReplyDelete
  85. mw nanya nich,, pindah perusahaan tp kartu bpjs nya msih no yg sama ,,,pas cek saldo ko dri 4jta,,pas pindh perusahaan jd 200rebu..gmnn ini?

    ReplyDelete
  86. Mas, mau nnya nih.. Mungkin udh ad jg yg nanya mslh nama d KTP, KK berbeda dgn paklaring dan d kartu Jamsostek yg d cetak, data d dalam benar penulisannya.itu bermasalah gak mas pas pencairan. Krn perusahaan tsb udh tutup. MOHon pencerahan.terimakasih

    ReplyDelete
  87. pak saya mau nanya, jika KTP nya belum elektrik bisa nyairin uang JHT gk..

    ReplyDelete
  88. Saya punya 2 kartu peserta jamsostek.
    Yg satu atas nama perusahaan PT.A,
    Yg satu atas nama perusahaan PT.B.
    ceritanya itu, sya bekerja di satu perusahaan yg berubah nama sewaktu sya ikut mutasi oleh perusahaan tersebut, sewaktu sya berhenti sya hanya dapat surat keterangan berhenti berkerja hanya di PT.B.
    Yg jadi pertanyaan, apakah saya bisa cairkan saldo kedua KPJ tersebut, sedangkan sya hanya memiliki surat keterangan berhenti kerja di PT.B ???
    mohon pencerahannya min ? Tks

    ReplyDelete
  89. mas saya mau tanya, kalo paklaringnya hanya fotokopianya saja yang asli hilang gimana mas? bisa atau enggak??
    tolong di bantu jawab ya..

    ReplyDelete
  90. Kk yg baru ga da ad yang kk tahun 2008.....apa masih bisa

    ReplyDelete
  91. Mohon maaf saya ada pertanyaan untuk persyaratan klaim itu ada yg harus menggunakan surat pengantar dari disnaker dan adapula yg tidak, apakah ada perbedaan, dan untuk peserta yang berhenti bekerja dr perusahaan karena mengundurkan diri apa perlu membuat surat pengntar dr disnaker??

    ReplyDelete
  92. Mau tanya gan kalau kita udh ga aktif kerja di kantor lama , nah tp kita udh ada surat paklaring dan kita udh kerja lgi dikantor baru tpi blm di daftarkan bpjs TK apakah bisa di cairkan ???

    ReplyDelete
  93. Mau tanya ada kabar skrg klo mau cairkan jht harus ada surat keterangan kerja dari disnaker/depnaker jg yaa selain paklaring ?

    ReplyDelete
  94. Gan saya mau mau melakukan eklaim tapi bacaanya selalu harus tenaga kerja NA, maksudnya apa ya?
    Sama syaratnya hanya
    KTP
    Kartu BPJS
    Kk
    PAKLARING
    Itu aja kan ya?

    ReplyDelete
  95. Gan, setelah saya akses bpjs online smuanya sdah terisi lengkap,tp pas d ktp'y bisa berbeda,sperti halnya pda tgl lahir,bln dan tahun ,pdhl sdah sesuai ktp.bagiamana itu bsa terjadi ???

    ReplyDelete
  96. Malam mas. Saya mau tanya,semua syarat2 pencairan bpjs saya sudah ada kecuali kartu bpjs nya.kartu nya hilang,lalu sesuai informasi saya buat surat keterangan hilang dari kantor polisi. Yg mau saya tanyakan apa pencairannya bisa dilakukan di kantor cabang bpjs Tk dimana saja? Admin kantor tempat saya bekerja bilang bpjs nya dibuat ditanggerang. Saya ingin mencairkan di pekanbaru,apa bisa?terima kasih. Mohon infonya

    ReplyDelete
  97. Pak mau tanya kalo misalnya kartu jamsosteknya dijkrta trus mau ambil disemarang bisa ga?
    Syaratnya apa saja?terimakasih

    ReplyDelete
  98. saya pengguna jamsostek bagaimana cara cek saldo dan mencairkan dana tersebut karna setelah saya coba cek di bpjs ketenegakerjaan saldo nya tidak ada. mohon info nya,thanks

    ReplyDelete
  99. Saya pengguna jamsostek yg sudah tidak aktip semenjak mengundurkan diri dari perusahaaan tahun 2013,apakah saya bisa mencairkan dana tersebut sekarang?

    ReplyDelete
  100. Saya mw tanya mas ..hari ini saya ke kantor jamsostek ..karana ada koreksi lewat eklaim ..tapi setelah datang kesana saya dapat kesulitan 2 kesulitan sekaligus ..

    1 koreksi nama ibu kandung yg di kk sm kartu jamsostek saya berbrda lalu saya diberikan diberikan formulir untuk ke perusahaan asal dan minta cap agar data bisa dirubah

    2 kk sm ktp saya ditolak karna fisik nya digunting sedikit dibagian tandatangan nya ..
    Karna mw proses pindah rumah ..yg tdnya di kota jadi k kabupaten ..

    Tapi saya bukan hanya akan pindah dr kota k kabupaten melainkan pindah status juga dr lajang ke status nikah ..
    Apakah saya harus menunggu proses surat pindah selesai dan membuat kk dan ktp baru dengan status baru atw bagaimana?saya takutnya kl kk sm ktp baru dengan status kawin saya ditolak lagi
    Uang g cair fasilitas tidak didapat soalnha saya sedang hamil 5 bulan lumayan untuk uang lahiran
    Mohon pencerahanya ..terimakasih ..

    ReplyDelete
  101. Bayu

    Saya mau tanya, kontrak kerja saya habis tgl 10 okt kok pas dateng ke kantor bpjs disuruh minta surat keterangan dari disnaker domisili saya bekerja yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA KAK BAYU, KMRIN SAYA JUGA BARU DARI KANTOR JAMSOSTEK, MEMANG UNTUK PESERTA JAMSOSTEK YG HABIS KONTRAK MULAI BULAN OKT,NOV,DES KALO GAK SALAH, DIMINTA MENYERTAKAN SURAT DARI DISNAKER DISERTAI STEMPELNYA, BARU BISA MENYAIRKAN JAMSOSTEK

      Delete
  102. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  103. mau tanya mas klo kartu saya hilang no ny juga tidak hapal gimana mas,bisa di ganti nama att solusi nya gimna?

    ReplyDelete
  104. Selamat malam mas,
    Kira kira maksimal waktu pencairan Jamsostek itu berapa lama yah setelah memberikan persyaratan lengkap?
    Dan apakah bisa diambil secara cash?
    Mohon pecerahannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  105. Selamat Siang.
    Om mau tanya, apakah saldo jkt bisa diambil sebagian?, kondisi saat ini masih aktif bekerja,

    ReplyDelete
  106. Mau nanya mas sya ud gk krja slma 4 bln dr prushaan t4 sya berkrja tp bpjs sy msh aktif jg sy sllu konfirmasi sma perusahaan mngpa bpjs sy blm d non aktifin jg,kta hrdny ud non aktifin trus knp sya cek kok msh aktif,yg teledor dr phk perusahaan ato bpjsny?kesel pngn sy tuntut tp gk tau caranya

    ReplyDelete
  107. halo mas, mau tanya..
    untuk Jamsostek ini sendiri sudah ada jaminan tidak akan ditutup belum ya? maksudnya kalo saya ada rencana mencairkan 10-15 tahun ke depan apa masih bisa? mohon infonya ya :)

    ReplyDelete
  108. Assalamu Alaikum WR.Wb. selamat siang. mau tanya mas/mba. sy sdh resing 1 thn yg lalu di salah satu perusahaan BUMN. pada saat sy ingin melakukan klaim dana jamsostek. dari pihak jamsostek memang adalah nama saya tetapi mulai dr tgl lahir, alamat, no ktp, dan nama ibu kandung adalah berbeda dengan data saya.justru yg tertera adalah alamat jakarta, tp saya tinggal di sulsel. pihak jamsostek tdk mau melakukan klaim hrs mengambil surat ket dr perusahaan sebelumnya. namun perusahaan sy sdh 1 minggu belum ada komentar mengenai permasalahan sy ini. APA SOLUSI YG BISA SY TEMPUH UNTUK PERMASALAHAN SY DIATAS?? Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. adm ane tanya : saya sudah keluar perusahaan per tggl 10/10/2015 namun jamsostek ane msh aktif blm dinon aktifkan. ane sdh tnya dikntr jmsostek terdekat. tenyata ane terdftr dijamsostek pulogadung trs ane hub jmsostek pulogadung, ane terkejut setlh tau jamsostek ane per feb 2015 blm dibyrkn sm perusahaan. ane trs hub hrd perushaan ane tp hrd cab surabaya kykx angkt tangan g pnya wewenang thu diserahin ke hrd pusat jkrta. ane berusha hub hrd pusat tp g bisa2..trs kl ane mau cairkan jamsostek ane gmn caranya...?? saya ikhlaskn mulai feb 2015 g dikeluarin gpp. mohon solusinya.

      Delete
  109. selamat sore, saya sudah keluar bekerja di perusahaan baru tapi saya meminta paklaring tidak diberi dengan alasan masih siswa magang, sedangkan di disnaker saya tercatat sedang bekerja di perusahaan yg terkhir, kalau saya mau mencairkan JHT tapi tidak di sertai paklaring dari perusahaan terakhir apakah masih bisa dari perusahaan sebelumnya? atau apa bisa meminta kepada disnaker surat keterangan tidak bekerja mohon solusinya trims

    ReplyDelete
  110. admin maaf saya mau nanya .. saya ingin mencairkan bpjs ketenagakerjaan .. saya sudah bekerja selama 2 thn di perusahaan saya tp kartu jamsostek saya tidak pernah di berikan dan setelah ditanyakan pada saat saya resign ternyata hilang .. sedangkan jika membuat surat kehilangan dari polisi harus ada no jamsostek yg lama kan ? lalu saya harus bagaimana? tp saya di beri surat rekomendasi dri perusahaan apakah tetap bisa cair ?

    ReplyDelete
  111. sore admin..

    mohon bantuannya nih.. saya sdh punya BPJS kesehatan pribadi..tp kantor merekomendasikan utk buat bpjs ketenagakerjaan.. apa bisa aktif 2'2nya? atau harus pilih salah satu?

    mohon balasannya tq

    ReplyDelete
  112. Jamsostek di perusahaan yg lama, saya cek sudah tidak aktif. kira-kira 2 tahun yg lalu.
    sekarang saya diperusahaan baru, terdaftar BPJS Ketenagakerjaan.
    Saya berencana untuk mencairkan dana di Jamsostek.
    Pertanyaannya, Apakah data pemegang Jamsostek nge-link dengan data pemegang BPJS?
    apakah terlihat saat pencairan?

    Mohon di reply ;)
    Thanks

    ReplyDelete
  113. adm ane tanya : saya sudah keluar perusahaan per tggl 10/10/2015 namun jamsostek ane msh aktif blm dinon aktifkan. ane sdh tnya dikntr jmsostek terdekat. tenyata ane terdftr dijamsostek pulogadung trs ane hub jmsostek pulogadung, ane terkejut setlh tau jamsostek ane per feb 2015 blm dibyrkn sm perusahaan. ane trs hub hrd perushaan ane tp hrd cab surabaya kykx angkt tangan g pnya wewenang thu diserahin ke hrd pusat jkrta. ane berusha hub hrd pusat tp g bisa2..trs kl ane mau cairkan jamsostek ane gmn caranya...?? saya ikhlaskn mulai feb 2015 g dikeluarin gpp. mohon solusinya.

    ReplyDelete
  114. Apakah kartu jamsostek hilang bisa dicairkan dmana saja. Dengan catatan dokumen persyaratan lengkap? Ada kabar tersiar bahwa harus dicairkan di tempat kartu itu dikeluarkan..

    ReplyDelete
  115. Mas saya mau bertanya. Kalau persyaratan nya tidak membawa kk yg asli bagaimana, tapi saya membawa foto copy kk nya. Soal nya saya merantau di jakarta. Apa bisa mencairkan bpjs tk nya ?

    ReplyDelete
  116. mas mau nanya..bagaimana kalau alamat yg ada di ktp beda sama alamat yang ada di dalam paklaring??

    ReplyDelete
  117. mas, dulu saya tinggal dan bekerja diBALIKPAPAN, nah skarang saya mau cairkan JHT dikota TARAKAAN, tpi alamat di KTP/KK masih dibalikpapan. nah gimana solusi/jawabannya‘ trmksh

    ReplyDelete
  118. Maaf Mas mau Tanya.. Saya kan sudah resign Dari 28 desember lalu Dan perusahaan saya baru menonaktifkan tgl 2 februari kemarin.. Apakah bisa langsung minta dinonaktifkan atau nunggu sebulan ya ?? Kalau misalnya bisa langsung di nonaktifkan Dari pusat gimana caranya yaa ?? Terimakasih

    ReplyDelete
  119. Mas nama doni... saya mau tanya... dulu pd 27 feb 2015 saya sempat cek saldo JHT dngn saldo bbrp juta rupiah... namun stlh ada peralihan ke bpjs tk dan dengan menerus kan nomor kpj saya yg dahulu kok pas saya cek saldo akhir tdk lbh dr 1 jt rupiah... kira2 ada pencerahan buat saya yg kiranya dana trsbut cukup penting bagi saya... teima kasih...

    ReplyDelete
  120. pa mau tanya , saya mau pengambilan JHT trus pendaftaran lewat e-klaim . trus knp from alasan klaim nya ga bisa di pilih , trus maksud no peserta itu no peserta jamsostek atau apa

    ReplyDelete
  121. Permisi boleh tanya, saya mau mencairkan dana bpjs karena saya sudah mengundurkan diri dari perusahaan saya, nah saya sudah coba e-klaim dg semua persyaratan. Saya mendapatkan email balik kalau harus menggunakan e ktp, saya hanya punya ktp resmi biasa yg diterbitkan oleh kecamatan saya jg. sementara ektp di tempat/kecamatan saya mesin pencetaknya sedang bermasalah. Ada solusi untuk masalah sayakah? Apakah dg ktp biasa dantsim c bisa buat pengambilan dana bpjs cab surakarta, kira2 langsung datang tanpa e-klaim bs ga ya?

    ReplyDelete
  122. Permisi boleh tanya, saya mau mencairkan dana bpjs karena saya sudah mengundurkan diri dari perusahaan saya, nah saya sudah coba e-klaim dg semua persyaratan. Saya mendapatkan email balik kalau harus menggunakan e ktp, saya hanya punya ktp resmi biasa yg diterbitkan oleh kecamatan saya jg. sementara ektp di tempat/kecamatan saya mesin pencetaknya sedang bermasalah. Ada solusi untuk masalah sayakah? Apakah dg ktp biasa dantsim c bisa buat pengambilan dana bpjs cab surakarta, kira2 langsung datang tanpa e-klaim bs ga ya?

    ReplyDelete
  123. Saya kerja di manado, saya keluar dari prusahaan pulang ke tangerang.. Kk dan ktp jakarta.. Apa bisa airkan di tangerang kalau bisa apa ada sharat khusus..

    ReplyDelete
  124. gan saya mau tanya, jadi gini saya kan kembar Yuda & Yudi, di kartu JHT saya nama saya sesuai dengan KTP Yudi, nah pas saya cek online di situ bpjstk ternyata yg muncul nama nya Yuda tp bekerja di perusahaan saya PT.ABCD. Dan benar saja pas saya daftar eklaim dapet balasan ternyata saya tidak dapat mencairkan JHT saya karena nama Yuda masih bekerja di perusahaan PT. EFGH. Apa yang harus saya lakuin gan kl kyk gini... Seolah-olah dari awal memang sengaja dipersulit. Trims

    ReplyDelete
  125. Mestinya bpjs ni di demo! Kok ngambil uang sndiri susah!!! Udah harus daftar dulu via elektronik kadang susah masukin no kpj. Trus klo langsung dateng kudu ambil nomer, bis itu nunggu kabar isi form. Lngkapin data kk,ktp,faklaring,dsb bis itu g langsung cair. Nunggu brapa bulan lagi. Shiiit!!!!! Diputer2 x ya uang kita!!!

    ReplyDelete
  126. Saya melekukanpengecekan saldo bpjs jht melalui via internet, tetapi hasilnya menyatakan no. identitas anda tidak sesuai, sedangkan ktp saya suda beralih ke e ktp yg sekarang, bagaimana solusi untuk penyelesaian masalah ini?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)