Hari Ini Peraturan Baru Pencairan JHT Resmi Mulai Diberlakukan

Hari ini, selasa 1 September 2015, selain sedang ada demo dan long march puluhan ribu rekan-rekan buruh dari bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Negara, juga merupakan hari dimana revisi peraturan baru pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek resmi diberlakukan. Mulai ini hari, teruntuk peserta BPJS TK yang sudah berhenti bekerja minimal satu bulan, sudah dibolehkan mencairkan seluruh uang Jaminan Hari Tua (JHT) meskipun belum tua. Tidak cuma 10% atau 30%. Tidak juga harus menunggu masa kepesertaan 5 tahun, 10 tahun, atau nanti ketika sudah menjadi om-om berumur 56 tahun. Tidak lagi.

Asal sudah menganggur setidaknya satu bulan, berapa pun lamanya kita bekerja dan menjadi peserta BPJS TK, uang JHT bisa diambil penuh sesuai dengan jumlah saldo yang ada. Bahkan seandainya cuma kerja sebulan lalu berhenti, kalau saldo JHT sudah terisi, kalau mau saldo tersebut bisa diambil sebulan kemudian.


Peraturan 1 September 2015 ini tentu menjadi hal yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak peserta BPJS TK yang ingin mengklaim dana JHT-nya. Dari pantuan reporter zigzagzuki.blogspot.com di lapangan, (yaitu saya sendiri) di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di Jalan Zainal Abidin, Pekanbaru, tampak antusiasme para peserta BPJS TK menyambut hari pertama diberlakukannya peraturan baru pencairan JHT ini.


Kantor Cabang BPJS KetenagakerjaanTadi pagi waktu disuruh emak beli ketumbar di pasar Sail, saya bela-belain mampir sebentar ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk sekedar tahu suasana pencairan JHT pasca diumumkannya revisi PP no. 46 tahun 2015. Dengan bermodal kamere HP, saya sempat memotret bagian luar kantor. Sayangnya pas mau memfoto bagian dalam, kelisnya tiba-tiba abis. Duh!

Tapi saya sempat bertanya kepada petugas satpam, apakah benar mulai hari ini peserta BPJS TK yang sudah tidak bekerja boleh menggambil semua dana JHT-nya? Pak satpam menjawab 'benar'. Sebenarnya mau bertanya hal-hal lainnya seputar pencairan JHT, tapi pak Satpamnya sibuk banget. Maklum hari pertama pencairan JHT pasca perubahan peraturan baru, suasana kantor cukup ramai didatangi peserta-peserta BPJS TK dari berbagai kabupaten untuk mengurus uang JHT.

Oh iya teman-teman, ada informasi terbaru terkait pencairan JHT. Yaitu bagi peserta BPJS TK yang berhenti bekerjanya per tanggal 1 September 2015 dan seterusnya, jika mau mengambil dana JHT ada tambahan berkas yang wajib dilengkapi.

Baca Juga: (Peraturan Pencairan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Per 1 Juli 2015)

Sebelumnya, peserta BPJS TK yang berkeinginan mengklaim dana JHT-nya harus membawa salinan berkas-berkas berikut ini beserta berkas aslinya:

1. Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
2. Surat pengunduran diri (Paklaring)
3. KTP atau SIM yang masih berlaku.
4. Kartu Keluarga.
5. Buku Tabungan.

Untuk peserta BPJS TK yang berhenti bekerja per 1 September 2015, selain 5 dokumen di atas, wajib membawa tambahan dokumen lagi. Yaitu:

1. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah:

Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

2. Sementara jika berhenti kerja karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dokumen tambahannya adalah:

Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)

Sekali lagi, tambahan itu hanya berlaku bagi peserta BPJS TK yang berhenti kerjanya per 1 September 2015. Kalau yang sudah berhenti kerja sebelum 1 September 2015, tidak perlu ada tambahan-tambahan tersebut. Cukup 5 dokumen yang sudah tertulis sebelumnya: KPJ, Paklaring KTP, KK dan Buku Tabungan.

Demikian saja artikel saya hari ini. Semoga perubahan peraturan pencairan JHT 1 September 2015 ini, membawa kebaikan baik bagi para pekerja maupun bagi perusahaan. Dan semoga juga teman-teman buruh yang saat ini sedang berunjuk rasa di Jakarta diberi keamanan dan keselamatan, dan 10 tuntutan yang disuarakan demi kesejahteraan pekerja mau didengar oleh pemerintah.

163 comments:

  1. alhamdulillah, semoga saja dengan peraturan yang sekarang ini tidak menjadi ribet lagi pencairan jhtnya.
    terimakasih infonya mas, semoga tidak lupa membeli ketumbarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tnya.apakah pertanggl 1 september paklaringnya harus pake legalisir dr depnaker....???

      Delete
    2. Itu yg pake misalnya resignnya >1 september 2015

      Delete
  2. Mas sepertinya utk rule yg berhenti
    bekerja sebelum 1 september 2015 tidak valid..
    saya punya dua kartu jamsostek yg mau dicairkan
    karena sudah tidak bekerja di tempat yg lama
    tetapi tidak bisa dicairkan karena saat ini
    saya kondisi nya skg sedang bekerja lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saat ini masih bekerja memang tidak bisa, Mas. Salah satu syarat klaim JHT 100% adalah sudah berhenti bekerja minimal sebulan. Walau pun kartu yang lama sudah non aktif, tapi jika saat mau mencairkan sudah bekerja lagi di tempat yang baru, kartu yang lama tetap belum bisa dicairkan..

      Delete
    2. iya enaknya solusinya gmana yaah...apakah yg lama saya pindahkan ke yang baru saja yah...jd saya pake punya satu kartu...soalnya waktu itu pengalaman saya ketika bekerja ditmpt yg baru jamsostek saya yg lama malah ga dibayarin...
      jd saya selalu minta yg baru keanggotaannya...kartu yg lama saya maseh jamsostek..takutnya beda pemerintahan beda lg kebijakannya....

      Delete
    3. Wah... Masa nggak dibayarkan sih, Mas? Alasan mereka apa? Kalau banyak saldonya, wajib diurus sampai cair tuh, Mas. Pengalaman saya termasuk susah, KPJ ilang, nggak punya paklaring, tahun lahir di KTP sama KPJ berbeda, tapi saya urus sampai dapat. Sebenarnya uang JHT kita tidak hilang, mungkin karena memang tidak memenuhi syarat untuk klaim.

      Masalah pemindahan saldo ke kartu yang baru saya kurang tahu, Mas.

      Delete
    4. Berarti harus nunggu sebulan setelah habis masa kontrak kerja ya mas ???
      lumayan lah buat nambahin modal usaha lagi.

      Delete
    5. kasusnya sama seperti saya mas,
      padahal no kpj dan perusahaan berbeda.

      Delete
    6. @Dzatmiko ... Iya, satu bulan.

      @Anon ... Walaupun perusahaan berbeda, jika saat ini masih aktif bekerja, klaim JHT yang sebesar 100% belum bisa dilakukan..

      Delete
  3. info yang sangat manfaat sekali kang. brarti cukup nunggu sebulan setelah keluar langsung bisa di cairkan ya. wah mantap.
    bisa kehabisana dana nih JHT. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kang. Sudah tidak serumit sebelumnya.. :)

      Delete
    2. kalo belum keluar kerja g bisa ya kang

      Delete
    3. ah sama aja.neh gan, soalnya saya punya kartu lama dr perusahaan yang lama.dan saya sdh resign. dan.skrg saya punya kartu baru . apakah yang lama bisa dicairkan soalnya kan saya udah resign juga dari yang lama

      Delete
    4. @Mang .... Tidak bisa, Mang. Harus berhenti kerja dulu, lalu sebulan kemudian baru bisa..

      @Alexandro ... Tidak bisa, Gan. Pencairan 100% JHT hanya bisa dilakukan ketika sudah tidak bekerja. Meskipun kartu lama sudah non aktif, tetap tidak bisa..

      Delete
    5. ah sama aja.neh gan, soalnya saya punya kartu lama dr perusahaan yang lama.dan saya sdh resign. dan.skrg saya punya kartu baru . apakah yang lama bisa dicairkan soalnya kan saya udah resign juga dari yang lama

      Delete
  4. jht ku dah cair blum ya, baru resign ey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar kata Mang Aduls, harus nunggu satu purnama dulu.. :)

      Delete
    2. kalau sudah cair jangan lupa traktir-traktir mbak :-)

      Delete
    3. tapi untuk saat ini peraturannya memang benar sih nunggu 1 bulan akan tetapi untuk saat ini apalagi yg baru hendak mencairkan kemungkinan bisa nunggu antriannya lebih dari 1 atau 3 bulan dikarenakan banyaknya orang yg mau mencairkan.


      sekian terimakasih.

      Delete
  5. kalau sudah bekerja lagi walaupun beda perusahaan tetap tidak bisa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Memang begitulah peraturannya...

      Delete
    2. Kalo udah risegn dan udah kerja lagi ditempat baru tapi yang di tempat baru belum dibuatkan kartu bpjs yang baru, kira2 bisa ga ya cairin Jamsostek yang lama?

      Delete
    3. kalo di tempat baru belum dibuatkan BPJS Tk nya, artinya masih bisa mencairkan Saldo JHT yg perusahaan lama karena patokan BPJS adalah dilihat dari Keaktifan bekerjanya atau dengan kata lain uang masuk premi pembayaran ke BPJS tapi syarat Min. 1 bulan tetap berlaku,


      sekian terimakasih.

      Delete
  6. Ini berita apa bener?
    Wah bisa buat modal kalo gitu,
    Kmren baru aja abis kontrak tgl 17 agustus,berarti nanti tgl 18 sept bisa d cairkan gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran.

      Iya bisa. Jangan lupa lengkapi berkas-berkasnya..

      Delete
  7. Tgl 31 agustus saya sudah ke kantor bpjs dan menyerahkan arsip untuk mencairkan jht kata petugas katanya nanti dtelpon..tp belum ada kbrnya menurut anda baiknya ga minta saranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama.. aq jg.. bilang petugas nya ntar nunggu di konfirmasi lewat telepon...,, saya dah ngajukan berkas dari tanggal 27 agustus kmaren... sampai skarang belum ada di telpon sm bpjs..

      Delete
    2. Datangi lagi kantornya. Bulan agustus memang belum berlaku revisi aturan baru. Menunggu mereka mau menelepon kita entah sampai kapan..

      Delete
  8. Tgl 31 agustus saya sudah ke kantor bpjs dan menyerahkan arsip untuk mencairkan jht kata petugas katanya nanti dtelpon..tp belum ada kbrnya menurut anda baiknya ga minta saranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datangi lagi saja kantornya, Mbak Fara. Jangan terlalu berharap mereka mau menelepon kita, soalnya sekarang-sekarang ini pasti sedang banyak sekali orang-orang yang datang untuk klaim JHT...

      Delete
    2. Saya yh fiskon per 1 september, gak bisa cair. Katanya ada tambahan lain persyaratanya selain kpj,ktp,kk,buku tabungan,dan paklarin.

      Delete
  9. salah sendiri punya kartu banyak2,,,,jalan satu2nya harus kongkalingkong sama bagian legal bpjs biasanya di lantai 2 klo kartu2 bermasalah diurus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal sudah memenuhi syarat dan tiap kartunya memiliki paklaring, tidak perlu kongkalikong juga bisa tembus, Mas..

      Delete
  10. wah mas admin berjasa sekali, masih nyempetin nengok kantor bpjs, jangan lupa ketumbarnya mas :)

    jadi kabar gembira ya, aturan JHT lebih mudah dalam pengambilannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Ketumbarnya malah keliru merica ini.. :)

      Iya, Mas. Lumayan lebih mudah...

      Delete
  11. Selamat pagi mas, mau tanya mas, untuk mencairkan dana 30% guna keperluan renovasi rumah apakah sudah bisa ? mohon di informasikan syarat2 nya mas. Saya tlp ke call center beberapa kali nada selalu sibuk, mesin jawab tlp selalu jawab operator masih melayani pelanggan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak 1 September, BPJS TK memang terlihat sangat sibuk. Nanti saya cari info dulu, Mas. Belum terlalu paham juga saya, berkas-berkas apa yang harus dibawa dalam pencairan JHT 30%. Kalau syaratnya udah jelas, harus sudah menjadi peserta BPJS TK minimal 10 tahun..

      Delete
  12. setelah pencairan dana jht nya apa paklaring aslinya ditahan/diambil oleh pihak bpjs nya?

    ReplyDelete
  13. mantap infonya ademin sukses selalu dan s'makin ramai blognya

    ReplyDelete
  14. plakaring itu surat pengalaman kerja ya gan ,gmn kalo gak pke plakaring bisa gk ya soalnya punya ane hilang gan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa, Gan. Paklaring itu salah satu berkas wajib. Minta lagi aja ke perusahaan tempat agan kerja dulu..

      Delete
  15. bpjs tk pembohong..... saya udah pengajuan tp sampai skrng uang ga ada cair..... mau sampai kpn kita dibohongi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah mengajukan permohonan pencairan.. Dan kata nya saya tinggal tunggu tranfer'an 4 atau 5 hari dan ini sudah hari ke 7.. Mana? Bjps kan sudah minta no tlfon ak klw mmg ad masalah kenapa ga di beri tahu..

      Delete
  16. saya sudah tdk bekerja lagi sejak satu tahun yang lalu, tapi masa kepesertaan saya baru 3thn apakah bisa di klaim mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. Mulai 1 September 2015, yang penting sudah berhenti kerja minimal sebulan, berapapun lamanya masa kepesertaan, bisa dicairkan semua saldonya..

      Delete
  17. Kalo masa kerja 1 th dan end contract bisa gak cair jhtnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Gan. Mulai awal september ini, berapapun masa kerja kita, asal sudah berhenti kerja minimal sebulan dan berkas-berkas lengkap, JHT bisa cair full...

      Delete
  18. Kalo ga ada surat pengajuan resign dari perusahaan yg telah dilaporkan ke dinas tenaga kerja setempat masih bisa di klaim ga ya?soalnya perusahaan saya ga bisa memberikan surat itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berhenti kerjanya sebelum 1 September 2015, tidak perlu, Mas. Itu hanya berlaku bagi pekerja yang berhenti kerja per 1 September 2015. Coba dingat-ingat, Mas berhenti kerjanya kapan?

      Delete
    2. Saya berhenti pas tanggal 2 september..

      Delete
  19. Mas klo pas d ambil JHT tetapi d pihak bpjs bilang masih aktif kerja padahal kita dah kluar.. Apa kah itu berarti saldo kita masih nambah ? Atau klo memang tidk nambah ap kita bisa putus sendiri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saya, saat kartu masih aktif saldo memang bisa bertambah, karena kita dianggap masih bekerja. Tapi beberapa bulan kemudian nonaktif sendiri. Mungkin perusahaan menyadari kalau saya sudah tidak bekerja lagi.

      Yang jadi masalah, tanggal berhenti kerja yang tercantum di paklaring menjadi tidak cocok..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. mas saya sudah tdk bekerja lagi tanpa keterangan dari bulan agustus akhir,namun saya masih menerima gaji sampai akhir bln agustus,lalu pada tgl 15 dan tgl 30 september,saya sudah tidak mendapatkan gaji dari perusahaan saya,rencananya hari ini saya baru memberikan surat pengunduran diri saya,apa kah saya bisa mencairkan dana jht saya dikarenakan secara tdk langsung saya sudah tdk menerima gaji perbulan september??? setelah pengecekan saldo jht saya,terakhir dibayarkan pertgl 1 agustus 2015. apakah secara otomatis dana jht saya sudah tdk tibayarkan lagi perseptembe dikarenakan saya sudah tdk di gaji lg. mohon infonya,terima kasih

      Delete
    4. @Viczy creative , berarti saldo JHT anda hanya sampai Agustus, tinggal anda minta surat keterangan kerja dari Perusahaan anda bekerja(paklaring) dan tinggal cairkan deh ,,, simpel kan.

      terimkasih.

      Delete
  20. Bisa cair 1 hari gak kalo cash dibayarkan jhtnya n dokumen dah lengkap? Saya resign sebelum september 2015 sih, paklaring srt pengalaman kerja sj sih isinya ada start tgl masuk n tgl keluar kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan nanti pada petugas di kantor BPJS TK tempat Mbak klaim JHT. Karena pada tiap kantor tidak sama cara pembayarannya. Di kota saya saja, dari dua kantor yang ada, yang satu bisa cash jika saldo di bawah 1 juta, yang kantor satunya bisa cash kalau saldonya di bawah 5 juta.

      Delete
  21. Terima kasih Arizuna Zukirama, blog anda sangat membantu. Saya mnyelesaikan pencairan dana jamsostek dan bpjs seharian saja. Dana akan di trf dlm waktu sminggu ke depan. Tips untuk temen2 di Jakarta, sbaiknya gak usah ke kantor pusat yg di menara jamsostek krn ramai skali, coba ke kantor cabang bpjs lain yg jauh lebih lengang dan antrian nya msh manusiawi. :-)
    Skali lagi, thanks much, Arizuna!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Primatita. Iya bener, sebaiknya memang cari-cari kantor yang tidak terlalu padat.. :)

      Delete
  22. Saya righsend tgl 9 agst brarti bs cair tgl 9 sep y mz,,minta infonya,,,trus cairnya lgsg pa nunggu beberpa hri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 9 September baru sebulan pas, Gan. Jadi setidaknya 10 Sepetember. Tanyakan saja di kantor BPJS TK pada saat pencairan, karena setiap kantor tidak sama berapa lama uang JHT bisa terkirim. Tergantung bank apa yang digunakan juga..

      Delete
  23. Klo KTP expired boleh ngga pake passport

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai SIM saja, Mbak. Pasport hanya digunakan untuk peserta BPJS TK yang akan meninggalkan Indonesia dalam jangka yang lama.

      Delete
  24. pertama liat judulnya saya berpikir kalau wildan sang pemilik web JHT sudah keluar.
    ternyata ehh ternyata.
    ternyata, JHT yang dimaksud Jaminan Hari Tua :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Jember Heker Tim itu, ya? Bukan kok. :)

      Delete
  25. Mas klo kk asli'a msh d kampung gmn mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KK asli merupakan berkas wajib, Mas. Jadi minta seseorang untuk mengirim KK tersebut, atau Mas ambil dulu KK-nya ke kampung. Atau kalau tidak nanti saja pencairan JHT dilakukan ketika sudah pulkam, di kantor yang tidak jauh dari kampung, Mas.

      Delete
  26. mas kalo ane kan berhenti kerja pas satu 1 tahun 7 bupan.. smentara tpat prusahaan ane krja du ngasih paklaringnya klo udah 3 tahun bekerja.. itu gmn ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Paklaring juga nggak apa-apa. Yang penting ada surat keterangan kita sudah berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Minta saja surat rekomendasi untuk pencairan JHT, atau surat sudah berhenti bekerja. Jangan lupa cantumkan tanggal mulai kerja dan tanggal berhenti kerja dalam surat itu...

      Delete
  27. Mas,kalo saya bekerja dari tanggal sekian sampe tgl efektif 31 agustus 2015,apakah saya hrs memakai Surat referensi dari disnaker?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kita sudah berhenti kerja dan non aktif menjadi peserta BPJS TK sebelum tanggal 1 September 2015, tidak perlu surat dari Disnaker, Mas.

      Delete
  28. mas kalau saya kan bekerja di 2011 sebelum 2016 sudah bisa di cairkan belum yah dan saya berhenti kerja di tahun 2014 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Asal syarat-syarat lengkap, dan kantor BPJS TK di daerah Mas antriannya untuk tahun ini masih ada. Soalnya ada di beberapa daerah yang antrian pencairan JHT untuk tahun ini sudah terisi penuh..

      Delete
    2. Mas klw saya mengundurkan diri bulan desember 2015 dgn masa ke anggotaan 3thn apakah bisa di cairakan? Mohon penjelasan nya thz

      Delete
    3. Mas klw saya mengundurkan diri bulan desember 2015 dgn masa ke anggotaan 3thn apakah bisa di cairakan? Mohon penjelasan nya thz

      Delete
  29. Mas saya kan udah risagn kerja tanggal 11 agustus dan saya mengambil kertas antrian tanggal 14 september disuruh datang tanggal 28 september,berkas saya lengkap.pertanyaan saya itu uang pencairan bpjs tanggal 28 september cair/nunggu sebulan lagi jadinya cair tanggal 28oktober tolong info nya mas saya bingung nie makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus menunggu, Mbak. Tapi kayaknya tidak sampai sebulan. Biasanya antara 3 hari sampai seminggu...

      Delete
  30. mau tanya
    kalau saya punya beberapa kartu jamsostek yg sudab lama mau saya cairkan.. mskpn saya sekarang sudah bekerja diperusahaan lain dengan kartu jamsostek yang berbeda. Apa bisa? mohon petunjuknya, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah menjadi peserta BPJS TK lagi dan memiliki kartu baru, saldo JHT di kartu-kartu yang lama belum bisa diklaim, Mbak.

      Delete
  31. Mas klw saya mengundurkan diri bulan desember 2015 dgn masa ke anggotaan 3thn apakah bisa di cairakan? Mohon penjelasan nya thz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas. Berapapun usia keanggotaan kita, saldo JHT bisa kita ambil..

      Delete
  32. Kalau buku tabungannya pake bumu tabungan yg lain bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Mas. Wajib menggunakan buku tabungan atas nama kita sendiri...

      Delete
  33. terimakasih sekali pak, informatif sekali tulisannya.. terus klo habis kontrak (kebetulan saya habis 28 Sep 15) selain surat parkaling (surat keterangan berhenti bekerja apa juga harus tetap melampirkan Bukti Pendaftaran Bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)? soalnya kita selesai kontrak secara baik-baik... mohon pencerahannya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berhentinya baik-baik membawa 'Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan'. Itu perusahaan yang menguruskannya, Mas.

      Delete
  34. mas saya sudah tdk bekerja lagi tanpa keterangan dari bulan agustus akhir,namun saya masih menerima gaji sampai akhir bln agustus,lalu pada tgl 15 dan tgl 30 september,saya sudah tidak mendapatkan gaji dari perusahaan saya,rencananya hari ini saya baru memberikan surat pengunduran diri saya,apa kah saya bisa mencairkan dana jht saya dikarenakan secara tdk langsung saya sudah tdk menerima gaji perbulan september??? setelah pengecekan saldo jht saya,terakhir dibayarkan pertgl 1 agustus 2015. apakah secara otomatis dana jht saya sudah tdk tibayarkan lagi perseptembe dikarenakan saya sudah tdk di gaji lg. mohon infonya,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah dicek dan hasilnya terbukti iuran terakhir 1 Agustus 2015, berarti memang sudah tidak ada lagi iuran di bulan september.

      Itu udah bisa dicairkan, Mas.

      Delete
  35. mas saya mau tanya. dulu saya sempat bekerja 3 bulan. juli, agustus dan november. tapi saya hanya menerima paklaring bulan juli dan agustus saja. bulan november tidak ada paklaringnya. lalu apakah itu akan jadi masalah saat klaim nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beugh.. Kok bisa begitu, Mbak. Jadi 2 bulan kerja, lalu berhenti, trus masuk kerja lagi. Begitu kah? Kalau masih di perusahaan yang sama dan saldonya disambungkan, paklaring yang paling terakhir yang dibutuhkan, Mbak.

      Delete
    2. iya mas saya kerja 2 bulan trus abis kontrak. trus dipanggil lagi sebulan di perusahaan yang sama tapi gak tau saldonya di sambung atau tidak. kalo mau klaim nanti uangnya di transfer harus pake rekening atas nama kita sendiri ya? tidak boleh pakai rekening ortu misalnya. trus rekeningnya harus pakai bank apa ya? saya baru mau buat tapi bingung mau di bank mana.. terima kasih

      Delete
  36. Gan mau tnya. Phi yg di mksud itu surat pemberhentian kerja dari tmpt kerja ja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, Mas. PHI itu Pengadilan Hubungan Industrial, pengadilan yang khusus menangani perselisihan antara pekerja dan perusahaan.

      Delete
  37. Pengambilan secara cash tanpa rekening bank bisa ga mas? Atau ada peraturannya harua via transfer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kantor BPJS ketenagakerjaan Pekanbaru tempat saya tinggal, saldo di bawah 1 juta bisa dicairkan secara cash. Lebih dari itu wajib menggunakan rekening bank. Entah kalau kantor di kota-kota lainnya...

      Delete
  38. Mas mau tanya saya sudah memperpanjang bpjs saya dari perusahaan pertama yg masa kerja 2 tahun. Sementara di perusaahan terahir saya bekerja hanya 5 bulan dengan kartu bpjs yang sama.
    Masalahnya saya hanya memiliki kartubpengalman kerja dari perusaahan pertama. Aperusahaan ke dua tidak ingin memberikan surat itu di karnakan saya tidak mencapai 1 tahun kerja. Saya berhenti agustus 2015 apa saya bisa menarik jht. Saya. Tanpa surat itu. Bahkan saya uda jelasin ke orang perusaahan terahir saya bekerja tapi tetap mereka gk mau ngasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus surat pengalaman kerja, Gan. Minta saja surat rekomendasi untuk pencairan JHT, yang isi suratnya intinya kita pernah bekerja dan sudah berhenti di perusahaan tersebut...

      Delete
    2. Mas arizuna...
      saya mau tanya.
      surat rekomendasi untuk pencairan jamsostek itu apa perlu dikasih tembusan ke disnaker? Atau cukup dari perusahaan saja

      Delete
  39. permisi agan..klaim nya dibayara hari itu juga atau lewat tranf gan.. terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata sekarang via transfer rekening Bank, Gan.

      Delete
  40. mas, mau tanya. saya salah seorang karyawan perusahaan yang mengurusi masalah bpjs ketenagakerjaan, karena peraturan baru memerlukan surat pengunduran diri yang sudah di laporkan ke dinas ketenagakerjaan, karena ini peraturan baru saya masih belum mengerti betul cari pelaporannya, ditambah lagi nomor telepon cabang terdekat kantor saya jakarta utara tidak terdapat di internet bahkan di blog resmi dinas ketenagakerjaan seperti cabang dinas ketenagakerjaan yang lain. sudah coba telp ke pusat tidak diangkat. Akhirnya saya coba mencari no telp dinas ketenagakerjaan jakarta utara yang pernah datang ke kantor saya walaupun sudah lama saya berharap masih dapat dihubungi. setelah berhasil tersambung orang yang saya hubungi malah suruh bertanya pada bpjs ketenagakerjaannya untuk proses pelaporan tersebut, sedangkan saya bertanya ke bpjs ketenagakerjaan tempat perusahaan terdaftar mereka suruh tanyakan lebih lanjut ke dinas ketenagakerjaan. jika ada yang pernah proses pelaporan surat keterangan pengunduran diri ke depnaker mohon bantuannya. benar-benar tidak ada yang bisa diandalkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi saya yang cuma rakyat biasa, Mas. Lebih tidak mengerti. Ribet banget memang Jamsostek sekarang ini. Maaf :(

      Delete
  41. met malem ...saya punya jamsostek tp tdk bisa cair katnya msh aktif padahal sudah 5 tahun tdk bekerja lg ,,,dulu saya masuk keperusahaan lewat yayasan ..tapi yayasan tersebut skrang sdh tidak ada lg ,kemungkinan dulu saat saya habis kontrak oleh yayasan tersebut tdk dilaporkan ke jamsostek jd sampai skrg msh aktif ..Bagaimana apa ad solusi gan ?? perusahaan dulu tempat bekerja skrg masih ada ,, saya bingungnya harus menonaktifkan kartu tsb sama siapa ,sedang yayasan nya aj sdh tidak ada skarang ,,makasih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perusahaannya masih ada, datangi perusahaan tersebut, Mas. Katakan kepada mereka agar menutup akun Mas Teguh, lalu minta surat rekomendasi untuk pencairan JHT..

      Delete
  42. Saya kan habis kontak 4 september berati saya harus minta referensi dari kantor tuk minta nembusan buat ke depnaker or phi.. phi ma depnaker sama or beda dan phi itu alamat'na ada di daerah mana dan sedangkan buat depnaker itu khusus wilayah masing" apa kita datang kementrian tenaga kerjaan makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsultasikan ke perusahaan, Mas. Untuk Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan, itu perusahaan yang mengurusnya..

      Delete
  43. Mas sy kan bru resign tnggl 3 sept 2015.trus sy udah dpt no.antrian tggl 29okt di kantor bpjs cawang. Eeeeh pas sy mau cairin petugasnya bilang kantor bpjsnya butuh tembusan ke disnaker yg sudah di legalisir. Trus waktu sy minta sm kantor sy katanya bisa makan waktu 3bulan utk surat tembusan ke disnaker tersebut.
    Knp kok ribet skali ya, pdhl udah gembar gembor klo misalkan resign minimal 1bulan bisa lngsng cair smuanya. Trus trnyata harus pakai tembusan2 segala yg waktu sy tnya sm petugasnya buat memastikan sy sudah tdk bekerja di perusahaan sy. Trus buat apa paklaring sy?
    Dan ternyata tembusan itu bisa makan waktu selama itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu peraturannya, Mas. Ribet! Saya juga bingung kenapa harus sampai senjelimet itu untuk mengambil hak kita...

      Delete
  44. Mau tanya, untuk "Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan" itu kita minta ke bagian HRD atau gimana dapatnya ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  45. Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.
    Syarat ini emang harus ada legalisir dari dinas ketenagakerjaan ya min ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Gan. Perusahaan yang mengurus...

      Delete
    2. Fotocopy Surat Pengunduran Diri yg karyawan buat, apakah pihak karyawan bawa ke Disnaker ?

      Delete
  46. Yg msh mnjdi pertanyaan surat pengundurannya ini, ane kga ngarrti, td udh k hrd ktanya surat pengunduran diri tu bkinnya sendiri,,hadehhh mkin bingung aja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau surat permohonan pengunduran diri mungkin memang pekerja yang bersangkutan yang membuat. Tapi jika paklaring alias surat pengalaman kerja, tentu perusahaan yang mengeluarkan...

      Delete
  47. klo saya habis kontrak tgl 20 oktober 2015,, lalu dokumen tambahan apa yang harus saya lengkapi klo surat pengunduran diru kan saya tidak mengundurkan diri tp diputus karna habis kontrak trus kalo saya harus ke PHI kan saya berhenti tidak ada masalah,, mohon bantu jawab ka 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika habis kontrak berarti sama dengan resign, jadi dokumen tambahannya adalah Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan...

      Delete
  48. Met pagi mas..
    Paklaring kalo adanya fotokopian boleh ga?
    Yang asli soalnya ilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi juga, Mas. Tidak bisa Mas jika cuma fotokopian saja, harus menyertakan yang asli. Kalau hilang silahkan minta dibuatkan lagi ke perusahaan..

      Delete
  49. ada dokumen penting yg saya tidak pahami yang harus ada, yaiitu
    "surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan ke dinas ketenagakerjaan,"
    itu maksudnya gimana ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berhenti kerjanya setelah 1 September 2015, harus membawa dokumen tambahan berupa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Minta saja ke perusahaan tempat kerja kemarin.

      Kalau resign sebelum 1 September 2015, tidak perlu dokumen tambahan tersebut..

      Delete
  50. Pak saya mau bertanya

    Saya kan bekerja di perusahaan A 1thn 6bln
    Trus buku tabungan saya hilang pak
    Kemudian saya di terima di perushaan B selama 2thn kerja dan semuanya lengkap buku tabungan masih ada ..
    Nah pertanyaannya
    Apabila syarat pengambilan bpjs tidak lengkap gmn pak.
    Buku tabungan di perushaan A hilang itu bisa dicairkan tidak pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku tabungan cukup satu saja, dan bebas bank apa saja, yang penting atas nama anda sendiri...

      Delete
  51. Gan, kn sy abis per 1 sep, itu minta surat tembusan a kemana yah? Sperti yg agan jelasin ada point tambahan yg itu, soal nya sy dsuruh balik lagi sma petugas a dokumen nya kurang satu doang yg itu peraturan baru. Soalnya sy abis kontrak 3 oktober ,.mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berhenti kerjanya setelah 1 September 2015, harus membawa dokumen tambahan berupa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Minta saja ke perusahaan tempat Mbak kerja kemarin..

      Delete
  52. mw tanya nih sis, saya dh abis kontrak mulai tgl 6 november 2015, saya sudah tidak bekerja.
    bisa gak kalo nnti saya cair kan jht nya, trus syaratnya apa aja .
    thanks .

    ReplyDelete
  53. paklaring gak ada apa bisa?.. perusahaan lama gak ngasih..

    ReplyDelete
  54. Sis, saya kan udah tanya mengenai syarat tambahan yg satu lg ke perusahaan saya, katanya disuruh bawa paklaringnya ke sudin naker sekitar buat minta stempel/legalisir gt, bener kyk gt caranya ya? Trims.

    ReplyDelete
  55. Mohon pencerahannya dong.. Klu ngurus ke disnakernya kita yang urus atau dari perusahaan ya bingung juga aturannya berubah2 tq

    ReplyDelete
  56. Mas, katanya harus ada surat pernyataan berhenti kerja dr perusahaan terakhir dg di bubuhi cap dr disnaker, apa benar itu ya mas?

    ReplyDelete
  57. tolong kasih tau cara untuk membuat surat pengunduran diri dari depnaker, dan alamat2 nya. makasih

    ReplyDelete
  58. Mas... Saya sudah resign 1 Oktober,
    Mengenai SK / Surat Pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan apakah di dalam surat tersebut ada tembusan untuk Disnaker atau Jamsostek ?
    Soalnya SK saya dari perusahaan sudah saya terima namun dalam SK tersebut gak ada tembusan...
    Mohon Petunjuk ?

    ReplyDelete
  59. Klo cuman stempel depnaker di foto copy paklaringnya doang gimana mas bisa ga ya buat persyaratan

    ReplyDelete
  60. Mohon Infonya,

    adakah sofcopy peraturan tentang syarat yang menyatakan bahwa (dibawah ini) karena perusahan saya yang lama meng klaim belum tahu tentang peraturan ini, dan oleh sebabnya saya kesulitan untuk mendaparkan copy surat (Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat) tersebut.

    "Untuk peserta BPJS TK yang berhenti bekerja per 1 September 2015, selain 5 dokumen di atas, wajib membawa tambahan dokumen lagi. Yaitu:

    1. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah:

    Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan."


    Deeply appreciate for your attention.

    Regards
    nfn.haik@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Selamat malam...
    Mas saya mau nanya..saya berhenti kerja karna habis kontrk pada bulan april 2015...kalao misalnya saya mau mencairkan bulan desmber 2015. Apakah perlu tambahan dokumen lain slain 5 perayaratn diatas? Mengingat simpang siur harus minta stmpel ke dipnaker

    ReplyDelete
  62. Mas klo paklaring nya sudah di beri stempel dari disnaker bisa di cairin gak mas dana jamsosteknya .tanpa harus ada surat keterangan pengunduran diri

    ReplyDelete
  63. Mas sya mau nanya kan saya mau coba e claim terus masuk akun dan ternyata pas d klik e claim ga muncul apa apa terus sy coba cek saldo ga muncul apa apa juga solusinya gmana ya mas tolong d bantu

    ReplyDelete
  64. Mas sya mau tnya klau krja hbis kontrak trus pas isi fofmulir jht nya pilihan alasana cairin jht apa? Pilihnya PHK atau Mngundurkan diri??

    ReplyDelete
  65. Siang..saya mau tanya,,kalo abis kontrak trus sudah ada paklaring tetapi perusahaan tidak memberikan surat pengunduran diri ke disnaker dan ditembusi ke bpjs,apakah jht tetap bisa diambil?mohon infonya terima kasih

    ReplyDelete
  66. Siang..saya mau tanya,,kalo abis kontrak trus sudah ada paklaring tetapi perusahaan tidak memberikan surat pengunduran diri ke disnaker dan ditembusi ke bpjs,apakah jht tetap bisa diambil?mohon infonya terima kasih

    ReplyDelete
  67. assalamualaikum. mas mau tanya kalau per 1 september harus minta surat ke dinasker.. yah,? kalau ia ke pt dulu minta surat perantar atau langsng ke dinasker ajh? setempel nya di plakaring atau surt dr dinasker yang di setempel? mohon di jawab yah admin..
    terimakasih sblmnya. :)

    ReplyDelete
  68. Dear mas ari, mas saya mau nanya saya risain per tgl 2 feb 2016 dengan masa kerja kurang lebih 3 tahun nanti ketika proses klaim jhtnya formulir jht kita dapet pas klaim hari itu atau tetap masih nunggu juga ..

    ReplyDelete
  69. Mau nanya ni kang.?
    Kalau paklaring di scan otomatis kn jd hitam putih warna nya.
    Itu bisa digunakan gak kang untuk persyaratan pencairan.
    Soal nya paklaring saya dikirim lewat email.
    Satu lg kalau KTP nya ilang gmn.?
    Fotocopy nya ada malahan surat kehilangan dr kepolisian pun ada.
    Apakah bisa atau tidak.
    Nuhun sateu acan na.

    ReplyDelete
  70. Sayangnya tadi saya mau minta cap di departemen ketenagakerjaan untuk di referensi kerja harus berbahasa indonesia .sedangkan saya punya berbahasa inggris.

    ReplyDelete
  71. kang Admin,

    Mau tanya, kalo stempel disnaker itu kita bisa datang dan minta sendiri atau perushaan yang mengurus? karna perusahhan saya sepertinya tidak mau ambil pusing soal itu.

    mohon pencerahaannya

    thanks

    ReplyDelete
  72. Mas, kalau sudah ada paklaring yang di legalisir disnaker, tapi tidak ada surat dr perusahaan yg ditujukan ke disnaker, bisa di ambil ga ya?

    ReplyDelete
  73. saya mau nanya dong,
    ada gk batas ekpired pakliring yang sudah di leges dinas sosial.
    apakah setelah di leges harus langsung ke bpjs.
    atau masih berlaku selama beberapa minggu?
    saya sudah leges seminggu yang lalu tapi belum mencairkan dananya ke bpjs?
    temen saya bilang batas berlakunya hanya 3 hari.
    apa betul?
    mohon bantuannya
    terimakasih

    ReplyDelete
  74. hahahahah bahasa anda kelihatan hasil translate english - indonesia....
    dan kenapa harus membayar dulu ke rekening beliau ????
    wow kerennnnnnnn

    ReplyDelete
  75. share dong no hp kamu spy bisa komunikasi

    ReplyDelete
  76. mau tanya om...istri saya resign pada thn 2013 dan kartunya masih Jamsostek,apakah perlu ke Disnaker untuk legalisir paklaring atau hanya cukup bawa Surat Keterangan Kerja saja ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau resign sebelum september 2015, nggak perlu ke disnaker lagi.

      Delete
  77. Mau tanya mas kalo pengajuan disnaker dari perusahaan ke disnaker jakarta selatan, kalo lokasi saya dijakarta pusat saya bisa ga pengajuan ke disnaker jakarta pusat.thanks

    ReplyDelete
  78. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  79. Mau nanya dong. Saya resign dari perusahaan tahun 2016. Apakah bisa saya menggunakan pengalaman kerja saja yang di keluarkan oleh perusahaan.???

    ReplyDelete
  80. Mau tanya mas..aku bru2 resign dri kantor sya..trus sya mau cairin tuh duit di BPJS TK sy tp ternyata harus ada surat pemberitahuan dri perusahaan ke Disnaker TK gtu..masalahnya nih aku gk ada surat seperti itu sementara kantorku kmaren beralamat di Batam sedangkan aku skrg tinggal di Makassar..gmna ya solusinya gan..sementara gk ada lgi org yg bsa aku hubungi di sana tolong pencerahannya Mas..Mbak...

    ReplyDelete
  81. mas maaf mau tanya saya kan sudah bekerja di 2 perusahaan dan paklaring di perusahaan pertama hilang untuk pencairan JHT, apakah bisa menggunakan paklaring dari perusahaan terakhir atau harus ada 2 paklaring dari perusahaan 1 & 2?

    ReplyDelete
  82. Pak sya berhenti tanggal 27 juli 2015 kira2 paklaring saya itu harus pke stempel disnaker apa enggak... Mhon bantuannya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)